Atlantica Online

Selasa, 07 Maret 2017

            Atlantica Online adalah strategi MMORPG turn-based fantasy yang di set berdasarkan bumi dengan geografi dunia nyata. Atlantica mempunyai 6 benua serta benua legendaris yaitu atlantis. Atlantica memiliki alur cerita yang ditulis dalam quest-questnya dan soundtrack yang solid.




Publisher
NEXON
Developer
NDOORS
Director
Taegon Kim
Producer
Taegon Kim
Designer
Hyukmin Kweon
Taeckeun Lee
Eunyoung Park
Junghun Lee
Programmer
Soonki Kwon
Junmo Ku
Artist
Jongphil Jung
Dongwhan Kim
Sunghoon Jung
Writer
Jikeun Ryu
Composer
Minho Jang
Engine
Gamebryo
Playerbase
Medium
Platform
Windows PC
Genre
MMORPG, Tactical Turn-base
ESRB rating
Teen
Release Date
30 Oktober 2008
PVP
Duel/Guild War/Arena
Pros
+ Unique Tactical turn-based combat
+  Huge variety of classes
+ Good Crafting System
+ Tons of quest/events

Cons
- Few Character Costumization options
- Monster Graphics are recycled

Link Download


Atlantica Online General 
            Atlantica Online adalah sebuah game MMORPG strategi 3D yang dikembangkan oleh NDOORS Interactive dan diterbitkan oleh NEXON. Game ini dirilis pada tanggal 30 Oktober 2008 di Amerika Utara dan tanggal 9 April 2014 di Inggris. Atlantica Online memiliki system tempur turn-based yang unik.
            Atlantica Online bertema fantasy, versi sejarah bumi. Pemain akan berpetualang melewati 6 dari 7 benua yang sebenarnya, ditambah dengan benua Atlantis, dalam versi bumi yang diisi dengan campuran yang indah dari sejarah, mitologi, dan budaya.
Pada Tahap membuat karakter, Atlantica Online ini memiliki kekurangan. Ada 3 Ras yang dapat dipilih, yaitu : Descendants of Atlantis, Heroes, dan Atlantians. Kelasnya didasarkan pada senjata yang mereka gunakan. Descendants of Atlantis dapat menggunakan Sword(Knight), Spears(Dragoon), Axes(Reaver), Gun(Rifleman), Bow(Marksman), Cannons(Bombardier), Instrument(Maestro), dan Staf(Mage) dan juga ada 1 kelas yang terkunci dan dapat dibuka ketika karakter sudah mencapai level 100 yaitu Chainsaw(Berserker). Kemudian pada ras Heroes hanya ada 1 kelas yang dapat digunakan saat mencapai level 30 yaitu Bow(Celestial Hunter) tetapi kelas ini terkunci gender dan tidak mempunyai pilihan kostumisasi. Kemudian adalah Atlantians, disini ada 3 kelas yaitu, DualSword(BladeMaster), Whip(Stormcaller), dan Staf(BattleMage). Mereka memiliki  kostumisasi yaitu sekitar 5 wajah, 9 gaya rambut dan 3 warna rambut untuk masing masing karakter.



            Setelah Pembuatan Karakter, kita siap untuk memasuki dunia atlantica dan akan menerima set-quest pertama yang akan mengajarkan kita mekanika dasar permainan terutama system tempur turn-based dan system mercenary. Konsep dasarnya adalah kita mendapatkan giliran untuk menyerang lawan, kemudian setelah giliran kita berakhir maka gentian lawan yang akan menyerang. Dan system mercenary yang membuat pertempuran menjadi menarik. Dengan mercenary kita dapat membuat formasi party kita hingga 9 karakter termasuk karakter utama. Mereka memiliki skill dan gaya tempur masing-masing yang unik.


Aturan Main
            Sama seperti sebelumnya konsep dasar system tempunya adalah, kita akan mendapatkan giliran yang dibatasi dengan waktu tertentu untuk menyerang lawan. Setelah kita menyerang, maka akan gentian lawan yang akan menyerang kita baik PVE maupun PVP. Ketika PVE, kita mendapatkan kondisi menang ketika kita mengalahkan semua musuh, dan kita akan kalah ketika semua mercenary kita mati atau karakter utama kita mati atau kita menyerah/melarikan diri. Untuk PVP kita menang ketika semua mercenary musuh mati / karakter utama musuh mati / musuh mneyerah dan melarikan diri, begitu juga sebaliknya kalo kita kalah. Apabila kita mati oleh monster alias PVE maka kita akan mendapatkan penalty pengurangan gold sebesar 10% dari gold yang kita bawa. Dan kita akan di respawn di kota terdekat.



Mercenary dan Formasi
            Ukuran Party player bergantung pada level karakter. Ketika level 1 player dapat mendapatkan 2 party member, ketika level 2 player dapat mendapatkan 3, ketika level 5 player dapat mendapatkan 4 party member, kemudian player akan bisa menambah jumlah party member setiap kenaikin 5 level hingga berjumlah 9. Dan kita juga bisa mengatur formasi sesuai keinginan kita.


            System Mercenary ini memungkinkan player untuk berpikir taktis, untuk menciptakan sebuah tim yang optimal yang dapat menanggapi segala ancaman. System mercenary ini seperti batu kertas gunting, yaitu ‘mele merc > ranged merc > magic merc > mele merc’.
            Mercenary di Atlantica Online ini dapat di upgrade ke tingkat yang lebih advance menggunakan crystal dan jewel menurut levelnya yaitu level 20, level 50, level 80, level 100, level 120, level 130, level 140, level 150, level 160, dan level 170 karena cap max level sekarang adalah 170.
            Atlantica Online ini memiliki banyak sekali mercenary, ada sekitar 70 lebih jenis mercenary yang memiliki skill berbeda-beda yang ada di Atlantica. Ada 4 pembagian pada mercenary menurut grade nya, yaitu Grade D adalah mercenary yang bisa dibilang ecek-ecek/lemah karena kita dapat merekrutnya langsung dari NPC dengan membayar sejumlah gold. Kemudian Mercenary grade C adalah mercenary yang lebih bagus dan lebih kuat daripada grade D, kita bisa mendapatkan mercenary grade C ini dengan menyelesaikan quest yang cukup susah atau bisa langsung membeli di market dengan harga yang lumayan mahal apabila ada player lain yang menjualnya. Setelah itu ada mercenary grade B, mercenary ini dibilang mercenary matre karena kebanyakan untuk mendapatknya kita harus merogoh kantong untuk membelinya alias cash, ya seperti game online lainnya atlantica tidak luput oleh item mall dimana kita harus membelinya menggunakan uang asli namun ada beberapa juga yang dapat didapatkan dengan menyelesaikan quest yang sangat susah atau kita dapat membeli di market dengan harga yang sangat mahal karena kebanyakan grade B merupakan mercenary cash. Dan yang terakhir adalah mercenary grade A, mercenary grade A ini statnya hampir sama dengan grade B, berbeda dengan grade B yang merupakan cash, grade A ini semua bisa didapatkan melalui quest, tapi tingkat kesulitan quest untuk mendapatkan mercenary grade A ini bukan main-main, sangat amat susah dan extrim. Jadi banyak player yang kadang menjualnya juga di market dengan harga yang amat sangat mahal. oleh karena banyaknya tipe mercenary itu akan sangat banyak kombinasi tim dari player di seluruh dunia.



Items, Equipments, crafting dan Market
            Karena banyak jenis mercenary dan kebutuhan dalam game ini maka di Atlantica sendiri ada banyak item dan equipment. Kita bisa mendapatkan item dan equipment dengan cara mengalahkan monster dan mendapatkan dropnya, hadiah box dari dungeon, crafting, dan membelinya di market(pasar). Untuk item dengan rarity langka maka mendapatkannya akan sangat susah, dan apabila ingin membelinya juga akan menghabiskan banyak gold. Jadi dengan kata lain game ini selain membutuhkan taktik juga membutuhkan hoki / keberuntungan dari player.


            Untuk equipment kita bisa mendapatkannya dari crafting, untuk melakukan crafting kita harus mendapatkan bahan bahan yang tepat dan sesuai.
            Untuk market di atlantica online ini menggunakan crossed over market system, yaitu market / pasar disini dari banyak server digabung menjadi 1, jadi missal barang player server A bisa dibeli oleh player server B karena marketnya dijadikan satu dengan yang lain.
            Selain market disini juga ada system bank, yang memudahkan kita untuk menyimpan uang dan pengambilan uang, karena jika kita mati waktu melakukan quest dan kita mati, maka uang kita akan berkurang 10% karena mendapatkan penalty. Oleh karena itu untuk menghindari hal buruk, kita sebaiknya menyimpan barang dibank. Dan juga barang yang terjual akan secara otomatis masuk kedalam bank.



Community List
          Di sini kita juga dapat bersosial dengan orang lain karena memiliki menu community list yang berisi Friends, Guild, Nation, Peers, dan New. Friend yaitu friendlist yang dapat menjadikan player lain menjadi teman kita, untuk melihat siapa aja teman kita yang sedang online, dst. Guild merupakan sebuah kelompok yang didirikan oleh pemain, dan masih terdapat di dalam sebuah game online. Dalam sebuah guild, kita bisa menjumpai struktur sederhana dari sebuah organisasi; ada ketua, wakil, dan anggota. Nah selanjutnya adalah Nation, disini Nation merupakan sebuah gabungan dari beberapa guild. Kemudan Peers adalahmenu untuk memperlihatkan daftar player yang levelnya setara dengan kita. Kemudian ada New, adalah menu untuk memperlihatkan kita siapa saja yang baru bermain dan memiliki level rendah.
   


Mengapa Game ini Terbaik ?
            Karena menurut saya jarang ada game turn-base MMORPG seperti atlantica ini, dan game ini sangat candu bagi saya. Grafis yang cukup bagus, atmosphere yang selalu berubah karena kita akan berkeliling dunia dan setiap melewati negara maka atmosphere nya berubah, bakan bangunannya meniru dari budaya negara tersebut, seperti contohnya indonesia ada disini dengan candi borobudurnya, dan salah satu mercenary di game ini adalah Roro Kidul dari Indonesia. Merupakan Game yang komplek dan perlu mengasah otak untuk memainkannya karena ketika kita duel dengan player lain, kita tidak boleh sembarang melangkah. Quest dan event tidak habis habis karena pasti ada yang baru.

Berapa Lama dan Sejauh mana ?
          Saya pertama kali memainkan game ini dari SMA kelas 1 sampai kelas 3 di server indonesia, karena saat itu indonesia membuka server baru. Sejauh mana, pada waktu SMA tersebut, saya memainkan game ini dan mencapai level 140an ketika cap max level 150. Saya pernah mencapai divisi 2, dengan jumlah divisi dimulai dari 0-18. Semakin kecil divisi berarti semakin kuat timnya di arena. Kemudian terhenti ketika GM secara tidak bertanggung jawab memblokir akun saya karena pada waktu itu banyak cheater, dan akun saya kena imbasnya, dan akhirnya pada tahun 2015 kemarin server di Indonesia ditutup karena bangkrut banyak cheater.

Fun yang didapatkan

            Saya mendapatkan fun dari game ini karena game atlantica ini sangat adiktif. Selain itu  di game tersebut saya belajar banyak hal, seperti bersosial, memanajemen keuangan, berpertualan bersama teman. Tahu senang sedihnya bersama-sama dengan teman.


Atlantica Online - Gameplay






Nama : Anggit Yudhistira
NRP : 5114100065


Share this article :

4 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger