Honkai: Star Rail

Kamis, 26 September 2024


Honkai: Star Rail


Klasifikasi :

Genre    : Adventure, RPG, Role-Playing, Turn-Based

Tema    : Limited Open World Luar Angkasa

Rating    : 4,7

Deskripsi :

    Honkai: Star Rail merupakan sebuah game free-to-play, turn-based role-playing yang dikembangkan oleh HoYoverse. Game ini memiliki bertema open world terbatas luar angkasa dengan sistem pertarungan berbasis turn-based, dengan sistem gacha bagi pemain untuk mendapatkan Karakter, Light Cone, dan material lainnya. Permainan hanya dapat dimainkan dengan koneksi internet.

    Beberapa playable characters di game tersebut mengikuti salah satu dari tujuh Paths yang menggambarkan peran mereka dalam pertempuran, seperti Destruction atau The Hunt. Mereka juga memiliki elemen tertentu dari total tujuh elemen seperti Fire atau Ice untuk mengontrol kelemahan musuh.

    Pertarungan melibatkan penggunaan basic damage, skill, dan Ultimates. Pemain bisa memperkuat karakter dengan Light Cone dan Relics. Selain itu, ada area open world dengan treasure tersembunyi, puzzle, dan tantangan seperti Simulated Universe dan Forgotten Hall yang menantang dan memiliki hadiah yang lumayan.

Story :

Prologue: Herta Space Station

    Stasiun Luar Angkasa Herta diserang oleh anggota Antimatter Legion, pengikut Path of Destruction. Di tengah kekacauan, dua Pemburu Stellaron, Kafka dan Silver Wolf, menyusup ke stasiun dan mencuri Stellaron yang disimpan dengan aman di dalamnya. Kafka mengambil Stellaron dan memasukkannya ke dalam tubuh wadah kosong yang dihasilkan oleh Silver Wolf (yang jenis kelamin dan namanya dipilih oleh pemain). Kapal tersebut (dikenal sebagai Trailblazer dalam bahasa Inggris dan berbagai nama lain dalam terjemahan permainan lainnya) terbangun, setelah itu Kafka menghapus ingatan mereka, memberi tahu mereka tentang masa depan yang terbentang di depan, dan pergi. Mereka kemudian jatuh pingsan.

    Trailblazer yang sekarang amnesia bangun dan bertemu March 7 dan Dan Heng. Keduanya melakukan perjalanan dengan Astral Express, kereta kosmik besar yang melintasi alam semesta di sepanjang "Star Rail". Setelah menghilangkan sisa ancaman dari Antimatter Legion, Trailblazer bertemu dengan Himeko, Navigator Astral Express, dan Welt Yang, seorang penjelajah antarbintang yang berasal dari dunia Honkai Impact 3rd. Dalam upaya untuk menemukan asal-usul mereka dan menghilangkan ancaman dari Stellaron yang tersisa, Trailblazer berangkat bersama kru Astral Express.

Chapter I: Jarilo-VI


    Trailblazer, March 7, dan Dan Heng tiba di Jarilo-VI. Planet ini sebagian besar telah dirusak oleh Eternal Freeze, musim dingin yang tidak dapat dihuni yang disebabkan oleh kekuatan Stellaron, dan Fragmentum. Fenomena ini menciptakan monster-monster kuat yang berupaya melukai atau membunuh manusia dan menghancurkan ciptaan buatan manusia. Saat kru mendekati ibu kota Belobog untuk menyelesaikan urusan Stellaron, mereka dicap sebagai buronan oleh Penjaga Tertinggi Cocolia, setelah Stellaron menyuruhnya untuk menuduh mereka berusaha menggulingkan pemerintahan Belobog. Mereka melarikan diri dari Pengawal Silvermane Belobog dan pindah ke Dunia Bawah di bawah planet ini, di mana mereka belajar tentang penjaga perdamaian Wildfire yang dipimpin oleh Seele dan konflik mereka yang sedang berlangsung dengan Svarog, pemimpin robot, yang telah berulang kali menolak pembicaraan damai. Setelah melawan Svarog dan mempelajari intelijen baru tentang Stellaron, kru kembali ke permukaan untuk menghadapi Cocolia, yang menggabungkan dirinya dengan Stellaron dan mencoba membunuh kru Astral Express. Para kru mengalahkannya, dan Bronya, putri angkat Cocolia, menggantikannya sebagai Penjaga Tertinggi yang baru sambil mengumumkan rencana untuk menjembatani Dunia Bawah dan Belobog bersama-sama.

Chapter II: The Xianzhou Luofu

    Para kru menerima sinyal dari Kafka, yang ingin kru menyelesaikan insiden Stellaron di Xianzhou Luofu, sebuah planet yang mengikuti Path of The Hunt. Ketika Welt, sang Trailblazer, dan March 7 tiba, mereka tidak diizinkan untuk membantu urusan Stellaron melainkan ditugaskan oleh Jing Yuan, jenderal pasukan Xianzhou Luofu, untuk menyingkirkan Kafka dan kohort Stellaron Hunter-nya, Blade, sebagai kehadirannya. Pemburu Stellaron di kapal dianggap sebagai ancaman. Para kru menemukan dan mengalahkan Kafka dalam pertempuran, setelah itu dia mengungkapkan bahwa dia dikirim untuk memikat kru Astral Express ke Luofu untuk memenuhi ramalan yang ditetapkan oleh pemimpin Pemburu Stellaron, Elio.

    Setelah Blade dan Kafka ditemukan dan diinterogasi, Murid Sanctus Medicus, sebuah faksi yang mengikuti Path of The Abundance, saingan Path of The Hunt, menyerang Luofu dalam konflik yang dimanipulasi oleh Lord Ravager Phantylia, pemimpin Antimatter Legion. Selama konflik ini, Dan Heng mengungkapkan bahwa dia adalah reinkarnasi dari penjahat Vidyadhara yang diasingkan bernama Dan Feng selama pertempuran dengan Blade, dan membantu sisa Astral Express dan tentara Xianzhou Luofu dalam melawan Murid Sanctus Medicus dan mengalahkan Phantylia, mengakibatkan mundurnya sementara Murid Sanctus Medicus dan Antimatter Legion. Setelah pertempuran, Jing Yuan secara resmi menciptakan aliansi antara Xianzhou dan Astral Express dan membatalkan pengasingan inkarnasi Dan Heng sebelumnya, memberinya kebebasan di atas Xianzhou Luofu. Sebagai simbol aliansi mereka, Jing Yuan menghadiahkan Astral Express sebuah Jade Abacus yang dapat digunakan untuk memanggil bala bantuan Xianzhou pada saat dibutuhkan.

    Setelah Trailblazer dan March 7 kembali ke Express, Himeko memberi tahu Trailblazer bahwa perhentian mereka berikutnya adalah Penacony, Planet Perayaan. Dulunya merupakan planet penjara yang digunakan oleh IPC untuk mengasingkan penjahat, planet ini telah berada di bawah kendali Xipe, Aeon of Harmony, beberapa waktu lalu, secara radikal mengubah planet ini menjadi utopia mewah seperti mimpi. Himeko menjelaskan bahwa Keluarga di Penacony mengeluarkan undangan resmi ke banyak faksi galaksi untuk pertama kalinya dalam sejarah dan di antara faksi yang diundang adalah IPC dan Astral Express. Sementara itu, Luocha, seorang pedagang keliling yang mengunjungi Xianzhou Luofu, dan Jingliu, seorang ahli pedang yang kuat, bertemu Jing Yuan di Penjara Belenggu, menyatakan bahwa mereka akan menaruh Abundance di kuburan mereka.

Chapter III: Penacony

    Astral Express tiba di Penacony untuk Festival Charmony, diawasi oleh Sunday dan saudara perempuannya Robin. Kemewahan Penacony adalah Dreamscape, sebuah sistem mimpi kolektif. Menjelang festival, mereka mengungkap realitas gelap Dreamscape dan berhadapan dengan monster "Kematian", yang menyebabkan kematian Firefly. Setelah Robin ditemukan terbunuh oleh "Kematian", pengkhianatan Aventurine, dan konfrontasi berikutnya dengan Galaxy Ranger, Acheron mengungkapkan konspirasi yang lebih dalam yang melibatkan Stellaron dan kendali Keluarga atas Dreamscape. Kemudian ketika dihadapkan dengan Sunday, Aventurine tertangkap menukar Cornerstone-nya (sumber kekuatannya) dengan Topaz dan, sebagai pembalasan, Sunday menggunakan kekuatannya untuk menghitung jam kerja Aventurine. Terganggu oleh visi masa lalu dan masa depannya, Aventurine ingat dia berencana tertangkap untuk memikat Acheron dan Trailblazer. Dia mengungkapkan Cornerstone milik atasannya, Jade, dan bahwa dia menghancurkan miliknya sendiri sebelum tiba di Penacony. Aventurine kemudian mengancam akan meledakkan Stellaron di dalam Trailblazer, memprovokasi Acheron untuk "membunuh" dia.

    Seorang anggota Pemburu Stellaron, Sam, yang diturunkan menjadi Firefly yang masih hidup, menjelaskan kepada Trailblazer dan kru Astral Express bahwa "kematian" di Dreamscape mengarah ke Tanah Pengasingan, dijaga oleh Kepala Keamanan Penacony, Gallagher. Gallagher "membunuh" Sunday, yang bertemu kembali dengan Robin di Tanah Pengasingan dan mengungkapkan Dreamscape adalah bencana Stellaron yang dikendalikan oleh Keluarga. Sunday menyadari Stellaron ada di Penacony Grand Theatre dan Dreammaster terlibat. Namun, Sunday bersekutu dengan Dreammaster dan mengkhianati Welt dan Robin, mengungkapkan kekuatan mereka berasal dari Order, dan berencana menggunakan lagu Stellaron dan Harmony untuk mencuci otak penduduk Penacony. Kelompok tersebut mengetahui peran Tanpa Nama dalam pembebasan Penacony dan, dengan bantuan Mikhail, Trailblazer terhubung dengan Harmoni. Mereka menghadapi Sunday di Grand Theatre, tampaknya mengalahkannya dengan bantuan Dan Heng, tapi Black Swan mengungkapkan itu hanyalah ilusi. Dengan bantuan dari Acheron, Black Swan, Robin, dan Galaxy Ranger Boothill, kru Astral Express lolos dari ilusi dan benar-benar mengalahkan Sunday, memulihkan Dreamscape dan kenyataan.

    Untuk menutupi kejadian tersebut, Festival Charmony diubah namanya menjadi acara yang lebih kecil di pesawat Radiant Feldspar. Oti Alfalfa, pemimpin baru Keluarga, awalnya merencanakan IPO untuk Penacony tetapi mengalah setelah Jade mengancam untuk mengungkapkan bahwa kematian sebenarnya sekarang mungkin terjadi di Dreamscape. IPC menjadi pemegang saham signifikan dengan 30% ekuitas, memberikan 5% kepada Tanpa Nama. Selama festival, ancaman bom Sparkle ternyata adalah pertunjukan kembang api. Astral Express menghormati Mikhail, Gallagher, dan mantan Nameless, dan Trailblazer mengucapkan selamat tinggal kepada Acheron. Saat Express bersiap berangkat, Welt menjelaskan masalah bahan bakar, dan Black Swan menyarankan menuju Amphoreus, Tanah Abadi. Sementara itu, Jade menawarkan kesepakatan dengan Sunday untuk memenuhi sumpahnya dan Robin untuk menciptakan surga perdamaian sejati.

Gameplay Mechanics:


    Gameplay utama dari game ini adalah turn-based dimana setiap karakter dan musuh akan mendapat giliran untuk melakukan penyerangan serta dengan tambahan RPG dimana setiap karakter memiliki status yang berbeda-beda dan pemain dapat meningkatkan status karakter yang pemain punya.



    Gambar diatas merupakan details dari status sebuah karakter. Terdapat status keseluruhan seperti HP, ATK, DEF, SPD, CRIT Rate, dan CRIT DMG. Ada juga status dari Path dan Elemennya.


    Gambar diatas merupakan status Light Cone atau senjata yang digunakan oleh karakter tersebut. Terdapat keunggulan atau skill dari Light Cone tersebut dan status efek penambahan pada HP, ATK, dan DEF.


    Lalu terdapat Traces atau skill bawaan dari karakter tersebut yang dapat ditingkatkan. Seperti basic attack, skill, talent, dan ultimate.



    Ada juga Relics atau perlengkapan yang digunakan armor dan lain lain. Setiap relic memiliki effect penambahan dan status penambahan yang berbeda-beda. Meskipun relic tersebut sama, bisa saja status yang ditambahkan berbeda.


    

    Lalu ada Eidolons. Ketika eidolons unlock, maka akan ada tambahan efek untuk karakter tersebut. Untuk meng-unlock eidolons, pemain perlu mendapatkan karakter yang sama setelah sebelumnya pemain mendapatkan karakter tersebut.

    Untuk menaikkan level dan status sebuah karakter, diperlukannya grinding materials. Terdapat bermacam quest atau side task yang dapat diselesaikan agar pemain mendapatkan material tersebut.

    Yang pertama terdapat Calyx (Golden) dan Calyx (Crimson). Calyx (Golden) diselesaikan untuk mendapatkan material seperti Credit (mata uang), material untuk menambahkan level sebuah karakter, dan material untuk menambahkan level dari Light Cone. Calyx (Crimson) diselesaikan untuk mendapatkan material untuk menambahkan level dari Traces sebuah karakter dan menaikkan tingkatan sebuah Light Cone.


    Berikutnya ada Stagnant Shadow yang dapat diselesaikan untuk mendapatkan material yang digunakan untuk menaikkan tingkatan (ascend) dari sebuah karakter.


    Lalu ada juga Cavern of Corrosion dan Ornament Extraction yang dapat diselesaikan untuk mendapatkan Relics seperti armor dan lain lain yang dapat digunakan oleh sebuah karakter.



    Terakhir, ada Echo of War yang ketika diselesaikan, pemain akan mendapatkan material untuk menaikkan level Traces yang levelnya sudah tinggi dan pemain akan mendapatkan relics dan persentase untuk mendapatkan Light Cone. Namun utnuk Echo of War, pemain hanya akan mendapatkan material 3 kali saja dalam waktu satu minggu. Jika pemain menyelesaikannya untuk yang keempat kalinya, maka pemain tidak akan mendapatkan materialnya.

    Ketika ingin menyelesaikan quest-quest di atas, pemain membutuhkan Trailblaze Power yang cukup dan setiap quest memerlukan Trailblaze Power yang berbeda-beda.


    Trailblaze Power akan selalu bertambah satu setiap 6 menit. Ketika Trailblaze Power menyentuh kapasitas maksimalnya yaitu 240, maka trailblaze power akan berhenti bertambah dan Reserved Trailblaze Power akan mulai bertambah setiap 18 menit dan memiiiki kapasitas 2400. Ada juga Store Immersifiers dengan kapasitas maksimal 8 yang dapat didapatkan melalui gamemode Simulated Universe dan Divergent Universe.

    Simulated Universe sendiri bercabang menjadi 3 gamemode. Simulated Universe biasa, Swarm Disaster, dan Gold and Gears. Setiap gamemode memiliki keunikannya, aturan, dan cara bermainnya masing-masing.



    
    Dan tentu saja ketika menyelesaikannya, pemain akan mendapatkan material yang berlimpah. Semua meterial yang ada dapat didapatkan disini dan juga pemain dapat mendapatkan bonus Stellar Jade.

    

    Stellar Jade dapat digunakan untuk menukar menjadi Warp Ticket untuk Warp yang dimana pemain akan mendapatkan Light Cone dan Karakter. Light Cone memiliki 3 tingkatan, yaitu bintang 3, bintang 4, dan bintang 5 sedangkan karakter hanya memiliki 2 tingkatan yaitu bintang 4 dan bintang 5. Setiap kali pemain melakukan Warp, pemain akan dipastikan mendapatkan Light Cone bintang 3. Setiap 10 kali pemain melakukan Warp, pemain akan dipastikan mendapatkan Light Cone atau Karakter bintang 4. Setiap 80 kali pemain melakukan Warp, pemain akan dipastikan mendapatkan Light Cone bintang 5, dan setiap 90 kali pemain melakukan Warp, pemain akan dipastikan mendapatkan Karakter bintang 5.

    Untuk mendapatkan Stellar Jade, pemain dapat menyelesaikan story dan side-story. Untuk pemain endgame, terdapat mode endgame seperti Memory of Chaos, Pure Fiction, dan Apocalyptic Shadow yang dapat diselesaikan dan pemain akan mendapatkan Stellar Jade yang berlimpah.


    

    Terakhir, ada juga Nameless Honor yang dapat diselesaikan pemain melalui quest-quest yang ada dan mendapatkan material. Nameless Honor akan selalu reset setiap kali game melakukan update. Terdapat 3 jenis Nameless Honor yaitu Nameless Gift, Nameless Glory, dan Nameless Medal. Untuk Nameless Glory dan Nameless Medal hanya bisa didapatkan dengan cara melakukan purchase in-game. Pemain akan mendapatkan material lebih dari yang didapatkan oleh Nameless Gift.


Skenario:

    Dalam story-nya, terdapat banyak skenario yang didapatkan oleh pemain. Tidak hanya melalui sudut pandang Trailblaze, pemain juga akan memerankan story dari karakter lain. Terkadang, story dari karakter lain cukup besar dan pemain dapat menyelesaikan beberapa tantangan dari karakter tersebut dan tantangan tersebut akan selalu ada di dalam game sehingga pemain dapat mengulanginya berkali-kali. 

Bukti/Alasan:

    Alasan utama mengapa game Honkai: Star Rail merupakan game terbaik bagi saya adalah karena game ini merupakan game turn based namun dengan animasi 3D yang bagus. Dari dulu saya sudah senang memainkan game turn-based namun saya cepat bosan dikarenakan gameplay  yang monoton. Beberapa alasan lain menurut saya adalah suara dari playable characters dalam game ini disuarakan oleh pengisi suara terkenal di Jepang, lalu main story dan side story dari game ini sangat menarik dan seru. Tidak hanya itu, desain dari tiap karakter sangat menarik, ada juga beberapa spot cantik yang dapat dilihat oleh pemain. Pemain juga dimanjakan oleh cinematic cutscenes yang sangat bagus dan lagu yang indah.

    Alasan lain dari game ini adalah ketika mengumpulkan resource atau sedang grinding, pemain dapat menjalankan mode auto-play sehingga dapat ditinggal untuk mengerjakan tugas lain.


    Dari segi pengeluaran, saya sendiri sudah pernah melakukan in-game purchase kurang lebih sebesar Rp600.000. Lalu saya juga memiliki merchendise original berupa keychain karakter Seele dengan harga Rp120.000.

Analisis Bartle :

  • Killer

    • Terdapat Gamemode Endgame Seperti MoC (Memory of Chaos), PF (Pure Fiction), dan AS (Apocalyptic Shadow) yang lumayan susah, sehingga ada kemungkinan pemain tidak dapat menyelesaikannya dalam sekali coba. Bahkan ketika selesai pun, tidak pasti mendapatkan score yang maksimal sehingga hadiahnya tidak maksimal.

    • Terdapat juga Gamemode Simulated Universe dan Divergent Universe yang memiliki tingkatan kesulitan yang banyak dan tinggi. 

    • Membentuk tim paling overpowered.

    • Menyelesaikan misi tersembunyi dan mendapatkan akses ke tempat/map tersembunti yang dimana pemain sangat susah untuk menemukannya dan harus berulang-ulang kali dilakukan agar pemain dapat menemukan solusinya.

  • Achiever

    • Terdapat banyak achievement yang dapat diperoleh oleh pemain dari menyelesaikan beberapa task.

    • Mendapatkan semua playable character dan Light Cone-nya.

    • Terdapat juga cinematic cutscene yang enak dilihat.

    • Desain dari karakter menarik-menarik.

    • Dubbing dan sound effect yang memuaskan.

  • Socializer

    • Ketika akan memasuki battle, beberapa mode dapat meminjam karakter yang dimiliki oleh teman.

    • Antar pemain dapat melakukan add friend dan saling mengirim pesan.

    • Terdapat juga aplikasi HoYoLab yang dibuat oleh HoYoverse untuk mengunpulkan semua pemain dan kita bisa membahas apapun tentang gamenya, seperti strategi, story, dll.

    • Di dalam gamenya banyak NPC yang bisa diajak untuk berinteraksi.

  • Explorer

    • Terdapat banyak dunia yang dapat dijelajahi.

    • Mencoba kombinasi relic dan light cone untuk setiap karakter yang dipunya.

    • Banyak sekali treasure tersembunyi yang dapat dicari.

    • Banyak sekali side quest tersembunyi.

    • Ada beberapa checkpoint di penjuru map yang dapat di buka.


Trailer:


Play Demo :



Download Launcher :


Achmad Khosyi' Assajjad Ramandanta - 5025211007 - Teknik Pengembangan Game

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger