Minecraft: Lebih Seru dari Dunia Nyata karena Lebih Mudah Dipahami

Senin, 06 Maret 2017


Minecraft adalah salah satu gim bergenre sandbox yang paling populer di dunia. Dirilis pada tahun 2009 gim ini pertama kali dikembangkan oleh perancang gim asal swedia Markus "Notch" Persson dan kemudian dikembangkan secara penuh oleh perusahaan pengembang gim Mojang.

Gameplay

Screenshot Gim Minecraft
Terdapat  3 mode utama dalam bermain Minecraft yaitu Creative Mode, Adventure Mode, dan Survival Mode. Pada creative mode pemain dapat membangun berbagai konstruksi dari kubus bertekstur dalam dunia 3D. Pada mode ini pemain dapat bebas terbang dan mengakses semua peralatan dan bahan-bahan/sumber kekayaan(resource) yang ada.  Sedangkan adventure mode sesuai namanya pemain dapat bereksplorasi pada dunia 3D yang yang dihasilkan secara acak oleh Minecraft atau dunia-dunia lain yang dibuat oleh pemain Minecraft lainnya. Yang membedakan mode ini dari mode lainnya adalah pemain tidak dapat memodifikasi dunia yang dieksplorasinya. Yang terakhir merupakan mode yang menjadikan Minecraft menjadi salah satu gim yang paling mendekati dunia nyata, yaitu survival mode atau mode bertahan hidup. Dalam mode ini pemain memiliki tujuan yang sama seperti tujuan di dunia nyata, yaitu bertahan hidup dan berkembang agar dapat hidup dengan lebih baik. Pada mode ini  pemain memiliki health point (HP) dan indikator rasa lapar, jika pemain kelaparan maka HP-nya akan berkurang sedikit demi sedikit dalam rentang waktu tertentu dan jika HP pemain habis maka ia akan mati dan akan “lahir kembali” di spawn point-nya. Selain itu juga terdapat monster yang akan muncul pada malam hari di tempat yang tidak terdapat penerangan. Pada awal permainan pemain tidak memiliki apa-apa dan harus mengumpulkan bahan-bahan alam untuk membuat berbagai keperluan untuk bertahan hidup.




Kesenangan bermain Minecraft tidak berhenti disitu saja. Minecraft memberikan keluasaan kepada komunitas pemain untuk memodifikasi gim ini, yang mana menurut opini rendah hati penulis merupakan sebuah syarat penting agar sebuah gim dapat dinikmati dalam waktu yang lama dimana terbukti dengan Minecraft yang masih eksis dalam 8 tahun dan sepertinya masih akan tetap eksis dalam tahun-tahun kedepan. Mekanis gim Minecraft yag terdefinisi dengan baik dan simple berimbas kepada modifikasi yang sangat menarik dan beragam dari komunitas Minecraft seperti mode permainan baru, texture pack, modified item, map, dll. Beberapa contohnya: Pixelmon, dimana mode survival minecraft dimodifikasi menjadi permainan pokemon; Agrocraft, merupakan modifikasi yang memberikan berbagai vegetasi tanaman yang tidak tersedia sebelumnya dan teknik bercocok tanam yang lebih mendekati dunia nyata; Witchcraft, dimana pemain dapat bermain sihir; dan yang paling menarik menurut penulis adalah Sky Factory, dimana pemain dapat membuat berbagai sistem energi seperti reaktor nuklir dan sistem perpabrikan lainnya.




Selain 4 yang disebutkan barusan terdapat ratusan bahkan ribuan modifikasi dari komunitas lain yang dapat dimainkan dengan Minecraft yang menjadikan Minecraft tetap menarik untuk dimainkan dan tak lekang oleh waktu. Selain dari komunitas, pengembang Minecraft sendiri juga terus melakukan pembaharuan terhadap gimnya.

Popularitas


Sebagian Peserta MineCon 2015 
Minecraft mendapatkan berbagai penghargaan dan mendapatkan banyak pujian dari para kritikus gim dunia. Hingga Juni 2016 Minecraft telah terjual sebanyak lebih dari 107 juta kopi di berbagai platform menjadikannya sebagai urutan kedua dalam urutan gim paling banyak dibeli sepanjang sejarah dibawah gim Tetris yang dirilis pada tahun 1984. Setiap tahun sejak 2010, Mojang mengadakan konvensi bagi penggemar Minecraft yang bertajuk MineCon. MineCon mendapatkan respon yang cukup baik dari penggemar Minecraft dengan 12.000 tiket terjual pada MineCon 2016. Dengan terus berkembangnya komunitas penggemar Minecraft, bukan tidak mungkin suatu hari nanti Minecraft akan mengalahkan  jumlah penjualan gim tetris dan menjadikannya sebagai pemegang rekor gim paling banyak dibeli sepanjang sejarah.


Info:

Dapatkan Minecraft: https://minecraft.net/
Platform: PC
Genre: Sandbox, Survival
ESRB: Everyone 10+

Penulis:
NRP: 5112100001
Nama: Muhammad Fakhrian Noor


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger