Nintendo Switch Sports, The Review

Senin, 29 April 2024


Klasifikasi

    Genre        : Multiplayer Interactive Video Game

    Tema         : Sports, Action, Fighting, Simulation

    Rating       : ESRB Everyone  (North America), Pegi 3 (Europe)

    Platform   : Nintendo Switch

Deskripsi Game

        Nintendo Switch Sports adalah sebuah permainan berpemain ganda (Multiplayer) yang membawa tema olahraga klasik khas Nintendo yang sudah dibawa sejak zaman Nintendo Wii 18 tahun silam. Didesain secara mutakhir oleh Nintendo dari awal seri nya pada konsol Wii sampai Switch, Nintendo Switch Sports memberikan pengalaman bermain yang menarik karena menekankan pemain untuk berinteraktif secara fisik dalam permainannya sehingga amat menyenangkan untuk dinikmati semua kalangan mulai dari demografi anak muda sampai orang tua yang membutuhkan platform olahraga menyenangkan, tidak monoton, dan mudah untuk dilakukan karena platformnya terdapat pada rumah mereka, lebih spesifiknya dalam genggaman tangan mereka (Nintendo Switch).

Nintendo Switch Sports for Nintendo Switch : Amazon.com.au: Everything Else

        Pemain dapat berkecimpung dalam berbagai macam jenis olahraga yang ditawarkan oleh Nintendo Wii Sports dimulai dari tenis, badminton, sepak bola, bowling, dan olahraga lainnya yang memiliki tantangan dan mekanika permainan uniknya masing-masing. Entah dalam bentuk mengayunkan joystick Switch sebagai raket, mengumpamakan melempar bola bowling, atau dengan menendang penalti sepak bola, Nintendo Switch Sports memberika kesan kontrol yang intuitif sehingga pemain tidak perlu menjadi olahragawan professional terlebih dahulu untuk memainkan game ini, namun dalam satu sisi juga memberikan pengalaman bermain menyeluruh layaknya pemain-pemain nyata olahraga tersebut.

Nintendo Switch Sports: Best & Worst Games 

        Salah satu fitur yang menonjol dari game “Nintendo Switch Sports” ini adalah fitur ‘multiplayer’ nya, yang memungkinkan keluarga atau teman untuk bertarung antara satu sama lain dalam permainan local (split screen) ataupun online dengan orang asing yang juga bermain Nintendo Switch Sports. Ini adalah salah satu kelebihan dari game Nintendo Switch Sports sebagai permainan eksklusif Nintendo Switch, game ini tidak memiliki masalah portability sehingga dipastikan mayoritas pemainnya bermain dengan platform Nintendo Switch juga sehingga proses ‘matchmaking’ nya lebih mudah dan lebih aman dari kecurangan sistem karena setiap pemain memiliki kapabilitas hardware yang sama. Baik untuk bermain co-op (tim yang terdiri atas beberapa pemain melawan tim-tim lainnya), ataupun bermain santai dalam olahraga sepakbola, Nintendo Switch Sports mampu menekankan semangat kekerabatan dan kompetisi yang sehat antara relasi atau bahkan dengan orang yang tidak dikenal sama sekali.

Nintendo Switch Sports Review | A Modern Glow-Up - GameByte  

        Terlepas dari itu, interaktivitas saja tidak cukup untuk memikat perhatian orang-orang untuk bermain game ini. Soundtrack, grafik berwarna, dan kasualitasan gameplay Nintendo Switch Sports juga menjadi daya tarik tambahan sebab pada akhirnya, salah satu faktor bersenang-senang dalam game adalah adanya pemanja indra-indra manusia mulai dari mendengar, melihat, sampai merasakan, agar kebutuhan bersenang-senang pemain dapat dipenuhi sebagai alasan mereka bermain ‘game’.

 

Story / Cerita

 Games That Could Come To Nintendo Switch Sports According To Leaks

        Game Nintendo Switch Sports lebih focus dalam pembawaan pengalaman dalam memainkan koleksi olahraga-olahraga yang disediakan alih-alih memiliki cerita bernarasi yang umum dijumpai dalam permainan-permainan tradisional. Sehingga, permainan ini sejatinya tidak memiliki plot cerita dasar yang wajib diikuti oleh permain untuk mencapai target-target khusus untuk membuka fitur game lebih lanjut, melainkan para pemain lebih difokuskan pada banyaknya dan menariknya ketersediaan olahraga-olahraga yang ada sehingga pemain merasa tertarik menghadapi tantangan-tantangan yang berbeda untuk setiap olahraga yang berbeda juga, hanya dalam satu judul permainan saja. Itulah yang membuat Nintendo Switch Sports menjadi permainan yang menarik dan terbaik dibandingkan permainan-permainan konvensional lainnya. 


Aturan Bermain Utama

         Meskipun Nintendo Switch Sports tidak memiliki narasi cerita yang menentukan pendekatan pemain dalam memainkan game ini, bukan berarti mereka tidak tanpa aturan permainan sebab aturan-aturan ini dibutuhkan untuk menciptakan tantangan-tantangan yang menjadi titik ketertarikan bermain sebab apa lah guna dari sebuah permainan apabila tidak memiliki sebuah tujuan yang harus dicapai?

Nintendo Switch Sports Guide - IGN, switch nintendo wiki - thirstymag.com

        Aturan pemain diatur dan dikondisikan berdasarkan olahraga nya masing-masing. Sebagai contoh, permainan badminton memiliki peraturan lapangan dan poin yang berbeda dengan permainan tenis meskipun merupakan olahraga dengan jenis yang serupa yaitu menggunakan raket. Permainan lainnya seperti bowling juga tentunya memiliki sistem poin yang berbeda dengan olahraga sepakbola meskipun keduanya merupakan jenis olahraga yang menggunakan bola gelinding.

Nintendo Switch Sports | Game UI Database

 

Skenario 

        Beberapa olahraga tertentu yang disediakan oleh Nintendo Switch Sports terkadang menyediakan narasi ringan sebagai sistem progress untuk menambah ketertarikan pengalaman bermain para pemainnya. Salah satu contohnya pada olahraga kasti, pemain mampu memilih mode permainan di mana mereka dituntut untuk memimpin sebuah tim kasti dalam sebuah turnamen atau sebuah musim dalam rangka mencapai titik puncak kejuaraan dan dalam satu sisi, juga membantu meningkatkan skill pemain-pemain lain dalam timnya seiring berjalannya waktu.

Nintendo Switch Sports user icons are now available for Nintendo Switch  Online subscribers. : r/NintendoSwitch

        Hal serupa juga ditunjukkan pada mode game tenis, di mana pemain dapat melaju dalam Tingkat turnamen yang berbeda-beda dimulai dari kejuaraan amatir sampai kejuaraan professional yang memiliki sistem matchmaking adil, mempertemukan pemain dengan lawan yang sepadan melalui range rating persentasi kemenangan dan keahlian pemain-pemainnya.

 

Mengapa ini Game Terbaik Saya

 Hands On: Nintendo Switch Sports Has Great Highs, But Disappointing Lows |  Nintendo Life

       Ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadikan ini game terbaik untuk saya yang sebelumnya secara tidak sadar mungkin sudah saya paparkan dalam mendeskripsikan game ini. Beberapa alasan Nintendo Switch Sports ini merupakan game terbaik menurut saya adalah karena,

1). Game yang alih-alih membuat saya menjadi tidak sehat dengan duduk saja layaknya permainan konvensional, justru menuntut saya untuk beraktivitas secara fisik sehingga jam bermain justru berbanding lurus dengan kebugaran badan saya.

2). Game yang menawarkan banyak sekali macam mode dan jenis-jenis olahraga untuk dimainkan sehingga pemain tidak jenuh melakukan olahraga yang itu-itu saja dan tentunya, menambah jam bermain pemain sehingga badan pun semakin ditantang untuk menjadi bugar.

3). Game yang mendorong kontrol interaktif namun juga intuitif sehingga mudah untuk dilakukan oleh pemain pemula layaknya orang awam yang bahkan tidak pernah mencoba bermain sama sekali sampai pemain yang berpengalaman sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan demografis.

4). Game yang menawarkan sistem multiplayer yang komplit mulai dari multiplayer local sampai multiplayer online, aspek sosial inilah yang memberikan nilai menarik yang tinggi sehingga pemain tentunya kerap untuk bermain kembali sebab tantangannya akan berbeda-beda setiap hari tergantung dengan siapakah pemain bertemu.

5). Game yang memanjakan Indera penglihatan dengan grafik visualnya yang memiliki warna bermacam-macam serta vibran. Hal ini tentunya menambah faktor pengalaman bermain game untuk beberapa orang yang ingin korelasi antara permainan yang dimainkannya dengan lingkungan dunia nyata.

 

Letak Kesenangan / 'Fun Factor' Permainan

Switch Sports Review - Crashing Out In The Semi-Finals

        Achiever      

1). Terdapat tantangan harian (daily challenges) yang dibuka setiap daily check-in.

2). Sistem meritokrasi yang memberikan hadiah lebih keren bagi pemain yang sangat ambisius.

3). Terdapat sistem mata uang yang apabila didapatkan dapat digunakan untuk membeli perlengkapan custom yang bisa kita pamerkan kepada pemain lain ketika online game.

4). Terdapat ‘unlockable achievments’ dalam menyelesaikan tantangan seperti Switch Trophy yang memiliki stats persentase pemain yang memiliki trofi tersebut.

5). Terdapat leaderboards atau tabel pimpinan game untuk memamerkan pencapaianmu dalam suatu bidang dengan pemain lainnya.

6). Ada hadiah tambahan ketika menyelesaikan turnamen olahraga dalam mode kesulitan paling susah.

        Explorer 

1). Cuaca dan jam siang/malam yang dinamis yang mempengaruhi grafik permainan lebih vibran.

2). Sistem event random yang membuat pemain tertarik karena umumnya mereka bosan dengan gameplay yang monoton pada game-game lain.

3). Terdapat hidden easter egg ketika memenangkan sesuatu atau mencapai suatu achievements.

        Socializer

1). Sistem co-op yang menjunjung tinggi jiwa kerjasama serta kompetitif baik pemain antar teman dekat ataupun dengan orang asing.

2). Adanya customizable avatar atau karakter yang dapat dikostumisasi untuk mengekspresikan individu pemain dalam bentuk avatar game yang dapat dilihat oleh pemain-pemain lainnya, begitu pula dengan pemain itu sendiri juga mampu melihat avatar lawannya pula.

3). Sistem in-game chat atau emote yang mampu menjadi media komunikasi antar pemain tim ataupun ketika melawan pemain lain.

4). Social event seperti tournament event yang diadakan oleh developer dalam game untuk meningkatkan interaksi antara pemainnya.

5). Sistem club creation yang membantu pemain untuk berkumpul dengan pemain-pemain lainnya yang memiliki ketertarikan yang serupa.

6). Sistem spectator mode yang unik yaitu bisa memberikan ‘cheering’ kepada tim apabila pemain tereliminasi ketika permainannya belum selesai.

        Killer

1). Dalam olahraga tertentu terdapat gameplay taktis yang mampu memberikan pemain keunggulan tertentu terhadap pemain lainnya ketika terjadi suatu event.

2). Sistem bounty yang berarti pemain mendapatkan point leaderboard lebih besar ketika mengalahkan lawan yang lebih kuat dibandingkan ketika menang melawan lawan yang lebih lemah.

3). Terdapat mode khusus yang fokus pada sistem head-to-head untuk pertarungan yang lebih intense maupun sistem team play untuk pendekatan permainan yang lebih strategis.

4). Terdapat mekanisme game yang memberikan hadiah untuk manuver khusus yang hanya mampu diperoleh ketika melakukan kerjasama combo yang sempurna.

5). Terdapat sistem competitive matchmaking yang didasarkan pada rating dan winrate (persentase kemenangan) pemain.

6). Ada sistem power-ups atau kekuatan yang mampu membuat pemain sedikit unggul daripada pemain yang tidak memilikinya.

      

Video Trailer:

Video Demo:

 

Link Pembelian Game:

Link Beli Nintendo Switch Sports (USD39,99)

5022211065 / Farrell Muhammad Ghaisan Putra Riza

ppg2024

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger