STORY
1000 tahun setelah Perang Magi, sihir hilang dari dunia. Dengan penemuan besi, bubuk mesiu, dan mesin uap, orang-orang mulai menggunakan mesin untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun, secara rahasia kekuatan sihir mulai dibangkitkan. Sekelompok orang telah bangkit untuk mengontrol dunia dengan kekuatan sihir. Apakah umat manusia akan mengulangi kesalahan dari Perang Magi?
Awal cerita Final Fantasy VI mengikuti perjalanan Terra Branford, prajurit Kerajaan Gestahlian yang dicuci otak untuk menangkap esper tersembunyi di kota Narshe. Terra gagal dalam melakukan misinya, namun dia terbebas dari kontrol Kerajaan. Akan tetapi, Terra kehilangan ingatannya. Dia bingung akan apa yang harus dilakukannya, apa posisinya dunia itu. Bersama seorang pemburu harta karun Locke, dia berpetualang untuk bergabung dengan kelompok pemberontak Returner menghadapi Kerajaan Gestahlian dalam ambisi mereka untuk mengontrol dunia.
ATURAN MAIN
Seperti game Final Fantasy sebelumnya, gameplay Final Fantasy VI dibagi menjadi 4 mode: map overworld, map kota dan dungeon, battle screen, dan menu screen.
- Map Overworld
- Cara Bermain
- Bergerak atas bawah kiri kanan.
- Menaiki airship.
- Mengganti arah, ketinggian serta posisi airship.
- Bergerak menuju lokasi tertentu dalam Overworld.
- Aturan
- Pemain tidak dapat bergerak melintasi daerah pegunungan atau daerah lautan.
- Jika pemain menggunakan airship dan mencoba mendarat di daerah daratan, airship akan mendarat. Sebaliknya pada daerah lautan, pegunungan, kota, atau dungeon, airship tidak akan mendarat.
- Kota dan Dungeon
- Cara Bermain
- Bergerak atas bawah kiri kanan menggunakan kontrol arah.
- Berinteraksi dengan NPC atau objek lainnya.
- Bergerak menuju lokasi tertentu dalam Kota atau Dungeon.
- Aturan
- Jika pemain berjalan dan berhenti pada titik cahaya di lantai, mereka dapat menggunakan Tent atau menyimpan kemajuan game mereka (save).
- Pemain tidak dapat melewati dinding.
- Pemain tidak dapat melewati area tertentu sebelum menyelesaikan quest atau event tertentu.
- Battle Screen
- Cara Bermain
- Mengisukan perintah untuk bertarung, seperti Attack, Magic, dan Item.
- Kabur dari pertarungan.
- Aturan
- Pemain tidak dapat kabur dari beberapa monster, seperti boss dan elite enemy.
- Karakter pemain hanya bisa diisukan perintah ketika bar ATB telah penuh.
- Pemain dapat bebas memilih target dari perintah yang diisukan, baik itu teman maupun musuh.
- Jika semua karakter dalam party "terlempar" keluar dari pertarungan, maka party dianggap kabur dari pertarungan.
- Pertarungan dimenangkan ketika semua musuh telah dikalahkan.
- Game berhenti ketika pemain kalah dalam pertarungan.
- Menu Screen
- Cara Bermain
- Memilih anggota party.
- Memodifikasi anggota party.
- Mengatur tampilan permainan.
- Mengatur mode pertarungan.
- Aturan
- Party harus berisi paling sedikit satu karakter dan paling banyak empat karakter.
- Pemain tidak dapat memodifikasi anggota party sementara (temporary party member).
- Beberapa karakter tidak dapat diajari Magic.
KENAPA GAME INI TERBAIK
- Jalan cerita yang menarik: Final Fantasy VI dimulai dengan sekuen terskripsi yang menjelaskan latar belakang dunia game serta konflik apa yang sedang terjadi. Pacing alur cerita game tidak lambat maupun cepat. Hal yang paling berkesan bagi saya adalah bagaimana Final Fantasy VI menggambarkan kekalahan dari para pahlawan, bagaimana keputusasaan dan harapan diceritakan. Tidak banyak game yang dapat membuat pemainnya tertarik dalam ceritanya.
- Desain latar belakang dan cerita karakter yang menarik: Game ini tidak memiliki protagonis utama. Tiap karakter yang dapat dimainkan memiliki cerita dan latar belakang tersendiri, namun mereka memiliki tujuan yang sama. Cerita Final Fantasy VI terkadang sedikit berbelok dari tujuan utama, namun belokan ini digunakan untuk menceritakan cerita tersendiri milik tiap karakter. Pemain dapat memilih untuk eksplorasi cerita tiap karakter untuk mengenal mereka lebih lanjut. Desain ini membuat pemain dapat menyaksikan perkembangan karakter yang membuat mereka unik dan ikonik.
- Modifikasi party dan karakter: Final Fantasy VI memiliki 14 karakter yang dapat digunakan, namun hanya 4 karakter saja yang dapat digunakan dalam satu pertarungan. Desain ini membuka banyak peluang akan kombinasi karakter yang dapat membangun party yang bagus. Tidak hanya itu, pemain juga dapat memodifikasi karakter dalam hal memilih sihir apa yang bisa dipelajari, status mana yang ingin ditingkatan, serta perlengkapan yang digunakan.
- Soundtrack yang legendaris: Semua soundtrack dalam Final Fantasy VI dikomposisi oleh Nobuo Uematsu. Soundtrack-soundtrack ini merupakan satu dari banyak hal yang membuat game ini bagus. Suasana pertarungan menjadi variatif, ada pertarungan yang merupakan pertarungan biasa, ada yang merupakan boss battle, dan ada juga yang mengindikasikan superboss. Selain soundtrack battle, soundtrack lain untuk dungeon dan kota membantu pemain berimersi dalam dunia game.
- Open world. Setengah awal game penuh dengan alur cerita linear. Namun mendekati akhir game, pemain dapat mengeksplorasi berbagai tempat dalam map overworld. Opsi ini dapat memberi player karakter baru, perlengkapan legendaris, serta sihir-sihir tersembunyi. Pemain juga dapat memainkan berbagai sidequest yang tersedia dalam game, melawan superboss maupun hidden enemy hanya dengan penjelajahan buta.
- Achiever
- Memaksimalkan level karakter
- Melawan boss
- Melawan final boss
- Melawan superboss
- Explorer
- Mendapatkan semua karakter
- Mendapatkan semua perlengkapan
- Mempelajari semua sihir
- Memainkan semua sidequest
- Melawan semua monster, melengkapi bestiary
- Bereksperimen dengan semua kombinasi party
- Mendapatkan semua ending cutscene
- Socializer
- Tidak ada. Game ini tidak memiliki fungsi sosialisasi dengan orang lain.
- Killer
- Wind God Bug
- Vanish Doom Bug
- Evasion Bug
- Ultima Spell
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !