The Little Nightmares

Selasa, 04 Oktober 2022

 Game Review

Classification

Genre               Platform game, Adventure game, Survival horror, Adventure

Tema                : Puzzle Horror, Adventure

Release Date    : April 28, 2017

Developer        : Tarsier Studios, Engine Software

Publisher          : Bandai Namco

Platform           Microsoft Windows, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan Google Stadia

Rating               : 16+ 

Deskripsi Singkat

    Little Nightmares berlatar di dunia misterius, mengikuti perjalanan Six, seorang gadis kecil lapar yang harus melarikan diri dari Maw, sebuah kapal besi yang dihuni oleh makhluk-makhluk mengerikan dan bengkok.

    Game ini menerima ulasan positif setelah dirilis dengan para kritikus memuji suasana, grafik, dan suaranya sambil mengkritik sistem pos pemeriksaannya dan panjang yang pendek. Sebuah prekuel, Little Nightmares II, dirilis pada Februari 2021.

  Aturan Main

    Anda memulai permainan di tempat misterius dengan hanya korek api untuk digunakan. Little Nightmares adalah permainan antisipasi, melihat sekeliling dan melihat ke mana harus pergi selanjutnya. Anda maju melalui permainan melalui pos pemeriksaan, yang ditunjukkan oleh ikon mata di sudut kanan layar. Untuk menyelamatkan kemajuan Anda, Anda harus menyalakan lentera atau lilin, yang lokasinya ada di panduan ini. Patung adalah koleksi statis, sementara Nomes mungkin melibatkan proses yang rumit untuk melihatnya terlebih dahulu, kadang-kadang di beberapa lokasi, sebelum akhirnya bisa memeluknya. Panduan ini memberi Anda semua panduan yang dibutuhkan seseorang.

Alur

Kisah Little Nightmares dibuka dengan seorang gadis kecil berusia sembilan tahun bernama Six yang mengenakan jas hujan kuning cerah pada struktur kapal di ujung lautan yang disebut "The Maw."

  • Six sedang dalam misi untuk melarikan diri, dan dia memulai perjalanannya dengan menavigasi jalannya melalui dek terendah The Maw.
  • Dalam perjalanannya, dia menemukan makhluk kecil yang disebut "Nomes" yang berlarian bersembunyi dari "Tamu" dan monster aneh di atas The Maw.
  • Selama tahap awal permainan, Six menggunakan keterampilan memanjat, kecerdikan, dan korek api tak berujung untuk melarikan diri dari area yang disebut "Penjara" yang terletak jauh di dalam perut The Maw di mana lintah lumpur hitam jatuh dari langit-langit.
  • Saat Six terus bergerak maju melalui The Maw, dia akhirnya bertemu dengan monster berlengan panjang yang dikenal sebagai "The Janitor" yang buta, tetapi memiliki indera penciuman yang sangat mahir.
  • Setelah dia mengejar Six, dia akhirnya kehilangan dia dan datang ke sebuah ruangan di mana dia bertemu dengan Sistem Keamanan Mata pertamanya. Jika Six terlihat oleh Mata ini, dia langsung dibakar.
  • Karena itu, Six belajar menggunakan bayangan untuk melewati Watchful Eye, dan segera menemukan ada anak-anak lain di atas Kapal Maw yang disimpan di dalam sangkar.
  • Sementara beberapa dari anak-anak ini disimpan di dalam kandang, yang lain tampaknya memiliki kamar, diberi makan, dan memiliki mainan untuk dimainkan.
  • Selama pengalaman pertama pemain dengan Six dan rasa laparnya yang melumpuhkan, mereka melihat seorang anak bayangan melemparkan sepotong roti untuknya.
  • Menurut gambar yang ditemukan di berbagai ruangan dalam permainan, orang dapat menyimpulkan bahwa beberapa (jika tidak semua) dari anak-anak ini diculik dari rumah mereka dan dipenjara di atas Kapal The Maw.
  • Apa tujuan mengambil anak-anak ini? Sayangnya, tampaknya mereka diolah menjadi daging yang dimasak oleh Twin Chefs untuk dikonsumsi the Guests.
  • Hal ini semakin ditekankan dengan berbagai bodi yang dibungkus lembaran yang terlihat tergantung pada kait di langit-langit.
  • Selama pencariannya untuk melarikan diri dari The Maw, The Janitor akhirnya menangkap Six dan menguncinya di dalam sangkar.
  • Di sana, dia berhasil melarikan diri dari kandang dan berhadapan langsung dengan The Janitor dalam pengejaran yang membawa Six ke sebuah ruangan dengan pintu logam besar yang disangga oleh peti.
  • Karena pintu disangga terbuka oleh peti reyot, Six mulai menarik peti itu terpisah saat lengan "The Janitor" bergerak melalui pintu mencoba meraihnya.
  • Setelah peti ditarik terpisah, pintu besi itu terbanting menutup dan menyita kedua lengan "The Janitor".
  • Saat dia bergerak, Six menemukan sekelompok daging yang dibungkus (kemungkinan anak-anak) di The Kitchen. Di sinilah dia bertemu dengan Koki Kembar.
  • The Twin Chefs mencoba menangkapnya dan memasaknya dalam makanan yang disajikan kepada The Guests di atas Kapal The Maw.
  • Namun, Six menghindari Twin Chefs dan berjalan ke dek atas The Maw di mana dia menyaksikan The Guests naik ke kapal satu per satu.
  • Para Tamu ini mengunjungi The Maw untuk mengambil bagian dalam prasmanan tanpa akhir yang disajikan oleh seorang wanita misterius yang hanya dikenal sebagai "The Lady" yang menyerupai Geisha.
  • Melanjutkan pencariannya untuk melarikan diri dari The Maw, Six harus berlari melalui ruang makan yang penuh dengan Tamu yang rakus, yang semuanya mencoba menangkap Six untuk memakannya.
  • Setelah menyelinap melalui celah-celah di ujung ruang makan dan menghindari The Guests, Six menemukan dirinya di tempat tinggal The Lady.
  • Sayangnya, Six menderita serangan kelaparan lainnya dan akhirnya ditawari sosis dari Nome yang simpatik yang menyaksikan upayanya untuk melarikan diri.
  • Namun, dalam pergantian peristiwa yang mengejutkan, Six menolak sosis dan malah memutuskan untuk memakan Nome.
  • Karena The Lady menghindari cermin, belum pernah melihat bayangannya sendiri, dan lebih memilih untuk tetap berada dalam bayang-bayang, Six mengakui rencana untuk mengalahkan wanita itu.
  • Di perempat, Six menemukan cermin kecil dan melakukan yang terbaik untuk tetap dalam cahaya.
  • Akhirnya, Six menggunakan cermin untuk memaksa The Lady melihat bayangannya, yang menyebabkan The Lady menjadi lemah.
  • Dikalahkan, The Lady ambruk ke lantai tanpa bergerak dan dalam satu tindakan terakhir untuk menyembuhkan penyakit kelaparannya, Six melahap The Lady dan mengambil kekuatan The Lady.

Skenario

"Manifestasi dari pikiran seorang anak" Realitas panti asuhan adalah prospek yang menakutkan. Seorang petugas kebersihan yang menyeramkan berjalan-jalan, koki yang tidak menyenangkan menyajikan makanan yang meragukan, dan banjir tamu yang datang dan pergi, melahap apa yang tersisa dari harapan anak itu. Little Nightmares mungkin merupakan alegori pelecehan anak. Seorang anak yang kehilangan kepolosannya terlalu cepat seringkali bisa menjadi monster yang pernah melahap mereka. Little Nightmares menggambarkan ini sebagai bentuk kelaparan yang menjadi lebih merusak saat permainan berkembang. Pertama, dia makan roti, kemudian dia memangsa beberapa orang yang paling berbelas kasih kepadanya.

Kenapa Game ini Terbaik

  • Ini adalah platformer teka-teki horor
    • Meskipun narasinya memang memiliki kemiripan dengan game lain, bermain sebagai anak kecil dalam suasana yang tegang dan brutal, gameplay, desain seni, dan ketakutan yang terus-menerus terasa baru.
  • Kontrolnya sederhana dan gerakannya mudah
    • Kelancaran gerakan Six membuat seluruh permainan mengalir dengan mudah dan reaksi karena harus melesat atau meraih langkan datang secara alami.
  • Karakter utama Six adalah kekuatan pendorong Anda
    • Dia menjadi alasan Anda ingin memiliki kesabaran dan berusaha untuk melewati bab-bab sulit tanpa mati. Jeritan itu sulit didengarkan dan kematiannya menyiksa untuk ditonton.
  • Desain seninya indah
    • Dalam, bayangan dan tak henti-hentinya. Bahkan ketika Anda menyelesaikan tantangan dengan sukses, Anda akan terjerumus kembali ke dalam kesuraman yang siap menghadapi tantangan yang lebih sulit.
  • Sang Bogeyman
    • Setiap mimpi buruk membutuhkan bogeyman dan monster di Little Nightmares tidak mengecewakan ketika datang ke siput berlendir yang merayap keluar dari ember, kayu bersenjata panjang atau monster kuat yang meleleh, lumpur dan kuat yang bersembunyi di The Maw.
  • Pergerakan Kamera
    • Kamera bergerak seperti mata yang melayang dan melayang, menyaksikan peristiwa terungkap tetapi tidak dapat melakukan apa-apa tentang hal itu.
  • Atmosfer
    • Visual dan musik di Little Nightmares keduanya membantu berkontribusi pada suasana yang sangat menyeramkan. Ceritanya sendiri gelap, dan memiliki momen yang dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman.
  • Gameplay
    • Gameplay Little Nightmares tidak terlalu sulit, tetapi teka-teki memberikan tantangan yang cukup baik. Banyak gameplay melibatkan melarikan diri dari musuh atau bersembunyi dari mereka, tetapi ada teka-teki di antaranya yang terasa sangat memuaskan untuk diselesaikan.
  • Horror Style
    • Platformer sepertinya tidak cocok untuk membuat game horor. Tapi, Little nightmare adalah game yang tidak sepenuhnya horor, tetapi berhasil memiliki suasana dan cerita yang menyeramkan bahkan dengan gaya platformernya yang terbatas.
  • Ambience dan Sound design
    • Desain suaranya sama-sama luar biasa. Sebagian besar permainan tidak memiliki musik atau menggunakan suasana halus, yang menempatkan fokus pada suara lingkungan seperti langkah kaki, lantai berderit, bernapas, dan benda jatuh.

Fun Achiever

  • Six; Meskipun merupakan game horror, Karakter utama dari game ini adalah Six yang didesain kecil, imut, dan lucu menggunakan jas hujan berwarna kuning yang menjadi ciri khasnya dan membuatnya terlihat sangat imut
  • Nomes; side character imut yang berkeliaran di tiap tempat dalam game, dapat diajak berinteraksi (seperti menggandeng tangannya) dan bersifat malu-malu, saya senang ketika menemukan Nomes karena wujudnya yang lucu
  • Game Visual; salah satu yang membuat pemain kagum pada game ini adalah visual tempat yang indah dan detail serta memberikan kesan horror dan dibuat berbeda di tiap scene-nya
  • Latar dan Story; game ini tidak menjelaskan maupun menceritakan latar dan kondisi karakter sama sekali, pemain pelan-pelan diberitahu tentang kondisi dan cerita karakter melalui latar tempat dengan desain visual menarik yang pelan-pelan menjelaskan bahwa sebenarnya karakter sedang berada di mana dan menghadapi masalah apa
  • Color palette; saya senang karena warna dari game dapat menggambarkan suasana dan memberikan kesan horror pada game
  • Sound effect; karena game tidak memiliki dialog sama sekali, terdapat sound effect yang memberikan clue dan dapat menceritakan bahwa sebenarnya karakter sedang mengalami masalah apa dan sedang berada di mana. (misalnya sound effet yang samar samar menjelaskan bahwa karakter ternyata sedang berada di sebuah kapal besar)
  • Visual monster; visual monster dibuat menyeramkan dan menambahkan kesan horror pada game ini sehingga saya dapat merasakan keseraman dalam game ini
  • Saya senang ketika karakter Six dapat berinteraksi dengan mengangkat dan melempar barang-barang di sekitarnya
  • Saya senang mendengar suara pecahan ketika Six melempar barang pecah belah, contohnya ketika melempar patung The Lady yang merupakan barang koleksi di game ini
  • Saya senang mendengar suara Six ketika melahap makanan saat sedang lapar
  • Saya senang ketika melihat spot terang dalam game ini, karena latar pada game didesain horror dan gelap
  • Saya senang ketika menemukan tempat persembunyian dari musuh-musuh di game ini
  • Saya senang ketika dapat menggunakan alat penerangan (senter) dalam game ini karena mengurangi rasa takut
  • Saya senang ketika menemukan Shadow Six karena dapat mengetahui back story dari tokoh Six yang tidak dijelaskan di cerita utama pada gamenya

Fun Explorer

  • Easter Eggs; Dalam permainan Little Nightmares menyajikan easter egg di berbagai lokasi tersembunyi. Item yang paling umum adalah coretan yang dibuat oleh Nome yang menggambarkan peristiwa, rahasia, dan hal-hal lain yang terjadi di masa lalu.
  • Shadow Six; merupakan salah satu hidden mission yang harus dicari dan dikoleksi, sehingga membuat pemain dapat mengeksplor tempat-tempat tersembunyi
  • Patung Mother; patung mother adalah salah satu yang dapat dikoleksi di game ini dengan cara mengangkat dan memecahkan setiap menemukan patung tersebut.
  • Hidden Place; karena merupakan game puzzle adventure, latar tempat pada game ini dibuat sedetail mungkin, sehingga pemain dapat explore mengunjungi setiap tempat pada game ini, yang ternyata dapat mengarahkan pemain ke beberapa tempat rahasia
  • Saya merasa senang ketika dapat menyelesaikan teka-teki dan dapat melihat tempat selanjutnya

Fun Socializer

  • Menemukan hidden place; salah satu yang dibanggakan dari game puzzle ini adalah menemukan hidden place, sehingga dapat menemukan sebuah clue tambahan mengenai cerita misteri dari game ini.
  • Mengoleksi patung mother; karena latar tempat pada game ini dibuat detail, maka sebuah kebanggaan jika dapat menemukan posisi dimana patung mother berada dan dapat mengoleksinya
  • Melengkapi shadow six; salah satu keunikan dari game ini adalah puzzlenya, termasuk puzzle dari jalan cerita mengenai game ini. Shadow six merupakan salah satu collectable item yang harus dicari dan dieksplorasi, yang jika ditemukan akan menceritakan mengenai backstory tentang six. jadi sebuah kebanggaan jika dapat menemukan cerita tambahan mengenai six yang misterius.
  • saya merasa bangga ketika dapat mengalahkan monster pada game ini
  • saya merasa bangga ketika dapat menamatkan game quiz ini, karena menyelesaikannya susah dan perlu berpikir

Fun Killer

  • Six memakan nomes; seperti yang diketahui, six adalah sosok yang misterius dan mudah lapar, sedangkan Nomes adalah karakter yang seperjuangan dengan six, seiring membantu menemukan clue, dan innocent. Namun disuatu waktu, six merasa sangat kelaparan dan tidak bisa menahan diri dan memakan Nomes yang berada di dekatnya.
  • Membunuh the janitor; salah satu karakter pada game ini, dengan ciri khas memiliki tangan yang sangat panjang. Six berhasil mengalahkannya dengan memotong tangan the janitor dengan pintu lift.
  • Mengalahkan the twin chef; karakter yang sempat membuat bingung pemain, karena awalnya kedua chef tidak muncul secara bersamaan, sehingga akhirnya pemain mengetahui ternyata chef memiliki saudara kembar. six berhasil lolos dan mengalahkan the twin chef.
  • Lolos dari the guests; guests merupakan karakter tamu-tamu kapal yang gendut dan rakus, memakan semua yang berada di depannya, termasuk six yang melewatinya. Six berhasil melewati banyak sekali the guests meski hampir dimakan hidup-hidup.
  • The Lady; Antagonis utama The Residence. Seorang wanita tinggi bertopeng putih, dan juga berperan sebagai antagonis keseluruhan dari permainan utama. Merupakan tokoh yang dikalahkan six di akhir cerita, dengan story konspirasi yang dapat ditangkap bahwa the lady menggunakan topeng karena merasa tidak rupawan dan iri dengan kecantikan six, sehingga salah satu cara mengalahkannya adalah dengan menggunakan cermin.
  • Six membunuh semua penghuni yang berada di The Residence dan akhirnya keluar dari tempat itu. setelah mengalahkan The Lady, six mendapatkan kekuatan yang besar, dan menggunakannya untuk membunuh semua penghuni. Ending game ini membuat pemain merasa tercengang dan berpikir kembali sebenarnya yang merupakan antagonis dari game ini siapa? apakah sebenarnya six yang antagonis sehingga ingin ditangkap oleh semua karakter tadi?

Screenshot

Gameplay Video


Trailer Video

Link Game

Created By : 

Netania Olivia Anggraawan - 08411940000004



Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger