Fallout:
New Vegas
Genre: Action RPG
Developer: Obisidian Entertainment
Publisher: Bethesda Softworks
Tema:
Post-Apocalyptic/Pasca-Apokaliptik, Sci-Fi
Platform: PC (Steam), PS3, Xbox 360
Rating: PEGI: 18, ESRB: Mature (17+)
Selama bertahun-tahun, telah banyak RPG,
bersama dengan permainan yang mengandung elemen RPG yang datang dan pergi dalam
industri video game, sehingga meninggalkan berbagai jenis kesan yang mereka
tinggalkan pada para pemainnya. Baik itu petualangan singkat 12 jam yang
berfokus pada memberikan pengalaman bermain yang menarik dari segi gameplay,
namun tidak terlalu memperhatikan cerita itu sendiri, atau epos JRPG 60 jam
yang memberikan pengalaman bercerita yang tidak ada duanya, dengan gameplay
yang hanya dianggap layak (jika terkadang tidak menyinggung), semuanya memiliki
aspek khusus mereka sendiri yang dapat menarik berbagai jenis penonton dengan
selera yang berbeda tentang apa yang mereka anggap sebagai 'RPG sempurna'
mereka. Terkadang, produk akhir dari upaya ini menghasilkan permainan yang
hanya bagus untuk dinikmati selama beberapa hari, atau bahkan sebuah mahakarya
yang akan melekat pada mereka, bahkan bertahun-tahun setelah permainan pertama
mereka.
Sangat jarang sebuah RPG mampu mencapai hal
terakhir, karena ini membutuhkan bukan hanya pemahaman yang sempurna tentang
apa yang akan mendefinisikan genre tersebut, memenuhinya dengan sebaik-baiknya
yang mampu dilakukan tim pengembang, tetapi juga mampu melakukannya dengan
eksekusi yang hampir sempurna dari prinsip tersebut dalam praktik, sehingga
prestasi tersebut dianggap hampir mengesankan. Meskipun mungkin ada beberapa
rintangan tak terhindarkan yang mereka tidak bisa tidak tersandung. Itulah
kesan yang saya dapatkan dari Fallout New Vegas, setelah menghabiskan waktu
bermain sekitar 270+ jam dengan itu.
Fallout New Vegas adalah tembakan RPG aksi dunia
terbuka pasca-apokaliptik yang dikembangkan oleh Obsidian Entertainment, dengan
penerbitan yang disediakan oleh Bethesda Softworks dan dirilis pada 19 Oktober
2010. Game ini adalah spinoff dalam seri video game Fallout, yang merupakan
seri RPG yang berlibat di sekitar dunia sejarah alternatif terpengaruh Era Atom,
yang berorientasi pada pengembangan kekuatan nuklir dan atom untuk keperluan
militer dan sipil. Dengan fokus mutlak pengembangan kekuatan nuklir selama
bertahun-tahun tanpa perhatian terhadap efisiensi, sumber daya alam di dunia
menipis drastis, sehingga mencapai puncaknya dalam perang skala dunia yang
berakhir dalam bencana nuklir pada tahun 2077. Dari dampak bencana nuklir
tersebut, umat manusia telah berusaha membangun peradaban kembali dan
melanjutkan kehidupan mereka di antara permukaan yang terkontaminasi radiasi.
Gambar: Karakter pemain (Courier 6) menggunakan sebuah senjata berat, yaitu sebuah senapan mesin granat terhadap beberapa musuh Super Mutant.
Cerita Fallout New Vegas terjadi pada tahun
2281, yang merupakan 3 tahun setelah kejadian Fallout 3 dan 204 tahun setelah
Perang Besar terjadi. Lokasi cerita ditempatkan di dalam Mojave Wasteland, yang
merupakan area sisa-sisa Amerika Serikat yang terdiri dari lokasi-lokasi dari
Nevada, Arizona, dan California. Pemain mengambil peran sebagai Courier 6,
yang akhirnya dirampok sebuah paket yang sedang mereka antarkan, ditembak di
kepala, dan dikubur dalam kuburan dangkal. Setelah mereka secara ajaib
dikembalikan kesehatannya oleh dokter kota terdekat, mereka akan memulai
perjalanan untuk mengetahui mengapa mereka dirampok untuk paket yang tidak
mencolok itu, sehingga berkeliling Mojave Wasteland untuk bertemu dengan
berbagai karakter dan faksi dengan kepentingan dan agenda mereka sendiri. Semua
ini akan berujung pada konflik yang meningkat yang akan menentukan nasib Mojave
Wasteland secara keseluruhan, baik itu untuk lebih baik atau lebih buruk.
Gameplay utama terdiri dari permainan dunia
terbuka aksi orang ketiga/pertama di mana pemain akan dapat menjelajahi Mojave
Wasteland dengan cara apa pun yang mereka anggap tepat. Dari awal, pemain yang
memulai permainan akan diminta untuk membuat karakter yang terdiri dari
penampilan, statistik, sifat, dan keterampilan yang akan mereka spesialisasikan
untuk permainan mereka. Keputusan desain khusus ini memungkinkan variasi yang
mengejutkan dalam hal karakter apa yang dapat seseorang ciptakan. Baik itu karakter
nerd yang mengkhususkan diri dalam meretas komputer dan menggunakan senjata
energi (seperti laser dan senjata plasma), pembunuh diam-diam yang akan
menggunakan sistem penyamaran untuk menyergap atau menghindari musuh, atau
bahkan pembicara yang karismatik yang akan dapat mengeluarkan diri mereka dari
masalah dengan cara kata-kata mereka yang sempurna, game ini menyediakan cukup
banyak dalam hal kemungkinan ulang yang memastikan tidak ada dua permainan yang
akan tetap sama, dari awal hingga akhir.
Gambar: Pagar untuk memasuki lingkungan dalam New Vegas yang bernama The Strip, yaitu lokasi penuh kasino yang sedang dijagakan oleh berbagai pengaman robot (Security Bot).
Bentuk kebebasan dan keagenan pemain ini bahkan
meluas ke cerita itu sendiri, di mana tidak hanya quest utama itu sendiri,
tetapi bahkan banyak quest sampingan dirancang sedemikian rupa untuk membiarkan
pemain memenuhi tujuan utama quest melalui metode apa pun yang mereka inginkan,
dengan hasil yang jarang, jika pernah, sama. Beberapa quest tertentu mungkin
hanya terdiri dari membunuh sekelompok penyerang dalam sebuah area, dan kembali
ke pemberi quest untuk mendapatkan hadiah, tetapi ada banyak yang dirancang
untuk memiliki kedalaman lebih dalam hal kehalusan mereka. Salah satu quest
tersebut melibatkan menyelesaikan masalah sedih yang dialami oleh pemilik
karavan dan pemilik karavan, yang akan diikuti dengan serangkaian quest
sampingan yang bisa berakhir dengan Anda dan karavan tersebut mencari balas
dendam terhadap para pembuat masalah konspirasi, menyelesaikan konspirasi
tersebut secara damai melalui pengumpulan bukti dan mengirimkannya ke otoritas
yang tepat, atau menjualnya kepada konspirator yang Anda kerjakan sejak awal.
Quest sampingan lainnya hanyalah serangkaian
mini-quest sampingan yang berputar di sekitar membantu dan mendapatkan
ketenaran dengan pemukiman dalam pangkalan udara, yang budayanya yang berputar
di sekitar bahan peledak dan senjata akan berguna untuk konflik yang akan
datang. Bagaimana seorang pemain dapat memperoleh ketenaran tergantung pada apa
yang dapat dilakukan karakter pemain pada saat itu, termasuk memberikan
perawatan medis kepada beberapa penduduk pemukiman yang terluka parah, membawa
beberapa panel surya untuk meningkatkan infrastruktur listrik, atau bahkan
bertindak sebagai perantara untuk sepasang kekasih yang keinginan akan
persahabatan dibatasi oleh dinding tertutup faksi masing-masing. Baik itu
melalui gameplay atau cerita, kedua aspek tersebut saling terjalin indah untuk
menekankan kebebasan besar yang akan dapat dimiliki pemain dalam hal apa yang
dapat disediakan oleh game. Dan semua itu dalam waktu bermain yang rata-rata
sekitar 20-30 jam per permainan, yang terkadang terasa seperti setengah waktu
jika Anda cukup terlibat dengan game itu sendiri.
Gambar:
Karakter pemain sedang menjelajahi area Freeside, yaitu area luaran dari
The Strip yang terlihat lebih runtuh dari kondisi.
Jika saya mensimpulkan hal penarikan yang dimiliki game ini
melalui chart Bartle Personality, yang terdiri atas sebuah Achiever, Explorer,
Socializer, dan Killer, dapat terdiri atas hal tersebut:
[Achiever]
- Permainan
ini bisa cukup sulit, terutama jika pemain baru dalam RPG. Tantangan
semacam itu sudah bisa menjadi daya tarik tersendiri, mengharuskan pemain
untuk mengenal seluk-beluk sistem permainan dan mengetahui sumber daya apa
yang akan mereka dapatkan tergantung pada jalur yang mereka ambil untuk
berbagai quest yang ditawarkan. Kesulitan itu sendiri juga dapat disesuaikan,
memungkinkan pemain untuk meningkatkan kesulitan demi tingkat kepuasan
diri yang lebih tinggi.
- Tentu
saja, pemain dapat meningkatkan kesulitan dengan menggunakan Mode Hardcore
yang disediakan oleh game, di mana mode ini memanfaatkan nuansa
pasca-apokaliptik game untuk membuatnya lebih seperti game survival.
Ketika mode ini diaktifkan, pemain tidak hanya akan memiliki opsi yang
jauh lebih sedikit dalam hal penyembuhan (terutama dalam pertarungan),
tetapi mereka harus secara rutin memeriksa kebutuhan bertahan hidup mereka
untuk tetap dalam kondisi terbaik, seperti kelaparan, kehausan, atau
bahkan kebutuhan untuk tidur karakter mereka.
- Selain
beberapa pertarungan bos yang menantang yang dapat dihadapi pemain (dengan
syarat mereka tidak memilih solusi diplomasi), akan ada beberapa lokasi
tersembunyi dalam peta yang dapat menyediakan musuh yang sangat tangguh
untuk dilawan. Sangat jarang, dikenal sebagai varian 'Legendary' dari
musuh yang ada di peta dunia terbuka itu sendiri yang bisa memberikan
hadiah yang cukup bagus, asalkan pemain dapat mengalahkannya.
- Konten
yang dapat diunduh/paket ekspansi yang tersedia untuk game itu sendiri
akan menyediakan tantangan yang jauh lebih besar daripada apa pun yang
ditawarkan oleh game dasar, terutama jika pemain tidak mempersiapkan diri.
Contohnya termasuk ditempatkan dalam area yang jauh lebih berbahaya
daripada Mojave Wasteland itu sendiri, dengan semua barang pemain yang
diambil sementara dan memaksa mereka untuk memulai dari awal dengan sumber daya mereka akan
memberikan perubahan tempo yang bagus.
[Explorer]
- Bagi
setiap penjelajah yang memiliki kecenderungan untuk melihat setiap sudut,
game ini sangat menyeluruh menutupi semuanya karena desain dunia
terbukanya. Dunia terbuka utama itu sendiri mungkin agak kurang dalam hal
eksplorasi dibandingkan dengan game sebelumnya, tetapi area-area
individual itu sendiri bisa menjadi lokasi yang menarik untuk dijelajahi.
Mulai dari bunker terlantar yang digunakan oleh penduduk sebelum perang
untuk tinggal, hingga lokasi yang rusak yang membentuk New Vegas itu
sendiri, ada jumlah detail yang mengejutkan untuk satu orang untuk
mengungkap.
- Jika
pemain lebih suka memiliki aktivitas untuk dilakukan, maka berbagai quest
yang tersedia dalam game itu sendiri akan cukup bagi mereka untuk
menikmati, bahkan jika mereka tidak melalui seluruh daftar dalam satu
permainan. Beberapa akan terkunci karena pilihan apa pun yang mereka buat,
dan beberapa akan cukup tersembunyi sehingga memerlukan perhatian ekstra
dari pemain untuk diungkap. Ini tergantung pada seberapa bersedia pemain
untuk mengalaminya.
- Jika
pemain tidak tertarik untuk mengetahui dunia terbuka itu sendiri, maka
sistem permainan akan lebih dari cukup untuk menggantikannya. Karena
desain permainan diwarisi dari RPG meja tradisional, ada banyak
kemungkinan dalam hal karakter apa yang ingin dibuat pemain.
- Desain
mekanis bahkan menyebar ke berbagai jenis perlengkapan, senjata, dan
barang konsumsi yang dapat ditemukan pemain sepanjang perjalanan mereka.
Pakaian sipil biasa, set baju zirah besar dan tinggi, senjata api biasa
seperti revolver dan senapan penembak jitu, senjata api aneh seperti
senjata energi dan persenjataan peledak (bahkan peluncur misil dan
granat!), ada banyak barang yang dapat digunakan pemain yang bisa
ditemukan dalam dunia game.
[Socializer]
- Dengan
cara permainan yang rumit dalam bercerita dan membangun dunia, pemain akan
dapat bertemu dengan berbagai faksi dalam game yang dapat mereka
interaksikan dengan berbagai cara. Kadang-kadang bahkan sampai pada titik
memutuskan nasib mereka pada saat mereka mencapai akhir game. Faksi-faksi
tersebut cukup baik ditulis sehingga mereka bisa menciptakan banyak
diskusi dalam hal peran mereka di dalam Mojave Wasteland itu sendiri, dan
apa yang akan dipikirkan pemain lain tentang mereka secara individu.
- Desain
RPG yang rumit dari game ini memungkinkan pemain untuk mengetahui berbagai
jenis karakter yang akan menyenangkan untuk satu permainan penuh, sehingga
menekankan bagian 'bermain peran' dari genre RPG itu sendiri. Karakter dan
faksi utuh akan bereaksi berbeda tergantung pada bagaimana karakter
dibangun, sehingga memungkinkan banyak kemungkinan bagi pemain untuk
bermain peran sebagai karakter yang mereka inginkan dengan berbagai NPC
dalam game.
- Dengan
kehalusan kecil dari berbagai area yang dimiliki game ini, pemain akan
dapat membagikan pemikiran mereka dan bahkan rahasia apa pun yang mereka
temukan dalam game itu sendiri. Baik itu lokasi senjata unik, atau
pengungkapan quest tersembunyi akan menjadi topik yang cocok untuk
diskusi.
[Killer]
- Memiliki
begitu banyak kebebasan dan agen pemain dalam game itu sendiri
memungkinkan beberapa kemungkinan yang sangat menarik ketika datang ke
permainan apa pun yang mungkin ingin dilakukan pemain. Apakah pemain
tersebut ingin membunuh hampir setiap NPC dalam game? Apakah pemain ingin
mencapai akhir permainan yang paling buruk, di mana mereka praktis menjadi
malapetaka bagi Mojave Wasteland itu sendiri? Game akan memungkinkan
pemain melakukan hal tersebut, meskipun itu datang dengan konsekuensinya
sendiri.
- Kemungkinan
kebebasan dan agen tersebut bahkan meluas ke gameplay itu sendiri, sampai
pada titik di mana pemain akan dapat memanfaatkan cara kerja skill,
keistimewaan/ciri, dan perhitungan statistik dalam gameplay itu sendiri.
Pemanfaatan yang cerdas dari sistem permainan akan berkembang menjadi
metode yang agak merusak game itu sendiri, seperti mengkhususkan diri
dalam senjata energi dan mendapatkan keistimewaan yang akan menyebabkan
ledakan, semua dari setiap pembunuhan yang dilakukan dengan senjata tersebut.
Reaksi berantai dari keistimewaan tersebut akan menciptakan efek partikel
yang cukup untuk menimbulkan crash pada game, kemungkinan memberikan
sejumlah hiburan bagi pemain.
- Game
itu sendiri, terlepas dari sistem gameplay dan ceritanya, tidak
benar-benar terpoles ketika datang ke bug dan glitch, memungkinkan segala
macam eksploitasi aneh yang bisa dilakukan pemain. Sebagai contoh: Pemain
bisa hampir menghindari sistem manajemen bobot game dengan hanya
meletakkan barang-barang yang mereka inginkan dalam mayat, memotong
anggota tubuh atau kepala dari mayat tersebut, lalu membawanya bersama
mereka dengan hanya penalti kecepatan untuk dihadapi. Meskipun bobot yang
dibawa cukup untuk membuat pemain berhenti total.
- Dan
jika itu semua belum cukup, ada potensi untuk bermain-main dengan cheat
yang tersedia dalam game, semua melalui perintah yang bisa dilakukan dalam
konsol pengembang itu sendiri. Asalkan Anda bermain versi PC dan siap
mencari perintah cheat game tersebut.
Secara keseluruhan, saya
akan mengatakan bahwa game ini lebih dari layak untuk dicoba, baik jika Anda
baru mulai dengan RPG atau telah berencana mencari yang lain untuk dimainkan.
Potensi yang luar biasa untuk dapat dimainkan ulang, cerita yang rumit, dan
dunia yang menarik akan dapat menarik banyak pemain yang mencari pengalaman
permainan video yang hebat.
Video Trailer: https://youtu.be/l-x-1fm2cq8?si=Lu8Ar3ics74nt8UN
Video Gameplay: https://youtu.be/1cHIlLqgZAk?si=s6yzndS-mhYVcfYc
Link ke halaman game: https://store.steampowered.com/app/22380/Fallout_New_Vegas/
5024201045/Falih Budiman Baruna (ppg2024)
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !