Sebuah Review Game Slay the Spire

Kamis, 26 September 2024


Slay the Spire

Developer: Mega Crit
Publisher: Humble Bundle
Tahun Rilis: 2017 (Early Access), 2019 (1.0)
Tema: Fantasy
Genre: Turn-Based, Roguelike, Deckbuilder
Rating: Everyone

-oOo-

Deskripsi Singkat

Slay the Spire adalah game roguelike deckbuilder yang pertama kali rilis sebagai early access pada tahun 2017 dan dirilis sepenuhnya pada tahun 2019. Game ini dibuat oleh developer indie “Mega Crit” dan dipublikasikan oleh Humble Bundle.

Dalam Slay the Spire, Pemain dapat bermain sebagai salah satu dari empat karakter dimana setiap karakter akan memiliki playstylenya masing-masing. Setelah memilih karakter, pemain harus “memanjat” sebuah Menara yang digambarkan dalam sebuah peta yang dibuat dengan Procedural Generation. Dalam setiap lantai yang dipanjat, ada kemungkinan pemain akan melawan musuh, melawan musuh elit, menemukan shop/toko, mendapatkan sebuah event, ataupun mendapatkan harta atau relic. Tujuan dari game ini adalah memanjat hingga puncak dari menara tersebut dan mengalahkan final boss dari game ini.

Karena merupakan game deckbuilder, pertarungan dalam game ini menggunakan kartu. Pemain memulai game dengan sebuah “starting deck” yang berisi kartu-kartu yang awalnya cukup simpel. Selama bermain, pemain akan dapat kemungkinan untuk menambahkan kartu baru ke dalam dek mereka ataupun menghilangkan kartu buruk dari dek mereka.

Selain itu, terdapat pula sistem “intent” yang menunjukkan aksi apa yang akan dilakukan musuh dalam setiap ronde. Kombinasi kedua sistem ini menghasilkan sebuah game loop yang sangat menarik, dimana pemain harus selalu memperhatikan aksi lawan dan menanggapinya dengan tepat.

Gameplay


Sebuah “run” dalam game ini terdiri dari 3 Act dan 1 hidden Act. Pada akhir dari 3 Act pertama pemain akan melawan sebuah boss, sedangkan Act terakhir dapat diakses apabila pemain berhasil mendapatkan 3 buah “Key” berwarna saat eksplorasi 3 Act pertama. Pada Act terakhir pemain akan dapat melawan final boss game ini, yaitu “The Corrupted Heart”.

Beberapa lokasi/node map yang mungkin ditemui pemain pada saat bermain game ini antara lain:

·       Normal/Enemy Encounter

Pada node ini pemain akan melawan salah satu “encounter” biasa dari kumpulan encounter yang mungkin ditemui dalam sebuah Act. Saat pemain berhasil mengalahkan encounter tersebut, pemain akan diberikan reward berupa gold, terkadang sebuah potion dan dapat memilih salah satu dari 3 buah kartu.

·       Elite Encounter

Pada node ini pemain akan melawan salah satu “encounter” elite (mini boss) dari kumpulan elite encounter yang mungkin ditemui dalam sebuah Act. Dalam setiap Act terdapat tiga buah Elite Encounter yang mungkin ditemui Act tersebut dan setiap musuh elite membutuhkan strategi yang berbeda-beda untuk mengalahkannya. Terdapat pula "burning elite" yang dapat dikalahkan untuk mendapatkan key.

Encounter ini bersifat “High Risk, High Reward”, atau lebih sulit dari encounter biasanya dan apabila pemain dapat mengalahkan musuh elite ini, mereka akan diberikan reward berupa gold, terkadang sebuah potion, pilih sebuah kartu, dan sebuah relic.

·       Treasure Site

Minimal terdapat satu dalam setiap Act, disini pemain akan pasti mendapatkan sebuah reward berupa relic ataupun juga sebuah key.

·       Event/Unknown Site

Pada node ini pemain akan diberikan beberapa pilihan dalam sebuah skenario “Choose Your Own Adventure”. Skenario yang diberikan sebagian besar memiliki “trade-off”, atau memiliki dampak positif dan negatif secara bersamaan yang dapat mengubah jalannya alur permainan, misalnya seperti menukar life/nyawa dengan gold.

Adanya node ini menyebabkan para pemain untuk mengevaluasi posisi mereka saat ini dan menanyakan kepada mereka jalan mana yang terbaik untuk ditempuh dalam sebuah situasi.

·       Merchant

Pada node ini pemain dapat menghabiskan gold yang mereka miliki untuk membeli kartu, relic, potion, ataupun menghilangkan (remove) sebuah kartu dari deck.

·       Rest Site

Pada lokasi ini pemain dapat melakukan salah satu aksi dari resting (healing), mendapatkan key atau upgrade sebuah kartu.

Apa yang membuat game ini FUN?

Sinergi

Sinergi adalah hasil yang lebih ketika dua atau lebih elemen bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, yang menghasilkan hasil lebih besar dibanding ketika mereka bekerja sendiri. 

Dalam konteks game ini, sinergi muncul melalui interaksi antar mekanik pertarungan dalam game, yang diwujudkan dalam bentuk kartu dan relic. Kartu merupakan sebuah entitas aktif yang digunakan untuk memenangkan pertarungan sedangkan relic memberikan efek-efek pasif tertentu saat memanjat Spire.

Kartu dalam Slay the Spire terbagi dalam lima jenis: 
  1. "Attack" merupakan jenis kartu menyerang yang tujuan utamanya memberikan damage kepada musuh, 
  2. "Skill" banyak berisi kartu defensif dan kartu dengan beragam efek unik, seperti menambahkan kartu di tangan (draw, add), dapat pula berupa buff ataupun debuff, serta cara lain untuk memberikan damage selain menggunakan attac (poison). 
  3. "Power" merupakan kartu sekali pakai yang memberikan "Buff" permanen ke karakter sendiri dalam suatu combat. Jenis kartu ini seringkali mengubah alur permainan dengan drastis.
  4. "Status" merupakan kartu dengan efek negatif yang diacak ke dalam deck pemain, biasanya diberikan oleh lawan dan biasanya bersifat sekali pakai dalam satu combat.
  5. "Curse" merupakan kartu dengan efek negatif yang diacak ke dalam deck pemain, kartu jenis ini akan terus tersimpan dalam deck jika tidak dihilangkan.
Selain kartu, terdapat relic yang memberikan efek pasif pada pemain, contohnya memberikan blok pada awal pertarungan. Efek relic biasanya bekerja membantu efek dari kartu dalam suatu cara.
Kartu dan relic terbagi dalam tiga buah rarity/tingkat kelangkaan, yaitu common, uncommon, dan rare. Kartu atau relic dengan tingkat tinggi lebih membawa efek yang signifikan/berkualitas dibandingkan dengan kartu/relic tingkat rendah, namun tidak menutup kemungkinan seorang pemain yang andal dapat memenangkan "run" tanpa menggunakan kartu dengan efek tingkat tinggi.

Risk vs Reward

Sejak dari awal permainan, aspek konsep "Risk vs Reward" selalu ada dalam game ini. "Risk vs Reward" adalah konsep dimana terdapat resiko atau "Risk" yang perlu dipertimbangkan demi mendapatkan suatu keuntungan, atau "Reward". "Risk vs Reward" dalam Slay the Spire muncul dalam bentuk path atau jalan yang ditempuh (karena jalan yang ditempuh tidaklah semuanya sama), kartu-kartu yang dimainkan dalam suatu ronde, hingga strategi apa yang digunakan dalam sebuah deck. 

Analisis Bartle Taxonomy

Menurut saya, berikut adalah analisis mengenai appeal game Slay the Spire menurut Bartle Taxonomy:

Achiever

  • Dalam game Slay the Spire terdapat sistem difficulty bernama “Ascension” dimana setiap level “Ascension” akan membuat game ini lebih susah untuk ditamatkan.
  • Terdapat kolektif sebanyak 730 kartu yang mungkin untuk didapatkan. Selain itu, juga terdapat ratusan relic yang akan memberikan efek-efek berbeda pada setiap playstyle karakter dalam game. Dengan kata lain, terdapat appeal dalam mengkoleksi kartu baru.
  • Desain dari kartu menarik dan humoris, hal ini juga berlaku pada desain setiap karakter dan musuhnya.
  • Memilih bonus pada saat awal memulai game.
  • Mengoptimasi alur main sebuah deck
  • Setiap kali mengalahkan musuh, pemain dapat memilih sebuah reward berupa kartu baru, gold, potion, ataupun relic.
  • Saat sebuah kartu dimainkan akan menampilkan animasi yang memperagakan efek dari kartu tersebut.
  • Setiap kartu dapat diupgrade pada lokasi tertentu sehingga menjadi lebih kuat.

Explorer

  • Mekanik dari game memungkinkan berbagai playstyle deck yang mungkin dapat dimainkan pemain, contohnya seperti deck “Strength”, “Poison”, dan “Defense”.
  • Terdapat berbagai game mode yang menambahkan modifier dalam game Slay the Spire. Salah satunya adalah Draft, dimana pemain memulai game dengan memilih isi “Starting Deck”.
  • Mengingat dan memahami AI atau attack pattern dari setiap musuh dalam game sehingga tahu strategi paling optimal untuk melawan musuh tertentu.
  • Pemain dapat memasuki sebuah node “Event” yang mungkin menceritakan sebuah scenario “Choose your own adventure”.
  • Setiap kali game dimulai, map dibangun dengan procedural generation sehingga tidak mungkin mendapatkan pengalaman yang sama setiap kali bermain.

Socializer

  • Terdapat komunitas modding yang sangat besar untuk game Slay the Spire, dimana para pemain dapat menambahkan kartu, relics, karakter, hingga musuh baru dalam game ini.
  • Terdapat berbagai live streamer yang memainkan game ini setiap harinya yang memiliki komunitas masing-masing.

Killer

  • Terdapat mode “Daily Climb” yang dimana terdapat leaderboard yang mencatat pemain terbaik dalam scenario di hari itu.
  • Berhasil menamatkan sebuah run setelah gagal berkali-kali.
  • Ada aspek kompetitif dimana para pemain menyelesaikan game dalam waktu secepat mungkin (“Speedrunning”)
  • Membuat deck yang sekuat mungkin (Overpowered) sehingga mungkin dapat memenangkan pertarungan dalam satu ronde.



Akbar Putra Asenti Priyanto
5025211004
Kuliah Teknik Pengembangan Game 2024
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger