Counter Strike 2

Selasa, 30 April 2024

COUNTER STRIKE 2 | Game Review


    KLASIFIKASI GAME
        Genre : Tactical first-person shooter
        Mode : Multiplayer
        Rating : Mostly Positive (Steam)
        Platform : PC

    DESKRIPSI
    Counter-Strike 2 adalah game multiplayer tactical first-person shooter pada tahun 2023    yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve. Ini merupakan installment ke lima dari seri    Counter-Strike. Counter-Strike 2 merupakan update dari entri sebelumnya, Counter-Strike :    Global Offensive (2012). diumumkan pada 22 Maret 2023, dan dirilis pada 27 September    2023, untuk Windows dan Linux, menggantikan Global Offensive di Steam.

    Seperti pendahulunya, game ini mengadu antar dua tim, Counter-Terrorists dan Terrorists, melawan satu sama lain dalam objective-based game modes. Counter-Strike 2 juga memberikan peningkatan dari game sebelumnya, CS:GO. mulai dari penggunaan engine Source 2, grafis yang lebih bagus, Tick rate, New physics, dan perombakan maps.

    ATURAN MAIN
       Counter-Strike 2 tidak berbeda jauh dari entri sebelumnya, CS:GO. Game dimainkan oleh 5 player antar 2 tim, Counter-Terrorists dan Terrorists. Tujuan utama dari Terrorists adalah meledakan bomb side/Menjaga hostages (hanya di 1 map) sedangkan Counter-Terrorists harus menjaga bomb side agar tidak diledakan atau menyelematkan hostages (hanya di 1 map).

        Counter-Strike 2 masih menggunakan Round-based gameplay yang memiliki total sebanyak 24 rounds setiap match dengan tim pertama yang berhasil mendapatkan 13 kemenangan menjadi pemenang di match tersebut. namun, jika 2 tim berhasil seimbang 12-12 maka akan dilakukan overtime sebanyak 6 rounds dan jika masih seimbang 15-15 maka match dinyatakan draw.

    SKENARIO PERMAINAN
        I. Premier
            Premier adalah mode permainan utama Counter-Strike 2. Ini adalah pertandingan kompetitif 5v5 yang menjadi terkenal di CS:GO, dengan fase pick/ban untuk peta, dan sistem ELO untuk menunjukkan bagaimana Anda melawan pemain lain.

        II. Competitive
            Competitive mode dilengkapi dengan aturan yang ditetapkan oleh pengembang yang seharusnya meniru kondisi permainan turnamen antar profesional di kehidupan nyata. Mode ini adalah ronde pertama hingga 13, dengan skor 12-12 berakhir imbang. Friendly Fire diaktifkan, dan perekonomian hadir seperti di CS:GO.

        III. Casual
            Casual mirip dengan mode Competitive dalam beberapa hal: masih ada dua tim, satu menyerang lokasi bom dan yang lainnya bertahan. Perbedaan utama di sini adalah 10v10, dan perekonomiannya sedikit berbeda. Anda juga akan mendapatkan killcam dan bisa menyaksikan siapa pun, termasuk musuh.

        IV. Deathmatch
            Gamemode permainan FPS klasik yang tidak pernah ketinggalan zaman, Deathmatch adalah pengalaman FPS klasik. Di CS, ini sebagian besar digunakan untuk pemanasan dan memeriksa skin baru Anda.

            Anda akan ditempatkan dalam pertandingan yang berlangsung 10 menit, dan semua senjata gratis. Semua pemain dilengkapi dengan pelindung kepala dan tubuh. Pembunuhan dengan senjata bernilai 11 poin, kecuali Anda memiliki senjata bonus, yang akan memberi Anda tambahan 5 poin per pembunuhan.

Pemain dengan poin terbanyak di akhir pertandingan dinobatkan sebagai pemenang.

        IV. Workshop
        Workshop adalah tempat segala sesuatunya dilakukan. Di sini, Anda dapat berlangganan maps buatan komunitas dan memainkan permainan khusus Anda sendiri di maps tersebut.

        Ini termasuk maps versi lama dari CS:GO, maps Call of Duty yang diremake seperti Raid, atau peta latihan seperti Recoil Master dan aim_botz.

    ALASAN GAME TERBAIK BAGI SAYA
        Saya sendiri merupakan player yang sangat bermain kompetitif, fun, dan enjoyable. Counter-Strike 2 ini sangat memenuhi kebutuhan tersebut. selain itu, game ini juga melatih meningkatkan self skill yang dibutuhkan di kehidupan nyata, seperti communication skill, kesabaran, critical thinking, situation assessment, mentality, keterampilan motorik, dan emotional management.

        dari segi kompetitif, saya memiliki tekad untuk memenangkan game, menjadi pemain yang dikenal banyak orang, dan pemain terbaik. lalu bagaimana saya bisa mencapai itu? 

        I. Teamwork
            Dibutuhkan teamwork yang  bagus. komunikasi menjadi salah satu hal krusial dalam teamwork, tanpa komunikasi yang bagus maka akan sangat sulit menyatukan pemikiran dalam menyusun strategi agar bisa memenangkan game tersebut. disini communication skill saya dipakai

        II. Strategy
            Saya dipercaya oleh teman-teman saya untuk menjadi IGL (In Game leader). dalam role tersebut, saya dipaksa untuk membaca taktik lawan dan menyusun strategi bagaimana cara mengcounter taktik lawan atau strategi untuk menyerang taktik lawan. disini critical thinking, situation assessment, dan communication skill saya dipakai.

        III. Gamesense
            Gamesense juga diperlukan dalam Counter-Strike. Gamesense membantu player untuk menebak posisi lawan dan juga positioning yang baik untuk menguntungkan player dalam duel. disini critical thinking, kesabaran, situation assessment, mentality, keterampilan motorik dan emotional management dipakai.

    DIMANA FUN NYA?
        Walaupun game ini cenderung ke arah kompetitif, namun game ini juga bisa menjadi fun, seperti bermain bareng teman, workshop, community server, dll. disini saya akan menilai fun nya menggunakan bartle taxonomy.

        I. Achievers
  1. Player dapat berlomba untuk mendapatkan rating tertinggi sehingga namanya di display pada leaderboard dan satu dunia bisa tahu bahwa player tersebut adalah pemain top global.

  2. Player bisa mendapatkan reward jika naik level. reward bisa berupa skin senjata maupun case yang berfungsi untuk mendapatkan skin senjata. untuk reward ini sangat menguntungkan bagi player yang membutuhkan steam wallet karena skin atau case tersebut dapat dijual di steam market. player tinggal bermain dan naik level seminggu sekali untuk mendapatkan weekly drop reward
  3. Player bisa mendapatkan gelar MVP setiap round jika memberikan impact besar dan memenangkan round tersebut. 

  4. Player bisa mendapatkan skin atau sticker melalui case atau capsule (gacha). skin dan sticker tersebut dapat dijual dengan harga mengikuti market bahkan bisa menjualnya dengan harga yang fantastis. selain dapat dijual dan mendapatkan uang, skin pun bisa menjadi alat untuk flexing dan meningkatkan kepercayaan diri si player tersebut. 

  5. Player dapat mengumpulkan badge untuk meramaikan profile in game dengan cara menaikan level menjadi 40 lalu di claim setelah itu level akan mengulang dari level 1 dan player dapat mengrinding kembali untuk menaikan level badge tersebut. 
        II. Explorer
  1. Player dapat bereksperimen untuk mencari lineup smoke, flash, granade, dan molotov untuk mempermudahkan dalam bermain. 

  2. Player dapat mencari dan mencoba custom crosshair, view models, hud, dan sensitivity yang sekiranya dapat membantu player tersebut. 

  3. Player dapat mencari peek angle yang dapat menguntungkan player

  4. Player dapat mempelajari dan menghafal pola bermain dan callout pada suatu maps sehingga memudahkan untuk melakukan rotasi maupun attacking dan juga berkomunikasi saat bermain. 

  5. Player dapat mencari strategi bermain yang unik bersama teman teman disaat waktu luang. 

        III. Socializer
  1. Pada game terdapat key bind untuk menggunakan mic agar memudahkan berkomunikasi. 

  2. Terdapat fitur invite friends atau party, sehingga dapat bermain bersama teman teman. 

  3. Terdapat in game chat sehingga bisa mengobrol dengan musuh. 

        IV. Killers
  1. Masih terdapat cheaters yang merusak competitiveness di game. 

  2. Player dapat meluapkan emosi nya melalui chat. 

  3. Player dapat meluapkan emosi nya dengan cara menghabisi musuh dan mendapatkan reward display kill feed yang unik. 

  4. Player dapat membunuh musuh menggunakan pisau, zeus, dan utillity untuk merusak mental musuh. 

    SCREENSHOT

Hud In game

Lobby

Match started

Bomb exploded

Winning atau losing match

Map pick


    LAUNCH TRAILER



    GAMEPLAY



    LINK GAME



    WRITTEN BY
Shofwananda Vinci Haryanto
5028201076
(ppg2024)

      Share this article :

      0 komentar :

      Speak up your mind

      Tell us what you're thinking... !

       
      Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
      Proudly powered by Blogger