Dead By Daylight

Kamis, 26 September 2024

 Dead By Daylight


Judul: Dead By Daylight
Developer: Behaviour Interactive
Publisher: Behaviour Interactive. 505 Games, Deep Silver, NetEase Games
Genre: Survival Horror, Action
Tema: Horror
Ratings: M (Mature) 17+
Tanggal Rilis: 14 Juni 2016
Platform: Windows, Playstation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, IOS, Stadia, Xbox Series X/S, Playstation 5
Mode: Multiplayer /  Co-op

DAFTAR ISI

DESKRIPSI SINGKAT

Dead by Daylight adalah sebuah permainan video game yang dikembangkan oleh Behaviour Interactive bergenre survival horror dan action. Game ini dirilis pada bulan juni tahun 2016. Game ini merupakan game 1 vs 4 dimana 1 orang menjadi killer (Pembunuh) dan 4 orang menjadi pembunuh. Killer berperan untuk memburu dan membunuh semua survivors sedangkan survivor harus menghindar dari killer dan membuka pintu keluar dengan memperbaiki generator

STORY / LORE

Dead by Daylight (DBD) memiliki Story / Lore untuk masing-masing Killers dan Survivors. Masing-masing lore ini ada yang berhubungan dan ada yang tidak. Untuk artikel ini saya akan menampilkan lore untuk killer yang menjadi ikon dari DBD itu sendiri yaitu lore dari Evan MacMillan atau biasa dikenal dengan "The Trapper".

The Trapper:
Evan MacMillan sangat mengagumi ayahnya. Bukan hanya karena dia adalah pewaris harta yang terbanyak, tetapi juga cara dia mengelola perkebunan itu. Dibesarkan di bawah tangan tegasnya, Evan telah mengambil alih pengelolaan tenaga kerja dengan tangan besi (mesin). Produksi selalu tinggi dan Warisan MacMillan berkembang pesat di bawah ayah dan anak.

Saat kesehatan mental Archie MacMillan perlahan-lahan hancur, Evan melindunginya dari kerumunan yang menginginkan bagian dari kekayaan tersebut. Tidak peduli apa pun yang diminta ayahnya, Evan akan melakukannya.

Ketika Archie MacMillan akhirnya meledak dan marah, Evan menjadi tangan kanannya dalam apa yang akan dikenal sebagai pembunuhan massal terburuk dalam sejarah modern. Mereka tidak pernah membuktikan bahwa Evan memimpin lebih dari seratus orang ke dalam terowongan gelap itu sebelum meledakkan bahan peledak dan mengunci mereka pada nasib mereka. Kisah MacMillan Estate adalah kisah tentang kekayaan dan kekuasaan yang berakhir sangat salah.

Jumlah korban yang jatuh ke tangan ayah dan anak tersebut tidak diketahui. Tidak ada catatan yang pernah dibuat tentang apa yang terjadi pada Evan MacMillan. Ayahnya adalah teka-teki lain yang belum terpecahkan, ditemukan terjebak di ruang bawah tanah yang terkunci di gudangnya sendiri - kelaparan dan ditinggalkan.

ATURAN MAIN (GAMEPLAY)

Terdapat 2 role dalam permainan ini yaitu killer dan survivor masing-masing memiliki gameplay tersendiri. Untuk gameplay secara general, permainan ini merupakan permainan Multiplayer Co-op dimana killer berperan memburu survivors dan survivors harus melarikan diri dari killer dan memperbaiki generator untuk membuka gerbang

Killer:
Killer akan spawn dengan jarak yang lumayan jauh dari survivor. Sebagai Killer, kita harus cepat mencari survivor yang spawn secara acak namun dekat dengan generator. Tugas killer adalah mengorbankan semua survivor kepada "The Entity" sebelum Survivor berhasil menyalakan ke 5 generator dan membuka pintu keluar untuk kabur. Killer memiliki base speed yang lebih cepat daripada survivor sehingga memudahkan Killer untuk memburu survivor yang mencoba lari. 

Killer memiliki pengelihatan First Person sehingga mempersulit Killer untuk berburu. Killer dapat mengayunkan senjatanya dengan menekan Left Click untuk Basic Attack dan biasanya Right Click untuk mengeluarkan kemampuan unik masing-masing Killer. Untuk menjatuhkan survivor dibutuhkan 2 kali pukul, jika survivor sudah terkena pukul 1x mereka akan mengeluarkan jejak darah sehingga lebih mudah untuk dicari oleh Killer. Pada DBD juga terdapat yang namanya Scratch Mark yang keluar saat Survivor berjalan atau lari dari Killer. Scratch Mark ini sangat berguna untuk membantu killer dalam mengejar survivor yang berlari jauh dikarenakan pengelihatan killer yang terbatas (First Person). Setelah berhasil menjatuhkan Survivor, Killer harus menggotong Survivor ke tempat yang bernama Hooks atau kail untuk menggantung survivor yang sudah terluka. Para Survivor tidak akan langsung mati saat digantung di hooks untuk pertama kali, survivor harus digantung di hook sebanyak 3 kali agar bisa dikorbankan kepada entity. Di gantungan yang kedua (jika survivor berhasil diselamatkan dan tertangkap lagi) survivor harus tetap siaga untuk menekan tombol Skill Check agar darah dari survivor tidak cepat habis dan membuat survivor lebih cepat dimakan oleh the entity. 

Jika killer berhasil memburu semua survivor (menyelesaikan 16 killer goals) maka permainan akan berakhir dan killer akan mendapatkan title Merciless Killer
Berikut adalah pesan yang didapat oleh Killer setelah permainan selesai:
  • "Entity Displeased": Kurang dari 8 killer goals  dan -1 peringkat 
  • "Brutal Killer": Menyelesaikan 8 killer goals dan peringkat tetap
  • "Ruthless Killer": Menyelesaikan 9-15 killer goals dan +1 peringkat
  • "Merciless Killer": Menyelesaikan 16 killer goals dan +2 peringkat
  • "Disgraceful Defeat": Disconnect dari permainan atau keluar sebelum permainan selesai
Survivor:
Survivor memiliki tugas untuk bekerja sama dan kabur dari Killer yang berusaha membunuh mereka. Berbeda dengan killer, survivor memiliki pengelihatan lebih luas yaitu third person sehingga memudahkan survivor untuk mengetahui keberadaaan killer, survivor lain serta generator. Pada permainan ini terdapat 4 survivor yang harus menyalakan 5 generator untuk dapat membuka gate. Sama dengan killer, masing-masing survivor juga memiliki kemampuan unik masing-masing yang membantu mereka untuk mencapai tujuan dan melarikan diri dari tempat tersebut. 

Jika disaat seorang survivor terkena hook disaat survivor yang lainnya sedang memperbaiki generator, survivor harus bisa menyusun strategi untuk menyelamatkan survivor yang terkena hook. Pada permainan ini terdapat pallet yang berfungsi untuk mempersulit killer menangkap survivor. Jika saat killer mencoba menangkap survivor dan survivor berhasil menjatuhkan pallet terhadap killer maka killer akan terkena stun (pusing) dan tidak bisa bergerak sesaat. Kesempatan ini bisa digunakan oleh survivor lain untuk menyelamatkan survivor yang terkena hook. Jika 5 generator sudah berhasil dihidupkan maka tugas selanjutnya adalah membuka pintu keluar. Untuk membuka pintu keluar juga membutuhkan waktu sehingga diperlukan strategi agar killer tidak bisa menangkap survivor disaat survivor sedang membuka pintu keluar. Jika pintu keluar sudah terbuka maka survivor dapat keluar dan kller tidak bisa mengejar lagi. Selain kondisi diatas, terdapat kondisi dimana tersisa 1 survivor yang hidup. Jika kondisi tersebut terjadi maka terdapat mekanisme dimana akan muncul hatch atau pintu keluar alternatif secara otomatis. Survivor harus menemukan hatch terlebih dahulu sebelum killer menutup hatch tersebut. Jika gagal dan akhirnya semua survivor mati maka survivor kalah.

SKENARIO

Pada Dead By Daylight terdapat beberapa skenario yang dapat dimainkan, yaitu:
  1. Normal mode: dimana terdapat 1 killer dan 4 survivor.
  2. Light Out (Event): No perks, no items, no add-ons. Kabut yang sangat tebal sehingga killer dan survivor memiliki pengelihatan yang sangat terbatas. Suara untuk survivor dan killer juga lebih sulit untuk dideteksi serta pengurangan scratch marks.
  3. Chaos Shuffle (Event): Survivor dan killer mendapatkan perks secara acak.
  4. 2v8 (Event): Pada mode ini terdapat 2 Killers dan 8 Survivors.
  5. Custom: Pada mode custom, pemain bisa bermain dengan bot atau dengan teman. Semua karakter terbuka dalam mode itu selain itu dalam mode ini tidak akan memengaruhi peringkat.

BUKTI MENGAPA GAME INI YANG TERBAIK?

  • Kolaborasi yang melimpah: salah satu faktor paling menarik dari DBD adalah karakter karakter hasil kolaborasi dengan berbagai macam franchise horror terbaik/terkenal dari seluruh dunia. Hal ini dapat menarik perhatian berbagai macam penikmat horror untuk bermain DBD. Masing-masing karakter hasil kolaborasi ini pun memiliki kemampuan yang unik sehingga tidak membosankan untuk dimainkan.
  • Up-to-Date: Hingga saat ini DBD masih sering melakukan update yang membuat game ini tetap relevan.
  • Gameplay Unik: Saat ini DBD masih menjadi game terbaik dan tersukses yang mengusung gameplay survival horror mirip seperti hide and seek.
  • Pilihan Map Banyak: Terdapat 24 peta unik yang memberikan suasana dan kesan yang berbeda-beda untuk masing-masing Map. Banyak pilihan map ini membuat pemain tidak mudah  bosan untuk suasana di dalam game.
  • Visual Keren: Masing-masing killer dan survivor di desain seindah mungkin untuk memuaskan mata pemain. Setiap killer dan survivor hasil kolaborasi di desain semirip mungkin dengan aslinya dengan tampilan yang sangat memanjakan mata. Tidak hanya itu, terdapat berbagai macam skin yang tidak kalah indah yang dapat digunakan oleh pemain jika bosan dengan tampilan originalnya.
  • Komunitas Setia: Hingga saat ini komunitas DBD tidak mati dan terus aktif di sosial media. Perlombaan kompetitif untuk DBD hingga saat ini pun masih terus berjalan terutama jika ada killer baru yang dimunculkan.
  • Review Positif: Pada platform Steam, DBD mendapatkan review "Very Positive" dari 540.714 Review. "Very Positive" memiliki arti bahwa 80-94% orang menilai game ini bagus/positif. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang menyukai game ini dan menganggap game ini bagus.
  • Average Concurrent Players: Saat ini terdapat sekitar 26 ribu hingga 60 ribu player yang memainkan DBD secara bersamaan, hal ini sangatlah baik untuk game online yang sudah berumur lebih dari 8 tahun. Disaat terdapat event, concurrent player bisa menyentuh 100 ribu. Untuk peak concurrent players DBD yaitu 105,093 disaat event 5th year anniversary.
  • Play Time: Mungkin untuk Play Time saya masih terbilang sedikit yaitu diangka 50 Jam. Mungkin terlihat sebentar tapi ini merupakan Play Time terlama diantara game online lainnya yang saya mainkan di steam. Selain itu, saya telah mengikuti game ini dari zaman covid atau sekitar tahun 2020 dan hingga sekarang permainan ini tetap hidup.

FUN (4 Bartle Personality)

Model Bartle's Taxonomy of Player Types membagi pemain game multiplayer menjadi empat tipe kepribadian berdasarkan perilaku mereka saat bermain. Klasifikasi ini pertama kali dikemukakan oleh Richard Bartle pada tahun 1996 untuk menjelaskan bagaimana orang berinteraksi dalam game berbasis multiplayer, khususnya MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Games). Empat tipe ini adalah
  • Achievers: Termotivasi untuk mencapai tujuan / goals dalam game dan fokus untuk menyelesaikan tantangan dan mendapatkan sesuatu.
    • Berhasil membenarkan generator 
    • Berhasil stun killer dan kabur
    • Berhasil menyelamatkan survivor lain yang terkena hook dan mendapatkan point
    • Berhasil mendapatkan good/great skill check
    • Berhasil cleanse totem yang mengandung hex
    • Berhasil membuka exit gate dan melarikan diri
    • Berhasil melarikan diri dengan hatch
    • Berhasil menyelesaikan misi rift / tome challenges dan mendapatkan banyak bloodpoints 
    • Berhasil menyelesaikan daily quest
    • Berhasil mendapatkan achievement di steam
    • Berhasil naik level hingga mendapat prestige
    • Berhasil meraih rank / peringkat tertinggi (Iridescent Rank)
    • Mendapatkan hadiah Daily Chest
    • Membuka semua Skill Tree / Bloodweb dan membuka perk yang diinginkan
    • Mendapatkan Offering dan Add-ons dengan rarity tertinggi (Iridescent)
    • Meningkatkan semua perk menjadi level 3 (tertinggi)
    • Berhasil mengumpulkan shards dan membuka killer atau survivor baru 
    • Berhasil mengumpulkan semua Map Offerings
    • Berhasil mendapatkan item iridescent dari membuka chest dalam permainan
    • Berhasil lolos permainan tanpa terkena hit oleh killer
  • Explorers: Pemain dengan tipe ini berfokus untuk menjelajahi game yang dimainkan sampai ujungnya. Suka untuk menemukan hal-hal baru dan membuka misteri didalamnya
    • Mengelilingi map dari ujung ke ujung
    • Bermain di semua map yang ada di DBD
    • Menemukan spot totem yang tersembunyi
    • Menemukan Generator di setiap map
    • Mencari spot chest pada setiap map
    • Mempelajari setiap survivor dan killer yang ada
    • Berhasil menemukan bug atau glitch di dalam permainan
    • Berhasil menemukan basement hook
  • Socializers: Sesuai namanya, pemain dengan tipe ini suka berinteraksi dengan pemain lain atau NPC yang berada di dalam game itu sendiri. Pemain dengan tipe ini tidak cocok untuk bermain permainan single player.
    • Bermain multiplayer bersama teman
    • Membawa medkit untuk menyembuhkan pemain lain
    • Membantu pemain mempebaiki generator agar lebih cepat
    • Melepaskan pemain lain yang terkena hook
    • Menerima hit secara cuma-cuma untuk melindungi teman yang sedang terluka
    • Berinteraksi dengan killer dengan gestur yang disediakan dalam game
    • Melakukan taunting seperti jongkok-jongkok didepan killer
    • Membiarkan survivor terakhir lolos karena telah bermain dengan baik
    • Melakukan chatting dengan player lain setelah permainan selesai
  • Killers: Pemain yang suka meluapkan emosi, menuangkan amarah pada game dan membalas dendam pada player lain tergolong dalam tipe Killer
    • Tunneling (mengincar) terhadap 1 survivor karna telah menyulitkan killer
    • Menggunakan Offering Ebony Memento Mori agar dapat langsung membunuh survivor setelah 1x di hook
    • Menggunakan Killer yang paling meta dengan kombo perk meta yang sangat sulit untuk dikalahkan
    • Melakukan Camping agar survivor tidak bisa diselamatkan
    • Sebagai survivor bermain dengan metode "bully squad" yaitu dengan sengaja menjebak, memperlambat, menyusahkan, dan membuat kesal killer disaat killer sedang mengejar salah satu survivor
    • Secara sengaja stun killer dengan terus menerus tanpa memiliki niat untuk membenarkan generator dan hanya menggangu killer
    • Menggunakan Hex Totem seperti NoED (No One Escapes Death) agar bisa menjatuhkan survivor hanya dengan 1x pukul saat pintu gerbang sudah dibuka
    • Menggunakan build Gen Rush yang dapat memperbaiki generator hanya dalam hitungan detik.

SCREENSHOTS

Gambar 1: Loading Page

Gambar 2: Lobby Utama

Gambar 3: Pilihan Mode Bermain 

Gambar 4: Tampilan Shop

Gambar 5: Tampilan BattlePass / Rift

Gambar 6: Tampilan Lobby Survivor

Gambar 7: Tampilan Loadout Survivor

Gambar 8: Tampilan Loadout Survivor Level Tinggi


Gambar 9: Pilihan Survivor

Gambar 10: Bloodweb Survivor

Gambar 11: Survivor memperbaiki Generator

Gambar 12 Survivor memperbaiki Generator berdua

Gambar 13: Survivor terkena hook

Gambar 14: Survivor terkena hook 2 kali (struggling)

Gambar 15: Survivor mengobati survivor lain yang terluka

Gambar 16: Survivor membuka pintu keluar

Gambar 17: Pintu keluar salah satu map

Gambar 18: Tampilan saat semua survivor berhasil lolos

Gambar 19: Point yang didapat semua pemain

Gambar 20: Mode Chaos Suffle

Gambar 21: Daily "Rituals" (Quests)

Gambar 21: Pilihan Killer


Gambar 22: Kustomisasi Killer


Gambar 23: Bio salah satu killer

KUMPULAN LINK

Link Video Trailer: Video-Launch-Trailer
Link Gameplay: Dracula-Gameplay
Download Links:

TERIMA KASIH!

Made Daryl Adi Nugraha
5025221008
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger