Black Desert Online

Selasa, 07 Maret 2017

Black Desert Online adalah game sandbox MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) dengan next-gen graphic, dan dunia open world yang penuh petualangan dan tantangan. Game yang rilis pada tahun 2014 yang diterbitkan oleh daum entertainment ini memungkinkan kita sebagai pemainya menjadi pencari harta karun, berpetualang menjelajah dan menemukan wilayah baru, menjadi pengrajin, menjadi pedagang,  hingga berebut wilayah dalam perebutan wilayah antar guild. Game ini baru tersedia untuk platform PC.

INFO

General Information:
Developer:Pearl Abyss
Publisher:Kakao Games
Director:Kim Daeil
Release Date:Korea:
2014
Worldwide:
3 Maret 2016
GenreMMORPG
ThemeFantasy
ModeMultiplayer
PlatformMicrosoft Windows
Kita bisa mendapatkan game ini dari website resminya yaitu, www.blackdesertonline.com
Game ini merupakan game berbayar, sehingga kita harus membeli gamenya terlebih dahulu sebelum dapat memainkanya. Game ini bisa dibeli seharga $9.99. Disediakan juga fitur trial, sehingga kita dapat mencoba gamenya secara gratis dalam satu minggu pertama.

ATURAN MAIN
Mirip seperti game sandbox pada umumnya, kita membuat karakter sesuai dengan yang kita inginkan dan menaikan level karakter kita sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Pada awalnya kita akan terlahir dengan level terendah yaitu level 1, setelah itu kita dapat melakukan leveling untuk menaikan level kita dengan cara mengalahkan monster, maupun melakukan quest yang diberikan oleh NPC.

Karena ini merupakan game MMORPG jadi tidak ada akhir untuk game ini, karena setelah kita menyelesaikan story kita masih bisa mengelilingi kota dan masih banyak yang bisa kita lakukan di dalam game. Seperti berdagang, berburu monster, berperang dan masih banyak lagi.

FITUR
Character Customization
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Black Desert Online memungkinkan setiap playernya mendapatkan pengalaman yang berbeda, karena game ini memiliki banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Game ini bahkan menyediakan kustomisasi karakter atau yang biasa disebut charater creation yang sangat mendetail, yang memungkinkan bagi setiap player memiliki bentuk karakter yang unik (berbeda antara satu karakter dengan karakter lainya). Kustomisasi karakter yang sangat mendetail ini sudah merupakan salah satu poin yang diunggulkan dari game ini, karena hanya dari pembuatan karakter ini dapat memakan waktu berjam jam untuk mendapat bentuk dari karakter yang diinginkan.


Selain karakter yang berbeda, kita bisa memberikan kostum kepada karakter kita.



Class dan Job
Layaknya game MMORPG pada umumnya, pasti akan ada yang kurang bila tidak membahas tentang class dan job. Dalam Black Desert Online hingga saat ini telah disediakan 12 Class (Warrior, Ranger, Sorceress, Berserker, Valkyrie, Wizard/Witch, Tamer, Maehwa, Musa, Ninja, Kunoichi, Dark Knight) yang dapat dipilih, dan ada 6 Job yang bisa dikuasai sekaligus.

Setiap Class memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, dan setiap class memiliki kegunaan masing masing. Sedangkan Job yang dipilih dapat memudahkan kita dalam mendapatkan ingame money. Maka dari itu untuk orang yang suka bertempur, kebanyakan akan memilih untuk memaksimalkan experience untuk classnya sehingga character akan semakin kuat. Namun untuk player yang ingin mengumpulkan uang akan menaikan level Job nya dengan cara, berdagang, memancing, memasak, alchemy, dan masih banyak lagi.

Melakukan Alchemy
Melakukan Alchemy

Gathering

Gathering

Gathering


Housing

Housing

Housing

Map
Dalam Black Desert Online yang merupakan game berjenis open world, game ini menyediakan peta yang sangat besar yang dapat kita jelajahi tanpa harus melewati loading screen. Kita bisa menjelejah dengan berjalan kaki, menunggang kuda, maupun berlayar menggunakan kapal. Namun untuk bisa membuka seluruh peta akan membutuhkan waktu yang sangat lama dikarenakan besarnya peta yang diberikan. Game ini juga menyediakan fitur auto pathing, sehingga kita bisa melakukan AFK selagi character kita berjalan secara otomatis menuju tempat yang dituju.

Jika ingin mengetahui seberapa besar peta yang disediakan bisa melihat secara online melalui link ini

Peta yang sudah terbuka setelah 50 jam bermain
Dari gambar diatas dapat dilihat saya hanya bisa membuka sebagian kecil dari peta setelah menghabiskan waktu sekitar 50 jam dalam game.

Game ini juga memiliki day and night cycle, sehingga ada waktu ingame yang menunjukkan siang dan malam. Pada saat malam hari monster akan menjadi lebih kuat dibandingkan siang hari. Ada juga weather cycle (hujan, terang, salju).

Graphic
Untuk graphic menurut saya game ini sudah memiliki kualitas graphic yang sangat tinggi untuk ukuran game online. Namun karena ini merupakan game online yang mengharuskan bertemu dengan karakter lain selain NPC dan karakter kita, menyebabkan game ini berjalan cukup berat ketika kita berada di kerumunan orang.

Walaupun setting graphic hampir semuanya rata kiri gambar yang diperoleh sudah cukup bagus, efek air dan lain lain juga cukup indah.

 
 

Story dan Questing
Game ini memilki Quest yang sangat banyak, begitu pula dengan story. Sayangnya story yang dibawakan oleh game ini sedikit sulit untuk diikuti. Story telling dibantu dengan adanya beberapa cutscene membuat story yang sedikit kurang dapat ditoleransi.



Cutscene

Cutscene
Minigame
Ada banyak minigame yang dapat dimainkan. Beberapa diantaranya adalah menjaring ikan, memerah susu sapi, membuat ramuan, menangkap rubah, memancing, dan masih banyak lagi

Minigame
MENGAPA TERBAIK
Saya menganggap game ini terbaik karena dalam game ini tidak ada tuntutan kita harus bagaimana. Kita bisa membuat karakter sesuka kita, dan melakukan apapun sesuka kita. MMORPG juga merupakan genre game yang saya suka, karena dalam MMORPG kita dapat bertemu banyak orang secara langsung. Kita dapat mengenal orang orang dari seluruh dunia, sekaligus melatih kita berbahasa inggris karena ini merupakan server global.

Saya baru menghabiskan waktu sekitar 50 jam dalam game, dikarenakan saya baru saja membeli game ini.
Reward Play Time 50 Hours
FUN YANG DIDAPAT
Fun yang saya dapat ketika bermain game ini adalah ketika saya naik level, dan juga mendapatkan uang yang banyak dari hasil crafting. Game ini juga memberikan rasa penasaran karena besarnya map yang diberikan, sehingga saya selalu merasa tertantang untuk menelusuri semua tempat dan melawan semua jenis monster.

PENGULAS
Nama: Saddhana Arta Daniswara
NRP: 5114100191
Saddhana Arta Daniswara | Create Your Badge


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger