Never Fade Away: Review Game Cyberpunk 2077
Title
Cyberpunk 2077
Genre
Action-Adventure RPG, Open World, Immersive Sim, First Person Shooter
Tema
Sci-Fi, Futuristic, Cyberpunk
Rating
PEGI 18, ESRB M 17+
Deskripsi
Cyberpunk 2077 adalah sebuah Game RPG action-adventure open-world ambisius yang dikembangkan oleh CD PROJEKT RED, studio yang dikenal lewat seri legendaris milik mereka sebelumnya, The Witcher. Berlatar di megalopolis futuristik, Night City, pemain akan memainkan V, seorang tentara bayaran (Mercenary) yang terjebak dalam perjuangan sengit antara hidup dan mati.
Dirilis pertama kali pada 10 Desember 2020, peluncuran awalnya dinilai "gagal" oleh para kritik dan pemain akibat banyaknya masalah teknis yang merusak pengalaman bermain. Hal tersebut menyebabkan banyak pemain yang merasa kecewa kepada CD PROJEKT RED karena mereka dinilai "membohongi" para konsumen dengan Trailer yang sangat bagus.
Namun, melalui komitmen penuh dari developernya, Cyberpunk 2077 mengalami transformasi total. Puncaknya pada Update 2.0 dan dengan dirilisnya DLC Phantom Liberty, Cyberpunk 2077 tidak hanya memperbaiki masalahnya, tetapi juga merombak sistem permainannya secara fundamental.
Kebangkitan tersebut membawa Cyberpunk 2077 meraih pujian kritis, seperti rating 'Very Positive' di platform Steam dan memenangkan penghargaan 'Best Ongoing Game' pada The Game Awards Tahun 2023.
Main Story
V, seorang mercenary ambisius di Night City yang menerima sebuah misi yang menjanjikan segalanya: mencuri prototipe biochip berharga dari Arasaka Corporation. Bersama rekannya yang setia, Jackie Welles, V merencanakan pencurian sekali seumur hidup yang akan mengangkat nama mereka menjadi legenda.
Namun, misi ini berubah menjadi bencana total. V dan Jackie tanpa sengaja menyaksikan sebuah peristiwa di puncak kekuasaan Arasaka yang seharusnya tidak mereka lihat. Dalam sekejap, mereka berubah dari pencuri menjadi target utama korporasi paling berbahaya di dunia. Setelah dikhianati dan ditinggal mati, V secara ajaib dibangkitkan kembali berkat biochip yang kini tertanam di kepalanya. Tapi ada harga yang sangat mahal untuk kesempatan hidup kedua ini.
V segera menyadari bahwa biochip tersebut ternyata berisi "hantu" digital dari Johnny Silverhand, seorang rockstar anarkis legendaris yang diyakini telah tewas puluhan tahun lalu. Kini, V harus berbagi kepala dengan sosok ikonik yang penuh amarah dan dendam terhadap Arasaka.
Lebih buruk lagi, chip tersebut perlahan-lahan menimpa kepribadian V dan secara fisik membunuhnya. Ini memulai sebuah perlombaan putus asa melawan waktu. Perjalanan V untuk mencari obat membawanya menjelajahi setiap sudut gelap Night City. V harus menjalin aliansi dengan berbagai pihak—mulai dari klan Nomad yang solid, netrunner bawah tanah yang misterius, hingga terlibat langsung dalam perebutan kekuasaan internal di Arasaka—semuanya demi mencari cara untuk menyelamatkan diri dari takdir yang tak terhindarkan.
Setelah melalui berbagai rintangan dan mengumpulkan teman serta aliansi, V tiba di persimpangan jalan terakhir. Semua informasi yang dikumpulkan mengarah pada satu keputusan mustahil yang akan menentukan segalanya.
Haruskah V mempercayai teman-teman barunya untuk melancarkan serangan nekat ke jantung Arasaka? Atau akankah V mempertaruhkan segalanya dengan membuat kesepakatan bersama "iblis" yang selama ini mereka lawan? Pilihan akhir ini tidak hanya akan menentukan nasib V dan Johnny, tetapi juga akan memaksa pemain untuk menjawab pertanyaan fundamental: Apa arti dari sebuah kehidupan, dan seberapa besar harga yang pantas dibayar untuk sebuah kesempatan kedua?
Gameplay
Cyberpunk 2077 adalah game yang dimainkan dalam First Person Perspective (FPP). Kita bermain sebagai V, seorang mercenary / tentara bayaran yang memiliki ambisi untuk menjadi seorang legenda di Night City. Pada saat kita memulai gameplay baru, kita dapat memodifikasi V, mulai dari Fisik, Suara, dan atribut fisik lain seperti Model Rambut, Warna Mata, dan lain sebagainya.
Setelah V tercipta, kita diberikan 7 Poin Atribut untuk didistribusikan ke dalam lima kategori yang akan menjadi fondasi dari gaya bermain kita: Body, Reflexes, Technical Ability, Intelligence, dan Cool. Setiap Atribut sudah memiliki 3 poin, dan pada tahap ini, kita dapat menaikkan level Atribut apapun hingga maksimum 6 poin. Jadi, kita dapat memaksimalkan setidaknya 2 atribut atau memilih build yang lebih all-around. Setelah memilih build, kita akan langsung memulai misi pertama.
Gambar 12. Tahap memilih atribut yang ingin dinaikkan
Atribut Cool berguna untuk gaya bermain stealth dan menyelinap. Atribut ini selain meningkatkan kemahiran / proficiency dalam stealth, juga efektivitas serangan diam-diam, pistol, dan Sniper.
Atribut Reflexes untuk gaya bermain cepat dan lincah seperti seorang Shinobi. Atribut ini meningkatkan kecepatan bergerak, kemampuan menghindar dari serangan musuh, dan keahlian menggunakan pedang dan SMG (Sub Machine Gun).
Atribut Body untuk gaya bermain Solo / tank yang brutal. Atribut ini berfokus pada pertarungan fisik, senjata berat, dan daya tahan dengan meningkatkan Health Points. Atribut Technical Ability untuk para teknisi yang berfokus pada skill crafting. Atribut ini dapat memperkuat Tech Weapon, Granat, dan meningkatkan kapasitas Cyberware yang memungkinkan kita untuk memasang Cyberware yang lebih canggih.
Akhirnya, atribut Intelligence berguna untuk gaya bermain Netrunner. Atribut ini meningkatkan kemampuan hacking (Quickhacks), RAM Efficiency, dan efektivitas Smart Weapons yang pelurunya bisa mengunci target.
Setiap Atribut memiliki Skill Tree-nya sendiri. Setiap kali V naik level, kita mendapatkan Perk Points yang bisa dibelanjakan di tree ini untuk membuka Perk—kemampuan spesifik yang aktif maupun pasif.
Gambar 14. Skill Tree Atribut Technical Ability
Selain itu, kita juga dapat meng-upgrade Cyberware yang kita gunakan agar sesuai dengan gameplay yang kita inginkan. Cyberware adalah implant yang dipasang di tubuh V melalui seorang Ripperdoc. Cyberware memiliki 2 fungsi utama, yaitu sebagai Active Skill, seperti memperlambat waktu, dan sebagai Passive Skill, seperti menambah armor, HP, dan RAM.
Gambar 15. Anggota tubuh yang dapat diberikan Cyberware
Ketika V bertarung dalam Melee Combat menggunakan tangan kosong, V dapat melakukan light punch untuk melakukan combo dan heavy punch untuk menghancurkan guard dari musuh. V pun juga dapat melakukan block dan parry dari tinjuan musuh untuk membuka celah counterattack.
Selain tinju meninju, kita dapat melakukan Melee Combat menggunakan pedang, seperti Katana atau implan Mantis Blade, atau senjata tumpul, seperti tongkat baseball dan implan Gorilla Arms. Selain Melee Combat, Cyberpunk 2077 juga memiliki sistem persenjataan yang dibangun atas 3 teknologi yang berbeda, yaitu: Power, Tech, dan Smart. Power Weapons adalah senjata yang pelurunya bisa memantul (Ricochet) dari permukaan. Tech Weapons adalah senjata yang fitur utamanya adalah kemampuan untuk men-charge senjatanya sebelum ditembakkan. Peluru dari senjata jenis ini dapat menembus dinding, kontainer, dan perlindungan lainya. Smart Weapons adalah senjata yang bisa mengunci dan mengejar target secara otomatis. Namun, untuk menggunakannya, V perlu menggunakan Cyberware Smart Link di tangannya.
Gambar 17. Perbandingan Power Pistol dengan Smart SMG
Senjata-senjata tersebut, baik senjata jarak jauh maupun senjata melee, juga memiliki Rarity / tingkat kelangkaan yang berbeda, mulai dari warna putih / Common, sampai dengan warna oranye / Legendary.
Gambar 18. Senjata-senjata dengan rarity yang bermacam-macam
Lalu, ada senjata Iconic. Senjata Iconic adalah varian unik dari senjata standar yang memiliki nama, penampilan, dan kemampuan yang spesial dan tidak bisa ditemukan di senjata lain. Senjata-senjata ini didapat dari misi-misi penting dan dapat di-upgrade terus-menerus sampai ke level maksimal.
Gambar 19. Upgrade Senjata Iconic
Akhirnya, pada Cyberpunk 2077 ada 4 tipe damage yang berbeda, yaitu Physical, Thermal, Chemical, dan Electrical.
Physical Damage dihasilkan oleh sebagian besar peluru, senjata tumpul dan tajam. Physical Damage tidak memiliki Damage-over-Time (DoT) seperti 3 jenis damage yang lain, tetapi physical damage yang tinggi dapat menyebabkan musuh terkena efek staggered dan knockdown.
Thermal Damage akan membakar target yang terkena hit. Thermal Damage menerapkan status Burn. Musuh yang terbakar akan menerima Damage selama beberapa detik.
Chemical Damage akan menerapkan status Poison kepada musuh yang terkena hit. Status Poison juga akan memberikan Damage-over-Time yang mengurangi armor dan memperlambat movement.
Electrical Damage akan menerapkan status Shocked kepada musuh yang terkena hit. Electrical Damage juga memiliki peluang untuk menimbulkan EMP dan dapat melumpuhkan Cyberware musuh sementara, serta mengurangi keefektivitasan mech, robot, dan drone.
Senjata-senjata tersebut, baik senjata jarak jauh maupun senjata melee, juga memiliki Rarity / tingkat kelangkaan yang berbeda, mulai dari warna putih / Common, sampai dengan warna oranye / Legendary.
Skenario
Setiap pemain membuat playthrough baru, kita diharuskan untuk memilih 3 Lifepath yang berbeda, yaitu Nomad, Streetkid, dan Corpo.
Gambar 21. Pemilihan Lifepath untuk V
Setiap lifepath memiliki Prologue yang berbeda dan menentukan feeling yang berbeda pada cerita yang akan kita mainkan. Perbedaan paling mendasar dari ketiga lifepath tersebut adalah sudut pandang dan hubungan awal V dengan Night City itu sendiri. Masing-masing lifepath ini juga akan memberikan opsi dialog dan perspektif unik sepanjang gameplay.
Nomad "Roaming the Badlands, looting scrapyards, raiding fuel depots - life on the road wasn't easy. But growing up in a nomad clan has its perks. Honesty, integrity, and love of freedom - qualities that few in Night City possess, and no amount of money can buy."
Kehidupan seorang Nomad adalah tentang kebebasan yang didapat dengan susah payah di tengah kerasnya kehidupan di Badlands. Jauh dari kemewahan dan hiruk pikuk Night City, seorang Nomad hidup dalam sebuah klan yang berfungsi layaknya keluarga besar. Mereka adalah para pengembara, mekanik, dan penyelundup yang bertahan hidup dengan menjarah rongsokan dan saling menjaga satu sama lain. Nilai-nilai seperti loyalitas, kejujuran, dan ikatan keluarga adalah segalanya. Memilih Nomad berarti V adalah seorang orang luar yang memandang Night City dengan skeptis, namun memiliki keahlian bertahan hidup dan mekanik yang tidak dimiliki oleh penduduk kota.
Streetkid "They say if you want to understand the streets, you gotta live 'em. Gangs, fixers, dolls. small-time pushers - you were raised by them all. Down here the law of the jungle dictates the weak serve the strong - the only law in Night City you have yet to break." Seorang Streetkid adalah produk asli dari jalanan Night City. Mereka tumbuh di tengah-tengah perang geng, pekerjaan dari para fixer, dan hukum rimba di mana yang kuat memangsa yang lemah. Kehidupan mereka adalah perjuangan konstan untuk mendapatkan reputasi jalanan (Street Cred) dan bertahan hidup hingga esok hari. Mereka mungkin tidak memiliki pendidikan formal, tetapi mereka memiliki "kecerdasan jalanan" yang tak ternilai: kemampuan untuk membaca situasi, bernegosiasi dengan para penjahat, dan mengetahui setiap gang tersembunyi di distrik mereka. Memilih Streetkid berarti V adalah seorang warga asli Night City yang memahami Night City dari bawah ke atas.
Corpo "Few leave the corporate world with their lives - fewer still with their souls intact. You've been there - you've bent the rules, exploited secrets and weaponized information. There's no such thing as a fair game, only winners and losers." Kehidupan seorang Corpo adalah tentang berada di puncak rantai makanan, setidaknya untuk sementara. Sebagai agen Arasaka, V terbiasa dengan kemewahan, pakaian mahal, dan akses ke teknologi canggih. Namun, di balik itu semua, dunianya penuh dengan pengkhianatan dan paranoia. Informasi adalah senjata, dan setiap rekan kerja dapat berpotensi menjadi musuh selanjutnya. Mereka memahami bagaimana kekuasaan bekerja di Night City karena mereka pernah menjadi bagian dari mesin yang menjalankannya. Memilih Corpo berarti V memiliki wawasan unik tentang cara kerja dunia korporat, tahu cara memanipulasi orang, dan membawa luka batin dari dunia yang tidak mengenal kata "adil".
Kenapa saya memilih Cyberpunk 2077 sebagai game terbaik saya?
The Diamond in the Rough Sebagai seorang penikmat Story-Driven Games, saya selalu mencari game yang memiliki cerita yang menarik, seru, dan berkesan. Game seperti seri The Walking Dead dari Telltale, The Last of Us dari Naughty Dog, The Dark Pictures Anthalogy dari Supermassive Games dan Detroit: Become Human dari Quantic Dream adalah beberapa dari game favorit saya. Karena itulah, ketika CD PROJEKT RED mengumumkan Cyberpunk 2077, saya memiliki harapan setinggi langit, karena mereka menetapkan standar yang tinggi dengan game seri mereka sebelumnya, The Witcher 3, salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Terlepas dari perilisannya yang kacau, seiring berjalannya waktu, dirilisnya anime Edgerunners dan serangkaian patch-patch yang diberikan ditambah dengan Ekspansi Phantom Liberty, banyak orang akhirnya bisa melihat apa yang saya lihat sejak awal: sebuah cerita yang tertulis dengan sangat baik dan memukau. Kualitas Cerita dan Para Karakternya Bagi saya, kekuatan terbesar pada Cyberpunk 2077 terletak pada kualitas ceritanya. Cerita utama V adalah sebuah perjalanan yang matang, emosional, dan penuh momen tak terlupakan. Namun, cerita tersebut tidak berarti tanpa karakter-karakter yang membantu mendorong cerita V kedepan. Mereka bukan hanya 'karakter sampingan' yang memberi misi, melainkan pilar-pilar emosional yang membentuk perjalanan dan bahkan kepribadian V. Tidak hanya dengan Johnny Silverhand, hubungan kita dengan Jackie Welles, Judy Alvarez, Panam Palmer, Kerry Eurodyne, dan karakter-karakter lainnya terasa nyata, dengan motivasi dan konflik batin yang berbeda membuat saya peduli dengan cerita yang mereka bawakan. CDPR berhasil mengintegrasikan kisah-kisah mereka dengan baik ke dalam perjuangan V, membuat dunia terasa lebih hidup dan pertaruhan terasa jauh lebih personal.
Secara visual, Night City adalah sebuah masterpiece. Menurut saya, CDPR berhasil menciptakan salah satu dunia game yang paling indah. Pemandangan kota yang disinari cahaya neon, gedung-gedung pencakar langit, dan jalanan yang tidak pernah berhenti bercerita menciptakan panorama yang tak terlupakan. Setiap district, mulai dari City Center yang bersih sampai dengan Kabuki yang kumuh, memiliki identitas dan gaya visualnya tersendiri, membuat eksplorasi terasa seperti menjelajahi sebuah ekosistem yang nyata dan beragam.
Namun, keunikan dunia ini tidak hanya pada keindahannya saja. Di balik visual yang memukau, CDPR membangun sebuah dunia distopia yang kaya akan detail dan enviromental storytelling. Iklan-iklan yang tersebar dimana-mana, siaran berita TV yang menceritakan kekacauan di dunia, hingga shards yang tersebar di seluruh kota, semuanya berkontribusi membangun sebuah gambaran dunia yang kelam. Ini adalah dunia dimana korporasi berkuasa mutlak dan kesenjangan sosial terlihat nyata. Kombinasi antara keindahan visual yang luar biasa ditambah dengan pondasi dunia yang brutal inilah yang membuat Night City terasa unik, imersif, nyata, dan hidup.Bukan Hanya Sekedar Misi Misi-misi yang kita lakukan selama bermain tidak hanya sebuah daftar tugas, misi-misi ini adalah jendela untuk mengintip kehidupan dalam Night City. Terutama melalui Gigs (misi sampingan dari Fixers), game ini berhasil membangun dunianya dengan cerita yang mereka ungkapkan melalui misi-misi tersebut. Terkadang tragis, lucu, atau morally gray, misi-misi ini memperkenalkan kita pada berbagai karakter penghuni kota ini, mulai dari eksekutif korporat hingga geng jalanan yang ingin bertahan hidup. Misi-misi ini membuat Night City terasa seperti tempat yang benar-benar dihuni, dengan masalah dan cerita yang nyata. Selain berfungsi sebagai pondasi dari dunianya, kekuatan terbesar dari desain misi Cyberpunk 2077 adalah kebebasan dalam cara pemain mendekati misi tersebut. Hampir setiap misi memberikan pemain pilihan bagaimana cara mereka menghadapi misi tersebut. Apakah mereka ingin menyelinap, masuk dan keluar tanpa diketahui? atau mereka ingin langsung masuk dari pintu depan dan menghabisi semua orang? Semua pendekatan ini didukung oleh desain level yang penuh dengan jalur alternatif dan pilihan yang bergantung pada pemain.
Satu hal yang sangat saya sukai dari Cyberpunk 2077 adalah bagaimana game ini menghargai setiap keputusan pemain. Bukan hanya tentang pilihan besar di akhir cerita, tetapi juga keputusan-keputusan kecil yang kita buat sepanjang perjalanan. Pilihan dialog seringkali bukan hanya sekedar dialog yang berbeda, jawaban yang "salah" dapat secara permanen mengubah hubungan kita dengan karakter lainnya, memengaruhi sifat mereka, bahkan membuka atau menutup misi tertentu. Dampak dari pilihan juga meluas ke cara bermain. Memilih pendekatan dalan sebuah misi, seperti menyelinap atau menyerbu, bukan hanya soal preferensi bermain, tetapi juga merupakan keputusan strategis yang menghasilkan outcome yang berbeda. Menyelesaikan misi tanpa terdeteksi mungkin akan membuat klien lebih senang dan memberikan bonus, sementara pendekatan brutal dapat menyebabkan kematian seorang karakter yang tidak seharusnya mati, yang kemudian memicu konsekuensi tak terduga di misi selanjutnya. Kemampuan game ini untuk membuat aksi sekecil apapun terasa berarti inilah yang membuat perjalanan V terasa personal dan penuh bobot.
Aspek Kesenangan
Replayability Meskipun saya sudah menamatkannya berkali-kali, saya selalu menemukan sesuatu yang baru di setiap permainan, baik itu misi sampingan yang terlewat, serpihan lore, dialog tersembunyi, senjata Ikonik yang belum pernah saya temukan, hingga easter egg yang tersebar di dunianya. Hal-hal tersebut membuat setiap playthrough yang saya lakukan terasa fresh.
Choices Matter Pada kebanyakan game, pilihan terasa seperti ilusi. Maksud "pilihan" dari mereka adalah pilihan Ending. Namun di Cyberpunk 2077, setiap keputusan terasa memiliki bobot. Sistem ini memaksa saya untuk berhenti dan berpikir sebelum memilih dialog atau tindakan, karena saya tahu konsekuensinya bisa jadi permanen. Perasaan was-was saat memilih dialog, atau khawatir memilih pendekatan penyelesaian misi yang salah, yang mengakibatkan seorang NPC terbunuh, dapat memengaruhi ceritanya dalam jangka panjang.
Mod Friendly Menurut saya, game ini memiliki komunitas modder yang sangat besar, banyak sekali mod diluar sana yang mengelevasi gameplay kita. Ketersediaan ribuan mod, mulai dari perubahan kosmetik, kendaraan, hingga perombakan total seperti mode survival, yang mengharuskan kita untuk makan dan minum, memberikan kebebasan tanpa batas. CDPR pun juga mendukung adanya mod melalui tool REDmod, yang menunjukkan kepercayaan mereka terhadap kreativitas para pemain untuk terus memperkaya Night City. Bahkan, mereka juga mengimplementasikan beberapa mod yang telah dibuat oleh komunitas mereka ke dalam game mereka karena seberapa populer mod tersebut di kalangan pemain.Gambar 32. Komunitas Modder di Cyberpunk 2077 di nexusmods
Night City Pada kebanyakan game, saya rasa kota yang diberikan hanyalah sekedar panggung untuk cerita kita, pemain. Namun, di Cyberpunk 2077, saya merasa bahwa Night City adalah naratornya sendiri. Saat kita menjelajahi jalanannya, kita tidak hanya menjalankan misi, kita menemukan cerita. Sebuah mayat di gang sempit dengan serpihan shard di sebelahnya, percakapan antar NPC, atau graffiti geng di dinding, semuanya adalah potongan-potongan narasi yang membuat kota ini terasa hidup dan bernafas. Perjalanan V terasa bukan sebagai satu-satunya cerita, melainkan hanya salah satu dari jutaan kisah yang terjalin di dalam kota yang disebut The City of Dreams ini.
Combo Wombo Setiap Cyberware dan senjata yang ada pada game ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Menemukan sinergi / combo yang tepat dalam game ini adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Game ini memungkinkan kita untuk 'merusak' aturannya dengan menggabungkan berbagai Cyberware, Perk, dan senjata untuk menciptakan gaya bermain yang unik dan overpowered. Misalnya, kita dapat memperlambat waktu, lalu maju dengan menggunakan Katana, kita dapat menyerang musuh kita sebelum mereka dapat menyerang kita. Eksperimen untuk menemukan kombinasi overpowered inilah yang membuat playthrough dari game ini tidak pernah terasa membosankan.
Well Written Narrative Sesuai dengan mengapa game ini adalah salah satu game favorit saya sepanjang masa, saya sangat suka bagaimana mereka menulis cerita dari game ini. Bukan hanya penulisan cerita V sebagai karakter utama, tetapi penulisan karakter antagonisnya juga. Cyberpunk 2077 tidak ragu untuk menciptakan karakter yang benar-benar jahat dan pantas untuk dibenci. Game ini membangun motivasi dan kekejaman mereka dengan sangat baik, sehingga ketika momen konfrontasi tiba, kemenangan terasa bukan hanya sebagai penyelesaian misi, tetapi sebagai sebuah tindakan yang memuaskan secara naratif. Mengalahkan mereka terasa 'pantas' dan memberikan rasa lega yang jarang saya temukan di game lain.
Theory of Fun: Bartle's Taxonomy
Achiever- 100% Completion: Menyelesaikan semua misi, baik misi utama, misi sampingan, gigs, sampai dengan misi tersembunyi yang ada di Night City.
- Iconic Weapon Collections: Mengoleksi semua Iconic Weapon dan memajang semuanya di dinding Stash apartemen milik V.
- Overpowered: Membuat V menjadi sangat Overpowered sehingga kita bisa bermain dengan cara apapun dan bagaimanapun yang kita inginkan.
Gambar 40. Build Cyberware yang sudah lengkap- Achievement: Mendapatkan semua achivement yang ada di platfom seperti Steam, Epic Games, dan PlayStation.
- The Richest Merc: Mengumpulkan jutaan Eurodollar / Eddies untuk membeli semua aset di Night City, mulai dari berbagai apartemen yang tersebar di semua district, sampai dengan membeli semua kendaraan yang tersedia di Autofixer.
Explorer- Night City: Menjelajahi setiap sudut Night City, selain untuk mengagumi keindahannya, juga untuk mendengarkan ceritanya.
- Vehicles: Mendapatkan berbagai macam kendaraan tersembunyi yang tersebar di setiap sudut Night City, baik dari misi maupun menjelajahi Night City tanpa arah.
- Iconic Weapons: Menemukan Iconic Weapons di tempat-tempat yang tidak terduga, bisa saja ada di dalam sebuah Penthouse mewah, bahkan sampai ke Junkyard dekat Badlands.
- Approach: Tidak adanya batasan dalam mendekati sebuah misi yang membuat pemain memiliki pendekatannya masing-masing.
- Synergy: Mencoba setiap kombinasi Cyberware, Perk, dan senjata untuk menemukan kombinasi yang bersinergi dan menciptakan cara bermain yang berbeda.
- Character Creations: Sistem pembuatan karakter yang sangat detail dan memungkinkan untuk bereksperimen dengan banyaknya kombinasi fitur fisik sampai menciptakan V yang "sempurna".
- Lifepaths: Mencoba semua lifepath yang ditawarkan dan melihat bagaimana lifepath tersebut mengubah cara V berinteraksi dengan dunianya.
- Endings: Mencoba setiap ending yang ditawarkan dan melihat konsekuensi dari setiap ending tersebut, yang memungkinkan pemain untuk menentukan ending mana yang terbaik untuk Johnny dan V.
Gambar 51. Rogue Amendaries- Photo Mode: Menggunakan Photo Mode dan menjadi seorang fotografer virtual dan menangkap keindahan Night City, potret para karaternya, dan momen-momen tak terduga lainnya.
Socializer- Well Written NPC: Kualitas penulisan karakter NPC yang sangat baik sehingga membangun hubungan dengan mereka terasa seperti membangun hubungan dengan orang sebenarnya.
- Community: Komunitas yang sangat luas dan tersebar di berbagai platform, seperti Reddit, server Discord, dan media sosial lainnya, yang berfungsi sebagai tempat para pemain untuk berbagi pengalaman, teori, mods, dan lain sebagainya.
Killer- Revenge: Mengalahkan berbagai macam boss dan karakter antagonis, lalu mengeksekusi mereka, karena kematianlah yang pantas untuk mereka terima.
- 100% Completion: Menyelesaikan semua misi, baik misi utama, misi sampingan, gigs, sampai dengan misi tersembunyi yang ada di Night City.
- Iconic Weapon Collections: Mengoleksi semua Iconic Weapon dan memajang semuanya di dinding Stash apartemen milik V.
- Overpowered: Membuat V menjadi sangat Overpowered sehingga kita bisa bermain dengan cara apapun dan bagaimanapun yang kita inginkan.
- Achievement: Mendapatkan semua achivement yang ada di platfom seperti Steam, Epic Games, dan PlayStation.
- The Richest Merc: Mengumpulkan jutaan Eurodollar / Eddies untuk membeli semua aset di Night City, mulai dari berbagai apartemen yang tersebar di semua district, sampai dengan membeli semua kendaraan yang tersedia di Autofixer.
- Night City: Menjelajahi setiap sudut Night City, selain untuk mengagumi keindahannya, juga untuk mendengarkan ceritanya.
- Vehicles: Mendapatkan berbagai macam kendaraan tersembunyi yang tersebar di setiap sudut Night City, baik dari misi maupun menjelajahi Night City tanpa arah.
- Iconic Weapons: Menemukan Iconic Weapons di tempat-tempat yang tidak terduga, bisa saja ada di dalam sebuah Penthouse mewah, bahkan sampai ke Junkyard dekat Badlands.
- Approach: Tidak adanya batasan dalam mendekati sebuah misi yang membuat pemain memiliki pendekatannya masing-masing.
- Synergy: Mencoba setiap kombinasi Cyberware, Perk, dan senjata untuk menemukan kombinasi yang bersinergi dan menciptakan cara bermain yang berbeda.
- Character Creations: Sistem pembuatan karakter yang sangat detail dan memungkinkan untuk bereksperimen dengan banyaknya kombinasi fitur fisik sampai menciptakan V yang "sempurna".
- Lifepaths: Mencoba semua lifepath yang ditawarkan dan melihat bagaimana lifepath tersebut mengubah cara V berinteraksi dengan dunianya.
- Endings: Mencoba setiap ending yang ditawarkan dan melihat konsekuensi dari setiap ending tersebut, yang memungkinkan pemain untuk menentukan ending mana yang terbaik untuk Johnny dan V.
- Photo Mode: Menggunakan Photo Mode dan menjadi seorang fotografer virtual dan menangkap keindahan Night City, potret para karaternya, dan momen-momen tak terduga lainnya.
- Well Written NPC: Kualitas penulisan karakter NPC yang sangat baik sehingga membangun hubungan dengan mereka terasa seperti membangun hubungan dengan orang sebenarnya.
- Community: Komunitas yang sangat luas dan tersebar di berbagai platform, seperti Reddit, server Discord, dan media sosial lainnya, yang berfungsi sebagai tempat para pemain untuk berbagi pengalaman, teori, mods, dan lain sebagainya.
- Revenge: Mengalahkan berbagai macam boss dan karakter antagonis, lalu mengeksekusi mereka, karena kematianlah yang pantas untuk mereka terima.
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !