Inscryption

Selasa, 30 April 2024

INSCRYPTION | Game Review

 

GAME OVERVIEW
Genre        : Card Game, Deckbuilding, Roguelite
Tema         : Horror, Psychological Horror
Developer    : Daniel Mullins Games
Publisher    : Devolver Digital
Rating       : ESRB Mature 17+ (Kekerasan, Darah, dan Bahasa Kasar)
Tanggal Rilis: 19 Oct, 2021 (PC)
Platform     : PC, Xbox One & Series X, Playstation 4 & 5
Website      : InscryptionDaniel Mullins Games

INSCRYPTION merupakan  indie game yang menggabungkan strategi, horror, permainan kartu dan escape-room puzzle yang dikemas dalam cerita yang  penuh dengan tragedi, pengkianatan, dan konspirasi. Game ini akan membawa pemain ke dalam kabin dalam hutan dan bersama Leshy, pemain akan ditantang dalam pertarungan hewan melalui kartu. Dengan koleksi kartu yang berisi hewan liar dan tupai, pemain dipaksa untuk membuat tumbal, mutilasi, menmbahkan sigil dan melakukan eksperimen terhadap hewan-hewan liar yang anda koleksi dalam deck anda.


    Inscryption bukan hanya sekedar game kartu yang berada dalam settingan horror. Dari pencipta Pony Island dan The Hex, Daniel Mullins memberikan perlakuan yang sama dalam Inscryption, terutama dalam metode penyampaian ceritanya. Inscryption menyampaikan cerita utamanya melalui permainan kartu yang dimainkan bersama Scrybe pada sebuah game berjudul "Inscryption". Pada permainan ini, pemain terperangkap dalam sebuah kabin dan mencari jalan keluar dengan berinteraksi dengan lingkungannya. Selain metode penyampaian cerita yang sering dijumpai dalam game pada umumya, Inscryption berisi dengan puzzle yang perlu diselesaikan menggunakan metode pemecah sandi. Dengan mengotak-atik file image dan screen resolution pada settings, Inscryption menyampaikan sebuah cerita baru yang tersembunyi dan hanya dapat ditemukan bagi mereka yang mencintai rahasia, puzzle, dan kriptografi.

STORY
    Inscryption menceritakan 3 cerita yang diceritakan melalui permainan, cinematics, dan Alternate Reality Game (ARG). Pada cerita utama yang diceritakan melalui game Inscryption sebagian besar dari game ini (Act 2 & 3) tidak ditunjukan dalam media seperti trailer, promotional art, bahkan deskripsi pada halaman website. Dengan demikian akan diberikan SPOILER WARNING sebelum memasuki wilayah story.

STORY 1 (INSCRYPTION)
    Pada Act 1, pemain berada pada posisi seorang kolektor kartu dan influencer bernama Luke Carder. Pemain kemudian berada pada point of view Luke ketika game dengan judul Inscryption muncul pada layar Luke. Pemain tidak bisa memilih New Game dan harus memilih Continue untuk memulai game. Pemain kemudian butuh bermain kartu dengan lawan anda bernama Leshy yang mengunci anda di dalam sebuah kabin. Pemain dapat berinteraksi dengan lingkungan untuk kemudian melawan Leshy dalam permainannya sendiri. Pemain kemudian dijumpai oleh lingkungan baru pada tiap babak dan melawan tiap Boss untuk menyelesaikan siklus permainan Inscryption.

STORY 2 (Luke Carder)
    Pada tiap event atau milestone, pemain akan diinterupsi dengan sebuah rekaman seorang kolektor dan influencer bernama Luke Carder. Luke menemukan sebuah floppy disk yang berisi game berjudul "INSCRYPTION". game ini mampu memnipulasi komputer dan Luke untuk menyebarkan sebuah kode yang berbahaya yang disebut "OLD_DATA". Apakah Luke berhasil mencegah "INSCRYPTION" menyebar dalam bentuk video game? Atau sesuatu mencegah Luke dalam keberhasilannya?

STORY 3 (Karnöffel Code)
    Karnöffel Code diceritakan pada aspek alternate reality game dalam Inscryption. Karnöffel Code menceritakan algoritma dengan kekuatan supernatural yang ditemukan pada jasad Adolf Hitler yang kemudian disimpan dalam sebuah floppy disk. Dari algoritma ini, dikembangkan sebuah penjara penampung dengan kedok game bernama "INSCRYPTION".

Screenshot Gameplay Inscryption

Aturan Main

Kartu
    Kartu merupakan komponen utama dari Inscryption. Kartu dalam Inscryption berisi nama makhluk, foto atau ilustrasi, nyawa (health), kekuatan (Attack), kemampuan (sigil) ,dan harga (cost). Tiap makhluk memiliki kombinasi yang berbeda dengan ilustrasi yang berbeda. Tiap kartu juga memiliki efek yang berbeda yang dapat membantu atau merusak strategi permainan. Efek ini berpengaruh di dalam permainan kartu maupun lingkungan pemain. Kartu dapat diperoleh dari berbagai macam cara, mulai dari random encounter hingga perjanjian dengan sebuah iblis.

Pengorbanan
    Pengorbanan adalah kunci dari permainan. Dalam permainan ini, kartu dapat dikorbankan untuk berbagai alasan. Pengorbanan yang dilakukan oleh pemain bukan hanya dalam bentuk kartu. Pemain dapat mengorbankan barang, energi, dan bahkan bagian tubuh dan nyawa. Pengorbanan juga merupakan kunci utama dalam menemukan rahasia-rahasia yang tertanam dalam game ini.

Event / Encounter
    Dalam Inscryption, pemain akan menemukan sebuah lokasi, kejadian, maupun keanehan yang disajikan dalam bentuk event atau encounter. Dalam perjalannya, pemin akan melawan makhluk-makhluk dalam kartu, menyelesaikan konflik dan puzzle, bertemu karakter yang misterius, hingga melawan musuh-musih yang unik. Salah satu pertemuan yang dicari adalah Boss encounter. Pertemuan ini mengenalkan pemain pada boss-boss game dengan aturan mainnya sendiri, mulai dari mengambil kartu yang anda mainkan, hingga menghapus file pada komputer anda. 

Apa yang Membuat Inscryption Menyenangkan

For The Achiever
  1. Inscryption memberikan milestone untuk tiap progress yang dialami oleh pemain dengaan bentuk item, rare card, totems, dan video rahasia.
  2. Terdapat Hall of Fame bagi pemain yang telah melawan boss pada babak pertama.
  3. Terdapat banyak achievement dan hidden achievement yang menghadiahkan pemain dengan petunjuk dan bagian cerita yang terpecah.
  4. Terdapat almanac yang merujuk pemain untuk mencari semua kartu dan mendapatkan title : card collector.
  5. Inscryption menyajikan permainan yang menghibur panca indra. Dari visual yang unik, dengan visual pixel-esque 3D dan 2D hingga musik yang membuat pemain menangis, merinding, dan hype. Inscryption meningkatkan emersi pemain dalam permainan kartu ini.
For The Explorer
  1. Inscryption menghadiahkan pemain yang penasaran. tiap click, button press, dan kartu memiliki rahasianya tersendiri.
  2. Penyelesaian puzzle dalam Inscryption berubah tiap run sehingga tiap pengulangan dan kekalahan membuka kesempatan baru.
  3. Rahasia-rahasia dari game perlu di eksplorasi secara menyeluruh mulai dari area permainan, hingga opsi, menu, dan settings memiliki rahasia.
  4. Inscryption menjaga kesegaran permainan dengan mengenalkan lingkungan baru setiap babak.
  5. Inscryption tidak hanya terbatas pada software dan videogame. Pemain akan mengenal dan belajar kriptografi serta memecahkan sandi di dunia nyata untuk mencari petujuk dan menemukan rahasia-rahasia dari game ini
  6. Tiap mekanik menganjurkan pemain untuk melakukan eksperimen dengan kartu dan deck yaang diberikan. Dengan berbagai kombinasi antara item, deck, cost, dan scenaario, Inscryption membuka berbagai cara untuk mengatasi pertarungan dan menyelesaikan puzzle.
  7. Terdapat mekanik membuat kartu sendiri sehingga pemain dapat mengeksplorasi jenis kartu yang dapat digunakan.
  8. Terdapat berbagai cara untuk membuat deck. Apakah deck anda dibuat berdasarkan pengorbanan? Apakah dibuat dari tulang makhluk yang anda korbankan? Atau metode lain seperti energi dan sihir?
  9. Cerita dari Inscryption terpendam jauh di dalam mekanik game dan aturan main game. Hanya mereka yang berani mengotak-atik komponen dari game yang bisa mengungkap cerita dibalik Inscryption
For The Socializer
  1. Dalam perjalanan pemain, pemain ditemani oleh beberapa karakter. pemain dapat berinteraksi dialog pada tiap karakter dan menemukan latar belakang karakter tersebut.
  2. Mengenal dan mengungkap tiap cerita baik yang terlihat maupun tersembunyi dari dunia Inscryption memungkinkan tumbuhnya perasaan simpati pada kartu yang pemain korbankan dan musuh yang pemain kalahkan.
  3. Adanya komunitas yang saling diskusi mengenai lore dan cerita Inscryption secara menyeluruh, mengajukan pemain untuk berdiskusi dengan pemain lain.
  4. Adanya alternate reality game (ARG) di dalam Inscryption menghubungkan pemain-pemain dan komunitas pemecah kode di dunia nyata untuk menyelesaikan ARG Inscryption.
  5. Pemain dapat membuat kartu yang kemudian dapat digunakan oleh pemain lain. Kartu yang dibuat akan digunakan oleh pemain lain dalam pertarungan melawan boss. Apakah anda membuat kartu yang bagus untuk membantu mereka? Atau kartu yang akan membuat pemain lain kewalahan?
For The Killer
  1. Setiap karakter memacu jiwa kompetitif untuk melawan karakter tersebut.
  2. Setiap boss memiliki mekanik berbeda, sehingga mempelajari mekanik dari tiap boss dan mengalahkan tiap boss terasa fresh dan satisfying.
  3. Dalam, setiap pertarungan kartu lawan dari pemain selalu curang dan tidak mematuhi aturan sehingga perasaan ketika mengalahkan lawan selalu menyenangkan.
  4. Terdapat mekanik endless mode yang menantang pemain untuk menapatkan skor terbanyak atau mengalahkan tantangan yang mustahil.
  5. Inscryption selalu mencoba untuk menempatkan pemain pada posisi semula sehingga pemain harus mencari cara untuk mengalahkan Inscryption, dan bukan hanya permainan di dalamnya.



Mengapa Inscryption Merupakan Game Terbaik
    Inscryption secara intinya merupakan game yang mendobrak batasan media video game pada umumnya. Inscryption mengemas tiga game dalam satu permainan dengan penyampaian yang unik, menarik, dan memacu pola pikir. Setiap karakter, video, mekanik, dan "glitch" serta text yang muncul dalam video game ini memiliki makna, makna untuk progress dalam game maupun dalam pemecahan kode. Dibalik cerita besar dari Inscryption, terdapat pesan dari Daniel Mullins (developer) mengenai keluh kesah seorang seniman. Dari karakter seperti Leshy yang terperangkap dalam kesuksesan game pertmanya, Magnificus yang selalu gagal dalam mengembangkan game-nya, Grimora yang bertingkah seperti developer yang selalu merasa paling benar, dan P03 yang arogan dan selalu mengira pemain game-nya adalah orang bodoh.

Aspek Tersembunyi dari Inscryption (Inscryption ARG)

Petunjuk ARG Inscryption dalam Game
    Alternate reality game (ARG) merupakan permainan misteri yang dimainkan pada dunia nyata. permainan ini umumnya berisi dengan aktivitas seperti menyelesaikan puzzle, memecahkan sandi, bahkan ekpedisi ke suatu lokasi di dunia nyata untuk mencari petunjuk. Inscryption pada intinya merupakan game puzzle dan misteri, maka tidak heran bahwa video game ini tidak hanya membawa unsur nyata ke dalam game, namun membawa unsur game ke dalam dunia nyata. Sekilasnya, game ini memberikan petunjuk untuk memecahkan sandi yang dapat mengungkap cerita tentang "INSCRYPTION" dan "Karnöffel Code". pemain ARG Inscryption terdiri dari komunitas pemecah misteri dan gamer yang tertarik dalam puzzle serta kode dalam game. pemain ARG ini berkerja sama melalui sosial media seperti RedditFandom, maupun Discord. Pemain mencari petunjuk melalui rahasia-rahasia dalam game dan pada source code game. Permainan ini berujung pada pemecahan sandi dan sejarah dari permainan kartu serta konspirasi mengenai kematian Adolf Hitler. Setelah misteri ini terpecahkan, pemain menemukan sebuah kode yang dapat mengubah versi game menjadi sebuah endless rouguelike yang kemudian dirilis oleh Daniel Mullins (Developer) dalam nama Kaycee's Mod.






Written by : Mohammad Rafli Aditya Moravi (5007201162)







Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger