Genre : RPG, Choices-matter, Bullet-hell
Tema : Comedy, Psychological Horror
Rating : Everyone 10+
Deskripsi
UNDERTALE adalah game RPG yang di-solo develop oleh Toby Fox. Game ini memiliki elemen Bullet-hell seperti pada game Touhou Project dan juga elemen story bercabang. Pada game ini pemain dapat menyelesaikan game tanpa harus membunuh siapapun dan apabila pemain membunuh musuh maka akan ada "konsekuensi" tertentu. Game ini awalnya tersedia di PC, namun sekarang sudah tersedia di berbagai macam platform seperti Sony PS4 dan Nintendo Switch.
Story
Pemain mengendalikan seorang anak yang terjatuh ke dalam lubang bawah tanah yang dikelilingi oleh Magic Barrier sehingga siapapun yang masuk tidak akan bisa keluar. Di awal sang anak bertemu dengan setangkai bunga hidup yang bernama Flowey yang kemudian memberi pesan kepada sang anak tersebut, "Kill or be killed". Dengan mempertimbangkan pesan tersebut sang anak memulai petualangannya di dunia monster. Di tengah perjalanannya menuju permukaan sang anak bertemu dengan berbagai macam monster dengan karakteristik yang unik nan jenaka. Sang anak memiliki pilihan antara membunuh semua monster yang menghalangi jalannya menuju ujung dunia (permukaan), atau berteman dengan mereka semua untuk membantu mengantarkannya ke ujung dunia.
Cara Main
- Top down controls: Arrow Keys untuk bergerak, Z untuk Confirm, X untuk Cancel, dan C untuk Menu/Inventory
- Saat battle scene terdapat opsi seperti Fight, Act, Item, dan Mercy. Fight berarti menyerang musuh, Act digunakan untuk menginisiasi dialog dengan musuh, Item untuk mengakses item di Inventory, Mercy untuk mengampuni atau kabur dari musuh
- Saat giliran musuh pemain akan masuk ke bullet-hell mode yang di mana pemain harus menghindari semua serangan dari musuh dengan menggunakan Arrow Keys dan bertahan hidup hingga giliran musuh selesai
Aturan Main
- Pemain dapat interact dengan NPC untuk membuka dialog
- Seperti RPG pada umumnya, akan terjadi random encounters (enemy) saat eksplorasi yang kemudian akan membuka battle scene
- Pemain memiliki stats seperti Lvl, HP, Atk, Def. Lvl dapat dinaikkan dengan cara membunuh musuh sebanyak-banyaknya yang kemudian akan mendapatkan EXP. Setelah Lvl naik stats HP, Atk, dan Def juga akan naik
- Terdapat SHOP yang menjual berbagai macam item seperti item untuk menyembuhkan diri (Recover HP), item untuk menyerang musuh, serta equipment untuk memperkuat stats
- Pemain memiliki kemampuan untu SAVE game dan hanya terdapat 1 save slot
Fun
- Achiever
- Memaksimalkan Lvl dan stats
- Completionist (menyelesaikan semua ending, membuka semua easter eggs, dan menyelesaikan semua achievements)
- Soundtrack yang fun, juga terkadang sedih, dan cocok untuk tiap scenenya
- Karakter-karakter memiliki sifat yang menonjol dan charming
- Dialog antar karakter yang jenaka
- Story yang well-executed, terstruktur, dan bermakna
- Pixel art aesthetics
- Explorer
- Bertemu dengan berbagai macam monster dan kemudian melakukan dialog yang berbeda-beda
- Tiap-tiap route terdapat story dan script dialog yang berbeda-beda
- Terdapat berbagai macam easter eggs yang tersembunyi
- Biome dunia/level yang berbeda-beda
- Monster-monster memiliki visual, serta karakter/sifat yang berbeda-beda
- Soundtrack yang berbeda-beda untuk tiap level dan tiap boss yang dilawan
- Killer
- Mengalahkan bos-bos yang sulit (terutama di Genocide Route)
- Terdapat Hard Mode yang dimana musuh-musuh akan menjadi jauh lebih sulit untuk dikalahkan
- Socializer
- Memiliki fanbase yang besar dan terdapat banyak forum diskusi atau grup yang membahas berbagai macam hal, baik dari tips n tricks untuk menyelesaikan game tersebut sampai ke fanarts dsb.
- Memiliki artstyle retro pixel art yang unik dibandingkan dengan mayoritas game jaman sekarang yang hanya sekedar mengutamakan kualitas grafis (realistis) tanpa ada nilai keunikan sama sekali.
- Memiliki soundtrack yang fun dan unik dengan mencampurkan chiptune synthesizer (biasa digunakan di game-game retro pada umumnya) dengan instrumen modern seperti piano, strings, dan electric guitar
- Story yang simple, but impactful. Setiap route memiliki charmnya masing-masing, tidak ada route yang terasa bland atau sekedar filler.
- Mekanik yang fun dan, tidak seperti rata-rata game RPG pada umumnya, tidak memiliki terlalu banyak elemen grinding. Game dapat diselesaikan hanya dengan pure reaction skill dan hafalan pola serangan musuh. Di setiap boss juga terdapat mini-mechanics khusus yang berbeda-beda untuk mengalahkan boss-boss tersebut sehingga tidak terasa bosan.
- Terdapat banyak momen yang breaking the 4th wall sehingga game terasa real seakan-akan pemain benar-benar menjadi pemeran utama di game tersebut.
- Mempertanyakan trope umum pada game RPG, yaitu: membunuh musuh untuk memperkuat diri (mendapatkan EXP). Umumnya, game RPG menggambarkan monster sebagai sosok makhluk yang seram dan tidak memiliki akal sehingga pemain tidak akan merasakan bersalah saat membunuhnya. Sebaliknya, game ini memberikan kesan pada pemain bahwa semua musuh yang dibunuh memiliki karakter masing-masing dan bukanlah sekedar objek untuk bertani EXP. Semua karakter terasa "hidup" sehingga umumnya pemain, terutama yang baru pertama kali memainkan game ini, akan sangat merasa bersalah saat membunuh monster-monster yang ada di dalam game ini.
Screenshot
- Exploration
- Menu/Stats
- Shop
- Dialogue
- Mob Battle (Menu)
- Boss Battle
Video Trailer
- PC Release
- Sony PS4/PSVita Release
- Nintendo Switch Release
- Xbox One Release
Video Gameplay
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !