TEAM FORTRESS 2

Minggu, 02 Oktober 2022

 



TEAM FORTRESS 2 GAME REVIEW


Classification

Genre               : First-person shooter, Multiplayer

Date Release    : October 10, 2007

Developer        : Valve

Publisher         : Valve

Engine             : Source

Platform          : Windows, Xbox, Playstation 3, Mac OS X, Linux

Rating             : Mature 17+

gameplay screenshot

Description

        Team Fortress 2 adalah permainan video penembak orang pertama multipemain yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve. Ini adalah sekuel mod Team Fortress 1996 untuk Quake dan buatan ulang 1999-nya, Team Fortress Classic. Ini dirilis pada Oktober 2007 sebagai bagian dari bundel permainan video The Orange Box untuk Microsoft Windows dan Xbox 360.Versi PlayStation 3 menyusul pada bulan Desember 2007 ketika The Orange Box di-porting ke sistem. Kemudian dalam pengembangan, permainan ini dirilis Windows pada April 2008, dan diperbarui untuk mendukung Mac OS X pada Juni 2010 dan Linux pada Februari 2013. Ini didistribusikan secara online melalui pengecer digital Valve Steam, dengan Electronic Arts menangani semuanya. port fisik dan konsol permainan.

        Pemain dapat bergabung dengan salah satu dari dua tim, RED atau BLU, dan memilih salah satu dari 9 kelas karakter untuk bertempur dalam mode permainan seperti capture the flag dan king of the hill. Pengembangan permainan ini dipimpin oleh John Cook dan Robin Walker, pengembang mod Team Fortress asli. Team Fortress 2 pertama kali diumumkan pada tahun 1998 dengan nama Team Fortress 2: Brotherhood of Arms. Awalnya, permainan ini memiliki visual dan alur permainan militeristik yang lebih realistis, tetapi ini berubah selama pengembangan sembilan tahun yang berlarut-larut. Team Fortress 2 yang telah selesai memiliki visual seperti kartun yang dipengaruhi oleh seni J. C. Leyendecker, Dean Cornwell, dan Norman Rockwell, dan menggunakan engine Source Valve.

        Team Fortress 2 adalah yang pertama dari permainan multipemain Valve yang memberikan statistik terperinci untuk pemain individu. Mereka termasuk: waktu yang dihabiskan untuk bermain di setiap kelas, poin terbanyak yang diperoleh, sebagian besar penguasaan atau tujuan yang dicapai dalam satu kehidupan, dan banyak hal lainnya. Statistik persisten memberi tahu pemain bagaimana dia meningkat sehubungan dengan statistik ini, seperti jika seorang pemain mendekati rekornya untuk kerusakan yang ditimbulkan dalam sebuah ronde

        Team Fortress 2 menerima pujian kritis karnea alur permainan, humor, dan penggunaan karakternya . Valve terus merilis konten baru dalam game ini melalui Steam Workshop. Pada bulan Juni 2011, game ini menjadi free to play, didukung oleh transaksi mikro untuk kosmetik dalam permainan. Meskipun permainan memiliki adegan kompetitif tidak resmi selama bertahun-tahun, baik dukungan untuk permainan melalui kompetitif resmi perjodohan peringkat dan pengalaman kasual yang dirombak ditambahkan pada Juli 2016.


Storyline

        Meskipun didalam game nya tidak ada mode permainan story mode atau single-player campaign, Alur cerita dari game ini di beberkan melalui Comic dan Video Promosi. Namun, secara umum alur cerita dari game ini, Sebuah tim terdiri dari tentara bayaran yang disewa oleh dua bersaudara yang berseteru untuk melindungi aset perusahaan milik satu saudara sambil mencoba menghancurkan milik saudara lainnya; tim dengan demikian diwakili oleh nama-nama perusahaan ini: Reliable Excavation & Demolition (RED) dan Builders League United (BLU). untuk storyline yang lengkap dapat di akses di sini




Main rule of the game

        Dalam Team Fortress 2, Pemain dapat memilih 2 team yang tersedia yaitu team blu dan red, kemudian untuk menyelesaikan objective dalam game pemain dapat memilih 1 dari 9 karakter yang tersedia, setiap karakter memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing. namun keseimbangan karakter pada 1 team diperlukan. oleh karena itu, pemain harus berkerjasama untuk memilih karakter dan menyelesaikan permainan. setiap karakter pada game ini dapat men-support setiap karakter lainnya. dapat disimpulkan game ini memiki banyak playstyle yang bisa dimainkan oleh pemain.


Character and class

        Team Fortress 2 menampilkan sembilan kelas yang dapat dimainkan, dikategorikan ke dalam peran "Offense", "Defense", dan "Support". Setiap kelas memiliki kekuatan dan kelemahan dan harus bekerja dengan kelas lain agar efisien, mendorong strategi dan kerja tim. Setiap kelas memiliki setidaknya tiga senjata: senjata utama yang unik, senjata sekunder yang umum atau unik, dan senjata jarak dekat yang unik.

  • Offense
Scout, dia adalah penggemar bisbol Amerika yang sombong dan berbicara cepat serta pelari jalanan dari Boston, Massachusetts. Memiliki karakter yang cepat, gesit, yang secara default dipersenjatai dengan scattergunpistol, dan tongkat baseball aluminium. Scout dapat melakukan lompatan ganda dan dihitung sebagai dua orang saat menguasai titik kontrol dan mendorong muatan. 
Soldier, adalah seorang militer Amerika jingoistic yang berasal dari Midwest. Soldier secara default dipersenjatai dengan peluncur roketsenapan, dan sekop lipat. Dia adalah kelas paling lambat kedua dalam permainan dan kelas dengan kesehatan tertinggi kedua (setelah Heavy Weapons Guy). Soldier dapat menggunakan peluncur roketnya untuk lompatan roket ke posisi yang lebih tinggi dengan mengorbankan kesehatan.
Pyro, adalah orang dengan jenis kelamin atau asal yang tidak diketahui, mengenakan setelan tahan api dan masker gas peredam suara. Secara default, Pyro dipersenjatai dengan penyembur api buatan sendiri yang dapat membakar pemain, senapan, dan kapak api. Penyembur api Pyro juga dapat menghasilkan ledakan udara terkompresi yang menghempaskan musuh dan proyektil di dekatnya, dan memadamkan rekan tim yang terbakar.


  • Defense
Demoman, adalah seorang Skotlandia berkulit hitampecandu alkohol bermata satu dari UllapoolSkotlandia. Dipersenjatai secara default dengan pelontar granatpelontar bom lengket, dan sebotol kaca scrumpy, Demoman dapat menggunakan bahan peledaknya untuk memberikan tembakan tidak langsung dan memasang perangkap
Heavy, adalah orang Rusia berbadan besar dari Pegunungan Dzhugdzhur Uni Soviet, bertubuh dan beraksen berat, serta terobsesi dengan daya tembak. Meskipun dia adalah kelas paling lambat, dia dapat mempertahankan dan memberikan kerusakan yang sangat besar. Senjata defaultnya terdiri dari minigun besar yang dia sebut sebagai "Sasha", senapan, dan tinjunya
Engineer, adalah "good ol' boy" Amerika, santai, dan intelektual dari Bee Cave, TexasEngineer dapat membangun struktur untuk mendukung timnya: sentry gun untuk mempertahankan poin-poin penting, dispenser kesehatan dan amunisi, dan sepasang modul teleporter (satu pintu masuk dan satu pintu keluar). Senjata default Engineer adalah senapan standar, pistol, dan kunci inggris yang dapat digunakan sebagai senjata jarak dekat atau untuk mempercepat pembangunan bangunan yang dibuat olehnya atau Engineer lain. Dia memiliki PDA terpisah yang harus digunakan untuk membangun dan menghancurkan bangunannya.

  • Support
Medic, adalah seorang dokter Jerman dari Stuttgart, Dia tidak memiliki senjata jarak jauh, tetapi dilengkapi dengan sebuah "Medigun" emitor yang dapat memulihkan kesehatan rekan satu tim yang terluka dan secara bertahap membuat tenaga "ÜberCharge" dengan penggunaan berulang. Pada kapasitas penuh, ÜberCharge memberikan peningkatan yang mencakup kekebalan sementara untuk Medic dan pasiennya dan peningkatan besar dalam kerusakan yang ditimbulkan oleh senjata pasien. Medic juga dilengkapi dengan syringe gun bertenaga udara dan bonesaw untuk situasi di mana dia harus bertarung tanpa perlindungan rekan satu timnya.


Sniper, dalah karakter eksentrik gaya ocker Selandia Baru yang dibesarkan di pedalaman Australia, dilengkapi secara default dengan Senapan runduk berbidik laser untuk menembak musuh dari jauh, dengan potensi menyebabkan kerusakan yang parah atau membunuh instan tergantung bagaimana dia membidik dan menembak. Secara default, dia juga membawa senapan mesin ringan dan kukri untuk pertempuran jarak dekat.


Spy, adalah seorang agen rahasia Prancis yang peralatannya dirancang untuk sembunyi-sembunyi dan infiltrasi, termasuk perangkat penyamaran yang disamarkan sebagai jam tangan, pencari ranjau elektronik yang digunakan untuk menyabot dan menghancurkan bangunan Engineer musuh, dan perangkat yang disembunyikan di kotak cerutunya yang memungkinkannya untuk menyamar. sebagai pemain musuh. Dia tidak membawa senjata jarak jauh, tetapi dipersenjatai dengan revolver dan pisau kupu-kupu, dapat menggunakannya nanti untuk langsung membunuh musuh dengan menusuk mereka dari belakang atau samping.



Gamemode

  • Attack/Defend adalah mode permainan berjangka waktu yang membuat tim BLU menguasai titik kontrol RED. Jumlah titik kontrol ini bervariasi dari satu peta ke peta lainnya, dan harus dikuasai oleh tim BLU dalam urutan masing-masing. Setelah titik kontrol dikuasai oleh tim BLU, poin tersebut tidak dapat dikuasai kembali oleh tim RED. Tugas tim RED adalah mencegah tim BLU menguasai semua titik kontrol sebelum batas waktu berakhir. Setelah satu titik dikuasai, batas waktu akan diperpanjang.





  • Capture the Flag adalah mode yang berputar di sekitar tim BLU dan RED mencoba untuk mencuri dan mengambil bendera tim lawan, direpresentasikan dalam permainan sebagai tas intelijen. Di saat yang sama, kedua tim harus mempertahankan intelijennya masing-masing. Ketika intelijen dijatuhkan oleh pengangkut entah sekarat atau dijatuhkan secara manual, itu akan tetap di tanah selama 1 menit sebelum kembali ke lokasi aslinya jika tidak diangkat lagi. intelijen hanya bisa dibawa oleh tim lawan. Tim pertama yang mengambil intelijen musuh tiga kali menang.


  • Control Points adalah mode permainan berjangka waktu di mana ada beberapa titik kontrol yang ditempatkan di sekitar peta, dengan total 3 atau 5 titik kontrol tergantung pada peta. Ini masing-masing disebut sebagai "3CP" dan "5CP". Agar tim bisa menang, mereka harus menguasai semua titik poin dalam batas waktu. Batas waktu diperpanjang pada penguasaan titik kontrol oleh salah satu tim. Permainan akan dimulai dengan hanya titik kontrol tengah yang tersedia untuk dikuasai, dengan titik kontrol lainnya milik tim masing-masing. Setelah titik kontrol tengah ini dikuasai, sebuah tim dapat mulai menguasai titik lain secara berurutan. Untuk menguasai titik kontrol, pemain harus berdiri di atasnya selama jangka waktu tertentu tanpa diganggu oleh anggota tim lawan. Proses ini dapat dipercepat oleh lebih banyak pemain dalam satu tim yang menguasai satu titik kontrol.



  • King of the Hill adalah mode permainan berjangka waktu yang berisi satu titik kontrol yang dapat dikuasai oleh RED dan BLU. Setelah menguasai titik kontrol, penghitung khusus tim mulai menghitung mundur dan berhenti setelah dikuasai oleh tim lawan. Tim pertama yang waktunya menghitung mundur menjadi 0 menang.


  • Payload adalah mode permainan berjangka waktu dimana tim BLU harus mendorong gerobak yang berisi bom besar di sepanjang lintasan, dengan tim RED mencegah gerobak mencapai markasnya. Peta muatan memiliki beberapa "checkpoint" di sepanjang lintasan. Setelah checkpoint ini dikuasai, mereka dapat mengubah ruang spawn tim agar lebih dekat ke checkpoint itu. Menguasai checkpoint juga akan menambah batas waktu. Untuk mendorong gerobak, tim BLU harus tetap berada dalam jangkauan gerobak, yang menambahkan darah terus menerus dan amunisi setiap beberapa detik. Mendorong menjadi tugas yang lebih mudah dengan lebih banyak pemain BLU mendorong gerobak, tetapi kecepatan tidak dapat ditingkatkan lebih jauh dengan lebih dari 3 pemain BLU mendorongnya. Jika gerobak tidak didorong oleh tim BLU selama 20 detik, itu akan mulai bergerak kembali ke checkpoint terakhir yang dikuasai di mana itu akan berhenti. Untuk mencegah gerobak didorong, tim RED juga harus berada dalam jangkauan gerobak. Tim RED menang dengan mencegah gerobak mencapai checkpoint terakhir dalam batas waktu.



Alternative gamemode

  • Arena adalah mode permainan khusus di mana pemain tidak respawn setelah mati. Sebuah tim bisa menang baik dengan mengeliminasi semua pemain lawan, atau dengan mengklaim satu titik penangkapan yang dibuka setelah waktu tertentu berlalu. Mode ini saat ini tidak tersedia melalui perjodohan, tetapi masih dapat diakses melalui server komunitas.
  • Mannpower adalah mode di mana pemain memiliki akses ke grappling hook dan berbagai macam power-up yang diletakkan di sekitar peta yang memberikan kemampuan unik. Meskipun tidak terikat pada mode tertentu, semua peta resmi Mannpower saat ini menggunakan variasi Capture the Flag. Dalam variasi Capture the Flag karya Mannpower, kedua tim memiliki bendera intelijen, dan tim pertama yang mengambil intelijen musuh sepuluh kali menang. Mode ini sangat terinspirasi oleh mod Quake, Threewave CTF, mod yang dibuat oleh mantan karyawan Valve David Kirsch.
  • Medieval Mode adalah mode di mana pemain dibatasi untuk menggunakan senjata jarak dekat dan pendukung, dengan pengecualian tertentu untuk senjata proyektil bertema abad pertengahan. Meskipun tidak terikat ke mode tertentu, satu-satunya peta Medieval Mode resmi menggunakan variasi 3CP dari Attack/Defend. Jika Mode Abad Pertengahan diaktifkan di peta, frasa pilihan yang diucapkan oleh pemain dalam obrolan teks dalam permainan akan diganti dengan varian yang lebih tematik, seperti "hello" diganti dengan "well meteth".
  • PASS Time adalah mode permainan berjangka waktu unik yang terinspirasi oleh rugby, yang dikembangkan oleh Valve, Bad Robot Interactive, dan Escalation Studios. Tiga tujuan unik (Run-In, Throw-In, dan Bonus Goals) ditempatkan di sisi peta masing-masing tim. Sebuah bola yang disebut JACK akan muncul di tengah peta, dan pemain harus mengambilnya dan membawanya ke sisi tim lawan. Pemain dapat mencetak gol dengan membawa JACK ke Run-In Goal atau dengan melempar JACK melalui Throw-In Goal. Tiga gol dapat dicetak dengan melemparkan JACK melalui Gol Bonus, yang jauh lebih sulit untuk dicetak. Untuk menang, sebuah tim harus mencetak lima gol, atau memiliki gol terbanyak ketika waktu habis.
  • Payload Race, seperti Payload, memiliki tujuan utama untuk mendorong gerobak ke checkpoint terakhir. Tidak seperti Payload, tim RED dan BLU berjuang untuk mendorong gerobak mereka ke checkpoint terakhir. Hanya ada satu checkpoint untuk setiap trek, dan tidak ada batasan waktu. Tim yang mencapai checkpoint mereka menang pertama.
  • Player Destruction adalah mode permainan buatan komunitas di mana kematian seorang pemain menyebabkan pickup muncul. Tim pertama yang mengumpulkan sejumlah pickup dan mengantarkannya ke titik penurunan memenangkan permainan. Para pemain di setiap tim dengan pickup paling banyak disorot untuk dilihat semua orang, dan mendapatkan efek penyembuhan pasif untuk diri mereka sendiri dan rekan satu tim terdekat.
  • Special Delivery adalah mode yang mirip dengan Capture the Flag, tetapi hanya ada satu koper netral yang dapat diambil baik oleh tim RED atau BLU. Setelah tim mengambil koper, tim lawan tidak akan dapat mengambil koper hingga koper tersebut dijatuhkan selama 45 detik dan muncul kembali sebagai koper netral. Sebuah tim menang dengan membawa koper ke platform pemuatan, yang akan naik secara bertahap, hingga platform mencapai puncaknya.
  • Territorial Control terdiri dari beberapa titik kontrol yang tersebar di satu peta. Seperti Control Points, setiap poin dapat dikuasai oleh tim RED atau BLU. Tidak seperti Control Points, hanya dua titik yang dapat diakses pada satu waktu, setelah tim berhasil menguasai satu titik, "tahapan" berakhir dan titik poin yang dapat diakses berubah. Ketika sebuah tim hanya memiliki kendali atas satu titik poin, mereka diblokir dari menguasai titik kendali tim lawan dan tim harus menunggu hingga batas waktu habis dan titik poin yang dapat diakses berubah. Sebuah tim menang dengan menguasai semua titik poin.


Weapon and Character Costumization

        Dalam Team Fortress 2, pemain dapat mengkostumisasi aksesoris serta weapon yang digunakan oleh karakter. aksesoris serta weapon dapat didapatkan oleh pemain melalui drop dimana pemain akan dapat item secara random setiap menyelesaikan permainan secara gratis. beberapa item hanya bisa didapatkan dengan cara membuka peti, trading, atau marketplace dimana tidak didapatkan secara gratis. Hal ini yang membuat game ini menjadi asik, dimana setiap weapon dari setiap karakter akan memiliki keunikan nya lagi (berbeda dengan stock weapon). oleh karena itu game ini, memiliki banyak playstyle dimana tidak hanya memilih karakter namun memilih weapon nya juga. aksesoris yang beragam juga membuat pemain lebih seru untuk ber-interaksi dengan pemain lain





Why is it one of the best game that valve ever created? 
  • Free to play and not pay to win
  • Face paced and Furious
  • Menjadi multiplayer game pertama yang dibuat oleh valve yang memberikan statistik terperinci untuk pemain individu. Seperti: waktu yang dihabiskan untuk bermain di setiap kelas, poin terbanyak yang diperoleh, penguasaan atau tujuan yang dicapai dalam permainan dan banyak hal lainnya. Statistik persisten memberi tahu pemain bagaimana dia meningkat sehubungan dengan statistik ini
  • Merupakan game FPS tactical namun memiliki unsur fantasy (playstyle and game design)
  • Memiliki 9 karakter yang masing-masing memiliki keunikan dalam cara memainkannya serta cerita dan misteri yang menarik
  • Memiliki komunitas yang luas mulai dari yang bermain secara serius (competitive) atau pun hanya bermain-main di dalam game nya
  • Memiliki market-place serta trading-place yang cukup luas
  • Merupakan salah satu game multiplayer yang memiliki banyak pemain
  • Memiliki seasonal event and gamemode yang di perbarui secara bekala
  • Memiliki sound design yang luar biasa, dimana setiap karakter memiliki suara keunikan masing-masing dan bisa terdengar oleh pemain lain
  • Memiliki berbagai macam playstyle, gamemode yang seru dan menarik
  • Memiliki humor in-game yang lucu dan seru (seperti taunt yang lucu, cosmetics yang unik, element dalam map yang lucu, beberapa item weapon yang lucu

Why is it fun to play?
  • Archiever
  1. Menyelesaikan semua achievement dalam permainan
  2. Memenangkan setiap permainan sebagai tim
  3. Mendapatkan limited item melalui temporary event
  4. Mengumpulkan semua collectable item
  5. Mengumpulkan semua trading card
  6. Mendapatkan mostkills dalam permainan
  7. Berhasil membuat rekor statistik pribadi ataupun dalam 1 permainan (most kill,most assist, most damage, most heal, most win, most play time, etc)
  • Explorer
  1. Mempelajari beragam map yang ada
  2. Mempelajari playstyle setiap character dan class
  3. Mempelajari berbagai gamemode yang ada
  4. Menemukan easter egg yang mereferensi storyline
  5. menemukan bug yang dapat menguntungkan untuk memenangkan game
  • Socializer
  1. Berinteraksi dengan pemain lainnya dengan taunt
  2. Melakukan trading item dengan pemain lainnya
  3. Bekerjasama dalam tim untuk membuat komposisi tim yang bagus
  4. Bekerjasama dalam tim untuk memenangkan permainan
  5. Melakukan meta-combo dengan anggota tim untuk memenangkan permainan
  6. Melakukan healing untuk anggota tim lain
  • Killer
  1. Mengalahkan tim lawan dalam permainan
  2. Membunuh lawan yang ada dalam permainan
  3. Membanggakan kemenangan meunggunakan taunt
  4. Merebut control points serta flag milik tim lawan
  5. Mengerjai tim teman supaya tidak bisa memenangkan permainan

Screenshots














Trailer video

Gameplay video

Link game

Created by: 
08411940000051 / Kumara Rafi Isandhia


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger