Honkai: Star Rail

Selasa, 30 April 2024

 HONKAI: STAR RAIL | Game Review




General Information

Game Title: Honkai: Star Rail

Developer: Hoyoverse

Genre: Turn-Based, RPG, Adventure

Rating: Teen (ESRB)

Platform: Windows, Mobile, PS5


Deskripsi

Game yang mengusung tema turn-based strategy garapan Hoyoverse (MiHoYo) dengan style anime. Dalam game ini menawarkan visual dan juga musik yang catchy dan juga menarik bagi para playernya.

Story

Cerita berawal dari dua kru astral express, yakni March 7th dan Dan Heng, yang mengirimkan sebuah relic berharga ke stasiun ruang angkasa. Namun tak disangka-sangka, ada insiden yang terjadi dimana Stellaron Hunter menyusup ke dalam stasiun. Kafka dan Silver Wolf, sebagai stellaron Hunter kemudian memasukkan stellaron ke dalam tubuh manusia yang kemudian nantinya disebut sebagai Trailblazer, karakter yang merepresentasikan player. Selanjutnya player akan menelusuri berbagai cerita di setiap tempat yang berbeda-beda.


Aturan Main Utama

Aturan bermainnya cukup sederhana, yakni setiap player membuat party yang berisikan 4 karakter yang memiliki elemen yang berbeda-beda. Tujuan player adalah untuk mengalahkan musuh dalam strategi berbasis giliran.


Skenario Permainan

Selain mekanik utama, turn-based strategy, player juga diberikan kebebasan dalam mengeksplor lokasi-lokasi yang ada. Map yang dihadirkan tidak terlalu besar, karena bukan merupakan elemen utama permainan.


Personal Experience

Bagi pegulas, game ini sendiri memiliki karakter desain yang unik serta tingkat kesulitan yang cukup menantang. DItambah lagi dengan end game content yang cukup memenuhi ekspektasi pengulas. Sangkin menariknya, pengulas sampai rela mengeluarkan uang untuk melakukan micro-transaction dalam game. Tak heran jika pengulas sudah berhasil mencapai level tertinggi dalam game saat ini.


Where to Find The Fun in this game?

Di HSR sendiri, ada banyak aspek yang menyenangkan yang dapat kita temui di dalamnya. Di ulasan ini, saya akan mengelompokkannya kedalam Bartle Taxonomy yang terbagi menjadi Achiever, Explorer, Killer, dan Socializer.

A. Achiever

A.1. Achievement


Di dalam HSR sendiri, ada sistem achievement yang dapat player terima ketika berhasil menyelesaikan tugas-tugas tertentu. player dapat mencoba untuk menaklukan beberapa tantangan dan mencapai achievement yang berbeda-beda dengan rewardnya sendiri-sendiri berdasarkan tingkat kesulitannya.

A.2. Character Design.

HSR memilik karakter yang sangat beragam. Setiap karakter memiliki design yang sangat baik dan unik antar yang satu dengan yang lainnya. Didukung dengan backstory masing-masing karakter yang tentunya sangat seru untuk diulik.

A.3. MoC (Memory of Chaos)


Salah satu endgame content bagi para player, dimana player perlu melawan 12 level musuh yang semakin tinggi levelnya, maka semakin sulit lawan yang dihadapi. Melalui content ini, player bisa mendapatkan kepuasan sendiri ketika berhasil mengalahkan musuh tersulit dengan skor sempurna.

A.4. Background Music

Banyak player yang mengatakan bahwa HSR memiliki musik-musik yang baik. Sehingga tak heran jika beberapa player banyak mengeksplor region untuk mendengarkan background music yang berbeda-beda setiap region dan lokasinya.

B. Explorer

B.1. Explore Rate

Honaki star rail memiliki area map eksplorasi yang tidak terlalu luas, namun cukup untuk memberikan elemen tambahan bagi player untuk mengeksplor berbagai lokasi.

B.2. Element

Salah satu hal unik dari game ini adalah sistem element yang dimiliki setiap karakter. Elemen tersebut antara lain, Fire, Ice, Wind, Electro, Imaginary dan Quantum. Salah satu kunci kemenangan dalam game ini adalah memilih karakter dengan elemen yang tepat untuk mengalahkan musuh.

B.3. Character


HSR memiliki total sekitar 47 playable character per update 2.1, dimana kita dapat memadukan berbagai macam karakter untuk mengalahkan musuh-musuh yang ada.

B.4. Story

HSR memiliki berbagai macam story, dengan trailblazer mission menjadi salah satu story utama dalam game ini. Disamping itu juga, ada beberapa story setiap karakter yang dapat kita mainkan untuk mengenal lebih jauh kisah karakter yang kita miliki.

B.5. Character Build



Player dapat mencoba mengeksplor berbagai macam build / equipmnt untuk karakter-karakter yang dimiliki dan mencari tahu batas kemampuan setiap karakter yang kita miliki. Dalam build character, player sedikit harus mengandalkan keberuntungan, terutama dalam melakukan farming equipment

C. Killer

C.1. Star system MoC (Memory Of Chaos)


Setiap kita menyelesaikan level di MoC, kesuksessan kita akan ditandai dengan jumlah bintang yang kita peroleh. Setiap level, memiliki bintang maksimum yakni tiga. Sehingga ketika kita tidak mendapat nilai maksimum, kita akan terus tertantang untuk menyelesaikan level tersebut dengan hasil yang sempurna.

C.2. Boss


Boss dalam HSR ternyata memiliki tingkat kesulitan yang cujup tinggi, berbanding terbalik dengan boss di genshin yang cenderung mudah. Bahkan boss pada story terkadang memiliki tingkat yang sulit juga sehingga kita perlu memilih party yang tepat untuk dapat menyelesaikan tantangan.

D. Socializer

D.1. Friend list

Sistem friend list, sesuai dengan namanya, yakni list teman in game.

D.2. Co-op

Sistem dimana kita dapat meminjam 1 karakter dari friend list kita untuk membantu kita menyelesaikan beberapa konten di hsr.

D.3. Chat system

Sistem yang memampukan kita untuk berkomunikasi dengan player lain. Sistemnya mirip dengan chat system game-game lain. Kita juga dapat mengirimkan emoticon-emoticon untuk berkomunikasi dengan player lain.

D.3. Character Showcase


Sistem showcase karakter, dimana kita dapat memamerkan karakter yang kita miliki kepada player-player lain.

D.4.  Avatar


HSR memiliki sistem dimana player dapat memamerkan avatar yang mereka peroleh setelah berhasil menyelesaikan berbagai macam misi maupun setelah mendapatkan karakter.HSR memiliki sistem dimana player dapat memamerkan avatar yang mereka peroleh setelah berhasil menyelesaikan berbagai macam misi maupun setelah mendapatkan karakter.




Honkai Star Rail Trailer


Honkai Star Rail Walkthrough






Penulis Artikel:
Ivander Ichwandy | 5013211077 | Departemen Arsitektur

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger