Life is Strange

Minggu, 12 Maret 2017



Life Is Strange
Developer(s): Dontnod Entertainment
Publisher(s): Square Enix, Feral Interactive (OS X, Linux)
Distributor(s): Square Enix
Engine(s): Unreal Engine 3 
Platform(s): Linux, Microsoft Windows, OS X, PlayStation 3,  
PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One
Genre(s): Graphic adventure
Theme(s): Drama, High School, Adventure, Supernatural, Coming-Of-Age
Rating(s): PG16, ESRB-M
Steam Link: Life is Strange





Banyak orang yang menginginkan melakukan perubahan di masa lalu karena melakukan kesalahan di masa sekarang dan berdampak di masa depannya. Jika pembaca adalah Gamer yang menginginkan bagaimana rasanya memiliki kekuatan super seperti itu maka pembaca sangat disarankan memainkan game berikut.

Game Life is Strange adalah game Interactive Story, dimana pemain akan memasuki cerita karakter protagonis dan memilih pilihan yang terbaik menurut pemain yang berefek mengubah jalur proses cerita tersebut dan mencapai berbagai ending dari cerita tersebut. Game ini dibuat oleh Dotnod Entertainment yang dirilis pada tahun 2015 secara bertahap dengan dikemas dalam 5 episode. Game ini mendapatkan review sangat baik di kalangan gamer karena plot cerita yang sangat bagus dengan plot twist yang tidak terduga, gameplay yang berbeda dibandingkan Interactive Story yang lain, dan soundtrack yang sangat memorable sehingga pemain dapat lebih merasakan suasana dalam game. 

LATAR BELAKANG


Plot dari cerita ini berawal dari mahasiswa dari Blackwell Academy, Max Caulfield, yang tiba-tiba memiliki kekuatan untuk memutar kembali waktu ketika Max mengamati pertengkaran teman masa kecilnya yang berakhir dengan tragis. Max yang terkejut akan kekuatan barunya hanya menginginkan untuk menyelamatkan teman masa kecilnya. Tetapi Max tidak sadar bahwa menyelamatkan teman masa kecilnya dengan memutar kembali waktu hanya membuat masalah menjadi sangat rumit bahkan harus menyelamatkan kota yang dia tinggali, Arcadia Bay, dari bencana yang akan datang. Disinilah pemain harus memilih jalur cerita apa yang diinginkan pemain untuk menikmati cerita dari Max Caulfield ini.

GAMEPLAY


Cara bermain dari game ini sama seperti Interactive Story lainnya seperti The Walking Dead atau The Wolf Among Us dari Telltale Games, pemain dapat berinteraksi dan mengamati dengan NPC dan objek yang ada di dalam game, dimana akan terjadi puzzle solving untuk melanjutkan cerita. Pemain juga akan diberikan berbagai pilihan yang akan berpengaruh cerita dari game tersebut. Seperti mengambil objek tertentu untuk membantu pemain kedepannya atau membiarkannya dan mencari cara lain, menolong temannya dari bahaya untuk menghasilkan dialog baru atau membiarkannya, atau memilih respon baik atau buruk ketika beinteraksi dengan teman-temannya.


Yang membedakan Life is Strange dibanding game Interactive Story yang lain adalah pemain dapat menggunakan kekuatan memutar balik waktu untuk mengulangi keadaan. Kekuatan ini akan sangat membantu pemain untuk melanjutkan cerita, mengulangi apabila terjadi kesalahan, menyelamatkan karakter utama dari mara babaya, atau mengubah masa sekarang yang dapat mengubah jalan cerita sepenuhnya. Contohnya karakter utama mengetahui bahwa temannya akan dijatuhkan ke kolam renang secara tidak sengaja dan karakter utama bisa mengulang waktu untuk memperingati temannya agar menghindar dari tempat itu agar tidak jatuh.



Di dalam game ini terdapat mini game seperti ketika karakter utama dapat memutarbalikkan waktu dimana foto yang dia ambil untuk mengubah keadaan, Dimana pemain harus memfokuskan foto tersebut dari yang samar-samar menjadi jelas. Lalu terdapat mini game dimana pemain harus mencocokkan foto-foto yang memiliki fakta yang sama untuk mencari tempat dimana cerita berlanjut. Mini game ini hanya dilakukan beberapa kali di bagian cerita tertentu.

GAME TERBAIK DARI SISI FUN GAME


Saya menjadikan Game ini menjadi game terbaik karena memiliki cerita yang sangat bagus dengan plot twist yang benar-benar tidak terduga, dengan soundtrack lagu akustik yang mengiringi permainan dengan sangat santai sehingga saya bisa merasakan betapa dalamnya saya bisa masuk ke dalam game tersebut dan bisa merasakan suasananya, dan dengan gameplay yang cukup membuat saya memutar otak dan berpikir bagaimana saya harus memilih pilihan yang terbaik untuk mendapatkan cerita yang sempurna dalam sekali main, dan harus menggunakan fitur memutarbalik waktu dimana jarang game ada fungsi ini sehingga membuat game ini semakin terlihat simpel di luar tetapi kompleks di dalam. Saya sendiri sudah menamatkan game ini sekali dengan ending yang biasa dipilih pemain game lainnya. Tetapi saya ingin menamatkannya sekali lagi untuk mendapatkan ending yang berbeda.

Pengulas:
Nama: Ken Genesius M.B
NRP: 5113100114

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger