Hearts of Iron IV

Senin, 29 April 2024

 

Genre : Grand Strategy, Sandbox, Strategy, Singleplayer, Multiplayer

Tema : World War II, Alternate History, Military, Historical, War

Developer : Paradox Development Studios

Publisher : Paradox Interactive

Platform : Microsoft Windows, macOS, Linux

Rating Usia : 

 

Deskripsi


Hearts of Iron IV (HOI4) merupakan game grand strategy computer wargame untuk PC yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2016. Seperti game-game sebelumnya dalam seri Hearts of Iron, game ini merupakan game grand strategy yang berfokus pada Perang Dunia II. Game ini memiliki mode singleplayer dan multiplayer.


Pada HOI4, pemain memimpin berbagai negara pada masa sebelum dan saat Perang Dunia II. Berbagai aspek negara berada di tangan pemain, baik itu industri, pembangunan, politik, militer, maupun diplomasi. Pemain ditantang untuk berpikir strategis, membangun industri negaranya dan membentuk aliansi untuk berperang melawan musuh ideologis negaranya.


HOI4 menampilkan sejarah Perang Dunia II secara detail. Namun, HOI4 bukan sekedar simulasi sejarah. Tidak seperti sebagian besar game strategy lainnya yang bertema sejarah, pemain diberi kebebasan untuk mewujudkan alternate history melalui setiap keputusannya. Dari keputusan kecil, seperti taktik yang digunakan pasukannya, hingga keputusan besar, seperti merencanakan revolusi atau merestorasi kerajaan dari masa lampau.


Skenario


Tahun 1930-an hingga 1940-an merupakan masa penuh krisis. Perang Dunia I telah berakhir beberapa tahun yang lalu. Namun, berbagai masalah yang muncul sejak saat itu.



Revolusi Rusia melahirkan negara baru dengan ideologi komunis, yaitu Uni Soviet, yang ingin menyebarkan revolusi komunisnya ke seluruh dunia. Namun, negara ini menghadapi berbagai ancaman, baik dari dalam pemerintahannya sendiri, maupun dari negara-negara yang tidak ingin revolusi datang di tanahnya.



Sementara itu, gerakan Fasisme telah meraih kekuasaan di Jerman, Jepang, dan Italia. Mereka menjanjikan negaranya akan memperoleh kembali kehormatannya yang telah ternodai di akhir Perang Dunia I. Italia berambisi menguasai pesisir Laut Mediterania, sedangkan Jerman hendak mempersatukan bangsa Jerman di bawah satu negara. Jerman juga hendak membalas dendam kepada Inggris dan Perancis atas kekalahannya pada Perang Dunia I serta menaklukkan Rusia untuk memperoleh wilayah jajahan.



Di Asia, Jepang hendak mengekspansi wilayah kekaisarannya dan meruntuhkan pengaruh negara-negara barat di Asia. Jepang berencana menaklukkan Cina dan wilayah jajahan Inggris, Amerika, dan Perancis di Asia-Pasifik. Namun, Jepang juga khawatir terhadap persebaran komunisme dan ancaman Uni Soviet.



Inggris dan Perancis, para pemenang Perang Dunia I, enggan mengikuti peperangan besar kembali setelah mengalami korban jiwa dan kerugian ekonomi yang besar saat perang tersebut. Begitu pula Amerika Serikat, yang telah dilanda krisis ekonomi Great Depression. Sentimen anti-kolonial juga menyebar di tanah jajahan negara-negara barat. Dapat dilihat bahwa Inggris, Perancis, dan Amerika tidak siap berperang. Namun, ambisi negara-negara fasis dan komunis mungkin akan memaksa mereka berperang kembali.



    Di samping itu, berbagai teknologi baru telah muncul sejak Perang Dunia I, termasuk teknologi militer. Berbagai persenjataan telah dikembangkan dan siap digunakan untuk perang berikutnya, seperti tank, pesawat tempur, artileri, dan bahkan senjata lainnya yang belum pernah ada pada perang sebelumnya.

 

    Dalam setting ini, pemain dapat memimpin berbagai negara pada tahun 1936 atau 1941, dilengkapi dengan populasi, militer, kondisi politik, dan seluruh sumber dayanya. Setiap negara juga memiliki masalah dan ambisi tersendiri. Dengan negara yang dipimpinnya, pemain akan menghadapi berbagai krisis, perang, dan tantangan lainnya yang akan datang, dan membawa negaranya menuju kejayaan.


Aturan Main

 

  1. Pemain memimpin sebuah negara pada masa sebelum dan saat Perang Dunia II. Tujuan pemain dalam memimpin negaranya ditentukan sendiri oleh pemain. Secara umum, pemain harus menjaga negaranya agar tidak dikalahkan oleh negara lain dalam peperangan.

  2. Pemain dapat mengatur berbagai aspek negaranya. Riset, konstruksi, militer, industri, hukum, diplomasi, dagang, dan anggota pemerintahan semuanya dapat diatur oleh pemain. Namun, fokus semua aspek ini adalah pada aspek perang dan militer.


  1. Pemain dapat melatih pasukan, menggerakkannya, serta memberi perintah. Pasukan dibagi menjadi angkatan darat, laut, dan udara. Setiap pasukan memiliki stats yang menentukan kemampuannya untuk memenangkan pertempuran serta membutuhkan equipment tertentu.

  • Pasukan darat diatur dalam bentuk unit divisi yang memiliki komposisi tertentu, seperti infantry, tank, atau artileri. Beberapa divisi dapat dikelompokkan menjadi army yang dipimpin jenderal. Pasukan darat bertujuan merebut dan menduduki wilayah musuh. 

  • Angkatan laut diatur dalam bentuk unit kapal. Setiap jenis kapal memiliki fungsi tertentu. Beberapa kapal dapat dikelompokkan menjadi fleet, yang dipimpin laksamana. Kapal bertujuan mengendalikan perairan agar tidak dapat diseberangi pasukan musuh dan sebaliknya, dapat digunakan untuk menyerang wilayah musuh. 

  • Angkatan udara diatur dalam bentuk unit air wing yang terdiri dari sejumlah pesawat. Setiap jenis pesawat memiliki kemampuan tertentu. Angkatan udara bertujuan membantu angkatan darat dan laut dalam tugasnya.


Tab Land Doctrine


  1. Setiap pertempuran menghasilkan army, navy, dan air XP, sesuai angkatan militer yang berperang. XP dapat digunakan untuk mengembangkan doctrine, yaitu taktik yang memperkuat pasukan.


Tab Produksi


  1. Konstruksi dilakukan untuk membuat bangunan yang berguna. Diantara bangunan yang paling berguna adalah:

  • Civilian factory, untuk membangun bangunan lainnya

  • Military factory, untuk memproduksi equipment

  • Naval dockyard, untuk memproduksi kapal


Tab Trade


  1. Produksi membutuhkan resource, seperti karet dan baja. Resource yang tidak dimiliki negara dapat diimpor dari negara lain melalui trade (perdagangan). Sejumlah civilian factory dipinjamkan kepada negara eksportir selama trade berlangsung.


Research Tab Infantry Technology


  1. Research (riset) dilakukan untuk mengembangkan teknologi yang memiliki berbagai kegunaan. Riset dapat dilakukan dengan research slot yang tersedia dan membutuhkan waktu agar dapat diselesaikan.


  1. Aksi diplomasi dapat dilakukan dengan negara lain. Diantaranya adalah mendeklarasikan perang dan membentuk aliansi.


  1. Saat berperang, suatu negara harus merebut wilayah dan kota negara lawan agar dapat memenangkan perang. Setelah berperang, akan terjadi peace conference, dimana negara pemenang dapat menghukum negara yang kalah, seperti dengan mengambil wilayahnya atau membentuk puppet state (negara boneka) yang taat. Jika perang terjadi antara beberapa negara, maka hak pemenang dibagi sesuai kontribusinya saat perang.


  1. Hukum dan anggota pemerintahan dapat dipilih untuk memperoleh bonus pasif. Pemilihan ini menggunakan political power, yang dihasilkan seiring waktu. Anggota pemerintahan memiliki beberapa jenis, yaitu:

  • Political advisor, politisi yang membantu berjalannya pemerintahan. Memberi beragam bonus.

  • Military staff, staf kepemimpinan militer negara. Memberi bonus terkait militer

  • Theorist, ilmuwan dan staf militer yang memimpin riset negara. Memberi bonus terkait riset dan doctrine.

  • Design Company, perusahaan yang membantu industri negara. Memberi bonus terkait riset dan produksi.


National Focus Tree Jerman


  1. National focus tree berisi konten untuk suatu negara dan merupakan representasi aksi negara dalam alur sejarahnya. Dengan menyelesaikan focus, pemain menentukan aksi yang dilakukan negaranya, dan dapat sesuai sejarah maupun tidak. Beberapa negara memiliki focus tree khusus. Menyelesaikan focus dapat memberi berbagai bonus positif maupun negatif, serta dapat menyebabkan terjadinya berbagai event. Setiap focus membutuhkan waktu agar dapat diselesaikan.


  1. Setiap negara mempunyai salah satu dari empat ideologi, yaitu demokratis, komunis, fasis, dan non-aligned (tak berpihak). Masing-masing ideologi memiliki ciri-ciri sendiri, seperti pemimpin, nama negara, dan bendera negara. Setiap ideologi memiliki persentase popularitas tertentu di setiap negara. Berbagai event dapat menyebabkan negara berganti ideologi.
     

Mengapa Hearts of Iron IV Merupakan Game Terbaik?


Saat dipandang pertama, HOI4 mungkin terlihat seperti game peta yang membingungkan. Akan tetapi, atmosfer HOI4 yang sangat imersif membuat pemain benar-benar terasa seperti pemimpin pada masa Perang Dunia II. Artstyle yang indah pada loading screen dan ikon setiap focus mengilustrasikan signifikansi setiap aksi pemain. Begitu pula penulisan pada deskripsi setiap focus dan event. Soundtrack orkestra karya Andreas Waldetoft juga memperkuat mood yang dirasakan saat bermain. Musik yang dimainkan disesuaikan dengan negara yang dipilih serta event yang terjadi. Bahkan, beberapa negara memiliki tema musik sendiri yang gayanya didasarkan gaya musik asal negara tersebut, sehingga memberi rasa patriotis.


Saya awalnya tertarik dengan game ini karena saya menggemari sejarah. Dalam hal ini, HOI4 tidak mengecewakan. Berbagai konten dalam HOI4, seperti teknologi dan event, dibuat dengan perhatian yang besar dalam sejarah. Hal ini berkontribusi terhadap imersi pemain. Namun, keunikan HOI4 dibandingkan game berlatar sejarah lainnya adalah kebebasan yang diberikan HOI4 kepada pemain untuk mengeksplorasi berbagai skenario alternate history, sekalipun skenario yang absurd dan tidak realistis. Skenario ini diwujudkan oleh aksi pemain sehingga pemain merasa diberdayakan. Setiap aksinya memiliki pengaruh yang nyata.


Setiap permainan HOI4 membutuhkan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Akan tetapi, HOI4 memiliki banyak konten dan fitur yang dapat dinikmati sehingga saya tidak merasa bosan. Sampai saat ini, jam main saya tercatat di Steam selama lebih dari 6900 jam. Saya juga telah memperoleh 30% dari seluruh achievement di Steam.


Topik sejarah yang ditampilkan secara detail dalam HOI4 menyebabkan bermain game ini menjadi cara yang menyenangkan untuk mempelajari sejarah. Setelah saya bermain sebagai suatu negara, saya seringkali mempelajari negara tersebut melalui sumber lainnya. Melalui game ini, saya dikenalkan dengan berbagai topik terkait sejarah abad ke-20, termasuk politik, militer, teknologi, dan budaya pada masa itu. 


Dimana Fun pada Hearts of Iron IV?


HOI4 memiliki berbagai aspek yang memberi rasa ‘fun’ kepada pemain. Aspek-aspek ini dapat dikategorikan berdasarkan Bartle's Personality.


Achiever (AC)


  1. Memenangkan perang dapat memberi reward yang memuaskan bagi pemain, seperti wilayah dan pengaruh terhadap negara lawan serta resource dan bangunan yang dimilikinya.


  1. Terdapat pilihan tingkat kesulitan berbeda bagi pemain yang ingin tantangan lebih. Tingkat kesulitan “Veteran” dan “Elite” memberi berbagai bonus yang memperkuat negara AI serta penalti yang menambah tantangan bagi pemain. 


  1. Ironman mode merupakan mode dimana satu permainan di-save dalam satu slot secara otomatis. Selain itu, pemain tidak dapat membuat save baru saat permainan berlangsung. Mode ini mencegah pemain me-load save sebelumnya saat melakukan kesalahan. Oleh karena itu, mode ini cocok bagi pemain yang ingin tantangan tambahan.


  1. Bagi pengguna Steam, HOI4 menyediakan berbagai achievement dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Achievement berperan sebagai tujuan tambahan bagi pemain yang ingin tantangan lebih. Agar mampu mendapat achievement, pemain harus memilih tingkat kesulitan “Regular”, “Veteran” atau “Elite” serta mengaktifkan Ironman mode. Achievement baru ditambahkan pada setiap update besar. 


  1. Selain achievement, terdapat pula medal, ribbon, dan awards yang juga diberikan saat pemain menyelesaikan berbagai tantangan. Namun, tidak seperti achievement, penghargaan ini dapat diperoleh saat pemain bermain dengan mod. Medal, ribbon, dan award dipamerkan melalui tab Career Profile.


Majapahit Empire
 Jika Hindia Belanda/Indonesia menguasai Malaya Inggris (British Malaya), maka dapat membentuk formable nation Majapahit Empire

  1. Beberapa negara dapat membentuk formable nation dan membentuk negara baru untuk mempersatukan suatu wilayah. Membentuk formable nation merupakan tantangan yang besar, tetapi reward yang diberikan juga tidak sedikit. Tantangan yang diberikan biasanya menguasai sejumlah wilayah, sedangkan rewardnya adalah akses penuh terhadap sumber daya wilayah yang dikuasai. Selain itu, negara juga mendapat nama dan bendera baru.


 
Hindia Belanda
 Hindia Belanda adalah puppet milik Belanda dengan tingkat otonomi “Integrated Puppet”

  1. Jika negara pemain mempunyai negara puppet, maka otonomi puppet tersebut dapat bertambah atau berkurang sesuai aksi pemain dan puppet itu tersendiri. Jika pemain berhasil menghabiskan otonomi puppet tersebut, maka pemain dapat mengambil alih seluruh wilayah puppet serta seluruh angkatan militernya. Namun, risikonya adalah jika otonomi tidak diperhatikan, maka puppet dapat memerdekakan diri.


  1. Jika negara pemain mempunyai wilayah okupasi (wilayah jajahan yang tidak dibawah pemerintahan puppet), maka pemain harus memperhatikan resistance dan compliance-nya. Jika resistance terlalu tinggi, maka wilayah tersebut akan memberontak. Sebaliknya, semakin tinggi compliance, maka semakin banyak resource dan bangunan yang dapat diperoleh dari wilayah tersebut.


  1. Untuk menyelesaikan riset dan focus, pemain harus memenuhi berbagai ketentuan dan menunggu selama jangka waktu tertentu. Pemain harus memilih urutan riset dan focus yang optimal agar memperoleh keunggulan terhadap lawannya. Namun, atas kesabaran dan kecermatannya, pemain dapat memperoleh berbagai teknologi dan buff yang bermanfaat. 


Explorer (EX)


  1. Walaupun setting HOI4 adalah masa Perang Dunia 2, tetapi pemain dapat mengeksplorasi berbagai skenario alternate history. Focus tree pada setiap negara memiliki opsi non-historical, mulai dari taktik non-historical hingga ideologi dan pemimpin alternatif. Aksi pemain menentukan skenario yang terjadi dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan permainan.

  2. Tidak hanya pemain yang dapat mengubah sejarah. Dengan mematikan opsi “Historical Focuses” di awal permainan, maka AI tidak akan mengikuti alur sejarah. Opsi custom game rule juga dapat digunakan pemain untuk mengatur alur sejarah yang diikuti AI untuk menyiapkan skenario permainan yang diinginkan.


  1. Banyaknya negara yang dapat dipilih memberi pemain berbagai pilihan dalam bermain. Setiap negara memiliki isi konten, tingkat kesulitan, kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Meskipun pemain hanya melihat map yang sama pada setiap permainan, tetapi setiap permainan dapat terasa berbeda dengan setiap negara.


  1. Map HOI4 berukuran besar dan didesain secara detail. Setiap daerah di dunia memiliki tantangan tersendiri. Taktik yang dapat bekerja di satu daerah belum tentu dapat bekerja di daerah lainnya. Asia tenggara yang penuh hutan tidak dapat menampung divisi sebanyak dataran rendah Eropa. Jika taktik di medan Eropa diterapkan di Asia tenggara, maka divisi akan kekurangan suplai dan menjadi lemah.


  1. Adanya pilihan dalam riset, doctrine, dan komposisi militer serta pemerintahan memberi pemain berbagai opsi dalam menentukan gaya bermainnya. Jika pemain bosan bermain dengan infantri dan artileri, mereka dapat mencoba strategi yang berfokus terhadap tank dan angkatan udara.


  1. Terdapat beberapa konten tersembunyi seperti cabang focus tree, formable nation, dan pemimpin negara. Konten ini merupakan reward dan insentif bagi pemain yang suka mencoba berbagai pilihan dalam HOI4


 
Trial of Allegiance 
DLC terbaru HOI4 yang menambahkan konten pada negara-negara Amerika Selatan

  1. HOI4 sering mendapat update dan DLC dari Paradox. DLC biasanya dirilis sekali setahun, dan selalu dirilis bersamaan dengan update gratis yang menambah konten dan fitur dalam game. Selama ini, 10 DLC telah dirilis untuk HOI4.


Kaiserreich : Legacy of the Weltkrieg

Mod total conversion ini membayangkan dunia jika Perang Dunia I dimenangkan oleh Jerman


  1. Paradox menyediakan peralatan untuk pembuat mod kepada pemain HOI4. Saat ini, komunitas HOI4 telah meng-upload lebih dari 48 ribu mod di Steam Workshop. Mod yang tersedia dapat berupa tambahan konten, perbaikan, hingga mod total conversion. Mod total conversion mengubah game HOI4 secara keseluruhan, mulai dari pilihan negara beserta kontennya, setting, fitur, aturan main, hingga artstyle dan musik. Konten dalam mod total conversion terkadang lebih banyak dibandingkan konten dalam game dan DLC resmi, hingga terasa seperti game yang berbeda. 


Sami

Releasable nation yang merupakan jajahan Swedia, Finlandia, Norwegia, dan Uni Soviet


  1. Beberapa negara merupakan “releasable nation”. Negara-negara ini awalnya merupakan wilayah jajahan negara lain, tetapi bisa diberikan kemerdekaan. Pemain juga dapat bermain sebagai negara ini. Jadi negara yang dapat dipilih tidak hanya sebatas yang ada di awal permainan.


  1. HOI4 memiliki soundtrack yang beragam dan enak untuk didengar. Soundtrack HOI4 terdiri dari berbagai musik brass orchestral dan cover lagu militer dari berbagai negara. Beberapa soundtrack juga menjadi tema negara tertentu dan menginkorporasikan gaya musik dari negara itu, menambah rasa bangga pemain kepada negaranya.


Tank Designer

Tank Designer merupakan fitur yang dirilis pada DLC No Step Back. Fitur ini memperluas fitur "create variant" bagi tank. Dengan fitur ini, pemain dapat mendesain tank yang digunakannya menggunakan komponen yang dikembangkan melalui riset


  1. Fitur "create variant" memberi pemain kemampuan untuk memodifikasi tank, kapal, dan pesawat agar performanya sesuai keinginan pemain. Setiap kendaraan dapat dimodifikasi agar kemampuannya lebih baik dengan tambahan biaya produksi. Create variant merupakan fitur tambahan selain riset bagi pemain yang ingin kebebasan lebih untuk membangun militernya. Fitur ini diperluas dalam beberapa DLC menjadi fitur "designer".
     

Socializer (SC)


  1. HOI4 menyediakan mode multiplayer, dimana beberapa pemain dapat mengendalikan negara-negara berbeda dan bermain bersama, baik sebagai teman maupun lawan. Suasana sejarah yang imersif membuat kegiatan roleplay bersama pemain lainnya semakin menyenangkan.


  1. Membentuk faction dengan negara lainnya memungkinkan berbagai negara untuk bekerja sama. Fitur ini lebih menyenangkan dalam multiplayer dengan anggota faction sesama negara yang dikendalikan oleh pemain.


  1. Aksi diplomasi “send volunteer” memungkinkan negara mengirim sebagian kecil militernya untuk membantu negara lain dalam peperangannya meskipun negara tersebut tidak dalam faction yang sama dan negara pengirim bukan partisipan perang tersebut.


  1. Aksi diplomasi “lend lease” memungkinkan suatu negara mengirim equipment gratis ke negara lain yang sedang berperang. Dengan ini, maka negara kaya dapat membantu negara miskin tanpa berpartisipasi langsung dalam peperangan.


  1. Aksi diplomasi “send garrison support” memungkinkan suatu negara mengirim tentaranya untuk membantu okupasi wilayah negara lain dan mencegah pemberontakan. Aksi ini merupakan cara bagi negara dengan populasi besar untuk membantu sekutunya.


  1. Pemain dapat memamerkan medal, ribbon, dan award yang dimilikinya kepada pemain lain pada Career Profile.


Killer (KL)


  1. Peperangan merupakan hal yang sangat berisiko di HOI4. Setelah perang dimulai, sulit mendapat kesempatan berdamai tanpa mengalahkan semua negara lawan. Akan tetapi, ada kepuasan yang diperoleh dari mengalahkan negara yang sebelumnya telah menjadi ancaman.


  1. Tidak semua negara di HOI4 mulai dengan kekuatan yang sama. Awalnya, ada negara yang kuat dan ada yang lemah. Pemain dapat merasa puas mendominasi berbagai negara lemah sebagai negara kuat. Sebaliknya, pemain juga dapat memperoleh kepuasan bertumbuh sebagai negara lemah hingga dapat mengalahkan negara kuat.


  1. Pemain dapat memperoleh rasa puas dengan mendirikan negara puppet. Negara yang sebelumnya menjadi lawan dipaksa membantu negara pemenang, baik secara ekonomi maupun militer, serta mengikuti ideologi penakluknya.


  1. Tersedia fitur console command yang dapat digunakan untuk mengedit suatu permainan sesuai keinginan pemain. Secara praktis, console command dapat digunakan sebagai cheat bagi pemain yang ingin permainan yang lebih mudah atau untuk mengatasi bug.


Not Fun (NF):

  1. Kecepatan waktu dalam game dapat dipercepat, diperlambat, atau di-pause agar interaksi pemain dengan fitur-fitur game lebih nyaman. Fitur ini sangat membantu karena banyak mekanik membutuhkan pemain untuk menunggu.


  1. Banyaknya aturan dalam HOI4 dapat menyebabkan pemain melupakan fitur-fitur tertentu. Akan tetapi, adanya notifikasi mengingatkan pemain jika ada masalah urgen yang harus diatasi, seperti memulai riset atau national focus.


Secara keseluruhan, Hearts of Iron IV merupakan game yang cocok untuk penggemar sejarah dan game strategi. Fitur dan mekanik yang menarik beserta atmosfer yang imersif menghasilkan pengalaman bermain yang menantang dan menyenangkan. Terlebih lagi, fokus HOI4 dalam memberi kebebasan kepada pemain untuk mengikuti jalur alternate history mendorong pemain untuk mengeksplorasi setiap opsi dan skenario, sehingga pemain kembali untuk menikmati game ini lagi dan lagi.


Screenshot



Peta Dunia pada Start Date 1936


Mempertahankan Kota Warsaw dari Serangan Nazi

Warszawo, Walcz! 


Perang Italia-Ethiopia

Perang bersejarah ini adalah satu-satunya perang yang terjadi di awal permainan pada start date 1936

 

Perang Saudara Jerman

Perang ini terjadi antara Pemerintah Nazi dan Pemberontak Monarkis yang ingin merestorasi Kaisar Wilhelm II. Ini adalah salah satu skenario alternate history dalam HOI4.

 

Intelligence Agency

Intelligence Agency merupakan cabang militer ke-empat yang dirilis pada DLC La Resistance. Intelligence Agency memungkinkan negara mengirim agen ke negara lainnya untuk memperoleh informasi dan melakukan sabotase.


 

Trailer


https://youtu.be/F-uGP2DkZKE?feature=shared


Gameplay Demo


https://youtu.be/AH3OGt6wbdQ?feature=shared


Link Steam


https://store.steampowered.com/app/394360/Hearts_of_Iron_IV


Penulis Artikel


Nadiev Azis Rauf

NRP 5007211140

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger