Fallout: New Vegas

Senin, 29 April 2024

 

Fallout: New Vegas

Genre: Action RPG

Developer: Obisidian Entertainment

Publisher: Bethesda Softworks

Tema: Post-Apocalyptic/Pasca-Apokaliptik, Sci-Fi

Platform: PC (Steam), PS3, Xbox 360

Rating: PEGI: 18, ESRB: Mature (17+)

Selama bertahun-tahun, telah banyak RPG, bersama dengan permainan yang mengandung elemen RPG yang datang dan pergi dalam industri video game, sehingga meninggalkan berbagai jenis kesan yang mereka tinggalkan pada para pemainnya. Baik itu petualangan singkat 12 jam yang berfokus pada memberikan pengalaman bermain yang menarik dari segi gameplay, namun tidak terlalu memperhatikan cerita itu sendiri, atau epos JRPG 60 jam yang memberikan pengalaman bercerita yang tidak ada duanya, dengan gameplay yang hanya dianggap layak (jika terkadang tidak menyinggung), semuanya memiliki aspek khusus mereka sendiri yang dapat menarik berbagai jenis penonton dengan selera yang berbeda tentang apa yang mereka anggap sebagai 'RPG sempurna' mereka. Terkadang, produk akhir dari upaya ini menghasilkan permainan yang hanya bagus untuk dinikmati selama beberapa hari, atau bahkan sebuah mahakarya yang akan melekat pada mereka, bahkan bertahun-tahun setelah permainan pertama mereka.

Sangat jarang sebuah RPG mampu mencapai hal terakhir, karena ini membutuhkan bukan hanya pemahaman yang sempurna tentang apa yang akan mendefinisikan genre tersebut, memenuhinya dengan sebaik-baiknya yang mampu dilakukan tim pengembang, tetapi juga mampu melakukannya dengan eksekusi yang hampir sempurna dari prinsip tersebut dalam praktik, sehingga prestasi tersebut dianggap hampir mengesankan. Meskipun mungkin ada beberapa rintangan tak terhindarkan yang mereka tidak bisa tidak tersandung. Itulah kesan yang saya dapatkan dari Fallout New Vegas, setelah menghabiskan waktu bermain sekitar 270+ jam dengan itu.

Fallout New Vegas adalah tembakan RPG aksi dunia terbuka pasca-apokaliptik yang dikembangkan oleh Obsidian Entertainment, dengan penerbitan yang disediakan oleh Bethesda Softworks dan dirilis pada 19 Oktober 2010. Game ini adalah spinoff dalam seri video game Fallout, yang merupakan seri RPG yang berlibat di sekitar dunia sejarah alternatif terpengaruh Era Atom, yang berorientasi pada pengembangan kekuatan nuklir dan atom untuk keperluan militer dan sipil. Dengan fokus mutlak pengembangan kekuatan nuklir selama bertahun-tahun tanpa perhatian terhadap efisiensi, sumber daya alam di dunia menipis drastis, sehingga mencapai puncaknya dalam perang skala dunia yang berakhir dalam bencana nuklir pada tahun 2077. Dari dampak bencana nuklir tersebut, umat manusia telah berusaha membangun peradaban kembali dan melanjutkan kehidupan mereka di antara permukaan yang terkontaminasi radiasi.

Gambar: Karakter pemain (Courier 6) menggunakan sebuah senjata berat, yaitu sebuah senapan mesin granat terhadap beberapa musuh Super Mutant.

Cerita Fallout New Vegas terjadi pada tahun 2281, yang merupakan 3 tahun setelah kejadian Fallout 3 dan 204 tahun setelah Perang Besar terjadi. Lokasi cerita ditempatkan di dalam Mojave Wasteland, yang merupakan area sisa-sisa Amerika Serikat yang terdiri dari lokasi-lokasi dari Nevada, Arizona, dan California. Pemain mengambil peran sebagai Courier 6, yang akhirnya dirampok sebuah paket yang sedang mereka antarkan, ditembak di kepala, dan dikubur dalam kuburan dangkal. Setelah mereka secara ajaib dikembalikan kesehatannya oleh dokter kota terdekat, mereka akan memulai perjalanan untuk mengetahui mengapa mereka dirampok untuk paket yang tidak mencolok itu, sehingga berkeliling Mojave Wasteland untuk bertemu dengan berbagai karakter dan faksi dengan kepentingan dan agenda mereka sendiri. Semua ini akan berujung pada konflik yang meningkat yang akan menentukan nasib Mojave Wasteland secara keseluruhan, baik itu untuk lebih baik atau lebih buruk.

Gameplay utama terdiri dari permainan dunia terbuka aksi orang ketiga/pertama di mana pemain akan dapat menjelajahi Mojave Wasteland dengan cara apa pun yang mereka anggap tepat. Dari awal, pemain yang memulai permainan akan diminta untuk membuat karakter yang terdiri dari penampilan, statistik, sifat, dan keterampilan yang akan mereka spesialisasikan untuk permainan mereka. Keputusan desain khusus ini memungkinkan variasi yang mengejutkan dalam hal karakter apa yang dapat seseorang ciptakan. Baik itu karakter nerd yang mengkhususkan diri dalam meretas komputer dan menggunakan senjata energi (seperti laser dan senjata plasma), pembunuh diam-diam yang akan menggunakan sistem penyamaran untuk menyergap atau menghindari musuh, atau bahkan pembicara yang karismatik yang akan dapat mengeluarkan diri mereka dari masalah dengan cara kata-kata mereka yang sempurna, game ini menyediakan cukup banyak dalam hal kemungkinan ulang yang memastikan tidak ada dua permainan yang akan tetap sama, dari awal hingga akhir.

Gambar: Pagar untuk memasuki lingkungan dalam New Vegas yang bernama The Strip, yaitu lokasi penuh kasino yang sedang dijagakan oleh berbagai pengaman robot (Security Bot).

Bentuk kebebasan dan keagenan pemain ini bahkan meluas ke cerita itu sendiri, di mana tidak hanya quest utama itu sendiri, tetapi bahkan banyak quest sampingan dirancang sedemikian rupa untuk membiarkan pemain memenuhi tujuan utama quest melalui metode apa pun yang mereka inginkan, dengan hasil yang jarang, jika pernah, sama. Beberapa quest tertentu mungkin hanya terdiri dari membunuh sekelompok penyerang dalam sebuah area, dan kembali ke pemberi quest untuk mendapatkan hadiah, tetapi ada banyak yang dirancang untuk memiliki kedalaman lebih dalam hal kehalusan mereka. Salah satu quest tersebut melibatkan menyelesaikan masalah sedih yang dialami oleh pemilik karavan dan pemilik karavan, yang akan diikuti dengan serangkaian quest sampingan yang bisa berakhir dengan Anda dan karavan tersebut mencari balas dendam terhadap para pembuat masalah konspirasi, menyelesaikan konspirasi tersebut secara damai melalui pengumpulan bukti dan mengirimkannya ke otoritas yang tepat, atau menjualnya kepada konspirator yang Anda kerjakan sejak awal.

Quest sampingan lainnya hanyalah serangkaian mini-quest sampingan yang berputar di sekitar membantu dan mendapatkan ketenaran dengan pemukiman dalam pangkalan udara, yang budayanya yang berputar di sekitar bahan peledak dan senjata akan berguna untuk konflik yang akan datang. Bagaimana seorang pemain dapat memperoleh ketenaran tergantung pada apa yang dapat dilakukan karakter pemain pada saat itu, termasuk memberikan perawatan medis kepada beberapa penduduk pemukiman yang terluka parah, membawa beberapa panel surya untuk meningkatkan infrastruktur listrik, atau bahkan bertindak sebagai perantara untuk sepasang kekasih yang keinginan akan persahabatan dibatasi oleh dinding tertutup faksi masing-masing. Baik itu melalui gameplay atau cerita, kedua aspek tersebut saling terjalin indah untuk menekankan kebebasan besar yang akan dapat dimiliki pemain dalam hal apa yang dapat disediakan oleh game. Dan semua itu dalam waktu bermain yang rata-rata sekitar 20-30 jam per permainan, yang terkadang terasa seperti setengah waktu jika Anda cukup terlibat dengan game itu sendiri.

 

Gambar: Karakter pemain sedang menjelajahi area Freeside, yaitu area luaran dari The Strip yang terlihat lebih runtuh dari kondisi.

Jika saya mensimpulkan hal penarikan yang dimiliki game ini melalui chart Bartle Personality, yang terdiri atas sebuah Achiever, Explorer, Socializer, dan Killer, dapat terdiri atas hal tersebut:

 

[Achiever]

  • Permainan ini bisa cukup sulit, terutama jika pemain baru dalam RPG. Tantangan semacam itu sudah bisa menjadi daya tarik tersendiri, mengharuskan pemain untuk mengenal seluk-beluk sistem permainan dan mengetahui sumber daya apa yang akan mereka dapatkan tergantung pada jalur yang mereka ambil untuk berbagai quest yang ditawarkan. Kesulitan itu sendiri juga dapat disesuaikan, memungkinkan pemain untuk meningkatkan kesulitan demi tingkat kepuasan diri yang lebih tinggi.
  • Tentu saja, pemain dapat meningkatkan kesulitan dengan menggunakan Mode Hardcore yang disediakan oleh game, di mana mode ini memanfaatkan nuansa pasca-apokaliptik game untuk membuatnya lebih seperti game survival. Ketika mode ini diaktifkan, pemain tidak hanya akan memiliki opsi yang jauh lebih sedikit dalam hal penyembuhan (terutama dalam pertarungan), tetapi mereka harus secara rutin memeriksa kebutuhan bertahan hidup mereka untuk tetap dalam kondisi terbaik, seperti kelaparan, kehausan, atau bahkan kebutuhan untuk tidur karakter mereka.
  • Selain beberapa pertarungan bos yang menantang yang dapat dihadapi pemain (dengan syarat mereka tidak memilih solusi diplomasi), akan ada beberapa lokasi tersembunyi dalam peta yang dapat menyediakan musuh yang sangat tangguh untuk dilawan. Sangat jarang, dikenal sebagai varian 'Legendary' dari musuh yang ada di peta dunia terbuka itu sendiri yang bisa memberikan hadiah yang cukup bagus, asalkan pemain dapat mengalahkannya.
  • Konten yang dapat diunduh/paket ekspansi yang tersedia untuk game itu sendiri akan menyediakan tantangan yang jauh lebih besar daripada apa pun yang ditawarkan oleh game dasar, terutama jika pemain tidak mempersiapkan diri. Contohnya termasuk ditempatkan dalam area yang jauh lebih berbahaya daripada Mojave Wasteland itu sendiri, dengan semua barang pemain yang diambil sementara dan memaksa mereka untuk memulai dari awal dengan sumber daya mereka akan memberikan perubahan tempo yang bagus.

[Explorer]

  • Bagi setiap penjelajah yang memiliki kecenderungan untuk melihat setiap sudut, game ini sangat menyeluruh menutupi semuanya karena desain dunia terbukanya. Dunia terbuka utama itu sendiri mungkin agak kurang dalam hal eksplorasi dibandingkan dengan game sebelumnya, tetapi area-area individual itu sendiri bisa menjadi lokasi yang menarik untuk dijelajahi. Mulai dari bunker terlantar yang digunakan oleh penduduk sebelum perang untuk tinggal, hingga lokasi yang rusak yang membentuk New Vegas itu sendiri, ada jumlah detail yang mengejutkan untuk satu orang untuk mengungkap.
  • Jika pemain lebih suka memiliki aktivitas untuk dilakukan, maka berbagai quest yang tersedia dalam game itu sendiri akan cukup bagi mereka untuk menikmati, bahkan jika mereka tidak melalui seluruh daftar dalam satu permainan. Beberapa akan terkunci karena pilihan apa pun yang mereka buat, dan beberapa akan cukup tersembunyi sehingga memerlukan perhatian ekstra dari pemain untuk diungkap. Ini tergantung pada seberapa bersedia pemain untuk mengalaminya.
  • Jika pemain tidak tertarik untuk mengetahui dunia terbuka itu sendiri, maka sistem permainan akan lebih dari cukup untuk menggantikannya. Karena desain permainan diwarisi dari RPG meja tradisional, ada banyak kemungkinan dalam hal karakter apa yang ingin dibuat pemain.
  • Desain mekanis bahkan menyebar ke berbagai jenis perlengkapan, senjata, dan barang konsumsi yang dapat ditemukan pemain sepanjang perjalanan mereka. Pakaian sipil biasa, set baju zirah besar dan tinggi, senjata api biasa seperti revolver dan senapan penembak jitu, senjata api aneh seperti senjata energi dan persenjataan peledak (bahkan peluncur misil dan granat!), ada banyak barang yang dapat digunakan pemain yang bisa ditemukan dalam dunia game.

[Socializer]

  • Dengan cara permainan yang rumit dalam bercerita dan membangun dunia, pemain akan dapat bertemu dengan berbagai faksi dalam game yang dapat mereka interaksikan dengan berbagai cara. Kadang-kadang bahkan sampai pada titik memutuskan nasib mereka pada saat mereka mencapai akhir game. Faksi-faksi tersebut cukup baik ditulis sehingga mereka bisa menciptakan banyak diskusi dalam hal peran mereka di dalam Mojave Wasteland itu sendiri, dan apa yang akan dipikirkan pemain lain tentang mereka secara individu.
  • Desain RPG yang rumit dari game ini memungkinkan pemain untuk mengetahui berbagai jenis karakter yang akan menyenangkan untuk satu permainan penuh, sehingga menekankan bagian 'bermain peran' dari genre RPG itu sendiri. Karakter dan faksi utuh akan bereaksi berbeda tergantung pada bagaimana karakter dibangun, sehingga memungkinkan banyak kemungkinan bagi pemain untuk bermain peran sebagai karakter yang mereka inginkan dengan berbagai NPC dalam game.
  • Dengan kehalusan kecil dari berbagai area yang dimiliki game ini, pemain akan dapat membagikan pemikiran mereka dan bahkan rahasia apa pun yang mereka temukan dalam game itu sendiri. Baik itu lokasi senjata unik, atau pengungkapan quest tersembunyi akan menjadi topik yang cocok untuk diskusi.

[Killer]

  • Memiliki begitu banyak kebebasan dan agen pemain dalam game itu sendiri memungkinkan beberapa kemungkinan yang sangat menarik ketika datang ke permainan apa pun yang mungkin ingin dilakukan pemain. Apakah pemain tersebut ingin membunuh hampir setiap NPC dalam game? Apakah pemain ingin mencapai akhir permainan yang paling buruk, di mana mereka praktis menjadi malapetaka bagi Mojave Wasteland itu sendiri? Game akan memungkinkan pemain melakukan hal tersebut, meskipun itu datang dengan konsekuensinya sendiri.
  • Kemungkinan kebebasan dan agen tersebut bahkan meluas ke gameplay itu sendiri, sampai pada titik di mana pemain akan dapat memanfaatkan cara kerja skill, keistimewaan/ciri, dan perhitungan statistik dalam gameplay itu sendiri. Pemanfaatan yang cerdas dari sistem permainan akan berkembang menjadi metode yang agak merusak game itu sendiri, seperti mengkhususkan diri dalam senjata energi dan mendapatkan keistimewaan yang akan menyebabkan ledakan, semua dari setiap pembunuhan yang dilakukan dengan senjata tersebut. Reaksi berantai dari keistimewaan tersebut akan menciptakan efek partikel yang cukup untuk menimbulkan crash pada game, kemungkinan memberikan sejumlah hiburan bagi pemain.
  • Game itu sendiri, terlepas dari sistem gameplay dan ceritanya, tidak benar-benar terpoles ketika datang ke bug dan glitch, memungkinkan segala macam eksploitasi aneh yang bisa dilakukan pemain. Sebagai contoh: Pemain bisa hampir menghindari sistem manajemen bobot game dengan hanya meletakkan barang-barang yang mereka inginkan dalam mayat, memotong anggota tubuh atau kepala dari mayat tersebut, lalu membawanya bersama mereka dengan hanya penalti kecepatan untuk dihadapi. Meskipun bobot yang dibawa cukup untuk membuat pemain berhenti total.
  • Dan jika itu semua belum cukup, ada potensi untuk bermain-main dengan cheat yang tersedia dalam game, semua melalui perintah yang bisa dilakukan dalam konsol pengembang itu sendiri. Asalkan Anda bermain versi PC dan siap mencari perintah cheat game tersebut.

Secara keseluruhan, saya akan mengatakan bahwa game ini lebih dari layak untuk dicoba, baik jika Anda baru mulai dengan RPG atau telah berencana mencari yang lain untuk dimainkan. Potensi yang luar biasa untuk dapat dimainkan ulang, cerita yang rumit, dan dunia yang menarik akan dapat menarik banyak pemain yang mencari pengalaman permainan video yang hebat.

Top of Form

 

Video Trailer: https://youtu.be/l-x-1fm2cq8?si=Lu8Ar3ics74nt8UN

Video Gameplay: https://youtu.be/1cHIlLqgZAk?si=s6yzndS-mhYVcfYc

Link ke halaman game: https://store.steampowered.com/app/22380/Fallout_New_Vegas/

 

5024201045/Falih Budiman Baruna (ppg2024)

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger