Persona 4 Golden

Selasa, 07 Maret 2017



Persona 4 Golden adalah versi enhanced dari persona 4. Bagi penggemar game bergenre RPG, pasti sudah tidak asing dengan seri persona yang juga merupakan bagian dari seri Shin Megami Tensei. Dan mungkin beberapa pembaca yang telah memainkan persona 4 mengetahui jalan cerita dari persona 4 Golden, tetapi hal itu tidak menghilangkan pesona dari persona 4 Golden itu sendiri. Karena pada persona 4 golden terdapat extended scene untuk true ending dan beberapa scene filler yang tidak ada di persona 4.

Bagi pemain yang baru pertama kali masuk dalam persona series dan ingin memainkan persona 4 golden tidak perlu khawatir tidak akan mengerti jalan cerita game ini, karena setiap game yang ada pada persona series memiliki jalan cerita masing-masing sehingga tidak memerlukan pemain untuk memainkan seri pendahulu.

PV/ Trailer dari game: 


Overview:
Release Date: November 20, 2012 
Developer: Atlus 
Homepage Game: http://www.atlus.com/p4g/ 
Rating ESRB: M 
Genre: RPG 
Tema: Mystery
IGN Score: 9.3/10 
Community Score: 9.6/10 
Platform: PlayStation Vita 
Dapat dibeli: Amazon, PS Store

Story Preview:



Protagonis adalah seorang siswa pindahan yang datang dari Tokyo dikarenakan orang tuanya bekerja keluar negeri. Sehingga protagonis harus berpindah ke Inaba untuk tinggal dengan pamannya, Dojima, dan saudaranya, Nanako, selama 1 tahun. Ia datang ke Inaba pada 11 april 2011 dan tepat setelah kedatangannya ke Inaba, sebuah kasus pembunuhan terjadi. Seorang pembawa acara TV ditemukan oleh seorang siswi SMA dalam keadaan meninggal dengan keadaan tubuh tergantung diatas antenna. Sedangkan berselang beberapa waktu, siswi SMA yang menemukan mayat dari pembawa acara juga ditemukan meninggal tergantung terbalik pada tiang telepon.

Protagonis dan temannya secara tidak sengaja masuk pada dunia TV, mereka bertemu dengan mahkluk bernama Teddie, yang membantu mereka agar dapat menjelajah dengan mudah antara dunia TV dan nyata. Dan di mulai dari dunia TV inilah kebenaran akan kasus pembunuhan yang terjadi di Inaba mulai terungkap.

Gameplay:



Secara keseluruhan gameplay persona 4 golden hampir sama dengan pendahulunya. Untuk menyelesaikan game ini yaitu mendapatkan true ending, pemain harus mengalahkan boss terakhir (true boss) yang bisa di unlock dengan menebak pelaku pembunuhan dengan benar. Sedangkan pemain akan kalah bila tidak bisa menyelamatkan korban dalam jangka waktu tertentu atau protagonis mati dalam pertarungan.

Pemain diberi kontrol untuk menggerakkan karakter utama (protagonis) dalam kesehariannya yaitu seperti pergi ke sekolah, menjalankan mini-quest dari serigala di kuil, kerja sambilan, membeli buku membeli item seperti buku, armor atau healing item, dan free roam di tempat-tempat yang ada di peta kota.

Persona adalah makhluk yang dipergunakan karakter dalam bertarung. Dimana persona sendiri dikelompokan berdasarkan 24 arcanum, setiap Arcanum memiliki persona masing-masing. Pada dasarnya setiap persona memiliki status dasar dan skill masing-masing, tetapi hal itu bisa berubah dengan semakin tingginya level. Status dasar pada persona adalah Strength, Magic, Endurance, Agility dan Luck.

Persona fusion adalah penggabungaan 2 persona atau lebih untuk mendapatkan persona baru dengan skill yang kita inginkan. Skill yang didapat oleh persona baru tersebut diwarisi dari persona-persona yang menjadi bahan untuk fusion. Social link untuk karakter Margareth memerlukan pemain untuk melakukan fusion persona, dikarenakan quest ini meminta persona dengan skill yang tidak standart atau skill warisan.

Protagonis memiliki status HP, MP, EXP, Uang dan kualitas sosial. Kualitas sosial terdiri dari dari Courage, Diligence, Understanding, Expression, Knowledge dimana maskimum levelnya adalah level 5. Status ini berpengaruh akan interaksi dengan NPC khusus pada social link. Karena ada beberapa NPC yang hanya bisa diaktifkan atau dinaikkan level social linknya jika memenuhi persyaratan tertentu dari status kualitas sosial.

Sosial link sendiri adalah status level kedekatan protagonis dengan karakter tertentu, yang setiap karakter tertentu itu merepresentasikan arcanum. Semakin tinggi level sosial link dari arcanum memungkinkan untuk mendapatkan persona yang lebih kuat dari golongan Arcanum tersebut, dan juga bila social link tersebut adalah bagian dari tim protagonis maka persona dari pemilik social link akan mengalami evolusi bila telah mencapai level maksimum dari social link tersebut. Social link dapat meningkat levelnya bila poin hubungan protagonis telah mencukupi persyaratan untuk naik level dan telah melalui karakter event yang akan terjadi bila protagonis menghabiskan waktunya dengan karakter yang poin hubungannya telah mencukupi. Dalam karakter event terkadang akan ada pilihan yang dapat menambah poin pada social link.

Dalam persona 4 golden, terdapat 10 dungeon termasuk bonus dungeon, dimana sebagian besar dungeon dapat dikunjungi ulang. Sedangkan untuk masuk pada dungeon dan bertarung dengan musuh, pemain hanya bisa membawa 4 anggota tim (termasuk protagonis). Di dungeon sendiri terdapat peti harta karun, mini-boss, boss, dan musuh normal. Terdapat optinal-boss yaitu reaper yang bisa dilawan jika telah membuka 21 peti harta karun.

Untuk sistem bertarung pada game ini, pemain dapat mengontrol seluruh anggota tim yang terlibat dalam pertarungan dan paling sedikit mengontrol 1 pemain yaitu protagonis. Pertarungan dilakukan dengan bergiliran, pemain menentukan aksi yang akan dilakukan tiap gilirannya. Aksi yang dapat dilakukan pada saat bertarung adalah:
  • Tactics: Mengatur bagaimana aksi anggota tim selama 1 turn
  • Guard: Berlindung selama 1 turn/giliran
  • Attack: Menyerang musuh yang dipilih dengan serangan fisik.
  • Skill: Menggunakan skill yang dimiliki oleh persona.
  • Item: Menggunakan item yang terdapat di inventory.
  • Escape: Melarikan diri dari pertarungan.
  • All-out Attack: Serangan bersama yang hanya terjadi bila seluruh musuh yang ada sedang dalam keadaan down.
Selain hal yang telah disebutkan, pada persona 4 golden juga dapat melakukan mini-game seperti menangkap serangga untuk quest atau umpan pancing, memancing di sungai atau pantai yang hasil tangkapannya dapat ditukar untuk perlengkapan, dan menjawab pertanyaan ujian di sekolah atau saat guru bertanya.

Play Demo:




Fun and Satisfaction Factor:

1.   Ada sebanyak 50 tropi/piala yang bisa dikoleksi untuk akun PSN dari game persona 4 golden. Dimana tropi tersebut dapat ditunjukkan atau dipamerkan kepada teman atau pemain di PSN.
2.      Ada sebanyak 10 Dungeon yang dapat dieksplorasi dengan jumlah lantai yang berbeda-beda dengan tema tiap dungeon yang berbeda.
3.      Memaksimumkan semua sosial link, status dasar dan level dari pemain maupun persona.
4.      Ada sekitar 179 persona yang dapat di koleksi untuk melengkapi persona compendium.
5.      Memenangkan mini-game Teddie Quiz Game.
6.  Mengoleksi semua pakaian spesial yang ada digame untuk tiap-tiap karakter.
7.      Ada sekitar 200 lebih shadow yang dapat dilawan dalam dungeon.
8.      Ada banyak sub-event yang dapat dieksplorasi.
9.  Ada sekita 69 quest yang dapat diselesaikan.
10. Setiap menyelesaikan quest, pemain akan mendapatkan item atau equipment sebagai reward.
11.  Special equipment yang hanya bisa didapatkan bila mengalahkan repear.
12.  Kepuasan tersendiri mengalahkan reaper, karena reaper itu salah-satu optional boss yang susah.
Penilaian pribadi – Mengapa harus persona 4 golden?

Beberapa alasan mengapa persona 4 golden menjadi game terbaik menurut penulis adalah:  
  • Pertama, genre game persona 4 golden adalah RPG, dimana game RPG merupakan genre game favorit selain puzzle.
  • Kedua, pembawaan dunia game yang baik pada persona 4 golden dan itu dibalut oleh grafik dan musik yang enak. Pembawaanya dimulai dari pembawaan jalan cerita game yang seru, karakter event yang terkadang kocak, haru atau sedih, battle system yang membuat pemain betah untuk bertarung dengan musuh, mini-game seperti menangkap serangga dan memancing yang memberikan variasi baru selain bertarung dengan shadow, banyaknya hal yang dapat dieksplorasi atau dikoleksi seperti bertemu dengan semua shadow, mengoleksi armor special karakter yang mengubah penampilan, mengoleksi semua persona pada persona compendium, menyelesaikan semua quest, memaksimumkan semua sosial link, status kualitas sosial, dan masih banyak lainnya. Hal-hal tersebut yang membuat penulis pribadi tidak bosan walau telah memasuki playthrough kedua dengan total waktu bermain lebih dari 75 jam.


Ditulis oleh,
Nama: Destiana Nurliasari
NRP: 5114100148 











Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger