Stellaris

Selasa, 30 April 2024

 

Game Review : Stellaris


Genre          : 4x, Grand Strategy
Platform     : Linux, MacOS, Windows, Xbox, Playstation 4
Rating         : 10+ (ESRB), 7 (PEGI)
Publisher    : Paradox Interactive
Developer   : Paradox Development Studios
Release       : 9 Mei 2016

Deskripsi
Stellaris adalah game grand strategy dikembangkan oleh Paradox Development Studio, yang menawarkan pemain pengalaman yang luas dan imersif dalam eksplorasi serta penaklukan antar spesies alien di galaksi. Game ini berlatar pada galaksi yang dibentuk secara randomly generated oleh sistem. Pemain berperan sebagai pemimpin peradaban, yang bertujuan untuk memperluas wilayah mereka melalui diplomasi, perdagangan, atau peperangan.


Game ini memberikan kebebasan untuk pemainnya dalam cara memimpin wilayah kekuasaan mereka. Pemain harus memperhatikan hubungan diplomasi, sumber daya alam, reputasi, riset penelitian, hingga jumlah populasi untuk bisa bertahan di dalam game. Game ini merupakan simulasi yang realistis dikarenakan semua yang terjadi di game, terjadi secara real time mulai dari diplomasi hingga peperangan. Maka dari itu, pilihan atau setiap tindakan yang pemain terapkan akan berpengaruh kepada wilayahnya hingga galaksi secara besar.

Skenario
Stellaris merupakan permainan yang mengingatkan kita sebagai pemain terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tersirat ketika kita melihat angkasa luar. Pernahkah kita membayangkan apa yang terjadi apabila kita tidak sendirian di alam semesta ? Apa yang harus dilakukan bila bertemu dengan spesies atau makhluk hidup lain yang sangat asing bagi kita ? Akankah kita akan berkomunikasi dengan mereka, lalu menerima dan hidup berdampingan dengan mereka ?

Unity is the only way to achieve prosperity

Akankah kita justru akan berhati-hati dan mengamati mereka dari kejauhan ?

There are no secrets that time does not reveal

Atau akankah kita melindungi rakyat dengan menjadi pihak yang pertama untuk menyerang ?

Preemptive actions are the surest way to prevent any potential threats

Apapun outcome yang dipilih, Stellaris memberikan opsi untuk mensimulasikan semuanya secara real time. Pemain secara default akan mulai bermain di tahun 2200 di tata surya yang berisi berbagai macam planet tergantung kondisi dan spesies yang dipilih. Pemain kemudian akan mengeksplorasi tata surya lainnya dengan teknologi faster-than-light (ftl) untuk mencari sumber daya, teritori, dan hal-hal menarik lainnya. Tentunya juga akan ada berbagai tantangan dan event yang menarik di sepanjang eksplorasi tersebut.

Aturan Main Utama
I. Memilih jenis spesies, tata surya, dan kerajaan (empire)

Machine Empire yang hidup di Ringworld

Stellaris memberikan kemudahan dalam mengkustomisasi jenis empire yang pemain inginkan. Dengan lebih dari 80 spesies portrait, 17 etis (azas) pemerintahan, 7 tipe kekuasaan, hingga ratusan civic yang bisa digabung sesuai tipenya dengan bebas. 

Empire Customization Menu

Icon yang terletak di kotak merah merupakan panel yang digunakan untuk memodifikasi tampilan spesies dan karakteristik spesies (trait). Disini player bisa menentukan apakah spesies yang dipilih berumur panjang, mempunyai intelektual tinggi, atau mudah beradaptasi.

Appearance Customization

Species Trait Customization

Icon yang terletak di kotak kuning merupakan panel yang digunakan untuk menamai empire yang dipilih beserta tipe tampilan peradaban dan kondisi di setiap planet asal.

World Trait Customization

Icon yang terletak di kotak biru merupakan panel yang digunakan untuk menentukan tipe pemerintahan, asal mula spesies (origin), dan tampilan pesawat luar angkasa. Setiap origin mempunyai jalan cerita masing-masing yang akan membawa spesies pemain untuk petualangan yang fresh dan menantang di setiap permainan.

Origin Customization

Government Ethics Customization

Ship Customization

Icon yang terletak di kotak orange merupakan panel yang digunakan untuk menentukan tipe pemimpin dari suatu spesies. Di panel ini kita bisa memodifikasi keahlian dari pemimpin tersebut dalam mengatur jalannya pemerintahan.

Leader Customization

II. Menentukan Game Detail

Game Details Customization

Pada panel ini tipe galaksi diatur ukurannya, bentuknya, jumlah empire lainnya, serta difficulty-nya.

III. Early Exploration


Player memulai dengan 1 science ship yang digunakan untuk mengeksplorasi tata surya yang belum pernah terjamah melewati hyperlane atau cabang yang bertindak sebagai jalan antar tata surya seperti terlihat digambar diatas.


Untuk menambah tata surya kedalam teritori harus dibangun sebuah pos yang disebut starbase outpost. Pembangunan bangunan tersebut membutuhkan resources berupa alloy dan influence. Player bisa mengatur resources dengan membangun bangunan industri, agrikultur, dsb.



Player bisa melakukan riset teknologi untuk mempercepat proses eksplorasi dan kolonisasi planet. Selain itu, riset juga bisa digunakan untuk memperbarui senjata untuk perang dan membuat produksi resources lebih efisien.


IV. Diplomacy and Warfare


Waktu bertemu dengan spesies lain, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Player bisa berdamai dengan mengirimkan diplomat dan berdagang untuk mempererat hubungan. Player juga bisa bermusuhan dengan mengeklaim wilayah spesies tersebut serta memperburuk hubungan antar bangsa dengan sabotase espionase, dsb. Bila waktunya berperang, umumnya diperlukan casus belli untuk memulai perang. Casus belli adalah justifikasi yang digunakan untuk berperang dan bisa menentukan tipe perang yang akan berlangsung. Apabila casus belli nya adalah ideologi maka perang yang berlangsung merupakan perang suci antar spesies dimana yang kalah akan terpaksa mengubah ideologi mereka.



V. Tradisi dan Ascension Perk


Terdapat suatu fitur yang mampu memberikan buff terhadap peradaban spesies player yaitu tradisi. Mengadopsi tradisi yang tepat akan membantu player untuk memaksimalkan suatu aspek dalam empire mereka. Tradisi psionik akan mampu membuka indra spesies terhadap kekuatan supernatural sedangkan tradisi cybernetic akan mampu meningkatkan kemampuan spesies dengan bantuan mesin. Apabila player telah mengaktifkan semua level di suatu tradisi, mereka akan mendapat ascension perk. Ascension perk adalah slot kemampuan spesial yang akan membuat player mendapat banyak efek dan manfaat. Mulai dari membangun matter decompressor, sebuah megastruktur yang mengambil mineral dari lubang hitam hingga colossus, senjata berukuran besar yang mampu menghancurkan inti suatu planet.

Mengapa Stellaris adalah Game Terbaik ?

Dua kata = Infinite Replayability

Saya telah bermain game ini hingga hampir 2000 jam lamanya. Hal ini disebabkan karena setiap kali saya membuka game ini, selalu ada pengalaman baru yang terjadi. Dengan banyaknya civic, origin, event, dan spesies di dalam game, selalu ada opsi untuk eksperimentasi dan mencoba hal-hal baru. Musik yang immersif membuat saya selalu termotivasi dalam bermain. Selain itu, tampilan perang luar angkasa, planet, serta objek ekstraterestrial lainnya membuat game ini terasa berbeda dibandingkan real time strategy lainnya, setidaknya dari segi visual.

Aspek Fun Game Stellaris
Achiever :
  • Player di steam bisa mendapatkan 170+ achievements
  • Mampu menaklukkan empire lain
  • Mampu membuat federasi yang mempunyai armada kuat dengan negara-negara tetangga
  • Mampu memproduksi resources yang melimpah hingga surplus
  • Mampu memenangkan satu ronde game stellaris (satu ronde stellaris standar = 300 tahun in-game, ekuivalen dengan 15 jam)
  • Mampu membangun megastruktur yaitu struktur berukuran kolosal yang bisa memberikan keuntungan seperti menambah sumber daya alam yang bisa diambil hingga menambah kapasitas armada nasional
Megastruktur Arc Furnace mampu meningkatkan jumlah mineral di satu Tata Surya

Explorer :
  • Player bisa mengeksperimen jenis/tipe empire yang ingin mereka mainkan
  • Galaksi stellaris berisi banyak anomali hingga situs peninggalan yang bisa dieksplor
  • Rasa Penasaran tentang spesies lain dan jenis interaksi apa yang harus dilakukan terhadap mereka
  • Menemukan space leviathan yang bertindak sebagai optional boss
  • Menemukan tata surya, lubang hitam, hingga nebula dengan sumber daya alam yang unik
Sebuah anomaly event yang menginvestigasi portal dimensi lain

Hasil eksplorasi yang sukses akan memberikan pemain akses terhadap senjata baru

Socializer :
  • Tersedia mode coop, serta multiplayer dimana player bisa melakukan roleplay
  • Komunitas mod yang aktif dan memudahkan interaksi antar player
  • Sistem Customization dapat membuat para pemain pamer tentang ras/spesies dan estetik empire mereka masing-masing
Contoh pemain mode coop memamerkan empire dan spesiesnya

Killer :
  • Rasa senang kita memenangkan suatu perang/konflik
  • Ketika mampu menghancurkan planet lawan dengan colossus
  • Ketika mampu menaklukkan wilayah spesies lain dan "membersihkan" spesies tersebut agar planet-planetnya bisa dihuni spesies sendiri
  • Ketika berhasil menang melawan endgame crisis
Senjata Colossus sedang menghancurkan sebuah planet

Screenshot

Example of Galaxy Map during Midgame (2300)

Galaxy Map during Endgame (2400)

Uh oh...

Fallen Empire Awakening due to Crisis

Ecumenopolis (City Planet) with fully upgraded Orbital Ring

A Fleet of Destroyers, Battleships, and Titan Class

An Example of Species Portrait Mod

Game Trailer

Gameplay

Game Link

=============================================================
Made by : Eigiant Andarta Atmadja (5008201058)


































Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger