Mortal Kombat Shaolin Monks

Selasa, 30 April 2024

 

Mortal Kombat Shaolin Monks


Genre: Adventure, Action, Fighting

Tema: Fantasy

Rating: Mature 17+ (Blood and Gore, Intense Violence, Language)

About Game

Merupakan spin-off dari Franchise Mortal Kombat yang rilis pada 19 September 2005. Berbeda dengan seri yang lain dengan genre pure fighting 1v1, seri ini memberikan pengalaman yang baru yakni dengan story petualangan yang sangat menarik. Game ini dipublish untuk platform Playstation 2 dan Xbox.

Player dalam game ini mengendalikan biksu Shaolin yaitu Liu Kang dan Kung Lao yang bertujuan untuk melindungi Earthrealm dari kekuatan Outworld. Menampilkan sistem pertarungan multi-arah yang memungkinkan player untuk bertarung dengan musuh dari sekeliling mereka. Selain mode tunggal, game ini juga dapat dimainkan dengan mode co-op dengan dua pemain bekerjasama untuk menamatkan game dan juga terdapat tempat tertentu yang hanya dapat diakses dengan mode co-op. 

Game ini cukup berhasil dengan mode Adventure nya. Ulasan yang didapatkan cukup positif dengan transisi dari seri fighting 1v1 menjadi seri petualangan dan juga mode co-op nya, meski penerimaan terhadap narasi dan visualnya bercampur. Game ini secara komersial cukup sukses, dengan terjual lebih dari 1 juta kopi.





Story

Di akhir turnamen Mortal Kombat pertama, perkelahian berkecamuk dengan marah di benteng pulau Shang Tsung di Laut Hilang. Sementara penyihir iblis mengawasi dari singgasananya, karena beberapa pertempuran terjadi dengan Sonya Blade, Johnny Cage, dan Sub-Zero di satu sisi dan Kano, Reptile dan Scorpion di sisi lain. Biksu Shaolin Liu Kang menghadapi Shang Tsung dan malah bertemu dengan dua pengawalnya yang bertopeng. Liu Kang dengan mudah mengirim mereka dan menghadapi penyihir. Saat Liu Kang dan Shang Tsung memulai pertarungan mereka, dia mendapatkan keuntungan, dan saat dia hendak memakan jiwa Liu Kang, dia dengan kasar diganggu oleh Kung Lao yang ikut campur yang masuk dengan menyamar sebagai penjaga bertopeng. Kung Lao melawan Baraka saat Liu Kang melanjutkan pertempuran melawan Shang Tsung. Bagi mereka, sisi-sisinya seimbang.

Meskipun penyihir itu mencoba berubah menjadi berbagai petarung, Liu Kang berhasil mengalahkannya beberapa kali dan menghabisinya, mengirim Shang Tsung menabrak pilar, sangat lemah. Shang Tsung mencoba untuk bangun, tetapi ruangan bergetar ketika Goro muncul dari lorong dan bergerak ke setiap pejuang yang dilihatnya. Dengan Goro mengalihkan perhatian orang lain, Shang Tsung menciptakan portal, dan bersama dengan prajuritnya Baraka, Goro, Reptil, Kano, dan anehnya Scorpion saat mereka mundur ke Outworld. Raiden muncul setelah itu dan memperingatkan para pejuang yang tersisa untuk turun dari istana pulau sebelum segera runtuh ke laut. Semua orang melakukan seperti yang dikatakan Raiden kepada mereka saat mereka mengevakuasi Pulau.

Setelah perayaan seremonial di surga Akademi Wu Shi, Baraka dan Tarkatans melancarkan serangan, membantai para master Shaolin dan menangkap Sonya. Raiden menegaskan bahwa Shang Tsung sedang mencoba untuk memikat Liu Kang dan sekutunya ke Outworld di mana dia dapat melepaskan antek-anteknya pada mereka dan menunggu waktunya untuk kekuasaan sebagai pembalasan atas kekalahannya di Earthrealm. Jika berhasil, Shang Tsung akan menaklukkan Bumi secara ilegal tanpa memenangkan turnamen Mortal Kombat itu sendiri. Para Biksu Shaolin, Liu Kang dan Kung Lao, bersiap untuk tantangan yang lebih besar saat mereka melewati portal ke dunia mimpi buruk Outworld untuk mengakhiri plot berbahaya penyihir dengan bantuan dan bimbingan dari Raiden dan Johnny Cage masing-masing.

Sepanjang perjalanan mereka, mereka bergabung dengan Kitana yang pernah berada di bawah mantra oleh Shao Kahn sekarang dibebaskan, dan bertemu sekutu dan musuh yang akrab, termasuk Sub-Zero, Smoke, Baraka, Jax, Reptile, Scorpion, Goro, Kano, Mileena, Jade, Ermac, Kintaro, dan akhirnya menyelamatkan Sonya dan menghentikan Shang Tsung. Tetapi penyihir itu bukan satu-satunya orang yang menginginkan Bumi; Kaisar Outworld, Shao Kahn, menginginkan Bumi untuk wilayahnya dan dia tidak akan berhenti sampai dia mendapatkannya.

Aturan Main

Player akan berfokus untuk mengendalikan karakter Liu Kang dan Kung Lao pada mode story. Sistem multi arah yang memungkinkan musuh akan menyerang dari berbagai arah. Setelah mengalahkan musuh, player yang melakukan last hit (ketika mode Co-op) karakter akan mendapatkan hp dan exp. Exp ini digunakan untuk membuka skill baru dan combo baru. Selain bertarung dengan tangan kosong, game ini juga memiliki fitur untuk mengambil barang (pickable weapon) seperti; tulang, tengkorak hingga senjata yang dapat digunakan sebagai senjata dengan damage tinggi dan juga bisa dilempar. Terdapat skill ultimate Fatalities, Multalities dan Brutalities yang bisa digunakan dengan cara memenuhkan parameter ultimate di sebelah bar hp. Game ini juga memiliki fitur parkour yang  tiap skillnya akan dibuka setelah mengalahkan boss-boss utama dalam game. 

Contoh ketika combo dua karakter


Pickable weapon

Skenario

Game ini memiliki beberapa secret fight boss. Dengan mengalahkannya player akan mendapatkan beberapa keuntungan yang membantunya dalam menyelesaikan game dengan lebih mudah. Keuntungan yang didapat juga termasuk mendapatkan konten artwork tambahan, fitur baru, bonus exp untuk meningkatkan skill dan tambahan hp bar saat di mode single player atau memberikan hp tambahan yang dipakai saat melawan boss.


Skenario 1 melawan kano Kano terlebih dahulu
Skenarion ketika kano tidak dikalahkan

Why the best

  • Difficulty Last Boss

Pada masa nya game ini menjadi salah satu yang sulit untuk diselesaikan/ditamatkan. Stage terakhir game ini berada pada turnamen yang mengharuskan pemain mengalahkan tiga karakter yaitu, Shang Tsung, Kintaro dan Shao Khan. Dibutuhkan strategi khusus dan menghafalkan pattern tiap boss agar dapat mengalahkannya. Arena yang tidak begitu luas akan menyulitkan. Namun dengan mengalahkan Boss rahasia sebelum stage terakhir, Player akan diberikan sebuah orb hp yang dapat diambil untuk menambah hp yang berkurang, selama melawan last boss.

  • Banyak Combo dan skill

Tiap karakter memiliki combo dan skill yang cukup beragam. Pada mode Story, player diharuskan untuk mengumpulkan exp untuk membuka dan meng upgrade skill karakter yang dimainkan. Untuk mengumpulkan exp player harus membunuh musuh, yang apabila mengalahkan musuh dengan hit combo yang semakin banyak, maka exp yang didapatkan juga akan lebih banyak. Hit combo antara lain untuk poin 11+ Excellent, 21+ Superb dan sebagainya, dan juga terdapat hit combo unik yang ketika muncul dan player menekan tombol start (PS2) player akan mendapat 1000 exp.

  • Playable Character banyak

Game ini memiliki banyak karakter yang dapat dimainkan namun harus dibuka terlebih dahulu. Cara membukanya yaitu melalui story mode dengan mendapatkan item rahasia yang tersembunyi di tiap stage. Untuk karakter yang dapat dimainkan selain Liu Kang dan Kung Lao antara lain; Scorpion, Sub-Zero(versus mode & story mode), Johnny Cage, Baraka, Kitana, Reptile(versus mode only).

  • Arcade Game MK II

Terdapat fitur dimana kita dapat memainkan seri Mortal Kombat 2 dalam game ini. 

Fun Factor (Bartle Personality)

  • Achiever

Sulitnya mengalahkan Last Boss, sehingga hanya sekedar menamatkan game ini saja sudah merupakan kepuasan tersendiri. Menamatkan dengan speed run <3 jam. Menamatkan dengan zero death. Membuka seluruh karakter, skill dan combo.

  • Explorer

Membuka seluruh skill dan combo dengan menggunakan exp yang dikumpulkan dikarenakan terkadang game akan tamat sebelum seluruh skill ini terbuka semua. Terdapat item-item rahasia yang didapatkan melalui story mode seperti, karakter, artwork, mini game. Mencoba menamatkan game ini menggunakan semua karakter yang ada. Mengalahkan semua secret boss yang ada seperti, Ermac, Kano, Mileena. Mencoba seluruh fatalities dan multalities yang beragam.

  • Socializer

Mode ko-op dalam mode ini akan membuat game ini lebih menarik. Tingkat kesulitan dalam game apabila dimainkan sendiri dan bersama teman akan terpengaruh. Fitur combo atar pemain yang menarik. Akses tempat tertentu yang mengharuskan dengan mode multipemain.

  • Killer

Faktor killer dalam game ini sangat terasa terutama dengan menggunakan combo berbeda-beda dalam mengalahkan musuh akan menjadi kepuasan tersendiri. Boss-bossnya sangat sulit karenanya para pemain akan kesulitan untuk mengalahkannya. Player seringkali terus mencoba untuk melawan boss untuk menghafalkan pattern serangan boss itu sehingga player akan mampu untuk mengalahkannya. Versus mode digunakan untuk saling mengalahkan saat bermain multi pemain. Ambisi untuk menamatkan 100% dengan mengalahkan seluruh boss dan secret boss

Intro game


Gameplay



- 5033211016/Mochamad Fatih Romadlon

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger