Cities: Skylines

Selasa, 07 Maret 2017


Cities: Skylines adalah sebuah permainan simulasi single-player membangun sebuah kota yang dirilis pada 11 Maret 2015 untuk platform Microsoft Windows, OS X, dan Linux. Permainan ini memperkenalkan aturan main yang baru agar pemain dapat merasakan sensasi dan tantangan yang lebih dalam menciptakan sebuah kota.

Dalam permainan ini, pemain terlibat penuh dalam merencanakan sebuah kota mulai dari mengontrol zona/tata letak bangunan, menempatkan jalan, memberlakukan sistem perpajakan, serta sistem pelayanan publik suatu daerah/region yang ditentukan. Pemain bekerja untuk mengatur anggaran kota, kependudukan, kesehatan, kebahagiaan, pekerjaan, polusi, arus lalu lintas, dan faktor-faktor lainnya.


Title: Cities: Skylines
Developer: Colossal Order Ltd. 
Publisher: Paradox Interactive
Platform: Microsoft Windows, Mac OS X, SteamOS + Linux
Release Date: 11 March 2015
Genre: Simulation, Strategy
Mode: Single Player
ESRB Rating: Everyone

Gameplay

Di awal permainan, pemain diberikan sejumlah uang dan sebidang tanah (setara dengan 2 x 2 km persegi) yang dilengkapi dengan pertigaan jalan yang terhubung dengan jalan tol untuk menghubungi kota-kota lainnya. Dengan modal-modal tersebut, pemain langsung dapat membangun sebuah jalan dan zona perumahan, industri, atau komersial. Tidak ketinggalan juga membangun infrastruktur pelayanan publik seperti listrik, saluran air, dan saluran limbah demi memasok kebutuhan penduduk di kota tersebut.

Bidang tanah yang dapat ditempati oleh bangunan, jalan, maupun pepohonan

Sebagai kota yang terus tumbuh, ketika sudah melampaui tingkatan populasi tertentu, pemain akan mendapatkan fitur/bangunan baru seperti sekolah, kantor, pemadam kebakaran, fasilitas kesehatan, dll untuk mengelola kota tingkat lanjut. Salah satu fitur lain yang disediakan adalah memungkinkan pemain untuk mengelompokkan kota yang dibangun sebagai daerah/region. Masing-masing daerah/region dapat dikonfigurasi oleh pemain untuk membatasi jenis perkembangan atau peraturan-peraturan yang berlaku di dalam daerah/region tersebut, seperti menawarkan transportasi gratis untuk penduduk, ataupun meningkatkan tingkat pajak untuk daerah-daerah komersil.

Salah satu daerah/region dengan pengaturan regulasinya


Permainan ini juga memberikan kesempatan kepada pemain untuk merencanakan sistem transportasi umum yang efektif bagi kota demi mengurangi kemacetan lalu lintas. Pemain pun juga dapat mengatur moda transportasi yang digunakan, seperti bus, kereta bawah tanah, ataupun pesawat terbang.

Menggunakan moda transportasi bus (warna biru) di dalam kota

The Best Game. Why?

Saya sangat menyukai permainan simulasi membangun kota seperti Cities: Skylines dan saya pun sudah memainkannya dari bulan Agustus 2016. Menurut saya, permainan ini tidak seperti permainan membangun kota pada umumnya. Antar muka pengguna tidak terlalu kompleks sehingga memudahkan pemain dari berbagai usia untuk mengeksplorasinya. Kemudian jika dilihat dari sisi grafis, Cities: Skyline sangat menawarkan pengalaman bermain yang luar biasa, membawa pemain seperti membangun kota secara nyata. Fitur yang ditawarkan di dalam permainan pun juga sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan keinginan pemain. Selain mendapatkan hiburan, pemain pun diajak berpikir bagaimana menjadi expert dibidang perencanaan kota.


Sistem perpajakan atas bangunan dan sumber daya yang dapat diatur sendiri oleh pemain

Fun Factors

Selain antar muka, grafis, dan fitur yang ditawarkan sehingga menjadikan permainan ini terbaik bagi saya, saya juga sangat menyukai konsep facilities based on population di dalam permainan Cities: Skylines. Yaitu ketika pemain mencapai jumlah / populasi penduduk tertentu, maka pemain berhak mendapatkan bangunan / fasilitas baru yang dapat diimplementasikan ke dalam kotanya. Dan pemain pun dapat mengatur kembali kota nya dengan menerapkan bangunan / fasilitas baru yang didapatkan tersebut.

Pemain dapat membangun moda transportasi pesawat terbang ketika sudah mencapai 70.000 populasi

Yahya Eka Nugyasa // 5113100134

Yahya Eka Nugyasa

Create Your Badge
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger