PLATO: MATCH MONSTERS

Selasa, 04 Oktober 2022



PLATO: MATCH MONSTERS

KLASIFIKASI 

  • Genre: Hybrid of match 3 & monster battling game

  • Tema: battling game

  • Game Developers: Matt Hackett & Chris Kocan

  • Monster Designer: Zerudez

  • Game Art: Ken Tan, Hoan Nguyen

  • Seller: Plato Team Inc.

  • Bahasa: English, Arabic, Filipino, French, German, Hindi, Indonesian, Malay, Persian, Portuguese, Spanish, Thai, Turkish, Ukrainian, Vietnamese

  • Rating: 18+

  • Tanggal Rilis: 2016

  • Platform: Android Google play, IOS App Store


DESKRIPSI .

Match Monsters adalah kombinasi dari game match-3 dan pertarungan monster (monster battling game). Game ini merupakan pertandingan player vs player secara live melalui aplikasi Plato. Pertandingan dilakukan dengan memperkuat monster yang dipilih melalui pengumpulan Mana atau permata yang menjadi sumber nyawa (point HP) dari masing-masing pemain. Mana atau permata tersebut didapatkan dengan “memasangkan” permata satu dengan lainnya hingga membentuk  gabungan 3 buah permata atau lebih. Tujuan akhir dari game ini adalah menyerang hingga menghabiskan nyawa (point HP) lawan main.


ATURAN MAIN

  • Starting the Game – Awal Permainan

Setiap pemain memilih 2 monster untuk bertempur, namun pemain hanya dapat memilih 1 monster dari setiap elemen (2 monster yang dipilih tidak boleh berasal dari elemen yang sama). Ada 5 elemen utama pada Match Monsters yang memiliki keidentikan dalam hal kekuatan monster:


  1. Fire - Merah:  umumnya menyerang dengan lebih kuat, namun cenderung membutuhkan permata yang lebih banyak (Mana) untuk menyerang lawan main.

  2. Kuning - Electric: umumnya membutuhkan permata yang lebih sedikit untuk menyerang sehingga memungkinkan pemain untuk melakukan penyerangan dengan lebih sering. Monster dengan elemen electric juga menyerang dengan mengambil beberapa permata yang tersedia secara acak.

  3. Earth - Hijau: umumnya menyerang kemudian memiliki kemampuan untuk memulihkan nyawa (poin HP bertambah kembalI).

  4. Psychic - Ungu: umumnya menyerang dengan mengurangi Mana (permata yang telah dikumpulkan pemain untuk melakukan penyerangan) lawan main.

  5. Water - Biru: umumnya menyerang kemudian mengganti 2 atau lebih permata random menjadi permata water (berwarna biru) sehingga membantu pemain untuk melakukan penyerangan kembali.


Setelah monster dipilih, pemain pertama dipilih secara acak. Pemain ke-2 berhak menerima bonus 5 HP (nyawa).


  • Gameflow – Alur Permainan

Setiap pemain dapat melakukan 2 gerakan per giliran, seperti yang ditunjukkan oleh permata “moves” di bawah:


Setiap pemain mendapatkan waktu sebanyak 30 detik dalam 1 “moves”. Ketika mendapat giliran untuk bergerak, pemain dapat membuat kecocokan dari permata yang ada dengan mengetuk atau menggeser permata tersebut sehingga membuat 3 buah permata atau lebih berjejer secara horizontal atau vertical (match):


Apabila 3 buah permata atau lebih telah “match”, permata tersebut akan menjadi alat untuk menyerang lawan sesuai dengan kekuatan monster yang dipilih. Sebagai contoh, apabila monster yang dipilih adalah monster dengan elemen fire, ketika 3 buah permata FIRE/MERAH telah “match”, pemain dapat mengurangi HP lawan ditambah dengan kekuatan tambahan yang dimiliki monster terpilih. 


  • Monsters & Mana

Seperti yang telah disinggung pada penjelasan di atas, setiap monster memiliki elemen khusus yang ditugaskan kepada mereka. Ketika pemain membuat kecocokan/”match”, jika elemen tersebut sesuai dengan salah satu elemen monsternya, itu akan mengisi bar Mana monster itu. Ketika bar Mana monster penuh, ia akan secara otomatis menampilkan kemampuan spesialnya:

  • Evolutions


Pemain juga dapat memperkuat dan mengembangkan monster dengan memberi mereka 4 Berry. Tentu saja hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri. Oleh karena itu, pemain seringkali harus “berebut” untuk mendapatkan berry yang tersedia dengan membuat berry tersebut “match” (berjejer secara vertikal/horizontal sebanyak minimal 3 buah).


  • End Game – Akhir Permainan


Game berakhir ketika HP salah satu pemain mencapai nol, sehingga pemain yang masih memiliki HPlah yang menang!



SKENARIO 

Pada Match Monsters, terdapat beberapa stage atau lokasi permainan yang mengkondisikan beberapa keistimewaan bagi pemain. Stage selain stadium tidak dapat dipilih secara bebas oleh pemain, melainkan akan diatur secara acak oleh system. Beberapa stage tersebut yaitu:

  • Abandoned Town: Jika monster evolving/berevolusi justru akan memulihkan 10 HP pemain.

  • Lava Caverns: Setiap pemain yang mencocokkan permata merah akan memberikan 5 pengurangan HP pada lawan meskipun monster yang digunakan bukan berasal dari elemen fire.

  • Tranquil Falls: Permata elemen water akan diacak ulang setiap giliran/”moves”.

  • Forest Valley: Pada stage ini, hanya diperlukan 3 berry untuk evolve setiap monster. Pada stage lainnya, diperlukan minimal 4 berry.


  • Forvir Swamp: 1 permata akan ditutup/disembunyikan setiap “moves”. Permata yang ditutup ini akan bertandakan ‘?’ sehingga pemain harus mengingat kembali elemen/warna dari permata tersebut.

  • Frosset Lake: Permata yang baru saja “match” akan membekukan semua elemen/warna yang sejenis dengan permata tersebut. Permata yang beku ini tidak dapat digerakkan/digeser selama 1 kali “moves”.

  • Stadium: Tidak ada pengubah apapun dari system, sehingga tidak ada keistimewaan tertentu. Stage stadion ini biasanya digunakan untuk pertarungan ranking maupun pertarungan berhadiah yang diselenggarakan plato.




ALASAN GAME INI TERBAIK

  1. Challenging, Match Monsters merupakan game player vs player secara live dengan pemain dari berbagai negara.

  2. Perlu taktik, Match Monsters dapat melatih otak untuk membuat strategi yang baik.

  3. Durasi setiap 1 ronde (round) tidak terlalu lama, sehingga pertarungan yang ada terasa lebih intens & tidak membosankan.

  4. Ada ranking yang membuat pemain merasa tertantang dan ingin terus mencoba.

  5. Variasi monster yang memiliki berbagai macam kekuatan dan keistimewaan khusus.

  6. Ada berbagai macam stage yang secara random dipilihkan system. Hal ini membuat suasana game variatif dan menyenangkan.

  7. Sederhana, cara bermain Match Monsters tidak sulit untuk dipelajari.

  8. Setiap memenangkan 5 pertandingan akan mendapatkan 100 coins per hari. Coins yang ada dapat digunakan untuk membeli monster khusus ataupun “merch” lainnya.

  9. Bisa chatting secara live dengan teman maupun pemain dari luar negeri.

  10. Graphic dan audio yang bagus mendukung suasana battle.

  11. Tidak ada iklan.


LETAK KESENANGAN

  • Achiever

  1. Setiap 5 kali menang mendapatkan 100 coins yang dapat ditukarkan dengan monster baru (minimal 2750 coins).

  2. Dengan membuat 4 atau lebih permata “match”, pemain dapat free “moves” sebanyak 1 kali.

  3. Ranking dapat naik setiap kali menang.

  4. Pertandingan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama sehingga pemain dapat bertanding dengan cepat dan langsung memperoleh hasil (menang/kalah).

  5. Stage tertentu akan memberikan keistimewaan atau mendukung kekuatan bagi monster yang dipilih. Misal: di stage Lava Caverns, saya akan lebih sering dan mudah menyerang lawan apabila saya menggunakan monster dengan elemen fire (merah).

  6. Desain grafis dan audio yang baik ikut membangun suasana battle.

  7. Saya senang apabila saya mendapat giliran bermain duluan (diacak oleh sistem), namun apabila saya mendapat giliran kedua, saya tetap merasa adil karena otomatis mendapatkan 5 HP tambahan.

  8. Saya senang ketika bisa mendapatkan berries atau permata secara gratis (langsung diberikan sistem).


  • Explorer

  1. Terdapat banyak stages yang mengkondisikan permainan dengan keistimewaan tertentu. Stage ini juga tidak dapat dipilih secara manual oleh pemain, sehingga menambah rasa "explore" karena stage akan terus otomatis berubah setiap battle.

  2. Banyak karakter monster yang memiliki keunggulan masing-masing.

  3. Setiap beberapa pekan, Match Monsters akan menghadirkan rare monster yang hanya dapat dibeli pada jangka waktu tertentu.

  4. Berries dapat digunakan untuk evolve monster sehingga pemain dapat merasakan kekuatan tambahan.

  5. Setiap permainan bisa menggunakan 2 monster. Hal ini bisa menjadi sarana strategi sekaligus eksplorasi kombinasi monster.

  6. 5 elemen yang berbeda memiliki kecenderungan kekuatan tersendiri. Saya senang mencoba mengkombinasikan kekuatan 2 elemen.


  • Socializer

  1. Ada live chat dengan pemain lawan dari seluruh dunia.

  2. Bisa saling menghadiahi monster dengan teman.

  3. Bisa invite teman untuk bermain bersama.


  • Killer

  1. Ada pertandingan musiman dengan hadiah tertentu.

  2. Ada live ranking dengan pemain di seluruh dunia.

  3. Berries membuat sisi kompetitif meningkat karena pemain dapat “evolve” monsternya sehingga memiliki kekuatan yang lebih (upgrade kekuatan).

  4. Player vs player secara live di seluruh dunia.

  5. Didukung dengan adanya fitur chat (bisa meningkatkan sisi kompetitif).

  6. Terdapat pemberitahuan “jumlah kemenangan terkini” di akhir permainan.

  7. Membutuhkan taktik untuk memenangkan permainan dengan berbagai monster.


SCREENSHOT(S)

Tampilan ketika salah satu monster elemen earth (warna hijau) menyerang dengan mengurangi 15 HP lawan sekaligus memulihkan nyawa pemain sebanyak 15 HP.


Tampilan berbagai macam monster yang dapat dibeli.


Tampilan salah satu monster Electric dengan deskripsi kekuatannya, yaitu mengurangi hak jalan lawan sebanyak 1 kali. 


Tampilan permata elemen yang membeku di stage Frosset Lake.

VIDEO PLAY DEMO: 

https://www.youtube.com/watch?v=Nnpuy0pqr-c

https://www.youtube.com/watch?v=tCEdBGunkE4

https://www.youtube.com/watch?v=zw1MX0IbWPA


LINK MENUJU GAME: 

  • Website Resmi:  https://platoapp.com/

  • Android (Google Play): https://play.google.com/store/apps/details?id=com.plato.android

  • iOS (Apple Store): https://apps.apple.com/app/plato-play-chat-together/id1054747306?ls=1


REVIEWED AND POSTED BY

Michella Esterina Kadim 08411940000020



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger