Escape from Tarkov (Early Access)

Rabu, 29 September 2021


KLASIFIKASI

Genre : FPS MMORPG
Tema : Post Apocalypse
Rating : Belum ada Rating resmi dari PEGI atau ESRB tetapi di rate RARS 18 (rating umur Rusia)

DESKRIPSI

    Escape from Tarkov merupakan game First Person action RPG/Simulator hardcore dan realistis dengan fitur MMO dan story driven buatan developer game dari Rusia , Battlestate Games. Developer nya mengklaim game mereka sebagai "bukan game 'casual' shooters". Game ini masih dalam tahap BETA dalam pengembangannya.  

    Bersetting di kota fiksional di Rusia, Kota Tarkov, yang merupakan kota dimana bekas terjadi konflik antara beberapa kelompok tentara bayaran (PMC). Penduduk setempat sudah meninggalkan area kota, tetapi beberapa masih menetap untuk mencari keuntungan dengan merugikan lainnya. Dengan keadaan baru ini, penduduk lokal yang bengis dan memilih menetap berkumpul membentuk gang bersenjata yang dimana di game ini disebut sebagai Scav. Dengan tidak adanya peraturan yang berlaku, beberapa melihat sebagai kesempatan untuk mengambil kontrol dan meraih kekuasaan dengan segala cara.

    Pemain akan bermain sebagai salah satu "PMC" (Tentara bayaran) dari salah satu dari dua kelompok tentara bayaran swasta yang selamat selamat konflik Tarkov. Pemain dapat memilih sebagai PMC bekas "BEAR" atau "USEC". Akses masuk dan keluar kota ditutup oleh UN dan militer Rusia termasuk komunikasi dan supplai.

STORY

    Kejadian pada game Escape from Tarkov berada di wilayah fiksional Norvinsk yang menjadi penghubung antara Rusia dan Eropa dimana keadaan tersebut menarik beberapa perusahaan internasional besar, termasuk yang memiliki niat buruk. Tarkov yang menjadi kota terbesar di wilayah itu menjadi ground zero untuk skandal salah satu perusahaan bermasalah tersebut. Enam bulan setelahnya, area Tarkov sudah berubah menjadi medan tempur bersenjata yang melibatkan UN, militer Rusia, dan dua kelompok tentara bayaran swasta. 
    Terdapat dua pasukan PMC yang disewa oleh pihak - pihak yang terlibat dalam konflik Tarkov. USEC yang merupakan PMC bentukan Amerika disewa oleh perusahaan Terragroup untuk menghalangi pihak berwenang untuk menyelidiki perusahaan tersebut yang terlibat dalam suatu skandal. BEAR yang merupakan PMC bentukan Rusia dipekerjakan oleh pejabat Norvinsk untuk mengungkap bukti skandal perusahaan Terragroup. 

CARA MAIN

    Pada game Escape From Tarkov, permainan utamnya berpusah pada saat pemain melakukan RAID dimana pemain masuk ke dalam match dengan perlengkapan yang sudah disiapkan sebelumnya. Saat didalam RAID, pemain dapat menjarah barang- barang, membunuh NPC Scav, pemain lain, dan melakukan Quest. Tetapi, jika pemain mati saat RAID tersebut, semua barang - barang yang dibawa pemain akan hilang dan tidak bisa diambil kembali kecuali asuransinya berhasil (barang tidak dijarah orang). Jika pemain ingin menyimpan barang jarahannya, pemain harus melakukan "EXFILTRATION" atau keluar dari RAID pada titik - titik Exfil tertentu tanpa mati. Jika pemain berhasil EXFIL, maka dianggap sebagai "menang" atau selamat dan bisa menyimpan barang jarahannya.

ATURAN MAIN - GAME MECHANICS

Permadeath and Insurance System




    Sebenarnya bukan permanent death dimana jika pemain mati tidak bisa melanjutkan bermain, melainkan jika pemain mati saat melakukan "RAID" maka semua barang yang pemain bawa secara praktis akan hilang. Dengan adanya sistem tersebut membuat game ini banyak dianggap sebagai "punishing", "hardcore", atau "high risk high reward". Tentu saja anda bebas membawa perlengkapan apa yang ingin anda bawa ke sebuah RAID. 
    Tetapi game ini sebenarnya mempunyai insurance system dimana pemain dapat membayar untuk mengansurasikan barang yang dibawa dengan membayar bersama ketentuan tertentu. Ketentuan tersebut yaitu jika barang yang diasuransikan dijarah oleh pemain lain maka walau sudah diinsuransikan, barang tersebut tidak akan kembali ke pemain.

Base RPG Elements



    Seperti pada game RPG umumnya, Escape from Tarkov memiliki sistem level dan skill progression yang berdampak pada banyak hal. Level hanya berdampak pada jenis quest yang dapat dijalankan dan  progression Trader. Skill berdampak pada stat pemain seperti kecepatan reload senjata, kontrol recoil, kecepatan membuka container, looting, dan berbagai macam lainnya.

Trader



    Di game ini, sementara terdapat 6 trader yang dimana pemain dapat melakukan perdagangan (jual dan beli). Trader tersebut memiliki jenis barang yang berbeda untuk dijual dan juga barang yang mau dibeli. Contoh, Trader bernama Therapist menjual berbekalan medis seperti perban, First Aid Kit dimana Trader bernama Prapor menjual senjata siap pakai. Tetapi trader juga memiliki jenis barang yang mereka ingin beli dari pemain dengan harga yang berbeda beda juga, misal pemain dapat menjual makanan, perabot rumah, kabel, elektronik, paku, dan palu ke Therapist tetapi tidak dengan persenjataan lalu pemain dapat menjual senjata, spare part senjata, dan elektronik ke Mechanics yang dimana elektronik juga dapat dijual ke Therapist tetapi dengan harga yang berbeda.

Semi-realistic Injuries

    Dengan tema post apokaliptik Rusia seperti halnya game S.T.A.L.K.E.R. , Escape from Tarkov berusaha mensimulasikan kerasnya kehidupan di Tarkov dengan sistem kesehatan modular dimana setiap bagian tubuh pemain memilik Health Point nya sendiri seperti tangan, dada, perut, kaki, dan kepala. Jenis luka juga berbeda - beda dari pendarahan ringan, pendarahan berat, patah tulang, pusing, dehidrasi, kelaparan, kelelahan,dan blackout limb (HP bagian tubuh benar - benar habis dan tidak bisa di sembuhkan) dengan cara penanganannya yang berbeda - beda juga. 

Versitile Movement Control

    Selain bergerak WASD, jongkok, dan tiarap, pemain juga dimanjakan dengan berbagai stance seperti leaning, jongkok setengah, tiarap miring, dan lainnya bahkan blind fire (menembak ala gangster tanpa membidik). 

Real Life Ballistics and Projectile Hit Physics


    Game ini menawarkan sistem balistik peluru yang realistis dimana setiap peluru memiliki tingkat penetrasi armor yang berbeda beda. Variasi kaliber dari peluru pistol 9x19mm parabellum hingga .338 Lapua yang dimana perkaliber juga memiliki jenis yang berbeda seperti halnya kaliber AK 5.45x39mm meiliki jenis PS yang hanya bisa menembus hingga armor level 3 dimana jenis PPBS "Igolnik" dapat menembus hingga armor level 6.  Tergantung dari tingkat penetrasi dan armor yang digunakan, peluru tidak selalu dapat langsung memberi damage dari HP pemain tetapi juga terkadang hanya merusak armor jika tidak dapat menembus armor. 

Advanced Weapon Modding System


    Senapan api di game ini bagaikan Barbie untuk anak perempuan. Pemain dapat memodifikasi dan mempereteli senjata sampai kecil - kecil. Contoh pemain dapat memberi adapter untuk memasang scope lain, mengganti popor, mengganti panjang laras, dan lainnya. 

Weapon Malfunction System

    Senapan api pada game ini dapat mengalami malfungsi dimana pemain harus memencet tombol tertentu untuk memperbaiki senjata.


Flea Market


    
Flea Market atau pasar loak dalam bahasa Indonesia adalah fitur dimana pemain dapat menjual barang temuannya dengan harga yang ditentukan sendiri dan dijual ke pemain lain. Bedanya dengan dijual ke trader yaitu barang yang dijual ke trader sudah memiliki harga "fixed". Tetapi barang bisa dijual ke flea market hanya barang yang memiliki "Found in Raid" status dimana hanya ada pada barang jarahan yang ditemukan di RAID dan bukan dari hasil beli di trader dan membeli dari Flea Market. Dengan adanya fitur ini, harga barang dapat mengalami kenaikan dan turunan seperti halnya pasar di dunia nyata. Di Flea Market tersedia berbagai barang mulai dari Meal Ready to Eat (MRE) untuk dimakan, senjata untuk digunakan, peluru untuk ditembak,  hingga Graphics Card untuk membangun Bitcoin Farm anda.

Hideout



    Pemain akan memiliki markas tersembunyi personal dimana pemain dapat membangun berbagai hal untuk kebutuhan, mulai dari Medical Station untuk memproduksi alat medis hingga Bitcoin Farm untuk mengemine ingame Physical Bitcoin.

SKENARIO

Get In and Get Out

    Pemain yang bermain PMC akan diberikan banyak sekali bentuk progression yang akan dijelaskan di subpoint senlanjutnya. Untuk menjalankan progressi ini, secara garis besar, pemain harus melakukan "RAID" dimana pemain masuk ke dalam beberapa map yang disediakan. Didalam map tersebar beberapa tempat dimana terdapat barang jarahan yang bisa pemain jarah. Tentu saja juga ada musuh Scav dan PMC player lain yang juga spawn diwaktu bersamaan di areah yang berbeda. Saat bermain, pemain dapat menjarah dan membunuh PMC atau Scav untuk mengambil jarahan dan dijual untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi didalam map tidak hanya digunakan untuk untuk mencari loot untuk dijual tetapi terkadang juga ada spot khusus untuk quest - quest tertentu (quest akan dijelaskan di subpoint lain). Untuk dapat menyimpan hasil jarahan, pemain harus melakukan Exfiltration dimana pemain kabur dari map tersebut melalui gerbang extraction yang ditentukan. 

Quest



    Selain menjadi fasilitas pemain untuk membeli barang - barang, Trader juga menjadi pemeran utama dalam berjalannya story di game ini dimana tiap Trader memberi quest yang berbeda - beda yang diberikan ke pemain. Macam quest biasanya bervariasi dari membunuh scav, membunuh PMC, mencari barang tertentu atau mengantar barang tertentu. Dengan menjalan quest, pemain akan diberikan reward material berupa uang atau barang serta exp serta mengikuti alur story dari game ini. 

KENAPA INI GAME TERBAIK (PERSONAL OPINION)

Gameplay yang "Punishing" tetapi "Rewarding"

    Di game ini, semua barang yang anda bawa akan secara praktis hilang jika anda mati saat RAID. Untuk perbandingan, rata - rata keuntungan yang anda dapat satu RAID seorang pemula biasanya yaitu sekitar 100.000 Ruble, jika anda sudah memiliki akses ke perlengkapan yang lebih bagus, perlengkapan yang dibawa bisa mencapai hingga 1.000.000 Ruble (10 kali lipat rata - rata keuntungan). Jika pemain mati saat membawa perlengkapan seharga 1.000.000 Ruble maka setara dengan 10 kali RAID berhasil yang sekarang sia - sia karena pemain mati. 
    Dengan kengerian akan kehilangan barang berharga, pemain akan merasa lebih di "reward" saat berhasil mengalahkan pemain lain atau berhasil Exfil dari map dan dapat menyimpan barang hasil jarahan yang dimana sangat beresiko untuk didapat. Secara teknis anda berjudi dengan perlengkapan yaitu apakah barang yang dibawa akan sebanding dengan keuntungan. 

Gun Gameplay yang Imersif

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa mechanics game yang berhubungan senjata yaitu balistik realistis , modifikasi senapan yang liar, dan sistem senjata macet. Belum banyak game yang mengimplementasikan hal ini karena terhitung merupakan tantangan teknis. Dengan adanya sistem tersebut pemain tidak hanya dibebankan pikiran mati oleh karena lawan tetapi mati karena peralatan yang perlu diurus dan dipikirkan juga. 


Progresi yang hampir tidak terbatas

    Sulit untuk bosan di game ini dimana goal nya hampir tidak terbatas, anda bisa mulai dari memikirkan untuk menaikan level atau bisa mulai mengupgrade Hideout untuk mendapatkan akses produksi barang sendiri. Atau juga menaikan level trader untuk mendapatkan akses beli perlengkapan yang lebih bagus dan murah dibanding yang dijual di Flea Market. Belum lagi quest yang jumlahnya ratusan dan menantang.

Sistem RPG yang tidak membosankan


    Di game RPG atau MMORPG umumnya memberikan sistem level dimana semakin tinggi level maka Health Point dan Damage pemain semakin tinggi, tetapi HP dan Damage musuh juga semakin naik dimana yang secara kasar terdengan tidak bermakna dan membosankan. Pada game ini, kenaikan level tidak langsung berdampak pada Health Point pemain atau damage yang dibuat oleh pemain, melainkan akses ke berbagai peralatan yang berbeda. Di game ini, combat tidak hanya sekadar HP dan Damage, banyak faktor lain yang sangat bervariasi dan kompleks yang harus diperhitungkan dari armor sistem dan ballistik peluru, sistem senjata, dan lainnya.

Walau Hardcore-simulator tetapi bukan Walking Simulator


    Tentu game simulasi hardcore militer tidak hanya Escape from Tarkov tetapi juga ada game lain seperti DayZ, Arma 3,  Scum dan game survival atau simulasi militer yang menawarkan kesan hardcore. Tetapi karena berporos pada "realism", game - game hardcore realistis Open World cenderung memaksakan realism pada semua hal dan  salah satunya perjalanan dari titik satu ke lainnya. Pada game seperti DayZ, Arma 3,  Scum pemain harus menempuh jarak berkilo - kilometer untuk sampai di kota lain dimana memang realistis tetapi jelas membosankan mengingat ini ada di dunia virtual game. Tetapi pada Escape from Tarkov bukan Open World dimana menawarkan map - map dengan desain yang berbeda - beda tanpa perlu berjalan secara real time.

Walau belum Full release sudah sangat adiktif


    Poin lain yang penulis tambahkan tetapi sangat bersifat subjektif yaitu dimana game ini sudah memiliki banyak poin yang dapat membuat pemain adiktif, tetapi mengingat game ini masih dalam tahap Early-access BETA maka masih banyak konten yang ditawarkan hingga game ini Full Release. Dibandingkan dengan game AAA lain dengan harga sama tetapi konten sedikit.

FUN-NYA DIMANA?

ACHIEVER
1. Menyelesaikan quest
Quest yang disedikana game ini sangat banyak dan bervariasi serta memberikan berbagai bentuk reward yang berbeda - beda.

2. Menaikan Level karakter and Trader Level Progression
Menaikkan level akan membuka kesempatan lebih banyak untuk membeli barang dan menaikan level trader jugam enjadi syarat untuk membuka item - item untuk dibeli

3. Mem Maxed-out Skill karakter
Pemain hanya dapat meningkatkan skill dengan melakukan hal yang berhubungan dengan skill tersebut, contoh skill Endurance hanya dapat ditingkatkan dengan sering berlari. Jadi jika sudah berhasil di max, maka akan memberikan kepuasan.

4. Mem Maxkan Hideout
Hideout pemain juga dapat ditingkatkan dan di max hingga memberikan manfaat dan keuntungan maksimal pada pemain.


EXPLORER(ada)
1. 6 Map yang luas dan memiliki rahasia nya sendiri - sendiri
Banyak bagian dari map yang tersembunyi yang perlu ditemukan, banyak spare part senjata yang perlu di research, banyak barang dan supply yang berbeda untuk ditemukan.

2. Modifikasi senjata yang beragam membuka kesempatan bereksperimen
Variasi modifikasi senjata yang bisa ditemukan sesuai dengan keinginan pemain membuka kemungkinan untuk mengeksplorasi lebih pada bagian modifikasi dan menemukan set senajta yang pas untuk pemain.

SOCIALIZER(ada tetapi tidak masif)
1. Bermain bersama Squad
Pemain dapat melakukan RAID bersama teman lainnya (dibatas 5 per group) dan bisa berkomunikasi dengan Scav lain jika pemain bermain sebagai Scav dengan sistem quick chat. Tetapi di game ini belu memiliki in game Voice Chat dimana berarti pemain hampir tidak ada cara berkomunikasi dengan pemain lain yang ditemui di RAID.

2. Berjualan dengan pemain lain di pasar loak (FLEA MARKET)
Di Flea market pemain dapat menjual barangnya ke pemain lain bersama dengan jualan pemain lainnya, pemain dapat mengatur harga pasar seakan - akan di dunia nyata yang berdampak ke harga barang lainnya.

 KILLER
1. Pemain dapat membunuh pemain lain dan mengambil barangnya
Bagi pemain yang kompetitif dan ingin melampiaskan emosi ke pemain lain, Escape from Tarkov menyediakan lapangan yang bagus dimana anda bisa menghabisi PMC (Pemain lain) dengan perlengkapan yang anda sudah beli dan rakit sedemikian mungkin dengan tujuan untuk dan hanya untuk membunuh pemain lain dan mengambil perlengkapan pemain lain dan jarahannya. Bahkan anda bisa mengambil dogtag pemain yang anda bunuh sebagai koleksi.

SCREENSHOTS

Screenshot Tarkov di Map Woods di lokasi Plane Crash dengan senapan VSS
Screenshot Tarkov di Map Shorline bersama Squad dengan senapan AKS-74U dengan attachment Laser sight, PK7 sight, dan 60 Magazine
Screenshot Tarkov di Map Shorline dengan Colt M4A1 dengan scope HAMR, Flashlight, RK1 forgrip, dan PWS muzzle break

VIDEO TRAILER

VIDEO DEMO


LINK GAME


NAMA : HELMIKA MAHENDRA PRIYANTO
NRP : 07211840000076


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger