Persona 3 FES

Selasa, 07 Maret 2017

Story

Cerita yang ada di game Persona 3 FES bagian “The Journey”  terbilang sama dengan Persona 3. Pemain memerankan tokoh utama yang berpindah sekolah dan masuk ke asrama. Setelah beberapa kejadian pemain kemudian ikut dalam  tim SEES yang terdiri dari siswa asrama tersebut. Siswa yang ada di SEES memiliki kemampuan khusus yang dapat memanggil Persona.


Tujuan dari SEES adalah menginvestigasi Tartarus. Tartarus adalah sebuah menara yang muncul pada dark hour di lokasi sekolah mereka. Dark hour adalah waktu diluar waktu normal 24 jam, dan hanya mereka yang memiliki kemampuan khusus yang dapat mengetahuinya. Dark hour yang terjadi memiliki kaitan dengan kejadian yang pernah terjadi di lokasi sekolah mereka berdiri. Karena itu, pemain menelusuri Tartarus dan melawan shadows, sebuah eksistensi berbahaya yang hanya muncul pada dark hour. Tim SEES mencari cara untuk melenyapkan fenomena Dark Hour yang dianggap membahayakan. 

Cerita “The Answer” memiliki timeline setelah “The Journey”, dimulai dengan anggota SEES yang terperangkap di asrama dan munculnya abyss fenomena lain selain kemunculan Tartarus. Karena kejadian itu anggota SEES harus menelusuri abyss untuk menghilangkan fenomena ini.
  
Info:
Platform: PlayStation 2, PlayStation 3
DEveloper: Atlus
Genre: Role-playing, social simulation
Tema: Mystery
ESRB Rating: Mature
Dapat dibeli: Amazon

*note: Game Persona 3 FES dapat juga dimainkan menggunakan PC melalui Emulator PlayStation 2 seperti pcsx2.

Video Trailer dan Demo





Gameplay, Aturan Main dan Minigame

  • Tujuan akhir pemain dalam Game Persona 3 FES adalah mengalahkan Nyx, yang berada di lantai paling atas Tartarus.
  • Pemain akan kalah jika tidak berhasil menyelesaikan misi utama dari permainan ini berupa target pencapaian lantai tartarus di jangka waktu tertentu, atau kalah dalam pertarungan dengan shadows.
  • Pemain akan menelusuri Tartarus dari lantai paling bawah dan mencari tangga atau jalan menuju lantai atasnya. Pemain dapat menelusuri tartarus sesuai dengan jalan cerita permainan.



  • Pemain dapat membentuk party dengan maksimal empat orang member SEES termasuk yang dimainkan oleh pemain
  • Selama menelusuri tartarus pemain dapat menemukan banyak rintangan yaitu shadows yang merupakan karakter musuh dari game ini. Pemain akan dikejar oleh shadows jika berada di jarak tertentu dengan shadows.

    • Pemain dapat bertarung dengan shadows, dengan cara menyerang, diserang atau bersentuhan dengannya. Hal ini berlaku juga dengan anggota party. Anggota party dapat diserang, dan jika berhasil diserang maka kita dapat membiarkannya atau ikut bergabung dalam pertarungan. Saat bertarung scene akan pindah ke tampilan pertarungan
    • Saat bertarung dengan shadows pemain dapat mengontrol empat karakter party. Setiap karakter dapat menyerang, bertahan, menggunakan kemampuan persona, ataupun escape dari pertarungan. Khusus untuk karakter utama yang dimainkan pemain, memiliki kemampuan untuk menukar-nukar persona yang digunakan tergantung persona yang dibawa saat menelusuri tartarus.
    • Pemain akan kalah bertarung jika karakternya kalah/mati, sedangkan akan menang jika berhasil menghabiskan life yang dimiliki oleh shadows yang dilawannya



    • Setiap persona memiliki elemen tertentu, yang berpengaruh terhadap skill yang dimilikinya. Selain itu setiap persona juga memiliki beberapa keadaan terhadap serangan yang mengenainya, seperti  null(tidak berefek), str(kuat terhadap), drn(menyerap), wk(lemah terhadap), dan –(damage normal).
    • Setiap persona memiliki jenis tertentu yang di game ini jenisnya berdasarkan kartu tarot, seperti fool, empress, strength, hanged man, fortune, death, dan lainnya.
    • Persona bisa didapatkan melalui pilihan persona di akhir battle, atau bisa didapatkan juga dengan melakukan fuse persona. Beberapa persona hanya bisa didapatkan jika pemain dalam keadaan tertentu.  


      • Pemain dapat melakukan fuse dengan cara pergi berbicara dengan Elizabeth yang berada di velvet room. Pemain dapat melakukan beberapa jenis fuse persona.
      • Untuk memenuhi syarat mendapatkan persona salah satunya adalah dengan melengkapi social link. Social link dapat ditingkatkan dengan melakukan interaksi dengan karakter-karakter tertentu di game ini.
      • Dengan sistem open-world yang terbatas dengan timeline story pemain dapat menelusuri tempat-tempat dan menemui karakter-karakter tertentu saat adanya waktu kosong


        • Pemain dapat menemukan karakter social link dengan cara menemui dan berinteraksi sesuai dengan jadwal dan tempat yang ditentukan tapi harus diketahui sendiri oleh pemain. Social link memiliki 10 level. Beberapa social link memiliki syarat tertentu agar dapat naik level, seperti syarat status pemain.



        • Pemain memiliki status, yang terdiri dari tiga status, charm, academics dan courage. Status tersebut dapat dinaikkan contohnya, jika pemain belajar, maka academics akan naik, jika menonton film horror di bioskop stasiun maka courage akan naik. 


        Mengapa Game ini Terbaik?

        Saya menganggap game ini terbaik karena banyak hal, terutama karena ini adalah game JRPG. Grafis khas persona series dan JRPG, membuat game ini sangat menarik untuk dimainkan. Berbeda dengan game persona yang ada sebelum dan sesudahnya. Persona 3 memiliki fitur yang dimiliki oleh Persona 2 yaitu fusion spell, tapi lebih bagus sistemnya. Fitur fusion spell sendiri tidak lagi ditemukan di game Persona yang lebih baru dari Persona 3 seperti Persona 4, ataupun Persona 5.
        Pemain memiliki lebih banyak fitur untuk party, contohnya seperti berpencar di Tartarus. Setelah tamat, pemain dapat melanjutkan karakter yang dimilikinya(save game). Level, status, persona yang dimiliki atau yang sudah didapat dan item akan tetap ada walau game nya diulang. Jadi dapat melanjutkan progressnya yang tidak dapat diselesaikan saat tamat pertama kalinya. 

               Musik khas dari persona series karya Shoji Meguro akan menemani pemain sepanjang permainan, membuat pemain menjadi sangat menikmati jalannya permainan. Di game ini juga banyak persona yang bisa didapatkan dan cara mendapatkannya juga berbeda-beda. Story yang menarik dan penuh plot twist, ditambah lagi ada story yang hanya bisa dilihat jika pemain melakukan social link pada karakter tertentu dan beberapa scene menampilkan animasi dari storynya yang membuat penggambaran ceritanya lebih jelas. Menelusuri Tartarus juga menyenangkan dan menantang, dengan shadows yang bervariasi. 


        Selain itu di game Persona 3 FES memiliki karakter persona khusus, tepatnya dua persona yang dapat menggunakan fusion spell instant kill "Armageddon" yaitu Helel dan Satan. Persona ini baru bisa didapatkan paling cepat pada saat tamat untuk kedua kalinya. Jadi jika bosan melawan shadow dan ingin melengkapi berbagai hal saat bermain ke-3 kalinya dapat menggunakan kedua persona ini. Fusion spell yang digunakan adalah Armageddon dan hanya dapat ditemukan di Persona 3 series.
        Saya sendiri telah memainkan game ini berulang-ulang sebanyak lima kali. Dikarenakan masih banyak unlockable yang belum didapatkan saat tamat pertama kalinya, dan hampir mendapatkan seluruh yang ada di dalam game di tamat ke-3. Sayangnya saat ingin melanjutkannya, save gamenya crash. Kemudian mengulang baru, dan baru tamat untuk ke-2 kalinya. Namun untuk “the answer” masih belum pernah tamat karena perlu leveling yang lebih.

        Fun

        Fun yang saya dapatkan di game ini cukup banyak. Tentunya karena sangat ingin mengeksplorasi hal baru, menelusuri tartarus, dan mengalahkan shadows yang bervariasi. Selain itu juga keinginan untuk melengkapi koleksi persona yang didapatkan. Story game ini juga menarik dan enak untuk diikuti, membuat saya tidak dapat skip begitu saja di bagian percakapan. Mencoba semua hal di game ini juga menjadi keinginan dan kesenangan tersendiri, melengkapi social link, memicu story tiap karakter social linknya, berhasil tamat di tiap difficulty, menyelesaikan seluruh tantangan atau misi dan juga melihat ending yang berbeda.

        Satu hal yang paling menyenangkan juga adalah berhadapan dengan karakter shadows bernama Death/Reaper yang merupakan shadows kuat OverPower yang akan mendatangi karakter pemain, jika pemaindiam ditempat yang sama atau dilantai yang sama dalam jangka waktu yang lama. Mengalahkannya akan mendapatkan reward khusus, saat mengalahkannya juga ada kepuasan tersendiri terutama karena OverPowernya dan juga hampir tidak mungkin dikalahkan saat main pertama kalinya.


        Gameplay Video

        Pengulas

        Nama: Syauki Aulia Thamrin
        NRP: 5114100083

        Share this article :

        0 komentar :

        Speak up your mind

        Tell us what you're thinking... !

         
        Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
        Proudly powered by Blogger