Dynasty Warriors: Gundam 2

Rabu, 28 September 2022


KLASIFIKASI

  • GenreAction
  • Tema:   Science fiction, Anime (Gundam series)
  • RatingTeen (ESRB Rating)

DESKRIPSI

DYNASTY WARRIORS : GUNDAM 2 adalah sebuah game pertempuran yang mengintegrasikan cerita-cerita dan aspek pada anime serta manga Mobile Suit Gundam series dengan Mekanik Hack and Slash yang sudah terkenal pada Game DYNASTY WARRIOR. Pada game ini, pemain akan memasuki beberapa mode permainan, seperti story mode : pemain akan memasuki potongan cerita dari Mobile Suit Gundam series dan di dalamnya pemain akan menjadi hero untuk menghancurkan pasukan musuh yang jumlahnya ratusan, hingga mencapai kondisi terterntu dan pemain akan mendapati Cut Sceen dari potongan cerita tersebut.

STORY

Semua cerita yang ada pada DYNASTY WARRIORS : GUNDAM 2 berdasarkan pada series Mobile Suit Gundam yang ada pada saat ini, beberapa Series yang ada di dalam game ini adalah :    

GAMEPLAY

Dynasty Warrior: Gundam 2 GAMEPLAY

Game dimainkan menggunakan Controller PS2, dimana joystik kiri berfungsi sebagai kontrol gerak, dan Tombol (Kotak, Setigita, Bolat, X) adalah kendali aksi fisik yang akan dilakukan, serta aksi pada tombol lainnya :
  • Kotak = Melee
  • Triangle = Shot
  • X = Dash
  • Bulat = Musou (special)
  • L1 = Block
  • R1 = Jump
  • R2 = Toggle map view
  • Left analog = Move
  • Right analog = Rotate camera
Seperti sebuah game hack and slash lainnya, Dynasty Warrior : Gundam 2 berfokus pada action combat, yaitu tombol kotak dan segitiga berfungsi untuk melakukan serangan, dan win condition permainan secara general adalah menghancurkan pasukan lawan. Pemain juga dapat melihat available characters, movies, music, battleships, and Mobile Suits di Gallery. 

Tergantung pada robot, sebuah mobile suit memiliki 6 kombo, terdapat juga adu kekuatan serangan yang dikontrol menggunakan kombinasi dari tombol acak. Setiap serangan akan menambah CP, CP dapat digunakan untuk Musuo di udara dan di tanah, serta ketika 2 ace pilot berdekatan, maka CP dapat digunakan untuk melakukan serangan kombinasi.

Untuk lebih lengkapnya dapat melihat pada fandom website di Koei.fandom : Dynasty Warriors: Gundam 2 Gameplay.

SKENARIO (MODES)

  1. Story Mode (Official Mode)
    • Pemain akan memasuki dunia Gundam Series, dan menjadi protagonis dalan dunia tersebut sesaui dengan Plot aslinya, dengan menyelesaikan mode ini, pemain dapat meng-unlock Mobile Suit (Robot) dan Character lainnya, setelah menyelesaikan Plot Character tertentu.
  2. Mission Mode
    • Pemain akan memasuki dunia Gundam Series dan dapat memilih menjadi character lain untuk digunakan. pada mode ini juga terdapat beberapa gimik, seperti melihat affinity hero dengan character lain dan mengikuti quiz. Pada mission mode, terdapat juga jenis-jenis misi lain, secara lengkap yang dikutip dari Koei Fandom, seperti dibawah :
      • Story Missions -  Pemain akan bermain pada dunia yang sesuai dengan cerita pada series tertentu, tetapi berbeda dari cerita pada Official Mode.
      • Free Missions - Pemain dapat berlatih pada skenario misi ini, relasi antar karakter tidak akan berpengaruh, side mission dari side character juga dapat ditemukan disini, dan terdapat juga "reward" stage yang dapat terbuka bila sudah menyelesaikan persyaratan tertentu.
      • Collection Missions - Pemain akan mencari part-part yang telah ditentukan.
      • Friendship Missions - Misi ini akan sangat mempengaruhi relasi pemain dengan character lain, bila character memasuki sebuah kelompok, maka misi dari kelompok tersebut dapat ditemukan disini.
      • License Missions - Misi untuk mendapatkan lisensi Mobile Suit kelas tinggi
      • Extra Missions - misi yang sulit dibuka, tetapi memiliki reward yang bagus, seperti membuka the Part 4 dari sebuah Mobile Suit.
      • Download Missions - Hanya untuk port PS3 and Xbox 360, bisa memainkan misi yang dapat di donwload online.
  3. Versus Mode
    • Mode ini 2 pemain akan melawan satu sama lain pada 3 skenario yang ada, yaitu:
      • War
        • Pemain harus menyelesaikan objektif tertentu, dan yang selesai pertama adalah pemenangnya
      • Sudden Death
        • Mobile Suit akan diberikan low rating armor, dan pemain akan berlomba siapa yang bisa memberikan damage tersebar, sebelum Mobile Suit hancur
      • Hunting
        • ada 2 role, hunter dan target. Hunter harus membunuh Target, dan Target harus bertahan hidup, ketika Target mati maka role akan berpindah

Game ini sangat berkenang karena

  1. Game membawa material dan cerita tentang Gundam, sebuah Anime Mecha terbaik yang sangat saya sukai
  2. Gameplay berupa Combat Mechanic yang mudah dan asik, ditambah lagi dengan combo serangan dan serangan spesialnya
  3. Pada masa PS2, Game ini adalah game dengan grafik terbaik pada jamannya menurut penulis, dinama memiliki Animasi yang smooth, Cut screen yang keren, dan estetika yang indah. Terutama pada detail transformasi Mobile Suit nya.
  4. Sebagai pemain game PS2, Audio track pada game ini sangatlah seru didengar, ditambah lagi dengan efek slow motion ledakan, saat boss dihancurkan
  5. Voice Over Game yang menjiwai charakter, mungkin karena vioce over yang digunakan bersal langsung dari Series dan Movie aslinya
  6. Memiliki playable Mobile Suit dan Character yang cukup banyak, sekitar 40 Playable Character, 17 Un-Playable Character, dan 66 Mobile Suit.
  7. Design Mobile Suit atau Robot yang keren dan terdapat yang bisa berubah
  8. Cut Screen yang iconic pada Story Mode
  9. Memiliki banyak side story yang dimainkan bila main story sudah selesai
  10. Memiliki 3 Mode Utama yang bisa dimainkan
  11. Fitur-fitur tambahan yang mempermudah permainan, seperti Briefing menu dan mini map
  12. Bisa dimainkan Co-Op (2 orang)

Kesenangan dari Game ini dapat dilihat pada 

  • Achiever
    1. Saya puas dengan keindahan grafik dan kelancaran animasi game, mulai dari Design Mobile Suit yang keren, Pesawat dan Character yang menarik, serta Map yang bagus
    2. Saya senang dengan audio yang dimiliki game, dari mulai Voice Over yang menjiwai, efek dari setiap pergerakan Mobile Suit, efek dari kehancuran Mobile Suit dan Pesawat, dan efek lainnya, khususnya pada Cut Screen
    3. Saya senang menonton dan mendapatkan Cut Screen yang dimiliki Official Mode dan Mission Mode, terkadang pada saat memainkan mission mode akan muncul cut screen bila muncul boss. (Ada 64 Cut Screen yang dapat di unlock di Gallery)
    4. Saya senang mendapatkan Character dan Mobile Suit baru yang kuat sehingga berguna ketika dimainkan untuk menghancurkan boss. (40 Playable Character dan 66 Mobile Suit)
    5. Saya senang dapat menyelesaikan semua Official Mode yang dimiliki (6 Offical Mode)
    6. Saya senang kita berhasil menaikkan level dari Pilot/Playable Character yang akan memunculkan skill dari pilot. (50 level x 40 Playable Character)
    7. Saya senang mendapatkan skill pilot yang dapat menbuff Mobile Suit/Robot saya, dan membantu permainan. (36 Skill)
    8. Saya senang mendapatkan Achievement atas pencapaian saya di dalam game. (27 Achiement)
    9. Saya senang menemukan serangan combo yang efisien dalam memberikan damage terbesar dalam waktu singkat, yang membantu saya dalam mencapai kemenangan.
    10. Saya senang dengan tampilan menu game yang jelas, bila dibandingkan dengan beberapa game terakhir yang saya lihat.
    11. Saya senang menemukan kombinasi Mobile Suit/Robot dan Skill Pilot yang sangat cocok dalam menyelesaikan Mission Mode tertentu.
    12. Saya senang melihat dan mendengarkan mascot yang lucu, Haro yang akan muncul diberbagai kecempatan dalam game.
  • Explorer
    1. Saya senang dengan fitur Mini Maps, karena sangat membantu dalan permainan dan membuat saya tidak tersesat, serta juga membantu dalam menemukan bos.
    2. Saya senang ketika mencoba Character dan Mobile Suit baru yang saya dapatkan, walaupun tidak membantu saya menuju kemengan. (40 Playable Character dan 66 Mobile Suit)
    3. Saya senang membaca Biography dari Character atau pilot yang ada di game, bisa dimainkan ataupun tidak. (40 Playable Character, 17 Un-Playable Character)
    4. Saya senang mencoba-coba Serangan Kombo dan Spesial dari berbagai Mobile Suit. (66 Mobile Suit x (mayoritas memiliki 6-hit Combo dan 2 Spesial))
    5. Saya senang mengumpulkan Pesawat (Battleships) yang ada di game, walaupun tidak mempengaruhi permainan saya. (10 Battleships)
    6. Saya senang untuk mencoba alur cerita dari character yang tidak ada di official mode. (122 Story Mission)
    7. Saya senang untuk meningkatkan affinity pada character lain di Mission mode
    8. Saya senang Mengumpulkan Mobile Suit yang ada. (66 Mobile Suit)
    9. Saya senang mengumpulkan Character yang ada. (40 Playable Character, 17 Un-Playable Character)
    10. Saya senang mengumpulkan semua item di Galery, berupa character galery dan movie galery. (143 item)
    11. Saya senang mencoba menggunakan Mobile Suit/Robot yang lemah (pasukan biasa, seperti Zaku Tank) melawan Mobile Suit/Robot yang kuat (AceMobile Suit).
    12. Saya senang mencoba Mobile Suit/Robot yang memiliki perubahan wujud, semisal di Boost 2x, maka akan berubah menjadi mode pesawat (saat ini diketahui ada 4 jenis Mobile Suit/Robot)
  • Killer
    1. Saya senang dapat menghancurkan Colossal Mobile Suit yang sulit sekali dikalahkan
    2. Saya senang melihat Character yang tidak setia dengan Protagonis terbunuh.
    3. Saya senang melihat Cut Screen, Protagonis tidak sengaja membunuh love interest nya

Screenshot

Layar Utama

Menu Utama
Menu Pemilihan Character di Mission Menu
Lobby di Mission Mode
Pemilihan Mobile Suit di Mobile Suit Lab
Pemilihan jenis Mission di Mission Mode
Pemilihan Free Mission
Briefing Screen sebelum masuk ke Maps
Kotak yang menunjukkan dialog Character
Boost untuk Percepatan
Serangan Normal
Serangan spesial
Slow motion ketika boss atau musuh utama dihancurkan
Gerakan Spesial / Musou di darat dan tanah


Transformasi Gundam ke Mode Pesawat
Colossal Mobile Suit Boss

VIDEO GAMEPLAY


Dynasty Warriors: Gundam 2 - Trailer

GAME LINK : Dynasty Warriors: Gundam 2 - PlayStation 2
Ditulis oleh Fauzhan Wahyudi (07211940000042)
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger