Coral Island

Senin, 29 April 2024

 Game dari Indonesia | Review Coral Island


Genre: Adventure, Casual, Indie, RPG, Simulation, Strategy
Tema: Farming Sim dan Life Sim
Rating: Everyone 10+ (ESRB)
Platform: PlayStation 5, PC, Xbox Series X, dan Xbox Series S
Tanggal Rilis: 8 Oktober 2022 (Early Access) & 14 November 2023 (Full Release 1.0)

Coral Island adalah game simulasi pertanian yang dikembangkan oleh Stairway Games yang berbasis sebuah studio game yang berada di Yogyakarta. Game ini menawarkan pengalaman hidup di sebuah pulau tropis dimana pemain dapat bercocok tanam, merawat hewan, membangun hubungan dengan penduduk setempat yang beragam, dan membuat lingkungan yang penuh dengan limbah menjadi indah. Coral Island akan menyuguhkan tentang permasalahan alam yang terjadi dan player akan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Story


Coral Island memiliki kisah tentang pemain yang telah suntuk di kehidupan kota yaitu Pokyo. Pemain menginginkan memiliki kehidupan baru di Coral Island yaitu Starlet Town. Ketika pemain datang pertama kali ke pulau tersebut, pemain akan disambut oleh beberapa penduduk setempat. Sang walikota, Connor menyambut pertama kali dan mengantarkannya ke lahan yang akan digunakan untuk pemain. Pemain juga berkenalan dengan beberapa karakter. Rumah yang awalnya tidak terurus namun sudah dibangun kembali oleh Joko sebagai tukang. Pemain juga diberikan lahan untuk digunakan pertanian/perkebunan yang luas.
Kondisi awal pada Starlet Town

Kondisi awal lahan yang dimiliki player

Pemain akan mengenal penduduk setempat serta hewan peliharaan yang tersebar di seluruh pulau. Pemain juga akan menemui beberapa makhluk spiritual yang akan memandu pemain. Pemain akan diarahkan untuk membenahi pulau tersebut. Pulau tersebut membutuhkan pembenahan terutama pada lautnya. Pulau tersebut mengalami kejadian kebocoran pengeboran minyak sehingga membuat lingkungannya tercemar. Pemain akan pelan-pelan membersihkan lingkungan yang tercemar tersebut. Namun disatu sisi, ada perusahaan yang datang ke pulau tersebut menginginkan pengeboran minyak, Pufferfish Drilling Corp, namun penduduk sebenarnya sudah kesal dengan adanya kebocoran tersebu.
Pemain akan mendatangi hutan maupun situs-situs warisan yang diduduki oleh objek spiritual yang akan memandu pemain yang akan membenahi pulau. Makhluk lain yang akan ditemui juga pada gua yang akan memiliki kisahnya. Laut juga memiliki karakter spiritual yang menjaga dan akan memberi panduan akan kebersihan atas sampah yang ada di laut.

Setelah pemain telah menyelesaikan semua misi utama dan mampu membersihkan semua tempat dan menyenangkan makhluk spiritual, perusahaan minyak tersebut sebenarnya kesal dengan penduduk yang tidak ingin membiarkan perusahaan untuk pengeboran akan melakukan segala cara agar dapat meyakinkan penduduk. Sang pemilik perusahaan, Karen, akan menyuap semua penduduk agar dapat memenangkan pemilihan walikota. Namun, penduduk tidak ada yang mau disogok dengan dilain sisi juga pulau sudah membaik. Makhluk spiritual tersebut yang sepenuhnya pulih dan membantu warga memberikan balasan kepada perusahaan tersebut. Bangunan perusahaan tersebut dirusak oleh makhluk spiritual dengan tumbuhan yang merambat ke seluruh bangunan perusahaan tersebut sehingga memaksa perusahaan tersebut untuk pergi dari pulau tersebut. Karen sebenarnya heran mengapa hanya bangunan dia yang tertutup tanaman merambat, namun tidak ada pada bangunan lain. Karen juga merasa itu tidak masuk akal. Pulau tersebut juga sudah mencapai pada peringkat A. Hakim Ross juga mengapresiasi kota tersebut sudah menyaingi kota-kota lain di seluruh dunia. Hakim Ross memberikan penghargaan sebagai kota peringkat A.

Aturan Main Utama

Pemain akan menggunakan karakter yang memperbaiki Starlet Town dimulai dari situs-situs warisan, melengkapi koleksi museum, dan membersihkan lautan yang penuh dengan sampah yang tersedia dalam main quest, side quest, maupun daily mission yang hadir dalam billboard pada kota. Dengan itu, peringkat kota akan lambat laun akan naik hingga titik tertinggi yaitu S. Dalam perjalanannya, akan membuka skill tertentu serta item-item yang harus terbuka dengan rank tertentu. 

Skenario

Pemain akan memiliki main quest, side quest, dan daily mission yang akan membantu pemain dalam mendapatkan EXP agar menaikkan rank dari kota. Dalam penyelesaiannya, pemain akan bertemu berbagai karakter manusia hingga makhluk halus maupun makhluk-makhluk lainnya yang membantu karakter untuk menaikkan rank pulau dan mengalahkan perusahaan pengeboran minyak yang seru.

Mengapa game ini terbaik?

Terdapat beberapa poin alasan mengapa game Coral Island adalah game terbaik menurut saya yaitu:
  1. Tersedia dalam berbagai bahasa dan Bahasa Indonesia salah satunya. Bahasa yang tersedia akan lebih memberikan kebebasan kepada player untuk memilih bahasa yang dimengerti. Bahasa Indonesia dari yang diaplikasikan juga native dalam percakapan.
  2. Terdapat wikifandom yang aktif memberikan update tentang guide untuk hal-hal tertentu. Wikifandom memberikan panduan kepada player dalam ingin mendapatkan suatu informasi tertentu. Baik itu dalam mendapatkan item, cara mendekati NPC, maupun event yang ada.
  3. Latar belakang menggunakan pesona Indonesia maupun Asia Tenggara dari arsitektur maupun event dalam game. Latar belakang ini juga sangat kental dengan budaya Indonesia dimana terlihat bahwa seperti sesajen dan hal-hal mistis yang ada pada budaya Indonesia tertuang dalam game. Pada lain sisi, game juga memberikan nuansa Jepang, Cina, maupun dari Asia Tenggara. Hal itu banyak tertuang dalam event maupun arsitektur yang ada.
  4. Mengangkat tema isu lingkungan. Isu ini mengangkat tentang pengeboran minyak yang terjadi pada dunia. Game ini akan memberikan pandangan tentang pencemaran maupun sampah yang telah menyelimuti dunia. Sampah maupun minyak yang tercampur oleh laut juga dipaparkan dalam game tersebut.
  5. Adanya keberangaman manusia dalam game. Keberagaman yang ada tentang manusia juga terpapar dalam game ini. Bagaimana setiap karakter memiliki ciri khas masing-masing dan memiliki logat yang sangat kental dengan asalnya.

Funnya dimana? (4 Bartle Personality)

Achiever:

  1. Terdapat pencapaian dalam rank kota;
  2. Terdapat pencapaian dalam membangun peternakan dan perkebunan;
  3. Berhasil melengkapi koleksi museum;
  4. Mencapai pada tingkat tertinggi pada skill tree;
  5. Peralatan yang memiliki kualitas paling maksimal dapat membantu player;
  6. Kualitas sebuah buah/sayur yang sangat bergantung pada jenis pupuk;
  7. Penyelesaian pada misi utama pada pulau, side quest, serta daily quest yang terdapat pada tiap penduduk.

Explorer:

  1. Sistem crafting yang terbuka lambat laun tergantung pada rank kota serta membantu player dalam menjalani game;
  2. Sistem pergantian musim akan mempengaruhi buah yang tersedia dan butuhkan untuk menjalankan segala misi;
  3. Pergantian musim juga mempengaruhi hewan laut yang ingin dipancing;
  4. Terdapat tambang yang dapat digunakan untuk mendapatkan item tertentu yang hanya ada pada goa tersebut;
  5. Story dari game yang asik untuk diikuti dan selalu diupdate oleh developer;
  6. Setiap musim memiliki misi yang unik;
  7. Peta dan arsitektur yang beragam serta luas;
  8. Terdapat beberapa event yang hanya muncul pada musim-musim tertentu;
  9. Kebebasan dalam perkebunan dan peternakan;

Socializer:

  1. Dapat bermain dalam mode co-op split screen;
  2. Kustomisasi karakter player yang luas;
  3. Dapat bermain dalam mode multiplayer.

Killer:

  1. Monster yang ada pada tambang untuk mendapatkan skor XP dan meterial;
  2. Sistem event yang ada pada musim berbeda membuat player akan berusaha maksimal agar memenangkan kompetisi yang ada bersama NPC lainnya.

Screenshot


Berikut merupakan beberapa screenshot dari Coral Island:

Kustomisasi Karakter
Pada awal game
Connor sebagai walikota menyambut player
Joko yang memperbaiki rumah sang player
Kondisi kebun saya sekarang
Story mengenai pengenalan berkaitan dengan attachment skill yang ada pada peralatan
Rank kota pada game yang memiliki beberapa sektor yang harus dipenuhi
Pengumpulan material untuk museum
Kondisi laut yang kotor dengan sampah dan limbah
Player yang telah membersihkan sampah dan ingin membersihkan limbah minyak

Video Trailer:

Link: https://youtu.be/iyRUBNF7-k4?si=sqKPj_k05y4iWoyl (Coral Island)

Video Demo:

Link: https://youtu.be/YhAaSD7mr1o?si=pSL6tu04c3dTuBlt (Sarah Sunstone)

Link Pembelian Game:


Nama: Anak Agung Maharaja Adhisthanaya Indrawan
NRP: 5022211239
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger