Heaven Burns Red

Rabu, 28 September 2022


Klasifikasi 

  • Genre              : RPG, Drama, Emotional, Visual Novel, CRPG, JRPG
  • Tema                : Apocalyptic World
  • Pengembang   : WFS, Inc., VisualArts/Key 
  • Penerbit           : WFS, Inc. 
  • Bahasa            : Jepang
  • Rating              : 12+ 
  • Tanggal Rilis    : 10 Februari 2022 (Android/iOS), 11 Agustus 2022 (Steam) 
  • Platform           : Android, iOS, PC (Steam) 

 

Deskripsi 

Heaven Burns Red adalah mobile game RPG yang dikembangkan oleh WFS dan Key, suatu brand dibawah naungan pengembang gim dari Jepang yaitu Visual Arts. Cerita dan skrip gim ini dibuat oleh Jun Maeda, dengan karyanya yang sering dikenal antara lain "Air", "Clannad", "Little Busters", dan lain sebagainya. 

Heaven Burns Red diumumkan pada 2019 dan awalnya direncanakan untuk dirilis pada 2020. Namun, tertunda hingga 2022 dengan alasan bahwa membutuhkan waktu lebih untuk mengembangkan sehingga memberikan pengalaman RPG yang terbaik. 


Cerita

Heaven Burns Red menceritakan bahwa Bumi sedang diserang oleh makhluk asing yang bernama "Cancer", yang mana menyebabkan kehilangan besar dalam wilayah pemukiman manusia. Para manusia yang berhasil selamat kemudian menciptakan sebuah senjata yaitu "Seraph", yang merupakan cara paling efektif untuk menyakiti Cancer. Lalu, manusia membuat pasukan Seraph dengan anggota yang dapat menggunakan Seraph semuanya adalah gadis remaja dengan kemampuan spesial.  


Aturan Main Utama

Heaven Burns Red merupakan RPG berbasis giliran dengan desain peta horizontal. Pemain dapat mengendalikan karakter unik dan kelas berbeda untuk menjelajahi gim. 


Sebuah tim terdiri dari 6 anggota yang dapat diatur sesuka pemain untuk menyesuaikan persyaratan dari area atau optimisasi strategi untuk mempermudah menyelesaikan suatu level.

Dalam pertarungan, hanya 3 dari 6 anggota dari tim yang dapat dipanggil dalam satu aksi, dengan 3 anggota lainnya sebagai cadangan.



Sebagai tambahan, pemain dapat mengeksplorasi kehidupan sekolah dari gadis-gadis remaja dengan sistem eksplorasi gaya RPG yang termasuk dialog dan interaksi antar karakter dalam sekolah.

Skenario 

Heaven Burns Red diawali dengan karakter utama, Ruka Kayamori, sedang menghadiri upacara penerimaan murid baru namun merasa bosan karena yang dibicarakan tidak menarik. Kebetulan murid sebelahnya, Yuki Izumi, juga merasakan hal yang sama lalu mereka berbincang untuk menghabiskan waktu. Tanpa mereka sadari, perbincangan mereka terlalu berisik dan mereka terkena teguran.

Ketika selesai upacara penerimaan, tiba-tiba bel darurat berbunyi dan murid-murid diminta untuk segera keluar dari sekolah dan menuju garis depan. Mendengar hal ini, Ruka bergegas untuk menuju ke gerbang depan. Sembari berlari, ia bertemu murid-murid lainnya yang juga bergegas menuju gerbang depan dan ia bertemu Yuki lagi. Ruka dan Yuki kemudian dibawa ke garis depan oleh instruktor untuk menghadapi musuh manusia, yaitu Cancer. Mereka diminta untuk mengalahkan Cancer dengan menggunakan Seraph. Untuk menggunakan Seraph mereka harus memanggilnya terlebih dahulu menggunakan Seraphim Code.

Setelah mengalahkan Cancer pertama, Ruka dan Yuki kemudian diminta untuk mengalahkan Cancer lain, kali ini dengan bantuan 2 murid lain. Kemudian 2 murid ini mengenalkan diri mereka masing-masing, yaitu Karen Asakura dan Tsukasa Toujo.

Setelah itu mereka kembali ke sekolah dan mereka menjadi satu tim dengan kode kelas 31A yang dipimpin oleh Ruka, karena anggota mereka saat ini masih 4 orang, mereka akan bertemu dengan 2 anggota lainnya dalam asrama. Sampainya mereka di asrama, mereka bertemu dengan 2 anggota lainnya, yaitu Megumi Aikawa dan Tama Kunimi.

Skenario selanjutnya merupakan kisah kelas 31A dalam membasmi Cancer dan hubungan mereka dengan kelas lainnya, untuk menghindari spoiler dan konten dari cerita, penulis hanya memberikan skenario prolog. 


Kenapa ini Terbaik

  1. Cerita yang sepenuhnya disuarakan.
  2. Penulis cerita Jun Maeda yang memiliki riwayat karya yang terkenal.
  3. Grafik yang diberikan memanjakan mata.
  4. Musik dan lagu yang digunakan menakjubkan.
  5. Alur cerita yang seperti tidak dapat ditebak bagaimana akhirnya.
  6. Kisah dari setiap karakter yang memiliki masa lalu yang beragam.
  7. Pengembangan karakter yang signifikan seiring berjalannya cerita.
  8. Terdapat akhir baik dan buruk dalam cerita yang bergantung pada pilihan pemain.
  9. Memiliki fitur auto sehingga tidak selalu harus menatap layar atau memerhatikan gim.
  10. Memiliki fitur offline training untuk melatih karakter dan meningkatkan level dari setiap karakter yang dimiliki beserta mendapatkan barang untuk menaikkan status karakter.
  11. Level dari karakter selalu terbawa, terlepas memiliki kartu dengan tingkat kelangkaan yang berbeda.
  12. Kemampuan atau skill dari karakter dapat dipakai pada kartu yang berbeda, kecuali ultimate atau kemampuan pamungkas.
  13. Interaksi antar karakter dalam satu tim tetap relevan dan sinkron walaupun berasal dari kelas yang berbeda.
  14. Lelucon yang diberikan terasa natural dan dapat dinikmati pemain.

Letak Kesenangan

Letak kesenangan dari Heaven Burns Red berdasarkan dari 4 personalitas Bartle adalah sebagai berikut:

Achiever

  1. Mendapatkan kartu karakter yang baru.
  2. Mendapatkan kartu karakter yang lebih langka atau tinggi tingkatnya.
  3. Berhasil menyelesaikan cerita setiap babak yang baru.
  4. Dapat menyelesaikan cerita dengan menggunakan tim seadanya.
  5. Mampu menyelesaikan suatu level hanya dengan sistem auto sepenuhnya.
  6. Berhasil menyelesaikan cerita sepenuhnya dari suatu karakter yang disukai.
  7. Berhasil melengkapi memori dari suatu karakter dengan menghilangkan noise pada mode keliling ingatan.
  8. Menyelesaikan setiap babak tanpa mendapatkan akhir yang buruk.
  9. Menyelesaikan mode petualangan secara efektif tanpa menghabiskan banyak energi.

Explorer

  1. Mengetahui masa lalu dari setiap karakter yang ada.
  2. Mencari harta karun ketika berpetualang.
  3. Menemukan buff yang tersebar dalam mode berpetualang.
  4. Menelusuri peta ketika berpetualang untuk melengkapi peta.
  5. Mengelilingi sekolah untuk mendapatkan interaksi antar karakter dan menemukan interaksi spesial.
  6. Mencoba interaksi dalam mode Free Time untuk mendapatkan interaksi rahasia sehingga menambah status 6 indra karakter utama semakin tinggi.
  7. Melakukan kombinasi pilihan dalam interaksi cerita untuk mendapatkan tambahan status 6 indra karakter utama.

Socializer 

  1. Dapat membahas cerita dengan teman.
  2. Dapat membahas teori kelanjutan cerita dengan teman atau peminat lain.
  3. Dapat membahas komposisi tim dengan orang lain agar dapat menyelesaikan suatu level.
  4. Membahas strategi untuk menyelesaikan suatu level dengan menggunakan tim tertentu.
  5. Menyelesaikan misi mengundang pemain baru untuk mendapatkan kurensi premium dalam gim.

Killer

  1. Mampu mengalahkan bos yang kuat.
  2. Mampu mengalahkan bos yang kuat dengan tim dibawah rekomendasi.
  3. Mampu mengalahkan musuh dengan sekali serang.
  4. Mampu mengalahkan musuh dengan sekali aksi.
  5. Mampu mengalahkan bos dengan cepat.

Screenshot(s)

Tampilan mengelilingi peta dalam mode cerita, terlihat bahwa tampilan peta seperti 3 dimensi, namun dalam pengaplikasiannya menggunakan peta horizontal dengan menggunakan efek kamera sehingga terlihat seolah 3 dimensi.
 
Tampilan ketika memasuki mode pertarungan, terlihat bahwa hanya 3 anggota paling kiri yang hadir dalam layar dengan sisa 3 anggota lainnya sebagai cadangan atau memberikan bantuan pasif menyerang secara acak. Pada mode pertarungan, hanya 3 anggota paling kiri yang menerima serangan dari musuh. Kemampuan karakter dapat memengaruhi 3 anggota yang sedang hadir atau memengaruhi seluruh anggota dalam tim, tergantung kemampuan yang digunakan. Pada mode ini juga, pemain dapat melakukan pemilihan aksi yang akan dilakukan untuk setiap karakter beserta target yang diiinginkan, semua anggota tidak harus menyerang atau memiliki target yang sama sehingga strategi pemain dapat bervariasi.
 
Tampilan di atas merupakan animasi ketika karakter sedang menggunakan kemampuan baik biasa maupun yang pamungkas, detil dan animasi yang diberikan begitu bagus dan memanjakan mata sehingga memberikan nilai estetika yang tinggi dalam pertarungan.
 
Kumpulan tampilan tersebut merupakan tampilan ketika pemain bermain pada mode cerita yang mana gambar pertama merupakan tampilan ketika progres hari yang berlanjut setiap pemain menyelesaikan cerita 1 hari dalam waktu gim. Gambar kedua merupakan tampilan ketika terjadi suatu interaksi yang menggambarkan suatu kejadian, didampingi dengan CG sehingga pemain dapat mengetahui apa yang terjadi tanpa menggunakan tampilan dialog biasanya. Gambar ketiga merupakan tampilan ketika pemain diberikan pilihan dalam suatu dialog pada mode cerita, pemilihan jawaban dari pemain dapat memengaruhi akhir dari cerita sehingga pemain terkadang perlu memikirkan kembali pilihan yang akan dipilih. Gambar keempat merupakan tampilan dialog ketika suatu karakter mencapai emosi tertentu dimana pada gambar tersebut terlihat bahwa Megumi (karakter dengan rambut pink) sedang emosi, mungkin saja karena tanggapan atau perkataan dari suatu karakter. Gambar kelima merupakan tampilan utama ketika menjalankan mode cerita dengan tampilan khas Visual Novel yang mana terdapat figur dari karakter-karakter dengan kotak yang berisi teks atau perkataan yang dikatakan oleh karakter yang bersangkutan. Pada segmen ini dapat terlihat bahwa pada pojok kanan atas terdapat 4 tombol, tombol paling kanan merupakan tombol untuk mempercepat interaksi dengan semakin lama menekan maka semakin lama proses mempercepat tersebut, sebelah kirinya merupakan auto skip yang mana mempercepat semua interaksi hingga interaksi selanjutnya, sebelah kirinya lagi merupakan auto yang mana membiarkan cerita untuk berjalan sendiri tanpa perlu interferensi pemain (kecuali ketika pemilihan tanggapan atau jawaban dari pemain) setiap selesai monolog dari karakter akan otomatis berjalan ke monolog selanjutnya dalam interaksi tersebut, dan tombol paling kiri adalah ekstensi untuk mengakses fitur lainnya dalam mode cerita seperti kembali ke layar utama, membaca log interaksi, dan membuat layar menjadi mode fullscreen.

Video Trailer

Video Play Demo

Gameplay (PC Version) - https://youtu.be/VzIOsRxcr8U


Link to Game

Website Resmi

Android (Google Play)

Android (QooApp)

iOS (Apple Store)

PC (Steam)

Reviewed and Posted by

07211940000002 / M. Jahfal Firnas


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger