Shin Megami Tensei: Persona 4

Selasa, 06 Maret 2018

Nama Game: Shin Megami Tensei: Persona 4
Genre : RPG, Social Simulation
Tema : Social Life, Misteri
ESRB: Mature (17+)

Cover Persona 4






Jika kamu adalah penggemar game RPG pasti sudah familiar dengan game ini. Yup, Shin Megami Tensei: Persona 4, biasa disebut SMT Persona 4, Persona 4, atau P4 jika malas menyebut karena terlalu panjang. SMT: Persona 4 adalah sebuah game RPG yang dimainkan di platform PlayStation 2.

Skenario:
Bertempat di kota Inaba, kamu akan tinggal dengan pamanmu (Ryotaro Dojima adik dari ibumu, seorang detektif di kepolisian Inaba) dan sepupumu (Nanako Dojima). Kamu akan tinggal bersama mereka dan sekolah di SMA Yashogami selama satu tahun. Hari-hari berjalan dengan biasa.
Akan tetapi, kejadian-kejadian yang tidak terduga terjadi. Terjadi serangkaian peristiwa pembunuhan yang membingungkan polisi setempat karena kurangnya bukti-bukti. Kamu dan teman-temanmu mencoba untuk menyelidiki kasus ini setelah tahu tentang Midnight Channel (acara tv tengah malam yang konon bisa menampilkan jodoh orang yang melihat, akan tetapi sebenarnya merupakan petunjuk tentang korban selanjutnya, Wallahu A'lam). Bisakah kamu memecahkan kasus pembunuhan ini?


Dalam game ini, kamu akan menjelajahi kabupaten Inaba (kompleks toko, sungai, dan mall), SMA Yashogami (untuk aktivitas akademik tentu saja), dan bisa masuk TV (masuk TV secara denotasi, bukan konotasi).

Di kota Inaba, kamu bisa membeli kebutuhan untuk penyelidikan dunia TV, dan berinteraksi dengan warga maupun Social Link (ikatan emosi antara Tokoh yang kamu mainkan dengan orang lain). Social Link di game ini sama dengan bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain di kehidupan nyata (ga sama 100% sih). Dengan memberikan solusi yang tepat atas curhatan Social Link, maka rank Social Link akan meningkat. Semakin tinggi rank Social Link, maka semakin kuat Personamu.

Social Link Yukiko

Di SMA, kamu juga bisa berinteraksi dengan Social Link, dan belajar tentu saja (quiz dan UAS juga ada, jadi belajar dengan rajin). Dunia TV adalah tempat penyelidikan kasus-kasus yang terjadi. Dunia TV memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi tergantung banyaknya korban yang muncul di Midnight Channel. Di sini, kamu akan melawan Shadow (sisi lain manusia yang berusaha ditekan, atau bahkan dilupakan. singkatnya monster) dengan peralatan yang dibeli dari toko-toko di Inaba,
maupun menggunakan Persona (sisi lain manusia yang berhasil mengalahkan sisi gelap dalam diri manusia), dan kadang bisa menemukan peti harta.

Aturan main:
Pertarungan melawan Shadow menggunakan Turn Based Strategy. Dalam satu giliran terdapat berbagai macam pilihan. Analysis untuk tahu kelemahan dan kekuatan lawan.
Tactics untuk mengatur apakah anggota timmu ingin dijalankan AI atau tidak. Guard untuk bertahan dari serangan lawan jika lawan menyerangmu di giliran lawan. Attack untuk menyerang dengan peralatan yang kamu pakai. Skill untuk menggunakan kemampuan Personamu. Persona untuk mengganti Personamu. Item untuk menggunakan benda-benda yang dirasa berguna. Escape untuk meninggalkan lawan tanpa bertarung. Rush jika ingin menggunakan fitur Attack secara otomatis. Setelah melawan Shadow, kamu akan mendapat uang (Yen, mata uang Jepang) dan Exp Points untuk meningkatkan Level Personamu dan Persona anggota timmu.

Pertarungan melawan Shadow


Rating:
-IGN memberikan rating 9/10
-GameSpot memberikan rating 9/10
-Metacritic memberikan rating 90/100

Theory of Fun:
Achiever: Ketika berhasil memiliki persona dalam jumlah tertentu (25%, 50%, 100%)
Explorer: Map di dalam dunia tv berhasil dipetakan

Kenapa game terbaik:
Dari sekian banyak game, mungkin yang dominan adalah grafis, atau jalan cerita. Grafis bisa menentukan sebuah game bagus atau tidak, begitu pula jalan cerita. Akan tetapi, aspek dominan game Persona 4 bukan keduanya, melainkan background music. Ntah kenapa, meskipun jalan cerita yang ditawarkan bagus, musik yang dimainkan terdengar pas untuk setiap kejadian dan tempat. Salah satu contoh adalah ketika menyelamatkan sepupu tokoh utama saat di dalam dunia tv, musik yang  dimainkan mewakili perasaan dari sepupu tokoh utama.



Meskipun grafis yang ditampilkan tidak terlalu bagus, akan tetapi jalan cerita yang ditawarkan dan musik yang catchy menjadikan Persona 4 game PlayStation 2 terbaik.


Direview oleh:
Agung Rezky Ramadhan
NRP: 05111440000074
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger