Defense of The Ancients 2 [DoTA 2]

Jumat, 07 Juli 2023

 


Defense of The Ancients 2 [DoTA 2]


KLASIFIKASI

Genre                  : MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), RTS (Realtime Strategy)

Tema                   : Fantasi, Monster, Sihir

Developer           : Valve

Publisher            : Valve

Writer                 : IceFrog

Tanggal Rilis      : 2010; gratis dimainkan pada 2013;

Platform             : Windows Desktop, OS X, Linux

Rating                 : Very Positive (2.006.212 reviews di Steam)


Defense of The Ancient 2 atau kerap kali dipanggin dengan nama DoTA 2 merupakan sebuah permainan dimana dua tim saling beradu untuk mempertahankan markas milik sendiri sembari menghancurkan markas milik lawan dengan bantuan pasukan NPC dari tiap-tiap tim itu sendiri.

DoTA 2 berisikan 10 pemain di tiap match atau pertandingannya. 10 pemain tersebut terbagi menjadi 2 tim, 5 pemain berperan sebagai tim Radiant yang memiliki markas di bagian pojok kiri bawah (Good Team) dan tim Dire yang memiliki markas di bagian pojok kanan atas (Bad Team). Tiap tim memiliki sebuah bangunan markas utama yang disebut sebagai Ancient, dimana kalau Ancient dari salah satu tim hancur, maka permainan berakhir. Namun sebelum mencapai Ancient, ada 2 buah tower tier 4 yang harus dihancurkan agar bisa menghancurkan ancient. Namun ada 3 tier tower yang harus dihancurkan agar bisa menghancurkan tower tier 4 tersebut. DoTA 2 memiliki 3 lane atau jalur yang digunakan oleh pasukan NPC untuk mencapai ke arah Ancient lawan. Lane atau jalur-jalur tersebut adalah Offlane, Midlane, dan Safelane. Jika berada di tim Radiant, maka Offlane ada di bagian atas, Midlane bagian tengah, dan Safelane di bagian bawah. Namun jika berada pada tim Dire, Offlane ada di bagian bawah, Midlane bagian tengah, dan Safelane di bagian atas. Tiap lane memiliki fungsinya masing-masing. Ada pula jungle atau hutan yang berisi neutral creep, dimana creep atau pasukan hutan bersifat netral yang artinya tidak memihak salah satu tim dan dapat dikalahkan dari pihak tim manapun dan akan memberikan exp serta surplus. Exp atau experience dalam game ini berfungsi untuk menaikkan level karakter pemain dimana tiap pemain awalnya diberikan level 1 dan pada akhirnya akan memiliki level maksimal di level 30. Setiap naik level, pemain dapat mengambil ability atau kemampuan yang belum diambil, atau meningkatkan kemampuan yang sudah diambil. Kemampuan tiap karakter berbeda-beda. Setidaknya ada lebih dari 120 karakter/heroes yang dapat dipilih dan dimainkan oleh pemain. Kemudian ada surplus dimana surplus ini adalah mata uang dalam sebuah pertandingan di DoTA 2. Dengan surplus, pemain dapat membeli item yang sesuai dengan karakter dan keadaan pertandingan. Surplus bisa didapatkan dari farm di hutan atau farm di lane. Seorang pemain dapat mengisi maksimum 6 slot item, 1 neutral item yang akan didapatkan dari neutral creep, dan akan mendapatkan 1 slot lagi untuk Town Portal Scroll sebagai item aktif untuk melakukan teleport ke base atau markas tim, ke bangunan tim manapun, maupun ke pasukan NPC tim atau teman tim (membutuhkan upgrade item). Sebagai pemain, ada role-role yang harus dipenuhi. Dari 5 pemain di tiap tim memiliki role atau posisi sebagai berikut :
Position 1    : Carry/Safelane
Position 2    : Midlane
Position 3    : Offlane
Position 4    : Soft Support
Position 5    : Hard Support

Setiap pemain dapat mengisi salah satu posisi tersebut. Position 1 atau carry bertugas untuk membawa kemenangan pada tim, dialah yang akan menjalankan farm di jungle atau hutan agar memiliki item yang dapat berguna untuk meningkatkan damage karakternya sehingga dapat mengeliminasi lawan dan dapat menghancurkan Ancient milik lawan. Position 2 atau midlane bertugas untuk membuat space atau ruang untuk timnya dengan melakukan roam, melakukan gank bersama support (position 4 & position 5). Hal ini dikarenakan Position 2 atau midlane memiliki exp yang lebih tinggi daripada lane yang lain karena creep atau pasukan NPC bergerak lebih cepat karena memiliki jalur yang lebih pendek sehingga midlane dapat memperoleh experience atau exp dengan lebih cepat pula. Position 3 atau offlane memiliki tugas prioritas untuk mengeliminasi atau mengusik safelane/carry lawan, bertindak sebagai tanker atau tahan badan, maupun membuka war/perang sebagai initiator. Namun tidak semua offlane seperti yang disebutkan diatas. Hal itu bergantung pada hero atau karakter offlane apa yang diambil. Pekerjaan initiator dapat digantikan oleh support. Position 4 atau soft support bertugas untuk melakukan roam, membantu mid, offlane, dan lane lain. Position 5 atau hard support bertugas untuk mengawal Position 1 atau carry/safelane agar tidak mudah dieliminasi oleh lawan serta bertugas untuk membeli vision yang disebut dengan 'ward' untuk membuka area map karena DoTA 2 memiliki Fog of War dimana pandangan tiap tim terbatas pada bangunan tim, pasukan tim, serta hero tim saja sehingga memerlukan item tambahan yang dapat dipasang di beberapa lokasi yang disebut 'ward'.

DoTA 2 juga memiliki cerita atau lore tiap heronya. Dari 120-an hero tersebut, banyak yang memiliki lore yang menggabung atau melintas atau berhubungan. Lore dari tiap hero tersebut sangat seru untuk diikuti. Cerita tentang tiap hero dapat dilihat di https://dota2.fandom.com/wiki/Category:Hero_lore. Sayangnya pihak developer tidak membuatkan film yang berhubungan langsung dengan lore nya, namun ada seri animasi dari Dota, yaitu DoTA : Dragon's Blood yang dapat dicek di https://dota2.fandom.com/wiki/Dota:_Dragon%27s_Blood atau bisa dicek melalui netflix https://www.netflix.com/id-en/title/80994336


Sejak awal, dota 2 sendiri telah menuai prestasi berkat turnamennya yang diesbut 'The International' pada tahun 2011 dengan prizepool terbesar kala itu senilai $1,600,000. Jumlah ini terus meningkat seiring tahun dan mencapai puncaknya pada 2021 dengan total prizepool senilai $40,018,195. 
Rincian The International dapat dicek disini: https://liquipedia.net/dota2/The_International

Dota 2 merupakan permainan yang sangat menyenangkan. Bahkan banyak pemain menghabiskan sebagian hidupnya bermain Dota 2 ini. Bagi para achiever, mereka mungkin akan tertarik dengan pencapaian peringkat tertinggi dalam permainan dan bersaing dengan pemain-pemain terbaik di dunia, mendapatkan prestasi dalam permainan, seperti mencapai tingkat keterampilan tertentu dengan hero tertentu, mendapat achievement karena pernah memenangkan permainan dengan semua hero, berpartisipasi dalam turnamen atau kompetisi resmi dan meraih pengakuan sebagai pemain Dota 2 yang terbaik. Bagi para explorer mungkin akan tertarik dengan berbagai kombinasi item yang unik untuk meningkatkan efektivitas hero Anda, mencoba hero baru yang belum pernah dimainkan sebelumnya untuk menggali kemampuan mereka dan menemukan kombinasi yang baru, menjelajahi map dan mencari rahasia, lokasi tersembunyi, atau jalur alternatif untuk mendapatkan keuntungan taktis, mengeksplorasi berbagai mode permainan, seperti mode turbo atau mode kustom yang diciptakan oleh komunitas, untuk pengalaman bermain yang baru dan segar. Untuk para socializer mungkin akan tertarik ketika bergabung dalam komunitas atau grup bermain untuk berinteraksi dengan pemain lain yang memiliki minat dan hasrat yang sama, membentuk tim dengan teman-teman atau anggota komunitas dan bermain bersama untuk memperkuat kerjasama dalam mencapai kemenangan, berpartisipasi dalam turnamen atau acara komunitas untuk bertemu dengan pemain lain secara langsung dan membangun hubungan sosial dalam dunia Dota 2, berbagi pengalaman, strategi, dan pengetahuan permainan dengan pemain lain melalui forum, platform media sosial, bisa juga dengan mengajari pemain-pemain baru yang ingin bermain Dota 2. Bagi para killer tentu saja akan merasakan kepuasan saat mengalahkan hero-hero musuh dengan keahlian dan strategi, berpartisipasi dalam pertempuran tim yang intens dan menantang melawan pemain lain yang juga memiliki keterampilan tinggi, memainkan peran penting dalam menghancurkan basis musuh dan meraih kemenangan bagi tim, menciptakan momen epik dalam pertempuran, seperti membantu tim dengan melakukan "gank" yang efektif untuk mengubah arah permainan, mendapatkan rampage (5 kill dalam waktu dekat).





Penulis
Rafael Nixon
05311940000025
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger