DOTA 2

Selasa, 02 September 2025

 



Reviews : 9/10 - Very Positive

Genre : MOBA, Multiplayer, Strategy, PvP

Theme : Fantasy

Release Date : 10 Jul, 2013

Developer : Valve

Publisher : Valve

Dota 2 adalah salah satu game MOBA paling populer di dunia yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Valve Corporation. Game ini merupakan penerus dari Defense of the Ancients (DotA), sebuah mod dari Warcraft III. Dota 2 membawa pengalaman bermain yang kompetitif, penuh strategi, serta kolaborasi tim yang intens.


Dalam permainan, dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain saling berhadapan di sebuah arena yang disebut "map". Setiap pemain memilih satu hero dengan kemampuan unik dan peran berbeda, mulai dari carry, support, tank, dan lain-lain. Dengan lebih dari 100 hero yang tersedia, pemain dituntut untuk memahami mekanisme, sinergi tim, serta strategi yang kompleks.


Popularitas Dota 2 semakin meluas berkat turnamen internasional seperti The International (TI) yang menawarkan hadiah jutaan dolar, menjadikannya salah satu ekosistem e-sports terbesar di dunia.

Aturan Main Utama

  1. Dua tim (Radiant vs Dire) saling menghancurkan tower dan Ancient lawan.
  2. Setiap pemain memilih hero dengan kemampuan unik.
  3. Hero mengumpulkan EXP dan gold untuk naik level dan membeli item.
  4. Tiga jalur (lane) dijaga oleh creep dan tower.
  5. Kemenangan ditentukan oleh kerja sama tim dalam pertempuran dan strategi.

Dota is Fun!

Total waktu main saya di Dota 2 mungkin sudah lebih dari 4.000 jam kalau dihitung dari berbagai akun. Menariknya, saya tidak terlalu banyak mengeluarkan uang di game ini dibandingkan dengan game lain yang saya mainkan (CSGO, Valorant, dan lain-lain). Banyak skin bagus yang harganya murah, bahkan beberapa skin event terbatas bisa didapatkan tanpa perlu keluar uang, cukup dengan grinding mengorbankan energi dan mental saja.

Menurut saya, Dota 2 itu game yang sangat adiktif. Kalau dipikir, konsep dasarnya hanyalah game kompetitif yang repetitif. Tapi nyatanya, Dota jauh lebih dalam dari itu. Mekaniknya berbeda dari MOBA lain yang pernah saya coba, seperti LoL, Wild Rift, atau Mobile Legends. Sistem itemisasi di Dota sangat kompleks dan penuh variasi. Efek-efek item juga unik, sehingga pemain bisa bereksperimen dan menemukan kombinasi build yang sangat advance.

Items

Yang membuat Dota 2 semakin menarik adalah role hero yang fleksibel. Hampir semua hero tidak terikat pada satu role saja. Misalnya Dazzle, secara default dia adalah support dengan skill heal, slow, dan immune. Namun dengan itemisasi tertentu, Dazzle bisa berubah menjadi core yang cukup kuat. Contoh lain adalah Slark, biasanya dikenal sebagai hard carry yang lincah dan kuat. Tapi dalam kreativitas pro player, Slark pernah dimainkan sebagai support, roaming, lurking, warding, dan menjadi meta baru. Fleksibilitas ini membuat Dota 2 terasa fresh, karena setiap patch baru menghadirkan item build, trik, dan meta baru.

Dazzle Clutch

Selain mode utama seperti ranked dan casual (All-Pick), Dota juga punya berbagai mode tambahan. Ada Ability Draft dan juga Arcade, tempat komunitas bisa membuat mode mereka sendiri. Dari mode iseng seperti Magic Chess, 20 vs 20, Custom Hero, sampai mode unik bertema anime, semuanya ada. Bahkan, saya sendiri mungkin menghabiskan seperempat waktu bermain Dota hanya di mode Arcade ini.

Win streak atau lose streak tetap gas!

Tak kalah penting, pro-scene Dota 2 juga seru untuk diikuti. Walaupun di Indonesia popularitasnya tidak sebesar game mobile, tapi secara global, liga profesional Dota sangat besar. Puncaknya tentu saja The International (TI), turnamen akbar dengan hadiah jutaan dolar. Pertandingan pro player di sana sering menciptakan meta baru yang kemudian diikuti komunitas di seluruh dunia.

Permainan 1 Jam 35 Menit 27 Detik

Singkatnya, Dota 2 adalah game yang tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Dari eksperimen itemisasi, fleksibilitas role, hingga komunitas dan turnamen globalnya, selalu ada hal baru yang membuat saya betah terus kembali hingga ribuan jam bermain pun terasa wajar.

Theory of Fun: Bartle Personalities

Jika dibaca dengan kacamata “Theory of Fun” ala Bartle, Dota 2 berhasil memenuhi kebutuhan setiap tipe pemain secara seimbang.

Achiever (AC)

  • Rank
    Untuk seorang Achiever, rank (medal maupun MMR) adalah target yang jelas dan terukur untuk dikejar.
  • General Achievements
    Contoh capaian global: last hit 1000 creeps, atau target numerik lain yang memvalidasi peningkatan kemampuan.
  • Hero-Specific Achievements
    Contoh capaian per-hero: “The Biggest Winner” — menang 100 game menggunakan hero Pudge.
  • Event rewards
    Cara memperoleh item eksklusif, baik gratis maupun berbayar, melalui partisipasi event:
    • Skin Hero
    • Tema map
    • Skin Tower
    • Dll.
  • Apresiasi visual map
    Achiever dapat menikmati variasi tema map yang dipilih sebagai bentuk penghargaan atas progres dan preferensi visual.
  • Kustomisasi skin
    Pemain dapat menggabungkan beberapa part dari set hero yang berbeda untuk memperoleh kombinasi skin yang menarik.
  • Statistics
    Statistik akun dan per-hero dapat dijadikan tujuan yang menyenangkan untuk dikejar:
    • Contoh per-hero: target 40 kills dalam satu game dengan hero kez.
    • Contoh akun: 1000 MVP sebelum mencapai 4000 matches.
  • Dota Plus
    Fitur tambahan untuk tracking statistic yang lebih mendalam, sekaligus menghadirkan achievement tersendiri:
    • Skin dan item eksklusif dari shards yang dikumpulkan.
    • Hero level dan capaian lain dari penggunaan hero tertentu; misalnya meraih gelar “Grandmaster” pada hero tersebut.

 

Explorer (EX)

  • Update patch
    Setiap patch membuka ruang eksplorasi baru: pencarian meta, map, vision, rotation, hingga jungle camp.
  • Buff/Nerf hero
    Perubahan buff/nerf memunculkan kandidat meta hero baru untuk dieksplorasi.
  • General build
    Eksplorasi menyeluruh atas item, talent tree, neutral item, Shard/Scepter, dan elemen lain yang memengaruhi gaya main.
  • Fleksibilitas role
    Dota 2 tidak mengikat hero pada satu role; pemain dapat mengubah support menjadi core atau sebaliknya untuk menemukan pendekatan baru.
  • Meta build
    Pasca-update, pemain berlomba menemukan kombinasi terbaik item pada hero yang terdampak patch.
  • Cheese build
    Eksplorasi cara unik yang kreatif, misalnya:
    • Zeus full rapier: dikombinasikan dengan hero dan item tertentu sehingga ultimate dapat menghabisi banyak lawan sekaligus.
    • Sniper one hit kill: dengan setup tertentu, ulti dapat menimbulkan instant kill.
    • Hampir setiap patch melahirkan build/gameplay unik untuk dicoba. Walau sering lebih efektif di rank rendah, tetap memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk dieksplorasi.

 

Socializer (SC)

  • Rank sebagai status sosial
    Selain sebagai achievement, rank berfungsi sebagai status dalam komunitas:
    • Menjadi sesuatu yang dibanggakan kepada teman/komunitas.
    • Terdapat aturan tidak tertulis: respect rank lebih tinggi sering kali berhak memilih posisi (1/2/3) sebagai core terlebih dahulu dibanding rank yang lebih rendah.
  • Party
    Media sosialisasi dan kerja sama: membentuk tim, menentukan role, menyusun communication, serta melakukan call (panggilan untuk perang, tormentor, roshan, dan lain-lain).
  • Fitur gift item
    Tersedia fitur gift item untuk memberikan item/skin kepada teman, memperkuat interaksi sosial di luar pertandingan.

 

Killer (KL)

  • Dominasi 1v1 mid lane
    Kemenangan 1v1 mid memberikan kepuasan dominasi mekanik dan kendali jalannya permainan.
  • Rampage
    Mencapai kill 5 orang dalam satu war sebagai puncak momentum pribadi.
  • Memutus killing spree musuh
    Saat lawan (terutama core) mendominasi, tim melakukan smoke untuk mencari dan menumbangkannya. Shutdown ini sering mengubah arah pertandingan karena nilai gold yang besar.
  • Memaksa buyback musuh
    Membuat lawan melakukan buyback pada momen yang tidak mendesak, menguras sumber daya mereka dan membuka peluang strategis.
  • Aegis snatch
    Mencuri Aegis dari Roshan milik lawan sebagai pembuktian timing, positioning, dan keberanian.
  • Deny creep secara konsisten
    Menekan mental lawan di lane; beberapa skin bahkan menambah visual (misalnya simbol “?”) saat melakukan deny untuk meningkatkan efek psikologis.
  • Comeback
    Mengubah keadaan dari kalah menjadi menang melalui penentuan momen dan keputusan tim yang tepat.
  • Announcer ULTRAKILL dan RAMPAGE
    Mempertegas dominasi dan memberikan validasi audio yang kuat atas performa.
  • Fitur tip
    Kesempatan mencemooh lawan secara sah dengan memberikan tip saat mereka melakukan blunder, menambah lapisan permainan mental.






NRP / Nama
5025231298 / Izan Nafis Rahman









Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger