Phoenix Wright : Ace Attorney

Selasa, 07 Maret 2017

Phoenix Wright : Ace Attorney


Developer : Capcom
Publisher : Capcom
Genre : Adventure, Visual Novel
Tema : Misteri
ESRB : T (Teen)
Platform : Game Boy Advance (GBA), Nintendo DS (NDS)


Gameplay Video :



         Ace Attorney, yang dikenal di Jepang sebagai Gyakuten Saiban, adalah seri permainan video petualangan, yang dibuat oleh Shu Takumi[1] dan diterbitkan oleh Capcom, di mana pemain berperan sebagai seorang pengacara pembela dalam latar persidangan dengan didasarkan pada sistem hukum Jepang. Player menjalankan karakter utama Phoenix Wright, yang berusaha membela klien yang tersangkut dalam permasalahan hukum. Player akan menemukan bahwa fakta yang sesungguhnya terjadi pada sebuah kasus tidak serupa dengan bagaimana hal-hal terlihat pada awalnya. Player bermain untuk membantu Wright menemukan fakta dengan menggunakan metode penyelidikan, bukti, dan cross-examination (pemeriksaan silang) untuk membuktikan kasus mereka.
        Phoenix Wright: Ace Attorney merupakan game pertama dalam seri ace attorney. Pada game ini pemain berperan sebagai pengacara pemula bernama Phoenix Wright yang akan melaksanakan tugas pertamanya sebagai pengacara pada suatu pengadilan. Setelah kasus pertama terselesaikan, jalan cerita akan membawa pemain melewati 3 kasus lain (dan 1 kasus tambahan yang dirilis khusus untuk platform NDS) dengan jalan cerita yang sangat menarik.

         Pada game dengan model visual novel ini, pemain akan dibawa melalui jalan cerita dengan membaca baris demi baris teks. Game akan berakhir setelah anda berhasil membawa Phoenix Wright menyelesaikan tiap kasus dalam game dengan benar. Anda tidak disarankan untuk hanya meneruskan membaca teks dengan membabi buta karena dalam tiap baris bisa jadi ada petunjuk penting yang tersembunyi untuk menyelesaikan kasus. Seiring berjalannya game ini, pemain akan diberi beberapa pilihan yang akan menentukan kelanjutan cerita. Terdapat juga semacam HP bar yang akan berkurang apabila pemain memilih pilihan yang keliru, yang akan membuat game over jika telah habis, sehingga pemain harus benar-benar memikirkan pilihan yang akan diambil dengan teliti.

       Terdapat dua fase dalam gameplay tiap kasus, investigasi dan pengadilan. Saat investigasi, Phoenix Wright dapat berpindah tempat sesuai dengan keinginan pemain. Pada setiap tempat Wright dapat menemukan berbagai kunci untuk memecahkan kasus, seperti barang bukti ataupun kesaksian dari saksi mata saat kejahatan berlangsung. Pada fase pengadilan, phoenix wright akan melakukan cross-examination pada saksi dimana  pemain akan dapat menginterogasi saksi mata yang memberikan testimoni. Kunci dari permainan ini adalah untuk menemukan kontradiksi dari testimony yang diberikan saksi mata dengan petunjuk-petunjuk yang anda miliki. Pemain juga akan diminta menunjukkan bukti dari tuduhan yang ditujukan, yang tentunya juga akan mengurangi HP bar jika barang bukti yang diberikan salah.
      

       Gameplay dari permainan ini cukup sederhana, namun bagian yang paling membuat pemain merasa tertarik adalah jalan ceritanya. Jalan cerita game ini memiliki plot rumit yang mungkin dapat menjamin pecinta cerita misteri untuk terus memainkan keseluruhan serinya, dimana pemain akan menemukan kasus-kasus yang telah diselesaikan pada game-game sebelumnya kembali menghantui anda.
       Game ini kemungkinan besar dapat dinikmati oleh gamer bertipe explorer yang kerap menginginkan jalan cerita menarik, khususnya misteri, yang dapat ditemukan ketika memainkan game ini. Penulis secara pribadi merasa tidak ingin berhenti bermain begitu mencoba game ini pada mulanya hingga mencapai ending.  Game ini sendiri membutuhkan waktu rata-rata sekitar 20-30 jam untuk diselesaikan. Penulis sendiri telah menghabiskan waktu 100 jam lebih untuk memainkan keseluruhan seri game ini yang dirilis untuk platform NDS yang berjumlah 4 game. Belum tersedianya Nintendo 3DS Emulator yang stabil membuat penulis dengan bersedih hati masih menanti untuk dapat memainkan 2 game ace attorney yang terbaru.

Penulis : Rizki Novianto  (5109100143)








Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger