Kingdom Rush

Rabu, 29 Maret 2017

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi96P4MeP34XlFUXenYpoCjSDrm2-3df_yoHcWz0R5rIgaH14OBUhOGMpeuaLTCblOXQ-gSXLD0Kxah963bBoaoM6SKyOHMwcdf9emTCvPSKuuVJvK7rzJanfQtYltLEiL7itzv9KVytSs/s1600/Kingdom-Rush-Review.jpg


Kingdom Rush adalah game ber-genre Tower Defense. Di mana kamu sebagai pemain, bertugas melindungi jalan masuk dari serangan musuh dengan upgradeable tower yang disediakan. Dalam game Kingdom Rush, yang harus dilakukan adalah mengatur strategi untuk membangun tower dan meng-updatenya ke level yang lebih tinggi untuk menghalau setiap musuh yang datang. Kingdom Rush dirilis pada 28 July 2011, namun sudah dimainkan oleh lebih dari 10 juta orang dan menjadi salah satu game flash terpopuler.

Gameplay
Kingdom Rush merupakan game bergenre Tower Defense. Cara bermainnya tidak jauh berbeda dengan game – game tower Defense pada umumnya. Wave demi wave monster harus kamu tahan dengan artileri pasukan dan towermu. Ada 4 tower dasar di sini, yaitu:
1.    Archer Tower : Tower dengan range terjauh dan attack speed tertinggi. Archer Tower merupakan penyumbang physical attack paling krusial, karena nyerangnya paling cepet dan serba guna. Bisa diupgrade jadi Rangers berspesialisasi panah racun dan trap, atau jadi Musketeer, tukang sniping dari jarak jauh.
2.      Dwarven Bombard : Tower penyerang darat dengan damage area.
3.    Mage Tower : Tower dengan banyak efek – efek spesial seperti pengurang armor, pelambat atau kutukan. Upgrade jadi Elemental Sorcerer lalu pakai Elemental Giant-nya buat blokir jalan musuh, atau jadi Dark Arcane yang agar bisa altering reality, atau menteleport musuh.
4.   Millitia Barracks : Tower penghasil prajurit serang yang berguna untuk memblok jalannya musuh. Barracks yang berperan jadi blocker kamu, bisa diupgrade jadi Paladin yang defensif dan Barbarian dengan damage tinggi.

Seiring berjalannya game, keempat basic tower tersebut dapat kamu upgrade menjadi spesial tower yang memiliki kekuatan luar biasa, seperti lightning chain, prajurit barbarian, tower sniper dan masih banyak lagi. Setiap basic tower memiliki dua macam spesial tower yang dapat kamu pilih, namun hati – hati, setelah kamu memilih untuk merubah basic tower menjadi salah satu spesial tower, kamu tidak dapat mengubahnya kembali ke spesial tower yang lain. 


Selain disediakan tower, kamu juga dapat memanggil prajurit desa atau meteor dari langit untuk membantu pertahanan pasukan – pasukanmu. Jika kamu bisa bertahan dari serangan musuhmu, maka kamu akan mendapat bintang sesuai dengan sisa nyawamu. Semakin sedikit nyawa yang berkurang semakin banyak bintang yang kamu dapat. Bintang ini dapat kamu gunakan untuk mengupgrade kemampuan dari tower – towermu.

Fun
Berbeda dengan game tower defense pada umumnya, di mana semua monster hanya mempunyai satu pola: “Maju terus pantang mundur, jebol pertahanan lawan!!!”. Tapi di sini, musuhmu akan sedikit lebih pintar, seperti bisa bermanuver ketika di blok oleh prajurit kita, bertahan di satu tempat untuk menyerang prajurit mu dari jarak jauh, atau lewat jalan pinggir  supaya tidak terjangkau oleh prajuritmu, membuat game ini terasa lebih sulit jika dibandingkan dengan game tower defense yang lain. Mungkin hal ini juga yang membuat game ini menghilangkan fitur “Speed Up” yang biasanya ada di game bergenre tower defense.
Setiap level di Kingdom Rush diwarnai dengan tema musik yang beragam. Saya sangat suka dengan musik di Kingdom Rush, perpaduannya cocok dengan lingkungan di level tersebut. Seperti misalnya kesan windy di level – level bertema pedesaan atau kesan spooky di level daerah kegelapan.


Kalau dibahas masalah grafis, masih banyak game – game Tower Defense lain yang  lebih bagus. Bentuk monster dan tower yang terlihat kecil dan agak kaku mungkin membuat sebagian orang berpikir kalau grafis di game ini buruk. Namun yang saya lihat di sini, Kingdom Rush bukan mengedepankan grafis 3D atau detail tinggi, melainkan kesan cartoon dan funny. Di sini kamu bisa liat ‘celoteh’ dari musuh ketika kalah seperti ‘Ouch!’, bunyi dari panah Archer Tower ‘Shunt!’, listrik dari Tesla Tower ‘Bzzztt’ membuat kesan kartun sangat kental di game ini.

Pengulas
Faiz Ainun Karima - 5114100138
Destiana Nurliasari - 5114100148
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger