Review GTA V

Selasa, 07 Maret 2017

Review GTA V

Grand Theft Auto V (Disingkat GTA V) adalah game aksi dan petualangan yang dikembangkan oleh Rockstar North dan di terbitkan oleh Rockstar Games. Game ini terbit pada tanggal 17 september 2013 untuk console Playstation 3 dan Xbox 360. Game ini adalah game kelima belas dari seluruh game GTA. Pengembang permainan ini, Rockstar Games membuat Grand Theft Auto V bisa dimainkan di PlayStation 4, Xbox One, dan juga di PC.



Grand Theft Auto V berlatar belakang negara bagian fiktif di Amerika Serikat yakni San Andreas (Di dunia nyata California Selatan). Sebelumnya San Andreas telah menjadi tempat berlatarnya Grand Theft Auto: San Andreas. Sama seperti Grand Theft Auto: San Andreas, di GTA V terdiri dari 2 Wilayah yaitu Los Santos (Perkotaan) dan Blaine County (Pedesaan). Untuk pertama kalinya dalam GTA, Tokoh Protagonis bukan hanya satu, melainkan Tiga, yakni Franklin Clinton, Michael, dan Trevor Phillips. Ketiga tokoh protagonis tersebut memiliki ciri khas dan kekuatan masing-masing. Pemain juga bisa menambahkan tokoh ke-empat bila memainkan permainan ini secara online.

Rockstar Games sendiri adalah sebuah pengembang permainan video multinasional yang berkantor pusat di New York City, saat ini dimiliki Take-Two Interactive setelah membeli pengembang permainan video asal Britania, BMG Interactive. Tidak hanya GTA V, banyak juga game-game lain produksi rockstar games yang cukup terkenal, antara lain red dead redemption, max payne, dan tak lupa juga game yang penuh kontroversi yakni manhunt.

GTA V sendiri diberi rating oleh esrb berupa "Mature" alias hanya untuk 17 tahun keatas, tidak mengherankan karena seri-seri gta sebelumnya rata-rata juga mendapatkan rating yang sama. Banyaknya darah dan kekerasan, konten seksual, kata-kata kotor seperti "F*ck", "Sh*t", dan penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, membuat esrb memberi rating "Mature" kepada game GTA V ini, dan tidak perlu dipertanyakan lagi.


Info : 
Gameplay GTA V sendiri bertipe open world games, yakni pemain yang mendatangi misi, bukan misi yang mendatangi pemain. sama seperti seri-seri gta sebelumnya, pemain diharuskan memainkan misi lalu beberapa item dan lokasi/gedung akan terbuka. GTA V membagi misi menjadi dua tipe, yakni common mission yakni misi biasa dan stranger and freaks mission yakni menjalankan misi dengan orang yang tidak dikenal atau aneh.

Dilansir dari web jagatplay.com pada februari 2017, GTA V telah menembus penjualan sebanyak 75 juta kopi di lintas platform, sebuah angka yang sangat fantastis untuk penjualan sebuah game. Secara gameplay memang GTA V tidak jauh dari seri-seri sebelumnya, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan GTA V laku keras bahkan ketika GTA V sudah berumur sekitar 4 tahun, berikut ini faktor-faktornya:
1. Grafis yang memukau, sekalipun untuk sebuah sistem PC yang low end, anda masih bisa menikmati grafis pada game tersebut.
2. GTA V jika dimainkan di platform Windows, dia akan memberi kerja lebih berat ke CPU daripada ke GPU. Namun tidak serta-merta ketika memainkan game ini anda harus mempunyai PC dengan spesifikasi processor yang high end. Ketika anda menggunakan processor kelas mainstream pun, GTA V punya scaling yang bagus sehingga tidak ada masalah ketika memainkan game ini.
3. Modable, untuk para gamer yang hobi membuat mod untuk sebuah game, bisa bersyukur karena mereka bisa mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat mod GTA V, tentunya syarat dan ketentuan berlaku.
4. Fitur online yang sangat bervariasi, ini yang membuat game GTA V sangat diminati oleh gamers-gamers di seluruh penjuru dunia.







Kesimpulan
GTA V tidak perlu diragukan lagi merupakan game open-world terbaik yang pernah hadir di industri game. Ia bahkan bisa dikatakan mendefinisikan ulang genre ini secara keseluruhan, menawarkan sebuah standar baru akan konsep “dunia yang bebas” dengan kualitas yang tidak mudah untuk ditundukkan. Kehadiran tiga karakter utama tidak hanya menawarkan inovasi gameplay yang baru, tetapi juga cara bercerita dan menawarkan plot yang terhitung unik. Kesempatan untuk menghadirkan pengalaman bermain yang lebih intens juga hadir lewat aksi kejahatan dengan skala yang lebih besar di Heist, dimana tidak hanya mengeksekusi, Anda juga dilibatkan dalam proses perencanaan dan pemilihan kru di dalamnya. GTA V melemparkan semua formula kejahatan skala besar ala film Hollywood dalam genggaman tangan Anda. Dipadukan dengan visualisasi mumpuni penuh detail, musik, dan segudang aktivitas yang bisa Anda lakukan di dalamnya, GTA V memfasilitasi harapan dan keinginan Anda untuk menikmati sebuah game open-world sesungguhnya.

Ahmad Muzakka Ishaqi
5114100703

Ahmad Muzakka Ishaqi


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger