Legend of Mana

Rabu, 24 Februari 2016


Legend of Mana merupakan game keempat dalam Mana series (Seiken Densetsu) yang dikembangkan oleh Square (sekarang Square Enix). Game ini berlatar sebuah dunia fantasi dimana pemain diminta untuk memulihkan Negeri Fa'Diel dengan membangun dunia di sekitarnya dan menyelesaikan quest untuk mengembalikan Pohon Mana. Berbeda dengan game seri sebelumnya, Legend of Mana memiliki sistem Land Make dimana pemain bisa membangun dunianya sendiri.

Gameplay :
Di awal game ini, pemain bisa memilih gender dari karakter yang dimainkan beserta weapon yang akan digunakan. Dalam petualangannya pemain bisa memiliki dua rekan dimana salah satunya adalah optional support character, yang bergantung pada quest yang sedang dilakukan, dan yang lain bisa dipilih pemain dari monster, pet, dan golem yang dimiliki. Biasanya keduanya dikontrol oleh AI game, tapi support character bisa juga dikontrol oleh pemain lain.

Battle dalam game ini terjadi ketika pemain menjelajahi area tertentu dan bertemu dengan musuh. Pemain bisa memilih berbagai weapons, armors dan accessories untuk memperkuat diri. Setiap weapon memiliki skill yang berbeda-beda. Ketika battle dimulai, layar permainan akan terkunci dan pemain akan memulai battle dengan HP penuh. Pemain tidak bisa lari dari battle, namun ketika kalah, pemain hanya akan kembali ke tempat sebelum battle terjadi.


Legend of Mana tidak memiliki satu alur cerita kompleks yang harus diikuti pemain dengan runtut. Game ini terdari dari banyak quest pendek  Pemain bisa membuat dunianya sendiri dengan fitur "Land Make", dimana pemain meletakkan objek yang disebut artifacts pada peta untuk membuat land. Peletakan artifact ini nantinya akan mempengaruhi quest mana yang akan dijalani pemain. Urutan perjalanan event bisa ditentukan oleh pemain, namun pilihan ini bisa jadi akan mempengaruhi ketersediaan event selanjutnya.

Selain game utama, Legend of Mana juga menyediakan berbagai aktivitas tambahan seperti pets raising, menanam buah, membuat weapon atau armor, atau membuat golem.
Game Classification : 
  • Developer : Square 
  • Release Date : July 15, 1999
  • Genre : Action RPG
  • Platform : PlayStation
  • ESRB : Teen
Demo :

Mengapa game ini menarik?
  • Meskipun dari sisi battle-difficulty Legend of Mana termasuk game yang mudah, dari sisi puzzle-solving game ini merupakan game yang menantang. Pemain terkadang hanya diberi sedikit petunjuk atau tidak sama sekali mengenai quest yang dijalankan.
  • Bisa dimainkan berulang-ulang dengan cara yang berbeda. Beberapa pilihan dalam game bisa membuat event lain unavailable. Selain itu, terdapat event dan area yang hanya bisa diakses dalam playthrough kedua. Pemain yang telah menyelesaikan game juga bisa memulai game baru dengan semua equipment, item, dan status level dari game sebelumnya.
  • Terdapat banyak quests yang tersedia.
  • Terdapat soundtrack yang enak didengar. Sebagian besar dari lokasi dalam game memiliki musik yang berbeda. Musik juga disesuaikan dengan situasi untuk membangun suasana.

Freeska Rochma Dwi Treciana
5112100111

Freeska Treciana

Create Your Badge
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger