Review Game: Final Fantasy VII Remake

Selasa, 17 November 2020

Final Fantasy VII Remake Review


Cover FFVII Remake

Genre: Action, RPG
Tema: Fantasy
Tanggal rilis: 10 April 2020
Developer: Square Enix
Publisher: Square Enix
Platform: PS4
Rating: ESRB TEEN

 

Deskripsi

    Final Fantasy VII Remake adalah sebuah game action RPG yang termasuk dalam seri Final Fantasy yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Square Enix dan dirilis pada 10 April 2020. Final Fantasy VII Remake merupakan project pertama untuk membuat Remake dari game playstation klasik Final Fantasy VII yang rilis di tahun 1997. Game ini berlatar di kota Midgar dan player menjalankan karakter bernama Cloud Strife. Gameplay dari game ini menggabungkan real-time action dengan elemen strategi dan role-play.


Story

    Sama seperti cerita awal dari game klasiknya, Final Fantasy VII Remake berlatar di kota dystopia cyberpunk Midgar. Midgar adalah sebuah kota metal raksasa dengan teknologi yang maju yang dibangun di antara sumber energi Mako dengan bentuk seperti lapisan pizza yang terbagi kedalam 8 sektor. Diatas struktur itu terletak tatanan kota metropolitan, sedangkan bagian bawah struktur adalah pemukiman kumuh yang sinar mataharinya terhalang oleh lapisan diatasnya. Midgar sendiri dibangun oleh Shinra Electric Power Company – sebuah korporat masif yang berperan seperti suatu negara dan pemerintahan, lengkap dengan kekuatan militer mereka sendiri.

Kota Midgar

    Player berperan sebagai Cloud Strife -- seorang mantan prajurit khusus milik Shinra, yang sekarang menjadi seorang tentara bayaran. Cloud yang telah keluar dari pasukan Shinra dan memendam dendam pada Shinra, disewa oleh kelompok Eco-Terrorist bernama Avalanche, yang salah satu cabangnya di kepalai oleh Barret. Cloud ditawari pekerjaan itu oleh Tifa Lockhart, teman semasa kecilnya, yang tidak sengaja bertemu lagi saat Cloud tiba di kota Midgar. Barret percaya bahwa panen energi Mako yang berlebihan oleh Shinra merusak planet yang ia cintai. Maka tujuan Avalanche adalah menghancurkan reaktor Mako yang tersebar di setiap sektor.

    Setelah berhasil menghancurkan reaktor Mako pada sektor 1, Cloud bertemu dengan penjual bunga bernama Aerith Gainsborough. Lalu ada entitas aneh seperti hantu, yang secara bergantian membantu dan menghalangi Cloud sepanjang game, menyebabkan dia direkrut untuk serangan lain. Saat misi itu Cloud terpisah dari tim dan bertemu lagi dengan Aerith dan melindunginya dari pasukan Shinra. Aerith lalu mengantarkan Cloud untuk bertemu kembali dengan tim nya yang berada di sektor 7.

Playable Character di Final Fantasy VII Remake
  
    Shinra memiliki rencana untuk menghancurkan Sebagian dari kota Midgar dan menyalahkan group teroris Avalanche. Cloud dan tim nya lalu berusaha menghentikan rencana jahat Shinra, dan tanpa diketahui ada pihak lain, bernama Sephiroth yang mencuri entitas misterius bernama Jenova dan bertujuan untuk menghancurkan keseluruhan planet. Cloud dan yang lainnya lalu berusaha mengejar Sephiroth hingga keluar dari kota Midgar.

Cloud vs Sephiroth


Aturan Main

Gameplay FFVII Remake

    Player mengontrol Cloud untuk menjelajahi berbagai lokasi yang ada di game. Player akan mengikuti story yang ada dan melawan berbagai musuh. Saat combat di mulai, player dapat berganti ke karakter lainnya yang ada dalam party. Setiap anggota party memiliki kelebihan masing-masing, contohnya Cloud yang ahli dalam serangan jarak dekat dan Barret untuk serangan jarak jauh. Setiap karakter dapat menggunakan sihir, item, dan kemampuan khusus untuk mengalahkan lawan. Penggunaan sihir memerlukan MP.  Untuk setiap kali menggunakan sihir, item, maupun kemampuan khusus, diperlukan beberapa bar ATB (Active Time Battle) yang terisi selama combat berlangsung.


Alasan Game ini Terbaik

Grafis realistis dan memukau

Grafis dari FFVII terlihat Memukau

Dapat dikatakan merupakan game dengan grafik terbaik. Ditambah dengan desain karakter yang memukau dan gerakan yang natural, sehingga memainkan game ini seperti melihat film.

Gameplay combat seru, penuh tantangan dan perlu strategi

Gameplay Combat FFVII

Pertarungan dalam game ini terasa penuh tantangan dan rewarding. Payer tidak bisa hanya melakukan spamming serangan kepada musuh yang dilawan. Penggunaan karakter yang berbeda dalam party perlu memikirkan strategi yang cocok untuk karakter itu. Perlu persiapan untuk menghadapi setiap boss di berbagai stage. Penggunaan serangan khusus yang juga dapat disesuaikan style permainan player

Musik/BGM yang bagus, dapat membantu menyampaikan atmosfir dalam game

Pilihan Music dalam FFVII Remake

    Musik dan juga BGM yang dapat membuat player merasakan atmosfir yang ada dalam game, terutama pada musik tema untuk setiap karakter. Dari game klasik FFVII setiap karakter memiliki musik tema masing-masing, di FFVII Remake ini, musik tema diaransemen ulang dan ditingkatkan kualitasnya, sehingga musik dapat terasa nostalgic dan enak didengar. Salah satunya musik pada pertarungan terakhir melawan Sephiroth yang terasa mengintimidasi.

Story menarik, mirip dengan yang original tapi dapat memperdalam karakter-karakter yang ada dan dengan sebuah twist

Story di FFVII Menarik

    Story dari game ini mengikuti story asli di game klasik yang rilis di tahun 1997. Walaupun game ini hanya mencakup sekitar 25% dari keseluruhan cerita Final Fatasy VII, namun game ini dapat memberikan kedalaman terhadap karakter-karakter yang ada, bahkan untuk karakter sampingannya. Selain penambahan detail cerita, game ini juga memberikan sedikit twist yang menyebabkan kelanjutan cerita dari game ini masih menjadi sebuah misteri, apakah akan sama atau berbeda dengan game klasiknya.

Sistem RPG yang menarik dengan pemilihan senjata, abilities, dan materia untuk memaksimalkan karakter sesuai dengan stage dan boss yang dilawan

Menu Upgrade Materia

    Player dapat memilih senjata, kemampuan, dan item yang sesuai dengan style permainan masing-masing. Setiap karakter memiliki peran khusus dalam party, umumnya Cloud dan Tifa untuk serangan jarak dekat, Barret dan Aerith untuk serangan jarak jauh, tapi player dapat menggunakan pengaturan yang sebaliknya asalkan menyesuaikan senjata dan item yang digunakan. Setiap Boss memiliki kelemahan dan imunitas pada serangan tertentu, maka player perlu menyesuaikan materia yang sesuai, untuk elemen sihir, healing, ataupun bonus lainnya sesuai dengan boss yang dihadapi.


Aspek Fun

    Dalam Final Fantasy VII Remake, terdapat tiga dari empat personality types menurut theory of fun yang dapat dipenuhi, yaitu Achiever, Explorer, dan Killer.

Achiever adalah tipe player yang merasa senang saat mendapatkan atau mencapai sesuatu. Dalam game ini, player akan merasa senang saat dia berhasil mendapatkan berbagai senjata dan item yang dapat digunakan, menaikkan level setiap karakter dan mengalahkan boss yang ada dalam story.

Explorer adalah tipe player yang merasa senang saat menjelajahi berbagai bagian dalam game. Dalam game ini, player akan senang saat dia menjelajahi peta dan menemukan item yang tersembunyi, melakukan side mission bercabang yang dapat menghasilkan jalan cerita yang berbeda.

Killer adalah tipe player yang merasa senang saat dapat membalaskan emosi dalam objek game. Dalam game ini, saat player kesulitan melawan boss karena kurang level atau salah strategi, dia akan merasa senang saat pada percobaan kesekian kalinya dapat mengalahkan boss tersebut.


Game Trailer



Video Gameplay


Website Final Fantasy VII Remake





Review by: Muhammad Muchlish / 05211740000030 / Sistem Informasi
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger