Blue Archive

Kamis, 26 September 2024

 


Nama : Blue Archive
Diciptakan oleh

:

Nexon Games
Yostar
Developer : Nexon Games
Publisher

:

Nexon Games (Global)
Yostar (JP/CN)
Direktur : Kim Yong-ha
Music


:


Mitsukiyo
Karut
Nor
Engine : Unity
Genre


:


RPG
Strategi
Visual Novel
Platform

:

Android
iOS
Rilis


:


4 Februari 2021 (JP)
8 November 2021 (Global)
3 Agustus 2023 (CN)
Review

:

4.3/5 (Play Store)
4.2/5 (App Store)
Rating : 17+ (Mature)

Overview

    Blue Archive merupakan game RPG strategi bertemakan anime yang digarap oleh Nexon game dan di-publish oleh Yostar (CN/JP). Blue Archive memiliki berbagai character anak sekolahan (siswi SMA) yang terbagi menjadi beberapa sekolah (terbagi lagi menjadi beberapa klub) di Kivotos. Setiap siswi memiliki halo dan senjata. Pemain akan berperan menjadi guru (disebut "Sensei" dalam game) yang akan menyelamatkan masa depan dari kehancuran yang akan terjadi di Kivotos. Blue Archive dapat di unduh melalui Play Store, App Store, atau Galaxy Store.

Story

    Blue Archive memiliki beragam cerita seperti main story, mini story, group story, bond story, dan event story. Main story merupakan cerita utama dari Blue Archive. Mini story menceritakan tentang klub yang terdiri dari beberapa character berinteraksi dengan klub lain. Group story menceritakan tentang interaksi character dalam satu klub. Bond story menceritakan tentang Sensei yang akan memecahkan masalah untuk character yang dipilih. Event story bercerita tentang event yang sedang berlangsung (memiliki durasi 7-14 hari).


    
Di sini saya hanya menceritakan singkat tentang main story. Pada main story bercerita tentang seorang Sensei yang muncul di Kivotos dan dipanggil oleh General Student Council untuk menyelamatkan Kivotos dari pemberontakan kriminal awal. Dengan dukungan Arona dan para siswi dari berbagai akademi, Sensei mengawasi Kivotos, memecahkan masalah, melindungi orang-orang, dan terlibat dalam segala macam petualangan (yang tidak menyenangkan) dan kejenakaan aneh sepanjang waktu.

Volume 1: The Foreclosure Task Force

    Bab: 3

    Episode: 67

    Pertama, Sensei diminta untuk menyelamatkan eksistensi sekolah Abydos yang akan ditutup. Selain itu, Sensei juga harus menyelamatkan siswi yang terlibat dari geng yang mengganggu dan ancaman lainnya.

Volume 2: Clockwork Flower Pavane

    Bab: 2

    Episode: 45

    Selanjutnya Sensei diminta untuk menyelesaikan masalah dari Game Development Department di sekolah Millennium yaitu membuat game yang hebat sebelum deadline. Game Development Department juga terancam ditutup. Oleh karena itu, siswi pada Game Development Department rela untuk menjelajahi dungeon berbahaya, membuat aliansi yang tidak mungkin, dan melawan musuh yang kuat.

Volume 3: Treaty of Eden

    Bab: 4

    Episode: 89

    Kemudian Sensei diminta untuk mengajari siswi yang hampir gagal di sekolah Trinity. Ternyata terdapat situasi yang lebih genting, yaitu "Treaty of Eden". Sebelumnya terdapat permusuhan diantara sekolah Trinity dan Gehenna, kemudian terdapat pihak ketiga yang juga terlibat dalam permusuhan yaitu sekolah Arius.

Volume 4: The Rabbit of Caerbannog

    Bab: 2

    Episode: 44

    Kemudian Sensei menyelesaikan permasalahan pada sekolah SRT. Sekolah SRT telah ditutup, namun tidak semua murid menyukainya. Ketika Sensei mulai mendekat ke RABBIT, terdapat suatu pasukan mulai bergerak. Sisa-sisa siswi sekolah SRT, Valkyrie, dan General Student Council bentrok karena motif mereka terungkap. 

Volume Final: Where All Miracles Begin

    Bab: 4

    Episode: 62

    Akhirnya Sensei ditugaskan untuk meredakan permusuhan dari ketiga sekolah dan menyelamatkan siswi yang terlibat. Ketika cerita akan berakhir, terdapat bencana alam yang menghantam Kivotos. Bencana alam berupa retakan yang berisi kehidupan mereka yang penuh dengan kehancuran, bencana tersebut berusaha mengubah takdir dan kenyataan yang terjadi. Sensei harus mengumpulkan seluruh siswi di kota untuk melawan bencana dan menyelamatkan keajaiban dari kehidupan normal.

Gameplay


    Gameplay game Blue Archive cukup mudah. Pemain perlu mendapatkan character dengan cara gacha di recruitment, mengumpulkan eleph, atau meyelesaikan story (event). Setelah mendapatkan character, pemain dapat menaikan statistik character dengan upgrade bintang, skill, equipment, unique equipment, unique item, level, dan affection. Untuk menaikan level character, masih dibatasi oleh level pemain di mana dapat dinaikan ketika menyelesaikan mission apapun.

    
Beberapa jenis combat dapat dibuka pada saat menyelesaikan mission stage tertentu. Untuk upgrade, dibutuhkan material yang tersebar ke berbagai jenis combat:
  • Bounty (material untuk menaikkan level skill)
  • Mission (upgrade equipment, level EX-skill, eleph khusus hard mode)
  • Commissions (menaikkan level character, mendapatkan credit)
  • Scrimmage (menaikkan level unique equipment)
  • Total assault dan grand assault (hampir seluruh material upgrade character, recruitment)

    Selain combat, cara mendapatkan material dari crafting atau belanja di shop. Pada crafting terdapat material synthesis untuk mendapatkan material dengan keystone, dan material fusion untuk upgrade material dengan material lain dan fusion keystone. Untuk shop, dapat exchange material upgrade character menggunakan credit, eleph, total assault coin, tactical challenge coin, joint firing drill coin, dan grand assault coin. Pada lesson ada kemungkinan untuk mendapatkan eleph dan/atau menaikkan level affection. Pada cafe hanya menaikkan level affection.

Recruitment


    
Recruitment character menggunakan sistem gacha. Material untuk recruitment adalah Pyroxene (120/character) dan Recruitment 
Ticket (1 atau 10). Material tersebut didapatkan dari berbagai task, event, maintenance (mail), redeem code, tactical challenge, mission, total assault, dan grand assault. Terdapat beberapa character yang hanya didapatkan ketika banner character tersebut muncul (unique). Terdapat sistem "pity" untuk mendapatkan character pick-up secara gratis, caranya harus gacha di banner rate up sebanyak 200 kali. Terdapat kemungkinan untuk mendapatkan character:
  • Bintang 3: 3% (0,7% untuk pick-up character)
  • Bintang 2: 18,5% (3% untuk pick-up character)
  • Bintang 1: 78,5%

Combat


    Blue Archive memiliki combat yang juga sedikit rumit. Tugas utama dalam combat adalah mengalahkan semua musuh (bar HP bewarna merah). Terdapat 6 character yang dapat dibawa, yaitu 4 striker dan 2 special. 
Pemain dapat mengeluarkan EX-skill character jika energy cost terpenuhi (maksimal 10), baik secara manual (kecuali Tactical Challenge) atau otomatis.


    Setiap character memiliki halo dan skill (EX, normal, sub, passive) yang berbeda-beda. Character memiliki posisi front, middle, dan back. Terdapat role character yaitu attacker, healer, support, tank, dan tactical support. Character memiliki attack type dan armor type yang dapat mempengaruhi seberapa besar damage yang dihasilkan. Selain itu, character juga memiliki mood tergantung medan yang dihadapi (city, desert, indoor). Terdapat mekanisme seperti buff, debuff, crowd control, dan special. Semua ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya ketika melawan musuh yang sangat kuat seperti pada challenge (event), total assault, grand assault, ataupun tactical challenge. Untuk total assault, grand assault, dan joint firing drill, pemain dapat meminjam character dari teman ataupun pemain lain dalam satu club.

Opini Pribadi

    Tentang Blue Archive, saya telah memainkan game ini selama lebih dari 3 tahun. Sebelumnya saya sempat bermain di versi Jepang karena game ini rilis versi Jepang terlebih dahulu. Ketika versi Global rilis, saya bermain versi Global H+1 perilisan dan menghapus versi Jepang beberapa hari setelahnya (karena kesulitan dalam membaca tulisan dan bahasa Jepang). Rata-rata saya bermain Blue Archive selama 20-120 menit dalam sehari (modus: 25 menit), sehingga total waktu bermain lebih dari 900 jam (1. Minecraft 2000+ jam; 2. Genshin Impact 1600+ jam).


    Menurut data, Blue Archive merupakan game terbaik. Untuk kedua game di atas wajar jika memiliki waktu bermain cukup lama karena eksplorasi. Saya bisa bermain lama Blue Archive karena story menarik, dunia dan character yang unik, soundtrack yang sangat bagus, dan ada tantangan di dalam game. Berikut alasan kenapa Blue Archive termasuk game terbaik saya menurut kategori bartle personality:

Achiever

  1. Menyelesaikan stage mission dan challenge (event) lebih cepat sesuai permintaan pada challenge task (dapat Pyroxene).
  2. Menyelesaikan total assault dan grand assault dengan poin sebanyak mungkin, poin diakumulasi bedasarkan tingkat kesulitan dan kecepatan pemain mengalahkan musuh.
  3. Berada di peringkat atas (badge platinum) di total assault, grand assault, dan tactical challenge. Semakin tinggi, semakin banyak dapat Pyroxene
  4. Menaikan tingkat affection sebesar-besarnya untuk meningkatkan stats character yang pemain suka.
  5. Mendapatkan character dengan Pyroxene yang terbatas.
  6. Mendapatkan recollection lobby (semacam Live 2D wallpaper di lobby) character yang pemain suka. Cara mendapatkannya di poin 4 dan tidak semua character ada.
  7. Upgrade character sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya (terdapat pada achievement task untuk mendapatkan Pyroxene).
  8. Menyelesaikan semua story yang ada di game.

Explorer

  1. Mencari character yang disukai atau yang overpower (untuk pemain baru).
  2. Dapat menyusun strategi untuk mengalahkan musuh yang sulit seperti di challenge (event), total assault, grand assault, dan tactical challenge.
  3. Mencari character yang pemain suka di lesson. Ketika menekan start lesson, memiliki kemungkinan untuk menaikkan affection (4-7 lesson/hari).

Socializer

  1. Pemain dapat masuk ke dalam club dan beriteraksi kepada pemain lain.
  2. Membangun komunitas di sosial media untuk berinteraksi lebih luas.
  3. Dapat membagi strategi untuk mengalahkan musuh kuat di sosial media.
  4. Dapat membuat fan art, komik, ataupun meme character yang disukai dan membagikannya di sosial media.
  5. Dapat berinteraksi dengan character di lobby (dapat juga berinteraksi di momotalk ketika affection character naik di 2-10).
  6. Dapat membagikan evaluasi dari character (terutama yang baru) apakah worth it untuk didapatkan.

Killer

  1. Sistem gacha untuk bintang 3 kecil, character bintang 3 juga semakin banyak. Saya masih kesal dengan Arona karena sering memberi saya amplop biru (amplop ungu terdapat bintang 3, sedangkan biru tidak).
  2. Walaupun ada sistem pick-up, tetapi perbandingan dengan total tidak pick-up cukup jauh (0,7%/2,5% untuk bintang 3, 3%/18,5% untuk bintang 2). 
  3. 'Gaji' pemain hanya 10.000 hingga 15.000 Pyroxene per bulan. Walaupun banyak bansos, itu masih belum cukup untuk mendapatkan 1-4 character baru yang keluar tiap bulannya (worst case 24000 Pyroxene per character).
  4. Sistem pity pada recruitment di-reset tiap ganti banner.
  5. Karena tactical challenge dimainkan otomatis, pengeluaran EX-skill character asal-asalan bahkan EX-skill character healer atau tank dulu yang dikeluarkan, padahal pemain mendapatkan role penyerang.
  6. Peringkat di total assault dan grand assault adalah global tergantung versi mana yang dimainkan. Pemain yang mengeluarkan uang atau memiliki keberuntungan tinggi dapat bersaing di papan atas (badge platinum).
  7. Untuk total assault dan grand assault, tidak menghasilkan critical damage atau 'miss' adalah hal paling menyebalkan. Durasi tiket kedua combat dapat digunakan hanya 60 menit, jika belum selesai maka tiket yang digunakan hangus.
  8. Position front di Blue Archive seakan tidak berguna jika banyak musuh yang menempel pada character tersebut. Jika itu terjadi, character tersebut mundur ke belakang, sehingga character middle/back akan menjadi paling depan.

Lainnya

Award

  • Sensor Tower: Best Story Telling Game 2023

Media

  • Blue Archive PV

  • Contoh combat Blue Archive (Total Assault: Gregorius [insane difficulty])

  • Ekspresi pemain ketika recruit character yang katanya "pick-up"



Penulis: Gilang Aliefidanto (5025211119)

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger