Reviews : 9/10 - Very Positive
Genre : MOBA, Multiplayer, Strategy, PvP
Theme : Fantasy
Release Date : 10 Jul, 2013
Developer : Valve
Publisher : Valve
Dota 2 adalah salah satu game MOBA paling populer di dunia yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Valve Corporation. Game ini merupakan penerus dari Defense of the Ancients (DotA), sebuah mod dari Warcraft III. Dota 2 membawa pengalaman bermain yang kompetitif, penuh strategi, serta kolaborasi tim yang intens.
Dalam permainan, dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain saling berhadapan di sebuah arena yang disebut "map". Setiap pemain memilih satu hero dengan kemampuan unik dan peran berbeda, mulai dari carry, support, tank, dan lain-lain. Dengan lebih dari 100 hero yang tersedia, pemain dituntut untuk memahami mekanisme, sinergi tim, serta strategi yang kompleks.
Popularitas Dota 2 semakin meluas berkat turnamen internasional seperti The International (TI) yang menawarkan hadiah jutaan dolar, menjadikannya salah satu ekosistem e-sports terbesar di dunia.
Aturan Main Utama
- Dua tim (Radiant vs Dire) saling menghancurkan tower dan Ancient lawan.
- Setiap pemain memilih hero dengan kemampuan unik.
- Hero mengumpulkan EXP dan gold untuk naik level dan membeli item.
- Tiga jalur (lane) dijaga oleh creep dan tower.
- Kemenangan ditentukan oleh kerja sama tim dalam pertempuran dan strategi.
Jika dibaca dengan kacamata “Theory of Fun” ala Bartle, Dota 2 berhasil memenuhi kebutuhan setiap tipe pemain secara seimbang.
Achiever (AC)
- Rank
Untuk seorang Achiever, rank (medal maupun MMR) adalah target yang jelas dan terukur untuk dikejar. - General
Achievements
Contoh capaian global: last hit 1000 creeps, atau target numerik lain yang memvalidasi peningkatan kemampuan. - Hero-Specific
Achievements
Contoh capaian per-hero: “The Biggest Winner” — menang 100 game menggunakan hero Pudge. - Event
rewards
Cara memperoleh item eksklusif, baik gratis maupun berbayar, melalui partisipasi event: - Skin
Hero
- Tema
map
- Skin
Tower
- Dll.
- Apresiasi
visual map
Achiever dapat menikmati variasi tema map yang dipilih sebagai bentuk penghargaan atas progres dan preferensi visual. - Kustomisasi
skin
Pemain dapat menggabungkan beberapa part dari set hero yang berbeda untuk memperoleh kombinasi skin yang menarik. - Statistics
Statistik akun dan per-hero dapat dijadikan tujuan yang menyenangkan untuk dikejar: - Contoh
per-hero: target 40 kills dalam satu game dengan hero kez.
- Contoh
akun: 1000 MVP sebelum mencapai 4000 matches.
- Dota
Plus
Fitur tambahan untuk tracking statistic yang lebih mendalam, sekaligus menghadirkan achievement tersendiri: - Skin
dan item eksklusif dari shards yang dikumpulkan.
- Hero
level dan capaian lain dari penggunaan hero tertentu; misalnya meraih
gelar “Grandmaster” pada hero tersebut.
Explorer (EX)
- Update
patch
Setiap patch membuka ruang eksplorasi baru: pencarian meta, map, vision, rotation, hingga jungle camp. - Buff/Nerf
hero
Perubahan buff/nerf memunculkan kandidat meta hero baru untuk dieksplorasi. - General
build
Eksplorasi menyeluruh atas item, talent tree, neutral item, Shard/Scepter, dan elemen lain yang memengaruhi gaya main. - Fleksibilitas
role
Dota 2 tidak mengikat hero pada satu role; pemain dapat mengubah support menjadi core atau sebaliknya untuk menemukan pendekatan baru. - Meta
build
Pasca-update, pemain berlomba menemukan kombinasi terbaik item pada hero yang terdampak patch. - Cheese
build
Eksplorasi cara unik yang kreatif, misalnya: - Zeus
full rapier: dikombinasikan dengan hero dan item tertentu sehingga ultimate
dapat menghabisi banyak lawan sekaligus.
- Sniper
one hit kill: dengan setup tertentu, ulti dapat
menimbulkan instant kill.
- Hampir
setiap patch melahirkan build/gameplay unik untuk dicoba. Walau
sering lebih efektif di rank rendah, tetap memberikan pengalaman
yang menyenangkan untuk dieksplorasi.
Socializer (SC)
- Rank
sebagai status sosial
Selain sebagai achievement, rank berfungsi sebagai status dalam komunitas: - Menjadi
sesuatu yang dibanggakan kepada teman/komunitas.
- Terdapat
aturan tidak tertulis: respect rank lebih tinggi sering
kali berhak memilih posisi (1/2/3) sebagai core terlebih
dahulu dibanding rank yang lebih rendah.
- Party
Media sosialisasi dan kerja sama: membentuk tim, menentukan role, menyusun communication, serta melakukan call (panggilan untuk perang, tormentor, roshan, dan lain-lain). - Fitur
gift item
Tersedia fitur gift item untuk memberikan item/skin kepada teman, memperkuat interaksi sosial di luar pertandingan.
Killer (KL)
- Dominasi
1v1 mid lane
Kemenangan 1v1 mid memberikan kepuasan dominasi mekanik dan kendali jalannya permainan. - Rampage
Mencapai kill 5 orang dalam satu war sebagai puncak momentum pribadi. - Memutus
killing spree musuh
Saat lawan (terutama core) mendominasi, tim melakukan smoke untuk mencari dan menumbangkannya. Shutdown ini sering mengubah arah pertandingan karena nilai gold yang besar. - Memaksa
buyback musuh
Membuat lawan melakukan buyback pada momen yang tidak mendesak, menguras sumber daya mereka dan membuka peluang strategis. - Aegis
snatch
Mencuri Aegis dari Roshan milik lawan sebagai pembuktian timing, positioning, dan keberanian. - Deny
creep secara konsisten
Menekan mental lawan di lane; beberapa skin bahkan menambah visual (misalnya simbol “?”) saat melakukan deny untuk meningkatkan efek psikologis. - Comeback
Mengubah keadaan dari kalah menjadi menang melalui penentuan momen dan keputusan tim yang tepat. - Announcer
ULTRAKILL dan RAMPAGE
Mempertegas dominasi dan memberikan validasi audio yang kuat atas performa. - Fitur
tip
Kesempatan mencemooh lawan secara sah dengan memberikan tip saat mereka melakukan blunder, menambah lapisan permainan mental.
NRP / Nama
5025231298 / Izan Nafis Rahman
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !