Cave Story

Selasa, 07 Maret 2017



I. Deskripsi
Cave Story/Doukutsu Monogatari adalah sebuah sidescrolling game bergenre action platformer yang rilis pada tahun 2004. Game ini dibuat seorang diri oleh Daisuke Amaya dan pengembangannya memakan waktu lima tahun. Game ini awalnya hanya tersedia dalam versi PC, tapi dalam perkembangannya juga tersedia dalam versi Nintendo Wii dan DS dengan publisher Nicalis. Versi PC resmi dari game ini tersedia secara gratis di Internet (link download: http://www.cavestory.org/download/cave-story.php). Game ini berating ESRB 10+ untuk versi Nintendo DS dan Wii

II.Story
Cerita dari Cave Story tidak terlalu rumit dan cukup sederhana. Game ini menceritakan tentang sebuah robot yang mengalami hilang ingatan. Sepanjang game ini, robot tersebut berpetualang menelusuri gua-gua sambil mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi di tempat ia berada.




III.Gameplay
Gameplay dari game ini juga sangat mudah untuk dimainkan. Seperti pada game platformer lainnya, player menggerakan sebuah karakter untuk mengalahkan musuh-musuh pada peta untuk kemudian melanjutkan/menggerakan cerita. Nyawa pemain dalam game ini menggunakan sistem meteran/gauge, dimana pemain mati jika gauge habis. Nyawa pemain dapat bertambah setelah mengambil health pickup yang bisa didapatkan setelah musuh mati atau lewat sebuah tempat pengisian health yang disediakan. Jika pemain mati, pemain dapat mengulang kembali dari save point terakhir tempat pemain menyimpan permainannya.


Pemain disediakan beberapa jenis senjata yang memiliki karakteristik masing-masing yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi medan saat itu. Setiap senjata dapat di-upgrade dengan mengambil pickup yang jatuh setelah musuh mati. Pickup tersebut akan mengisi sebuah meteran yang jika penuh akan menaikkan level dan nilai serang senjata. Uniknya dalam game ini upgrade bersifat reversibel. Meteran upgrade dan level senjata akan berkurang jika nyawa pemain berkurang. Hal ini memberikan tantangan tersendiri jika pemain ingin mempertahankan level senjatanya.


Selama bermain game ini, pemain akan bertemu dengan beberapa jenis boss character dan boss battle. Boss battle ini tidak mewakili puncak dari sebuah tahapan dalam permainan ini, melainkan merupakan sebuah elemen cerita yang berati boss battle bisa terjadi ditengah-tengah sebuah tahapan atau bahkan di saat yang tidak kita duga. Meskipun boss battle pada umumnya tidak terlalu sulit, boss battle pada game ini sangat memanfaatkan fakta bahwa level senjata pemain dapat berkurang, sehingga pemain akan berusaha untuk mengalahkan boss sambil mempertahankan level senjatanya agar attack point yang ditimbulkan ke boss tidak berkurang. Keunikan lainnya adalah game ini memiliki alternate ending yang tidak biasanya dimiliki oleh sebuah game platformer pada umumnya

IV. Alasan Menyukai Game Ini
Saya menyukai game ini karena game ini sangat mudah dimainkan namun masih memberikan level tantangan yang cukup untuk membuat pemainnya merasa kesulitan dan tertantang. Di beberapa titik dalam dalam permainan, kadang saya merasa lelah ketika melawan sebuah boss yang tidak kalah-kalah, tetapi dapat selalu membuat saya ingin mencoba untuk mengalahkan boss tersebut. Selain itu, saya menyukai game ini karena terasa berbeda dari game platformer lain yang pernah saya coba mainkan (Super Mario, Megaman Series, Adventure Island) sehingga memberikan pengalaman yang baru. Saya sudah pernah menamatkan game ini satu kali dalam waktu kira-kira satu sampai dua bulan. Karena penasaran ingin melihat ending yang lainnya, sekarang saya sedang dalam perjalanan untuk menamatkan game ini kembali.


V. Nilai Fun
Nilai fun yang ditawarkan oleh game ini adalah sebuah pengalaman bermain game platformer yang membuat pemain merasa tertantang untuk melanjutkan cerita dengan mengalahkan musuh-musuh dan boss-boss yang membutuhkan skill untuk dikalahkan. Atmosfir game yang dihasilkan dari seni dan lagunya juga sangat cocok untuk membuat pemain terlarut dalam game ini. Multiple ending akan membuat pemainnya merasa penasaran untuk kembali mengeksplorasi game ini untuk mendapatkan ending lainnya walaupun sudah berhasil menamatkan game ini. 

Video Gameplay:



Antonius Kevin W
5114100132

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger