Klasifikasi
- Genre : RPG, Drama, Emotional, Visual Novel, JRPG
- Tema : Apocalyptic World
- Pengembang : WFS, Inc., VisualArts/Key
- Penerbit : Yostar Games
- Bahasa : Jepang, Inggris
- Rating : 12+
- Tanggal Rilis (Jepang) : 10 Februari 2022 (Android/iOS), 11 Agustus 2022 (Steam)
- Tanggal Rilis (Global) : 15 November 2024
- Platform : Android, iOS, PC (Steam)
Deskripsi
Heaven Burns Red adalah Game Gacha Visual Novel Turn Based RPG yang dikembangkan oleh WFS dan cerita yang ditulis oleh Key / Jun Maeda, yang dikenal dengan karya-karyanya seperti Angel Beats!, Clannad, Charlotte, dan lain-lainnya.
Game ini rilis untuk pertama kali pada tanggal 10 Februari 2022 dalam bahasa Jepang, hingga akhirnya mendapatkan versi global berbahasa inggris yang rilis pada tanggal 15 November 2024. Game ini memenangkan nominasi Google Play Best Of 2022 di Jepang pada kategori "Best Game of the Year", " "Story Category", dan "User Voting Category".
Story
Dikepung oleh makhluk misterius yang dikenal sebagai "Cancer", Bumi berada di ambang kehancuran. Semua persenjataan manusia terbukti sia-sia melawan serangan Cancer, dan tanpa sarana untuk melawan, umat manusia terpaksa mundur. Daratan ditinggalkan, dan bangsa-bangsa terhapus dalam kekacauan yang terjadi. Kini, lebih dari separuh permukaan Bumi telah direbut Cancer.
Dengan sedikit waktu tersisa dan bahaya kepunahan yang membayangi, manusia mengembangkan senjata pamungkas baru yang disebut "Seraph", dan mereka yang diberkahi Seraphim akhirnya dapat melawan Cancer dengan penuh semangat. Mereka yang dapat menguasai Seraphim dikumpulkan untuk membentuk skuadron khusus, menjadi mercusuar harapan terakhir umat manusia. Mereka memiliki satu kesamaan: mereka semua adalah gadis-gadis dengan bakat istimewa. Di antara mereka berdiri Ruka Kayamori, siap terjun ke dalam perang melawan Cancer.
Aturan Main Utama
Heaven Burns Red adalah paduan dari genre Visual Novel dan Turn Based RPG. Pada bagian cutscene / Visual Novel, seperti cutscene pada umumnya, pemain diberikan visual yang indah serta membaca interaksi antar karakter. Semua dialog dari karakter di game ini juga sudah memiliki Voice Acting sehingga karakter terasa lebih hidup.
a. Cutscene
Pada bagian atas juga terdapat beberapa fitur, seperti Auto, Auto-Skip, Skip, Menyembunyikan Kotak Dialog, dan Backlog
Seiring berjalannya cerita, pemain sewaktu-waktu akan dihadapkan dengan pilihan, yang nantinya akan dapat mengubah dialog yang terjadi selanjutnya.
b. Battle Pada gameplay pertarungan, pemain akan diberikan 6 slot karakter dengan 3 karakter yang nantinya bertarung di garis depan, dan 3 karakter lainnya sebagai cadangan. Game ini menerapkan sistem Turn Based sehingga pemain perlu menyiapkan aksi yang ingin dilakukan oleh setiap karakter. Aksi dari karakter hanya berupa Serangan Biasa, dan menggunakan Skill yang mengonsumsi SP (Skill Point).
Di game ini setiap karakter memiliki peran dan kemampuan khusus sehingga diperlukan keseimbangan peran saat membuat suatu tim. Ada 7 peran di dalam game ini yaitu: - Attacker: Karakter yang memiliki kemampuan menimbulkan kerusakan besar pada HP musuh
- Breaker: Karakter yang memiliki kemampuan menimbulkan kerusakan besar pada DP musuh
- Blaster: Karakter yang memiliki kemampuan meningkatkan DR musuh lebih cepat
- Debuffer: Karakter yang memiliki kemampuan untuk menimbulkan Debuff agar musuh menjadi lebih lemah
- Buffer: Karakter yang memiliki kemampuan untuk memberikan bantuan yang dapat meningkatkan potensi kerusakan
- Defender: Karakter yang memiliki kemampuan untuk menahan serangan musuh lebih kuat daripada peran lain
- Healer: Karakter yang memiliki kemampuan untuk memulihkan DP
Pada sistem kekebalan, baik musuh maupun karakter pemain keduanya memiliki sistem kekebalan yang diberi nama Deflector Points (DP) dan Health Points (HP). Untuk mengalahkan musuh, pemain perlu menyerang musuh hingga DP mereka habis terlebih dahulu, baru menghabiskan HP mereka untuk menang. Karakter yang dimainkan oleh pemain juga sama, tetapi ketika hanya salah satu karakter pemain sudah kehabisan HP, game akan selesai (kalah).
Di saat DP musuh sudah habis, ada sistem yang disebut
Devastation Rate di mana DR ini merupakan multiplier dari damage yang diberikan ke musuh oleh karakter kita. Misalnya jika nilai DR sudah mencapai 200%, maka karakter kita akan memberikan
Damage 200% lebih banyak. Nilai DR musuh ketika DPnya pertama kali hancur adalah 100% dan dapat naik hingga batas yang berbeda-beda untuk setiap musuh. Untuk menaikkan DR, pemain hanya perlu menyerang ke musuh yang sudah tidak memiliki DP untuk menaikkan nilai DR nya. Nilai DR dapat dilihat di atas
Health Bar musuh, serta batas maksimal DR yang bisa didapat.
c. Fitur Tambahan
Selain fitur utama di atas, game ini juga memiliki banyak fitur ekstra yang semakin memperkaya game ini, seperti Rythm Game, Galeri, Cerita Khusus, Bonding dengan karakter, dan masih banyak lagi.
Skenario
Cerita dari game ini mengikuti Ruka Kayamori, seorang vokalis dari band ternama She Is Legend yang memutuskan untuk bergabung dengan skuadron Seraph untuk membantu melawan makhluk luar angkasa bernama "Cancer" yang sedang menyerang Bumi. Skenario utama dari game ini menceritakan perjalanan Ruka yang menjadi anggota skuadron Seraph, di mana seiring berjalannya waktu, kita dapat melihat perkembangan dari cerita Ruka mulai dari fase pelatihan, hingga keluar markas untuk melawan Cancer sungguhan, bahkan membuka rahasia dan sisi gelap yang disembunyikan oleh skuadron Seraph. Skenario utama berjalan secara linear dengan ada pilihan tertentu pada fase cerita tertentu yang dapat menyebabkan Bad Ending.
Selain skenario utama, game ini juga menyediakan banyak sekali skenario khusus untuk memperdalam pengetahuan dan mencari tahu masa lalu dari suatu karakter.
Kenapa ini game terbaik saya?
Awalnya saya bermain game ini karena sangat tertarik dengan visual yang disajikan, dan juga karena belum ada kompetitornya sama sekali dari game yang memadukan elemen Visual Novel dan Turn Based RPG pada perangkat mobile. Selain itu game ini juga gratis, dan memiliki tingkat kesulitan yang sangat rendah untuk pasar game gacha sehingga pemain tidak perlu mendapatkan karakter yang kuat untuk menikmati cerita dari game ini.
Kemudian dari segi cerita, jika dilihat sekilas, memang cerita dari game ini hanya merupakan tipikal sosok pahlawan yang melindungi Bumi demi kebaikan penghuni Bumi, namun jika dilihat dan dicerna lebih dalam, game ini menceritakan sebuah perjuangan dan perkembangan seseorang menghadapi sesuatu yang dia tidak pahami, dan seiring berjalannya cerita, karakter utama semakin dibombardir dengan takdir yang kejam sehingga perjuangannya untuk menjadi lebih kuat semakin terasa memuaskan. Para karakter di game ini juga memiliki alasan dan masa lalu yang membuat mereka memiliki kepribadian mereka saat ini, sehingga karakter dalam game ini terasa hidup, realistis, dan relatable.
Lalu dari segi visual, tidak ada yang spesial dari segi 3D nya, namun visual 2D pada cutscene dan ilustrasi karakter sangat indah sehingga cutscene terasa lebih imersif.
Dari segi audio dan musik, game ini merupakan salah satu game yang memiliki koleksi audio terbaik yang pernah saya dengar. Mulai dari musik eksplorasi, cutscene ceria, cutscene lucu, cutscene sedih, cutscene kekhawatiran, musik battle, musik boss, hampir semua musiknya menggambarkan situasi yang sedang dialami karakter sehingga setiap skenario dapat mengubah-ubah emosi pemain hanya melalui musik saja.
- Musik Ceria: https://open.spotify.com/track/3ELBDivbxwHuXT53E0fQl9?si=ee079c50babd4773
- Musik Freetime di siang hari: https://open.spotify.com/track/2GB7YWocW2G5T46rzcGIEW?si=0c5f0b0b538a42ec
- Musik Sedih: https://open.spotify.com/track/7ubvM3BDZkluUEvxPnHZW6?si=b9747ccd489e4411
- Musik Battle: https://open.spotify.com/track/6LDqKWWHhdRXxUrCaEqW6Q?si=e82456dda4d04e89
- Musik Boss: https://open.spotify.com/track/2dfjCWPHCIIufSWN3V6s2j?si=b797919d647649e5
Dan terakhir, game ini adalah satu-satunya game Mobile yang masih saya mainkan setiap hari semenjak hari pertama saya memainkan game ini. Setiap minggu selalu ada ajang Score Attack, di mana pemain mendapatkan skor berdasarkan dari kecepatan dan total damage yang diberikan untuk membunuh suatu boss. Saya tidak pernah luput untuk mendapatkan seluruh tropi dari ajang tersebut. Kemudian dengan harapan untuk mengsupport developer dari game ini, saya sudah menghabiskan uang sebesar Rp 384.000 dalam kurun waktu 10 bulan.
Nilai Fun dari pengalaman personal - Cerita: Salah satu fokus utama dari game ini yaitu ceritanya yang diceritakan sangat amat detil, mulai dari interaksi karakter utama dengan karakter lainnya, pikiran batin karakter utama, hingga konflik yang terjadi, sehingga saya merasa ingin terus melanjutkan ceritanya dan melihat bagaimana resolusi dari konflik yang ada
- Menyusun tim: Mungkin terdengar aneh, tetapi menyusun tim yang benar untuk mendapatkan skor sebesar mungkin di ajang Score Attack merupakan salah satu pengalaman yang menarik bagi saya. karena setiap boss di ajang yang berbeda memiliki kemampuan, kelemahan, dan serangan yang berbeda-beda sehingga saya harus mencari komposisi tim yang efektif untuk mendapatkan skor sebesar-besarnya.
- Mencari strategi: di ajang Score Attack pemain tidak hanya mencari skor sebesar-besarnya dengan terus menyerang boss hingga kalah, karena boss yang dilawan bisa menyerang juga. Tidak hanya sekadar serangan, sekali serangan dari boss di ajang ini dapat menghabiskan seluruh DP dari satu karakter. Maka dari itu diperlukan strategi defensif yang matang untuk mempersiapkan ofensif sebaik mungkin, dan ketika dapat menemukan strategi yang pas dan berhasil menang, Saya merasa sangat puas.
- Gacha: Tentu saja mendapatkan karakter yang sangat kuat ketika melakukan gacha sangat amat memberikan kepuasan ヾ(^▽^*)))
Nilai Fun berdasarkan Bartle Personality
Letak kesenangan dari game ini berdasarkan 4 personalitas Bartle adalah sebagai berikut:
1. Achiever
- Mendapatkan skin/unit baru yang kuat/disukai
- Mendapatkan seluruh tropi pada ajang mingguan
- Mendapatkan achievement pada karakter
- Mampu mencapai lantai sejauh mungkin pada stage dungeon yang bermekanik konservasi stamina
- Mendapatkan semua bintang di suatu lagu pada minigame rythm "gig mode"
- Berhasil menyelesaikan lagu secara full combo (sempurna) pada minigame rythm "gig mode"
- Memaksimalkan level suatu karakter
- Mendapatkan semua gear (equipment) esensial / terbaik untuk karakter
- Menyelesaikan suatu mode dungeon dengan jumlah giliran yang rendah
2. Explorer
- Melanjutkan cerita utama dan mengetahui bagaimana resolusi dari konflik yang ada
- Membaca cerita sampingan untuk lebih memahami dan mengetahui kehidupan atau masa lalu suatu karakter
- Menemukan semua art 2D (gambar) yang ada dalam game
- Mengetahui perbedaan skenario ketika pemain dapat memilih dialog pada cerita
- Mengetahui aktivitas yang dilakukan karakter utama ketika melakukan aktivitas saat free time
- Mengetahui masa lalu dan kehidupan suatu karakter melalu fitur sosialisasi saat free time dan rekoleksi memori
- Mengeksplorasi seluruh wilayah yang dapat dieksplor pada mode dungeon 3D
3. Socializer
- Membahas cerita dengan teman atau dengan komunitas sesama pecinta game ini
- Mengadu skor yang didapatkan pada ajang mingguan dengan komposisi tim tertentu
- Membahas strategi dan komposisi tim untuk menyelesaikan suatu tantangan/bos
- Memamerkan unit/skin langka yang didapatkan dari gacha
4. Killer
- Mengalahkan bos yang sulit dengan komposisi tim yang terbatas
- Melihat angka damage yang sangat besar ketika mengalahkan bos
- Menyelesaikan lagu yang susah pada minigame rythm "Gig Mode"
Screenshot
Menu Utama
Cutscene
Transisi pergantian hari menunjukkan karakter yang berbeda
Achievement untuk karakter tertentu
Sosialisasi dengan suatu karakter
Gameplay Battle
Kemampuan Karakter Inori Natsume
Menu utama
Gig Mode, mode bermain musik

Gameplay
Gig Mode Video TrailerVideo Gameplay Main Story
Video Gameplay Score Attack
Google Play: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.YoStarEN.HBR&hl=en
AppStore: https://apps.apple.com/us/app/heaven-burns-red/id6630372362
Windows: https://heavenburnsred.yo-star.com/
Reviewed and Posted by
5025221169 / Bimantara Putra Ernandra
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !