Delicious (Game Series)

Minggu, 25 September 2016


Delicious adalah game yang berseri yang dibuat oleh Zylom Studios dan dilanjutkan oleh Gamehouse Studios. Delicious mulai dibuat pada tahun 2005 dan diluncurkan pada tahun 2006. Delicious telah memiliki 13 seri dari tahun 2006 sampai 2016. 3 seri awal dibuat oleh Zylom Studios tetapi rating yang didapatkan rendah yaitu 3,5 dari 5 bintang dari keseluruhan review. Kemudian Zylom Studios mulai memperbarui ulang "renew" seri keempat nya agar cerita dari setiap seri terlihat lebih natural dan terurut. Tetapi rating yang didapat masih rendah, sehingga pada seri ketujuh, Delicious diambil alih oleh Gamehouse Studios. Dari sinilah, rating yang didapatkan oleh Delicios semakin meningkat bahkan mendapatkan rating yang maksimum yaitu 5 dari 5 bintang. Sejak seri ketujuh tersebut, Delicious semakin terkenal di dunia game khususnya management game yang masuk kedalam casual genre game. 

Seri pada permainan Delicious adalah :
1. The Winter Edition
2. Second game 
3. Emily's Tea Garden
4. Emily's Taste of Fame
5. Delicious: Emily's Holiday Season
6. Delicious: Emily's Childhood Memories
7. Delicious: Emily's True Love
8. Delicious: Emily's Wonder Wedding
9. Delicious: Emily's Honeymoon Cruise
10. Delicious: Emily's New Beginning
11. Delicious: Emily's Home Sweet Home
12. Delicious: Emily's Hopes and Fears
13. Delicious: Emily's Message in a Bottle (2016)

Pada permainan Delicious menceritakan tentang seorang karakter yaitu Emily, seorang pelayan yang bercita-cita suatu hari nanti memiliki restoran nya sendiri dan Emily bekerja dibeberapa restoran untuk menabung demi mencapai cita-citanya.
Permainan Delicious dibuat untuk permainan desktop yang dapat dimainkan minimal Pentium IV. Tetapi sejak seri kelima, ada beberapa mini seri tambahan yang dapat diunduh dan dimainkan pada mobile game dengan platform Android dan iOS.


ATURAN MAIN

Permainan Delicious mudah sekali untuk dimainkan dengan memenangkan tiap level nya pada setiap seri tetapi untuk mendapatkan tropi dan koleksi di dalam permainan sangatlah sulit. Permainan membutuhkan kecepatan tangan dan konsentrasi dalam menyelesaikan misi nya.
Delicious memiliki 6 gameplay, yaitu :
1.         Melayani pesanan
Ada beberapa tipe pesanan yang dipesan oleh pelanggan yaitu :
a.         Pesanan yang siap diberikan kepada pelanggan dan tidak ada kapasitas barang (tidak perlu memasak atau penyetokan ulang) pada pesanan tersebut dan dapat diberikan kapanpun pelanggan meminta pesanan tersebut. Misalnya, kue, permen, bola, dan topi.
b.         Pesanan yang dikombinasikan dan harus melakukan penyetokan ulang ketika kapasitas barang telah habis di tempat nya. Misalnya, es krim dengan rasa yang berbeda-beda.
c.          Pesanan yang harus dimasak terlebih dahulu dan proses memasak tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga pelanggan akan sedikit demi sedikit akan kehilangan kesabaran. Misalnya, daging bakar, ikan bakar, dan pizza.
d.         Pesanan yang harus menanam terlebih dahulu kemudian dilakukan penyetokan ulang kedalam tempat yang disediakan dan ketika akan diberikan kepada pelanggan harus dilakukan kombinasi dengan barang yang tersedia sebelumnya. Misalnya, teh dengan daun mint atau daun raspberry.
Ketika pelanggan datang dan menampilkan pesanan di layar permainan, Emily diharuskan menyiapkan pesanan tersebut dengan mengklik barang-barang yang dibutuhkan. Apabila Emily salah mengambil barang maka barang tersebut dapat dicoret dari menu pesanan. Kemudian, pesanan yang tampil pada menu pesanan diberikan kepada pelanggan dengan mengklik pelanggan tersebut dan pelanggan akan menuju kasir untuk membayar. Emily akan menerima uang ketika mengklik mesin kasir. 
2.         Membersihkan meja makan
Selain melayani pesanan, Emily harus membersihkan meja makan setelah digunakan oleh pelanggan yang datang. Pada beberapa level yang tinggi dan Emily memiliki banyak tabungan uang, maka Emily dapat menyewa tukang bersih-bersih sehingga Emily cukup melayani pelanggan saja tanpa harus membersihkan meja makan yang telah dipakai.
Ketika pelanggan meninggalkan meja maka, Emily harus mengklik meja makan tersebut dan mulai membersihkan meja tersebut.
3.         Penghibur
Ketika pelanggan menunggu cukup lama pesanan yang belum diantar oleh Emily maka sedikit demi sedikit pelanggan akan marah dengan menampilkan wajah pelanggan yang merah. Ketika pelanggan marah dan pesanan masih belum diantar maka mereka akan meninggalkan restoran dan mengurangi uang yang ada tabungan Emily. Untuk menghindari pelanggan yang meninggalkan tempat maka Emily harus menyewa penghibur ketika pelanggan marah dan berangsur-angsur pelanggan akan senang kembali.
Ketika wajah pelanggan berwarna merah, karakter penghibur diklik dan diarahkan ke pelanggan yang marah.
4.         Dekorasi
Selain penghibur yang dapat menghilangkan emosi dari pelanggan, dekorasi yang cantik akan memberikan tips, tingkat kesenangan yang lebih lama, mendatangkan lebih banyak pelanggan.
Menu dekorasi mengharuskan Emily memiliki cukup banyak tabungan untuk membeli bahan-bahan dekorasi.
5.         Mouse mini-game dan easter eggs.
Selain permainan standar diatas terdapat misi tambahan untuk menambah tabungan Emily untuk menyewa tukang bersih-bersih, penghibur dan dekorasi. Misi tersebut adalah mouse mini-game dan easter eggs. Ketika permainan dimulai, maka secara random maka akan ada tikus atau telur yang akan muncul di tengah permainan dan mengharuskan Emily mengklik tikus atau telur tersebut agar mendapatkan uang tambahan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena selain konsentrasi pada pesanan pelanggan, Emily harus berkonsentrasi menemukan tikus dan telur.
6.         Reservasi dan Pilihan menu.
Pelanggan dapat melakukan reservasi sebelum datang ke restoran dan mengharuskan Emily menyiapkan tempat reservasi. Apabila ketika pelanggan telah reservasi tetapi meja reservasi tidak ada maka pelanggan akan marah dan pergi meninggalkan restoran. Selain itu, pada seri terbaru terdapat pilihan menu yang akan menentukan tips yang akan didapatkan nanti dan tingkat kesenangan yang berbeda-beda ketika pesanan tersebut disenangi oleh pelanggan.

KLASIFIKASI GAME
Genre : Casual Game
Subgenre : Time Management Game
Theme : Cooking, Drama
ESRB Rating : Everyone

IN GAME SCREENSHOT
Antarmuka untuk memilih level
Antarmuka untuk membuat pesanan pelanggan
Menyelesaikan misi mencari tikus
Antarmuka ketika pelanggan membayar di kasir

MENGAPA GAME INI TERBAIK?

Delicious (Game Series) adalah permainan casual game yang standar seperti dinner dash atau cooking dash. Tetapi berbeda dengan casual game yang lain, Delicious memiliki cerita di setiap seri nya dan seri tersebut berurutan. Sehingga ketika tamat pada seri yang dimainkan, maka pemain akan dibuat penasaran dengan seri selanjutnya yang merupakan terusan dari seri sebelumnya. Desain animasi yang ditampilkan sangat menarik dan dinamis. Karakter-karakternya memiliki watak dan peran yang berbeda-beda layaknya sebuah sinetron seri. Selain itu, misi tambahan-tambahan yang disediakan akan menjadi tantangan tersendiri untuk memenangkan semua tropi yang ada di permainan. Kemudian, pada dua seri terbaru, kita dapat menjadikan memori atau foto-foto pada permainan menjadi wallpaper desktop secara offline. Bagi pemain yang suka dengan permainan dengan kecepatan tangan, Delicious (Game Series) wajib dicoba.

VIDEO TRAILER

Nama : Fony Revindasari
NRP : 5115201014

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger