Ulasan Genshin Impact

Selasa, 28 September 2021

Halo semua, kali ini saya akan mengulas salah satu game terbaik yang pernah saya mainkan, Genshin Impact.

Sebagai informasi, saya mulai bermain Genshin Impact pada versi 1.6 yakni pada bulan Juli. Bisa dibilang saya baru bermain game ini hampir 3 bulan, jadi berikut ulasan saya.


Sumber gambar: mihoyo


Klasifikasi

Genre: Adventure, RPG

Tema: Negara dan Wilayah

Rating: Teen

Deskripsi

Genshin Impact adalah game RPG dengan mode open-world di mana pemain berperan sebagai tokoh utama yang akan menjelajahi dunia untuk menamatkan setiap quest dan bisa bertemu dengan saudaranya.


Story

Diawal permainan terdapat kakak beradik yang berpetualang bernama Aether dan Lumine. Di tengah petualangan tersebut mereka diserang oleh seseorang yang jahat, kemudian menculik Lumine. Aether pun dibuat tidak sadarkan diri dan akhirnya terbangun di Mondstadt, di sebuah dunia yang disebut sebagai Tevyat. Aether bertemu dengan Paimon, seorang makhluk kecil yang bisa terbang. Bersama dengan Paimon, Aether akan mencari Lumine.

Kemudian dia bertemu dengan Amber, seorang ksatria Mondstadt. Di situ Aether bercerita mengenai adiknya, dan dimulainya permainan yang menceritakan mengenai asal-usul 7 wilayah yang dipimpin oleh 7 archon (dewa elemental) yakni Anemo (angin), Geo (tanah), Electro (elektro), Dendro (alam), Hydro (air), Pyro (api), dan Cyro (es). Pemain yang berperan sebagai Aether harus menuntaskan semua permasalahan yang ada di 7 wilayah tersebut untuk bisa bertemu dan mendapatkan kembali Lumine yang berubah menjadi jahat.

Di sini, pemain bisa memilih menjadi Aether atau Lumine, jika pemain memilih Lumine, maka cerita yang diberikan berkebalikan.


Aturan Main Utama

Pemain harus menuntaskan setiap quest yang diberikan. Mulai dari archon quest (inti cerita), story quest (cerita sampingan karakter), world quest (cerita orang-orang sampingan), dan commission quest. Setiap quest memiliki mekanisme yang berbeda, ada yang mengharuskan bertarung, memasak, mengumpulkan bahan-bahan (eksplorasi), crafting, menyelesaikan puzzle, dan sebagainya.

Pemain akan mendapatkan beberapa karakter gratis setelah menyelesaikan quest tertentu, selebihnya pemain bisa mendapatkan karakter melalui mekanisme yang disebut sebagai wish atau undian yang berbayar jika ingin mendapatkan karakter atau bahkan senjata bintang 5 (terbaik). Selain berbayar, karakter juga bisa melakukan wish secara gratis jika menyelesaikan misi tertentu dan mendapatkan 160 primogem (satuan untuk wish).

Dalam rangka menyelesaikan quest tertentu yang terhitung sulit, karakter harus melakukan upgrade karakter, senjata, artefak (properti pada karakter), constellations, dan talent. Paduan parameter-parameter tersebut biasa disebut build dan bisa dikustomisasi oleh pemain, ingin memainkan karakter tersebut seperti apa.

Untuk dapat melakukan upgrade tersebut, pemain harus mengikuti berbagai macam mekanisme yang disediakan oleh game, mulai dari memasuki domain (dungeon), menghadapi bos elemental, menghadapi bos wilayah, memancing, memasak, menyelesaikan achievement, dan melakukan eksplorasi wilayah untuk mendapatkan item-item sebagai syarat dari upgrade.

Aturan main dari game ini terbilang kompleks karena pemain bisa mengeksplorasi ingin bermain seperti apa. Oleh karena itu disediakan berbagai macam skenario yang tidak terhitung jumlahnya.


Skenario

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, game ini memiliki berbagai macam skenario yang sangat kompleks. Setiap cerita yang dibawakan memiliki alur yang sama, tetapi dalam mencapai alur tersebut bisa melakukan hal-hal yang berbeda, semua dibawakan bebas oleh pemain.


Kenapa saya bilang ini terbaik?

Dari beberapa game yang pernah saya mainkan, game ini saya bilang sebagai terbaik karena kompleksitas pengembang dalam membuat game ini. Untuk pemain yang lebih suka bermain game santai dibandingkan kompetitif seperti saya, game ini bisa membawa ketenangan dan kesenangan. Berikut beberapa poin yang saya rasa menjadi pertimbangan game ini terbaik.

1. Cerita

Menurut saya, cerita pada game ini terbilang kompleks, tiap karakter memiliki cerita masing-masing yang berhubungan dengan cerita inti. Dimulai dari sejarah tiap archon (dewa) mengenai adanya perang archon di jaman dulu yang menyebabkan pengaturan wilayah yang sekarang dipegang tiap archon, kemudian adanya fatui yang merupakan kelompok antagonis yang dipimpin oleh Cyro Archon. Cerita dari tiap archon ini menjadi hal yang menarik karena di luar cerita tokoh utama yang kelihatan kecil, terdapat cerita yang lebih besar. Kematian para archon asli pada saat perang archon yang kemudian digantikan oleh archon penggantu menjadi hal yang menarik juga. Pasalnya archon asli dapat berbagi kekuatannya yang disebut sebagai vision, sementara archon pengganti malah mengambili vision orang lain agar tidak lebih kuat dari archon tersebut. Selain vision ada yang disebut sebagai delusion yakni kekuatan pinjaman yang diberikan oleh Fatui sehingga pengikut kelompok Fatui terutama 11 Fatui Harbinger memiliki dua kekuatan, vision dan delusion.

Selain itu setiap archon ini memiliki julukan masing-masing memiliki julukan seperti archon anemo yang disebut sebagai God Of Freedom atau archon geo yang disebut God of Contracts. Setiap archon memiliki masalah atas yang kadang berkebalikan dengan julukan tersebut. Di sini lah pemain berusaha untuk menyelesaikan tiap masalah-masalah tersebut.

Cerita yang kompleks dan memiliki keterkaitan antar cerita menjadi alasan utama game ini saya sebut sebagai game terbaik.

2. Grafis

Sebagai penyuka grafis game, saya tidak mengelak bahwa grafis pada Genshin Impact ini sangatlah indah, meskipun ukurannya yang sekitar 15GB, meskipun game ini belum komplit (baru 3 per 7 wilayah yang terbuka) sehingga bisa dibilang sangat besar, saya rela mengosongkan memori saya untuk bisa melihat-lihat pemandangan yang ada di game ini.

Banyak tebing, air mancur, pulau terbang, dan berbagai macam daerah lain yang menurut saya sangat indah untuk dilihat. Selain itu setiap wialayah memiliki ciri khas diambil dari negara tertentu. Misalnya Mondstadt yang diatur oleh anemo archon mengambil referensi dari Jerman, sehingga rumah-rumah dan gedungnya terlihat mirip, atau Liyue yang diatur oleh geo archon yang mengambil referensi dari China, atau bahkan yang baru saja terbuka, Inazuma yang diatur oleh electro archon yang mengambil referensi dari Jepang. Hal tersebut menjadi nilai tambah untuk grafis dari game ini karena saya jadi bisa mempelajari mengenai budaya setiap negara yang disimulasikan pada game ini.

Meskipun saya hanya mampu memainan game ini pada grafis medium dengan 30FPS, saya masih bisa menikmati grafis game ini dengan menyenangkan tanpa merasa bosan. Apalagi adanya day night time yang mengubah-ubah pemandangan. Misalnya melihat sunset di pantai saat sore hari, atau melihat sun rise dari puncak tebing pada pagi hari. Grafis game ini menjadi hal yang sukai dan membuat saya betah bermain game ini.

3. Sensasi

Lanjut ke alasan ketiga, seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa game ini bukan game kompetitif seperti Dota 2, Valorant, dan sejenisnya. Hal ini memberikan sensasi bermain yang berbeda, karena game RPG OpenWorld yang online seperti ini terkadang memberikan sensasi bermain yang berbeda. Saya pernah bermain Ragnarok X yang saya rasa kurang saya sukai karena sensasi bermainnya berbeda.

Dari situ saya bisa bermain dengan santai, melakukan eksplorasi dengan lama dan mendalam, saya bisa memutuskan kapan harus melanjutkan misi, atau saya bisa memutuskan kapan harus menyerang bos. Dari sini saya bisa merasakan sensasi bermain yang benar-benar menyenangkan. Banyak sekali hal yang bisa ditemukan di game ini dengan pelan, tidak perlu cepat-cepat. Apalagi rilis map baru pada game ini terbilang lama, mulai dari 8 bulan hingga 1 tahun.

4. Kontrol

Alasan berikutnya adalah kontrol. Kontrol pada game ini terbilang mudah, saat melakukan battle atau bertemu dengan musuh, saya bisa dengan mudah belajar. Adanya 5 macam senjata mulai dari claymore, sword, bow, polearm, dan catalyst. Dari kelima senjata ini, setiap karakter hanya memiliki satu jenis saja. Selain itu, terdapat dua macam skill yang dimiliki oleh tiap karakter di luar basic attack yang dimilikinya. Skill yang pertama yakni skill elemental yang memiliki cooldown dan bisa digunakan kapan saja, sementara satunya adalah skill ultimate yang harus diisi energi dari skill elemental maupun basic attack.

Dengan mempelajari hal tersebut, saya dengan mudah memainkan karakter saya saat melakukan pertarungan. Di luar hal tersebut kontrol seperti wing gliding, memancing, memanjat, berenang, atau hal yang lain sangatlah mudah, bagi saya kontrol-kontrol seperti itu bisa menambah kesenangan dari game ini.

5. Kebebasan

Kebebasan merupakan hal yang utama yang ada di game ini. Sebagai game open-world, game ini memiliki kebebasan yang cukup banyak. Meskipun tidak sekompleks game lain, Genshin Impact saya rasa cukup open sehingga saya bisa melakukan berbagai macam kegiatan di luar dari skenario game ini.

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, mulai dari memancing, wind gliding, memanjat, berenang sebagai kontrol yang menyenangkan dan jadi kebebasan interaksi pada game ini.

6. Undian

Undian atau wish jadi salah satu cara game ini mencari penghasilan. Sebab undian yang berbayar ini bisa mendapatkan karakter bintang 5 atau karakter lain. Selain dari wish, undian juga berlaku dalam mencari item di domain atau saat melawan bos. Karena adanya unidan ini, saya bisa merasakan kesenangan yang meledak ketika terus menerus mendapatkan item jelek dan akhirnya mendapatkan item bintang 5. Kesenangan ini menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan dari game ini.

7. Event

Event yang ada di game ini merubah berbagai macam environment dan pengaturan wilayah, event ini didasarkan pada event yang ada di dunia nyata dan diadaptasi pada game, misalnya event tahun baru China yang diadaptasi di daerah Liyue dan ada misi-misi baru khusus event menjadikan game ini semakin menyenangkan.

Itulah beberapa alasan saya mengapa game ini saya anggap sebagai game terbaik.


Fun Placement

Menurut saya, posisi fun dari game ini cukup banyak, saya coba bahas satu per satu.

Archiever

Salah satu fun yang diberikan adalah adanya achievement mulai dari Adventure Rank, Level Character, Weapon Building, domain, spyrall abyss, dan Achievement itu sendiri. Di mana saya sebagai pemain bisa mendapatkan reward tertentu ketika mencapai rank tertentu, atau melakukan suatu mekanisme tertentu yang menjadi achievement. Pada game ini sangat banyak sekali achievement yang bisa didapat, baik dari suatu quest atau event tertentu. Hal ini sanagt cocok untuk tipe pemain archiever yang suka mencapai sesuatu. Jika dilist maka akan terdiri atas:

- Grafis 3D yang memanjakan mata

- Audio saat bertarung, saat terbang, saat mancing, dan saat eksplorasi di suatu wilayah

- Pencapaian Adventure Rank

- Perolehan Character Rarity

- Upgrade Character Constellation

Upgrade Character Level

Perolehan Weapon Rarity

Upgrade Weapon Refinement

Upgrade Weapon Level

Perolehan Artefact Rarity

Upgrade Artefact Level

- Pencapaian Abyss Floor

- Jumlah Achievement

- Upgrade Statue Level

- Persentase Exploration Area

- Mengalahkan weekly boss

Explorer

Map yang sangat luas, dan banyak sekali puzzle yang bisa di-solve membuat game ini cocok untuk pemain bertipe explorer. Mulai dari story-nya yang menarik dan sangat banyak, puzzle yang perlu berpikir dan eksplorasi, wilayah yang belum terbuka jika belum menyentuh patung penanda, dan berbagai macam hal lain yang bisa membantu seseorang mendapatkan informasi baru dari game ini. Jika dilist akan terdiri atas:

- Adanya story utama yakni Archon Quest

- Story samping yakni Story Quest

- Story bertema dating yakni Hangout Quest (multiple ending)

- Adanya Puzzle Solving untuk memecahkan misteri

- Penyelesaian World Quest

- Penyelesaian Daily Quest

- Pembukaan wilayah baru

- Cara mendapatkan item baru

- Kombinasi party yang pas

- Membangun pulau sendiri

Socializer

Sebagai game online, Genshin menyediakan showcase dan bermain co-op sehingga kita sebagai pemain bisa terhubung dengan pemain lain. Baik kita yang menuju map dari pemain tersebut, atau pemain lain yang menuju map kita. Selain itu adanya showcase karakter dan senjata bisa jadi penambah nilai kita saat akan melakukan co-op karena menaikkan kemungkinan kita untuk bermain co-op.

Jika dilist akan terdiri atas:

- Showcase Spyrall Abyss level

- Showcase rare character yang dimiliki

- Showcase damage per second yang didapatkan

- Pamer karakter saat mode co-op dengan pemain lain

- Chat saat mode co-op

Killer

Dalam game ini cukup banyak bos yang kuat dan sulit untuk dihadapi, tetapi bos ini bisa didatangi kapan saja untuk melakukan tantangan. Dari sini, pemain tipe killer bisa mengekspresikan dendam atau emosinya. Untuk mengalahkan bos lain yang mungkin sebelumnya dia belum pernah menang. Adanya sistem pemain bisa mati karena HP yang habis, memungkinkan pemain bisa mencoba tantang lagi dan lagi untuk mengalahkan bos tersebut.
Jika dilist akan terdiri atas:
- Weekly boss
- Ascension World Level


Screenshot

Berikut beberapa screenshot gameplay yang saya mainkan.


Saat saya melakukan wind-gliding (sumber: dokumentasi pribadi).



Saat saya melakukan melawan bos elemental (sumber: dokumentasi pribadi).



Saat saya menang dan mendapatkan item (sumber: dokumentasi pribadi).



Saat saya akan memasak (sumber: dokumentasi pribadi).




Saat saya berkomunikasi dengan NPC (sumber: dokumentasi pribadi).



Saat saya eksplorasi untuk mencari item (sumber: dokumentasi pribadi).



Trailer Game




Demo Gameplay


Jika kalian tertarik untuk bermain game ini, kalian bisa unduh di sini. Ratingnya sedang anjlok karena para pemain atau penggemar pemainnya sedang protes karena hadiah 1st anniversary Genshin Impact dianggap terlalu kecil.

Nama: Muhammad Luthfi
NRP: 07211840000024

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger