Crossy Road : Game Mechanics

Minggu, 05 Maret 2017

Crossy Road : Game Mechanics


     Setelah sebelumnya game Crossy Road telah direview, kita telah mengerti betapa uniknya game yang satu ini. Game yang secara sederhana dikemas dengan epic membuat game yang satu ini patut diacungi dua jempol. Sebenarnya bagaimana game ini bisa membuat kita menyukainya? Salah satunya adalah mekanik game Crossy Road yang sengaja dibuat sedemikian menarik. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk! kita cari tahu bersama!


Point, Obstacle, dan Difficulties yang terus meningkat

Begitulah yang namanya tantangan. Setiap langkah maju kita akan mendapatkan satu poin, kumpulkan poin sebanyak-banyaknya! Demikianlah yang selalu kita pikirkan saat memainkan game Crossy Road ini. Namun jangan terlalu optimis, karena obstacle atau rintangan untuk mengambil satu langkah ke depan tidak sesederhana itu. Obstacle yang harus kita lewati memiliki dua macam jenis yaitu yang bergerak dan satu lagi yang diam. Untuk menghindarinya kita bisa membelokkan karakter kita. Tapi harus diingat untuk melakukan gerak belok (horizontal) ada limit-nya, bahkan jika melebihi limit saat berada di environment tertentu bisa menyebabkan game over. Selain itu, difficulties dari game ini akan bertambah dengan pergerakan dari obstacle yang semakin cepat dan sejenisnya. Semakin tinggi point yang berhasil anda capai, maka semakin susah pula rintangan yang akan anda hadapi selanjutnya.

    


Hadiah bervariasi dan Koin yang berarti
Setelah jangka waktu tertentu (biasanya 5-15 menit) anda akan mendapatkan sebuah gift yang berisikan sejumlah coin. Mencari coin in-game lebih susah karena paling tidak setiap sekali permainan, dengan minimum skor 30, anda akan mendapati paling tidak 1-2 coin akan tergenerate dan bisa dikumpulkan. Mengetahui hal yang demikian, lebih baik anda menunggu beberapa menit untuk mendapatkan notifikasi mendapatkan free gift yang berisikan 100c-500c atau 100-500 coin. Hal tersebut jelas membuat kita selalu mengecek game untuk melihat apakah sudah waktunya mendapat free gift atau belum. Di samping itu, tiap beberapa periode waktu juga akan ada free coin dengan menonton video iklan yang durasinya sekitar seperempat menit sampai setengah menit.



Avatar, Karakter lucu untuk dikoleksi sampai in-app purchase

setiap kita memiliki paling tidak 100c, kita bisa melakukan random win prize yang berisikan avatar yang akan kita dapatkan secara acak. Kita bisa mengecek koleksi avatar kita pada menu. Namun, karena prize ini sifatnya random, semakin lengkap koleksi kita maka semakin besar pula kemungkinan kita mendapatkan avatar yang sama bahkan berulangkali. Jangan khawatir, karena sebenarnya untuk mendapatkan karakter-karakter tersebut tanpa menggunakan coin mata uang di game tersebut, kita busa melakukan pembelian dengan uang nyata yang jika diperkirakan harganya juga tidak begitu murah. Untuk satu karakter ordinary harganya sekitar 12000 rupiah, sedangkan karakter-karakter special yang memiliki kemampuan khusus seperti meningkatkan jumlah coin yang akan tergenerate tiap gamenya dan tidak bisa didapatkan via random win prize dihargai sekitar 45000 rupiah.



    


Goal yang beranekaragam
Setiap game yang baik selalu memiliki goal yang jelas, atau tujuan tertentu dari game tersebut. Hal ini tidak terlepas dari prinsip yang membuat game tersebut benar-benar bisa dimainkan sesuai alur (flow). Ada beberapa tingkatan goal di Crossy Road, yang bisa membuat kita selalu termotivasi untuk memainkan terus-menerus. 

  • Goal pada tingkatan detik, selesaikan game dengan cepat sejauh mungkin
  • Goal pada tingkatan menit, kumpulkan koin sebanyak-banyaknya
  • Goal pada tingkatan jam, kalahkan skor tertinggi sendiri
  • Goal pada tingkatan hari, selalu cek leaderboard untuk melihat siapa teman anda yang menempati posisi tertinggi dan selalu coba untuk mengalahkannya
  • Goal pada tingkatan minggu, kumpulkan semua avatarnya
    


Aspek Sosial
Kompetisi: Ya, sebuah leaderboard adalah sebuah mekanisme sosial. Selalu menjadi yang terbaik dengan memegang highscore pada leaderbord adalah cara menunjukkan anda yang paling hebat pada Crossy Road. 
Nilai Sosial: Dan lagi, sharing mengenai pengalaman anda memainkan Crossy Road juga merupakan hal yang penting untuk diketahui teman anda. Ya Kan? Anda bisa berbagi gameplay anda saat memainkan Crossy Road.

 


Penulis Review: Fahmy Thoriqul Haq/ 5112100037
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger