PERSONA 3 RELOAD

Selasa, 30 April 2024


PERSONA 3 RELOAD | Game Review


Genre : Role-Playing Video Game, Adventure game, social game, adventure, strategy

Developer : Atlus, P Studio

Publisher : Atlus, Sega, Sega America

Platform : Windows PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series

Rating :


DESKRIPSI


Persona 3 Reload merupakan Game Single Player Turned Based JRPG yang dibuat kembali dan dirilis pada tanggal 2 februari 2024 dari Game Title originalnya Persona 3 yang awalnya dirilis pada tanggal 13 juli 2006. Persona 3 merupakan game yang berbeda dari title persona sebelumnya yakni persona dan persona 2, dimana di dalam title persona 3 atlus menambahkan banyak sekali fitur-fitur baru dan gameplay mechanic yang lebih membuat persona 3 lebih menyenangkan dan menarik dibanding game game sebelumnya, seperti menambahkan kalender 1 tahun, social link, open world dan upgrade menjadi grafik 3D yang lebih menarik dari title sebelumnya yang menggunakan grafik pixel 2D. Semenjak kenaikan popularitas pada persona 3, atlus terus merilis title title lainnya seperti persona 4 dan salah satu series game yang sangatlah populer yakni Persona 5. Persona 5 merupakan instalasi yang sangat menaikan popularitas Persona series dengan Grafik yang sangat stylish dan modern, Karena Populernya dan banyaknya peminat dari Persona 5, fans  kemudian menginginkan Persona 3 di buat kembali dengan style dan Grafik seperti Persona 5, dan pada Juni 2023 Atlus Mengumumkan Remake dari Persona 3 yakni Persona 3 Reload.


STORY


Persona 3 Reload Menceritakan tentang Karakter Utama kita Makoto Yuki, yang kembali ke kota asalnya setelah insiden kecelakaan 10 tahun lalu yang menewaskan kedua orang tuanya, disana dia menjalani kehidupan sekolah biasa, namun pada setiap jam 12 malam, dunia berubah menjadi lebih menyeramkan, dimana di setiap harinya ketika jam menunjukkan pukul 12 malam ada 1 jam tersembunyi yakni “dark hour”. Dimana bulan terlihat lebih besar, air berubah menjadi darah, manusia biasa yang berubah menjadi peti mati dan munculnya gedung tinggi yang berubah dari sekolah menjadi “tower of demise” atau “tartarus”. 



Kemudian makoto menemukan bahwa hanya orang orang dengan kekuatan khusus yang tidak berubah dan sadar pada saat “dark hour” ini terjadi, kekuatan tersebut dinamakan “persona” yang dapat digunakan dan mengalahkan musuh musuh di dalam game ini yang dinamakan Shadows. Dalam waktu 1 tahun yang diberikan di dalam game kita akan mencari tahu mengapa “dark hour” bisa terjadi, rahasia dibaliknya, dan berusaha menghilangkan “dark hour” dan “tartarus”. 



Selain itu juga kita diberikan kesempatan untuk membangun persahabatan dengan orang orang yang berada disekitar kota tersebut atau yang disebut social link, yakni hubungan hubungan yang kita buat dengan orang orang yang berada baik di sekitar sekolah maupun kota tersebut. Yang kemudian dapat membantu kita dalam membuat “persona” kita lebih kuat.





ATURAN MAIN


  1. CALENDAR SYSTEM

Persona 3 reload menggunakan calendar system dimana di dalam gamenya diberikan waktu 1 tahun untuk kita menjelajahi dunia yang ada didalamnya. Bertemu dan nongkrong dengan teman, bekerja paruh waktu untuk mendapatkan uang, menonton film di bioskop, dan grind didalam dungeon untuk naik level ke yang lebih tinggi, dan masih banyak lagi.


  1. PERSONA

Persona merupakan kekuatan yang kita miliki di dalam series persona. Persona merupakan manifestasi personifikasi lain dari diri kita, atau topeng lain kita, yang dapat kita panggil untuk melawan musuh musuh yang berada pada dark hour yakni shadows.

Kita dapat mendapatkan persona setelah kita melawan musuh atau bisa kita gabungkan persona yang kita miliki untuk mendapatkan persona yang lebih kuat. Persona kita dapat kita perkuat juga dengan melakukan kegiatan sehari-hari seperti saat bermain ke arcade, atau hangout dengan teman social link kita.


  1. SOCIAL LINKS

Social links merupakan hubungan atau Link yang kita buat bersama Teman Teman kita,

Dimana dalam social links kita akan hangout dan bahkan dapat berkencan dengan teman teman kita. Masing masing Social links sendiri memberikan cerita yang sangat menarik dan berbeda beda tentunya, dengan cerita yang dapat membuat kita tertawa karena lucunya atau bahkan menangis karena kesedihan dari cerita karakter social links tersebut. Dalam social links terdapat 10 level yang dapat kita raih, level disini merupakan seberapa sering kita berinteraksi dan berjalan bersama teman kita. Ketika social links mencapai level 10 kita akan dapat persona sesuai dengan arcana social links tersebut.


  1. ARCANA

Arcana disini merupakan garis utama atau poin besar yang dibawa oleh Persona series, dimana didalam persona 3 reload terdapat 13 arca besar yang menjadi boss yang harus kita lawan, boss tersebut akan keluar setiap bulan purnama, 13 arcana tersebut adalah the fool, the magician, the priestess, the empress, the emperor, the hierophant, the lovers, the chariot, the justice, the hermit, the fortune, the strength, the hanged man dan The Death. Masih ada lagi arcana lainnya yang menjadi total 22 arcana namun tidak menjadi boss melainkan type type dari persona yang kita miliki.


  1. TARTARUS

Tartarus merupakan dungeon tempat kita grind untuk menaikkan level, mencari persona baru, atau mencari uang. tartarus memiliki total sebanyak 264 lantai yang kita naiki untuk mencapai lantai paling atas, didalam tartarus terdapat blok blok yang menjadi checkpoint seberapa jauh kita telah menaiki tartarus. Tepatnya terdapat 6 blok yakni Thebel, Arqa, Yabbashah, Tziah, Harabah, Adamah, didalam  tartarus juga terdapat mini boss atau yang disebut sebagai gate keeper yang biasanya menghadang ketika kita ingin memasuki blok blok tersebut. Terkadang pun manusia bisa terjebak menghilang dan masuk kedalam tartarus dan kita akan diberikan hadiah jika kita dapat menyelamatkan mereka sebelum bulan purnama, karena ketika kita tidak dapat menyelamatkan mereka setelah bulan purnama, orang yang terjebak didalam tartarus akan mati.



  1. FULL MOON BOSS

Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya, pada Persona 3 Reload system boss battle yang mereka gunakan adalah full moon, dimana dalam satu tahun terdapat 12 bulan dan 1 bulan januari di tahun sebelumnya yang akan menyajikan 13 boss setiap bulan purnama dengan tipe arcana yang berbeda beda. Dengan kekuatan dan ciri khas boss yang berbeda beda tentunya. Dan menjadi penanda seberapa jauh kita dalam memainkan persona 3 reload.


  1. Turned Based Combat System

Game persona 3 reload memiliki mekanik berantem Turned Based atau bergiliran dimana kita menyusun strategi dan memikirkan jalan yang baik dan skill skill yang digunakan agar kita dapat lebih mudah untuk mengalahkan musuh yang ada, serta terdapat fitur yang dinamakan ALL OUT ATTACK dimana ketika player berhasil membuat semua musuh down, maka mereka akan dapat menyerang musuh secara bersamaan.



Kenapa Persona Menjadi Game Terbaik


Persona 3 merupakan game terbaik menurut saya dikarenakan oleh banyak hal, dari tema yang dibawakan yakni waktu dimana kita hanya diberikan waktu yang sangat singkat yakni 1 tahun untuk berpetualang menjelajahi dunia persona 3 yang dibatasi oleh waktu. Ada banyak cerita di dalamnya pun yang bersinggungan dengan waktu seperti ketika kita tidak bersosialisasi dengan beberapa orang dalam waktu yang ditentukan maka kita tidak dapat berkenalan dan berinteraksi dengan orang tersebut, atau pada saat kita berkenalan dengan orang baru yang kita belum kenal dan kemudian kenal dan kita baru saja memahami orang tersebut namun waktu berkata lain untuk karakter itu, banyak sekali aspek didalam persona 3 yang sangat memikat kita dan terus mengingatkan terhadap waktu, garis besarnya adalah kata latin yang dipakai untuk menggaris bawahi tema persona 3 ini, “MEMENTO MORI” yang memiliki arti “ingatlah bahwa kita semuanya akan mati, tidak ada yang abadi.”, menurut saya tema tersebut sangatlah mendalam karena tidak semua game berani menyinggung masalah tersebut sedalam persona 3, dimana itu membuat kita ingat untuk selalu menggunakan waktu kita sebaik mungkin di dalam game, kita dapat bersenang senang selalu dengan sosial links kita tapi jangan terlalu sering hingga lupa untuk menaikkan stat dan level persona kita, dan sebaliknya.


Hal yang kedua adalah story writing, penulisan cerita yang sangatlah bagus dan menyentuh, tidak seperti game pada umumnya yang menceritakan cerita dengan happy ending atau selalu bahagia dalam persona 3 reload terdapat banyak sekali cerita-cerita dari karakter yang kita temui yang sangatlah realistik dan sedih, seperti contoh kebingungan seorang anak karena orang tuanya yang akan cerai, seorang pria yang mengidap penyakit yang sangatlah langkah dan hanya memiliki waktu tidak lama sebelum dia meninggal, seorang yang terlihat keras diluar namun sangatlah lembut dan memiliki beban yang sangat berat dan tanggung jawab yang berat terhadap orang disekitarnya, dan masih banyak lagi yang bisa disebutkan mengenai cerita yang dibawakan di dalam persona 3 ini. Penulisan terhadap perkembangan karakter pada game ini juga sangatlah menyentuh dan luar biasa. Dimana banyak karakter yang awalnya kurang peduli atau masih bertingkah sembarangan, makin kita berjalan bersama dan berjuang bersama karakter mereka berubah menjadi jauh lebih baik, dari yang kita benci sampai kita suka dengan mereka. Bahkan mereka dapat membuat karakter jahat yang seharusnya kita benci, mereka tulis sedemikian rupa cerita mereka, agar kita dapat memberikan sedikit rasa simpati untuknya.



Kemudian grafik pada Persona 3 Reload yang diperbarui dari Persona 3 yang sebelumnya dirilis dalam console ps2, persona 3 reload memiliki grafis yang stylish dan memanjakan mata, dengan upgradenya engine yang digunakan yakni unreal engine 5, persona 3 reload menaikkan grafik nya jauh lebih baik dibandingkan persona 5, ditambah tampilan UI yang sangat modern dan stylish membuat Persona 3 Reload menjadi salah satu game yang sangatlah menarik untuk dimainkan.



Bukan hanya gameplay dan visual, soundtrack yang diberikan oleh persona 3 reload sangatlah enak untuk didengar dengan lagu lagu yang pop, bright dan sangatlah catchy untuk didengar menambahkan rasa senang dan membuat kota dan gameplay persona 3 reload terasa lebih hidup. Lagu official soundtrack untuk persona 3 reload dapat didengarkan di spotify di link berikut :

SPOTIFY ALBUM





Dan terakhir Game ini sangatlah dekat dengan kenyataan dan sangatlah dapat bisa mengajarkan kita cara untuk menjalani dan menikmati hidup dengan segala yang kita miliki. Dalam game  ini kita tidak hanya bermain dan bersenang senang, namun dapat belajar banyak sekali hal tentang hidup dan bahkan arti dari kematian. Itulah yang membuat game ini, menurut saya merupakan game terbaik yang pernah saya mainkan.


4 Bartle’s Player Types


Achiever 

  1. Dapat Mendapatkan semua persona yang ada di dalam compendium persona 3 reload

  2. Player dapat Menyelesaikan Semua Social Links yang ada

  3. Player dapat Mendapatkan Semua Senjata yang ada

  4. Membuat Persona yang Overpower dan dapat meng-oneshot boss

  5. Membuat tim yang sangat efisien untuk melawan shadow


Explorer

  1. Menyelesaikan penjelajahan dalam tartarus

  2. Mengeksplorasi kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kota

  3. Dapat Mengalahkan Monad Boss yang spawn Random di floor tartarus

  4. Mengeksplorasi berbagai macam skill yang dapat digunakan untuk mengalahkan musuh yang paling efektif



Socializer

  1. Menyelesaikan dan Mengeksplor social links yang ada

  2. Menelusuri Cerita cerita karakter lainnya (Link Story)

  3. Ada fitur Connect to the Internet yang dapat membuat kita Melihat apa yang dilakukan oleh Player lain pada hari itu


Killer 

  1. Mengalahkan Mini Boss atau Gate Keeper di setiap Blok yang ada di tartarus

  2. Mengalahkan Boss di setiap Fullmoon dengan cara yang lebih Efektif

  3. Mengalahkan Hidden Boss yang paling susah ketika sudah menyelesaikan tartarus

  4. Dapat Mengalahkan Reaper atau boss yang spawn ketika player afk di tartarus



Screenshots










Where to get the game?


Steam : https://store.steampowered.com/app/2161700/Persona_3_Reload/

Microsoft : https://www.xbox.com/id-ID/games/store/persona-3-reload/9NKK6Z0K3RH2


For more info on the game : https://persona.atlus.com/p3r/index.html?lang=en


Trailer :


Gameplay and Review :




Penulis Artikel:

M Raihan Musyari S | 5029201047 | Departemen Desain Interior


Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger