PES 2013

Rabu, 15 Maret 2017

PES 2013

Gambar 1. Tampilan awal PES 2013



Pro Evolution Soccer 2013 salah satu game olahraga (genre: Sport) populer keluaran Konami. Pada tahun 2012 KONAMI merilis lanjutan dari PES 2012 yaitu PES 2013. PES 2013 dirilis pada tanggal 20 September 2012 sampai saat ini seri terakhir dari PES adalah PES 2017. Game ini dirilis untuk Microsoft Windows, Xbox 360, Playstation 3, Playstation 2, Playstation Portable, Wii, Nintendo 3DS.
KONAMI Corporation adalah perusahan pengembang dan penerbit berbagai mainan, kartu, anime, totkatsu, meisn slot, lemari arcade, video game dan beberapa Gym asal Jepang. KONAMI terkenal dengan serivideo game populer seperti Castlevania, Contra, Dance Dance Revolution, Gradius, Frogger, Suikoden, Ganbare Goemon, Metal Gear, Silent Hill, Yu-Gi-Oh! Dan PES (Pro Evolution Soccer). KONAMI meruapakan perusahaan terbesar kelima dari sisi pendapatan, perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 sebagai sewa jukebox dan bisnis perbaikan di Toyonaka, Osaka, Jepang, oleh Kagemasa Kozuki. Kali ini akan mengulas salah satu produk KONAMI yang tersukses adalah Winning Eleven, game sepakbola yang sangat Asia, Amerika Latin, Timur Tengah dan Eropa.

Gambar 2. Tampilan menu awal

PES ini sendiri diberi rating oleh ESRB berupa “Everyone” yang artinya bisa dimainkan untuk semua kalangan umur, konten yang dikandung minimum gambar kartun, fantasi, kekerasan, bahasa dan pengaruh tertentu. Memberikan pengenalan dan pemahaman segala sesuatu yang berhubungan dengan sepakbola, mulai dari kompetisi, jenis kompetisi, hingga aturan permainan sepakbola. Aturan dasar permainan ini mirip aturan main sepakbola dalam dunia nyata seperti adanya kickoff, foul (peringatan/red card/yellow card), freekick, corner kick, pinalty kick, dan waktu permainan yang bisa diatur sesuai keinginan. Tujuan dari permainan ini adalah mencetak gol sebanyak-banyak ke gawang lawan. Selain itu dilengkapi komentator jalannya pertandingan.




Trailer PES 2016


 


Game ini sering dimainkan untuk ajang menunjukkan bakat kompeten bermain game dalam hal dunia sepakbola. Terdapat banyak menu dalam game ini seperti Exibition Match, UEFA Champions League, UEFA Europe League, CUP, League, dan untuk mengasa tingkat ketangguhan dalam bermain PES yaitu memainkan Menu FootBall Life yang di dalamnya ada Master league dan Become a legend. Terdapat juga menu training untuk pelatihan bagi pemula atau bagi yang ingin menambah kualitas permainan. Banyak hal yang menyenangkan yang bisa didapatkan dari permainan ini yaitu duel bersama kawan, beradu taktik, dan menujukkan kelas kualitas permainan. Tak jarang ada kata-kata mutiara yang terdengar ketika memainkan game ini.
Gambar 3. Competiton


Gambar 4. Master league


Gambar 5. Tampilan Select Tim

Gambar 6. Tampilan Formasi Tim


Gambar 7. Tampilan Pemain


Gambar 8. Kondisi saat permainan berlangsung

Gambar 9. Saat pemain selebrasi gol
Semua game mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun kali ini kita akan membahas apa kelebihan-kelebihan yang akan kita dapatkan pada game PES 2013 ini. Seiring dengan semakin populernya game sepakbola, terutama PES 2013, khalayak umum semakin mudah mengenali dan memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan sepakbola. Mulai dari jenis kompetisi, sistem kompetisi, hingga peraturan permainan sepakbola. Namun pada kenyataannya, justru masih banyak orang, terutama mahasiswa olahraga yang tidak menangkap peluang game ini sebagai media belajar memahami peraturan permainan sepakbola. Hal seperti inilah yang akan dimanfaatkan bagi para gamer terkait esensi dari bermain game PES 2013.



Seiring dengan berkembangnya jaman begitu pula dengan perkembangan dunia teknologi, game PES 2013 dengan tambahan crack 2017 ini juga membantu bagi para gamer untuk memahami kondisi dunia sepakbola, seperti update transfer pemain, update kualitas dari tim-tim, dan update skil dari para pemain-pemain sepakbola. Game ini sangat cocok bagi orang yang mempunyai hobi dalam sepakbola karena selain pengetahuan yang telah disebutkan diatas, games ini juga mengajarkan bagaimana berfikir cepat untuk mengambil tindakan dalam permainan, mengatur strategi-strategi menyerang dan bertahan.


Judul : PES 2013
Genre: Sport
Tema : Permainan Sepak Bola
ESRB: Everyone




Nama : Muhammad Ishar Kadir
NRP : 5114100702


Muhammad Ishar
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger