Ulasan Game 東方紺珠伝 ~ Legacy of Lunatic Kingdom
-Sebuah Perspektif dari Pemain Kasual-
Title: 東方紺珠伝 ~ Legacy of Lunatic Kingdom
Developer: 上海アリス幻樂団 (Team Shanghai Alice)
Publisher: 上海アリス幻樂団 (Comiket), Mediascape Co., Ltd (Steam)
Genre: STG (Vertical Shooter, Bullet Hell)
Theme: Fantasy, Moon, Lunacy
Platform: PC
Tanggal Rilis: Demo :
10 Mei 2015 (Reitaisai 12, Jepang)
Versi penuh :
14 Agustus 2015 (Comiket 88, Jepang)
1 April 2019 (Steam, Seluruh Dunia)
Rating: Not Rated (Terdekat CERO A)
東方Project (lit. Touhou Project) atau lebih dikenal
sebagai Touhou adalah franchise game yang dikembangkan oleh Team Shanghai
Alice, developer game indie yang beranggotakan ZUN seorang. Mainline dari
Touhou adalah game bergenre STG Vertical Shooter dan subgenre Bullet Hell. Game
yang akan diulas pada page ini adalah 東方紺珠伝 ~ Legacy of Lunatic Kingdom (lit. Touhou Kanjuden ~
Legacy of Lunatic Kingdom, disingkat LoLK) yang merupakan game mainline ke-15 dari
Touhou.
Title screen LoLK |
Disclaimer
Perlu diketahui bahwa
versi resmi dari semua game Touhou menggunakan bahasa Jepang. Game yang digunakan
pada ulasan ini menggunakan patcher thcrap yang dikembangkan oleh komunitas
Touhou luar negeri untuk mengubah interface game menjadi berbahasa Inggris.
Thanks for being awesome and for not overlocalizing them puns.
Story
LoLK menceritakan
tentang kejadian yang terjadi di Gensoukyou ketika penghuni bulan berniat untuk
menjadikan Gensoukyou sebagai tempat tinggal mereka dengan
"memurnikan"nya. Pemain akan berperan sebagai tokoh utama untuk
mencegah hal tersebut dan menyelidiki keanehan yang terjadi di ibukota penghuni
bulan, dengan atau tanpa obat rahasia. Secara umum alur cerita disampaikan secara
linier dengan sedikit perbedaan yang bergantung pada karakter yang dimainkan dan
jumlah retry yang dilakukan oleh pemain.
Cerita disampaikan disela-sela permainan, lawakan disampaikan disela-sela cerita |
Game
Mode
LoLK dibagi dalam dua
bagian, Main Story dan Extra.
Main Story memiliki
dua mode permainan, yaitu Legacy Mode dan Pointdevice mode. Pada Pointdevice
Mode pemain akan memiliki nyawa yang tidak terbatas, akan tetapi setiap kali
pemain terkena proyektil, pemain harus mengulang dari checkpoint (chapter) yang
telah ditentukan oleh game. Terdapat penalty 0.01 point power untuk setiap
ulangan yang dilakukan oleh pemain. Pada Legacy Mode game dimainkan seperti
game STG lainnya, dengan jumlah nyawa dan spell card yang terbatas serta retry
maksimal 3 kali jika nyawa pemain menyentuh angka 0.
Ze "Noob Trap" |
Selanjutnya pemain
akan memilih satu dari 4 jenis kesulitan: Easy, Normal, Hard, Lunatic. Terdapat
perbedaan pattern dan kecepatan proyektil yang cukup signifikan pada setiap
difficulty.
Pilih kekenyalan dango sesuai selera |
Main
Story terbagi dalam 6 stage dan setiap stage memiliki 3 jenis tahapan:
non-boss, mid-boss, boss. Semua tahapan pada Touhou memiliki waktu maksimal,
sehingga pemain tidak perlu mengalahkan musuh atau menghabisi HP gauge dari
boss untuk melewati tiap tahapan. Mid-boss dan boss memiliki beberapa HP bar
dan biasanya untuk setiap bar terdapat satu spell card yang digunakan oleh boss.
Tidak terlihat: perbedaan kecepatan peluru yang bervariasi antara kura-kura sampai sumber kencono |
Extra
stage hanya dapat dimainkan setelah menyelesaikan Main Story. Hanya ada satu
stage panjang yang perlu dilewati, tetapi secara umum tingkat kesulitannya
lebih sulit dari stage 6 main story. Tidak ada Pointdevice Mode pada Extra
Stage
There sure are |
Character
Select
Terdapat 4 karakter yang dapat
dimainkan pada LoLK. Setiap karakter memiliki tipe serangan dan spell card yang
berbeda-beda
Glorious ZUN aesthetics |
- Hakurei ReimuTokoh Utama dari franchise Touhou. Memiliki hitbox yang lebih kecil dari karakter lain, serangan dasar yang mengejar lawan, serta spell card yang kuat. Tipikal tokoh utama.
- Kirisame Marisa
Tokoh (Pembantu) Utama dari franchise Touhou. Memiliki tipe serangan yang sedikit lebih kuat, tetapi lebih susah digunakan dibanding karakter lain. Tipikal tokoh (pembantu) utama. - Kochiya SanaeKarakter bos dari Touhou 10 yang kali ini kembali menjadi playable character. Memiliki tipe serangan dasar yang meledak ketika menyentuh lawan, serangan terfokus yang membelok horizontal ke arah lawan serta spell card yang dapat digunakan untuk mendapatkan pecahan nyawa dengan mudah.
- Reisen Udongein Inaba
Karakter bos dari Touhou 8 yang akhirnya menjadi playable character. Memiliki tipe serangan yang menyebar secara acak serta spell card yang memberikan 3 kali kesempatan untuk menerima serangan sembari membersihkan persekitaran Reisen dari proyektil lawan.
Serangan dasar yang berbeda untuk setiap karakter |
Game
basics
Obyektif dari LoLK sama seperti game
genre STG lain, yaitu mengalahkan musuh dengan proyektil sembari menghindari
proyektil yang ditembakkan musuh. Musuh yang dikalahkan akan menjatuhkan pecahan
power dan poin yang kemudian dapat diambil oleh pemain dengan menyentuhnya atau
dengan bergerak menuju ujung atas area permainan.
Tahap non-boss, tempat uji membedakan kotak dan bulat |
Setiap
karakter memiliki dua mode serangan, normal dan terfokus. Mode normal memiliki
serangan yang cenderung melebar dan gerakan karakter menjadi lebih cepat. Mode
fokus memiliki serangan yang terfokus lurus dari posisi pemain (kecuali Sanae)
dan gerakan karakter menjadi lebih
lambat. Selain serangan dasar, terdapat spell card yang memiliki kekuatan yang
besar dan dapat membersihkan layar dari proyektil musuh (kecuali Reisen).
When in doubt, mash X (Alt text: MASTAAAA SUPAAAAKU) |
Terdapat sistem unik
dalam Touhou yaitu grazing, yang dilakukan dengan menyerempet proyektil lawan
yang akan menambah graze counter. Grazing akan melambatkan jatuhnya pecahan
power dan point dan merubah warnanya menjadi kegelapan. Pada setiap akhir
chapter jumlah graze counter akan dihitung. Jika graze counter melebihi 200,
pecahan nyawa atau spell card akan diberikan, bergantung pada mode permainan.
Reason to graze: (⨯)You want to get life/spellcard piece (✓)You'll die otherwise |
Selling
Point
=>4 Karakter berbeda (Explorer/Achiever)
LoLK memiliki 4 playable
character dengan keunikan tersendiri dan jalan cerita yang berbeda. Pemain
dapat menemukan/menggunakan gimmick
khusus tiap karakter untuk menyelesaikan game
serta melihat cerita dari 4 sudut pandang karakter dengan sifat yang
berbeda-beda.
This game had a story!? |
=>Difficulty yang menantang (Achiever/Killer)
LoLK diakui oleh
pemain Touhou sebagai game dengan difficulty tingkat atas dalam franchisenya.
ZUN sengaja membuat LoLK menjadi lebih susah dari biasanya untuk mencoba
memasukkan Pointdevice mode ke dalam LoLK. Hal ini membuat LoLK menjadi game
yang cocok untuk pemain STG yang ingin mencari tantangan.
Datang bulan itu tidak menyenangkan, terutama ketika bulannya ada 3 dan mengejar sambil menembak proyektil |
=>Pointdevice Mode (Achiever/Explorer/Killer)
Bullet hell merupakan
genre game yang terkenal akan tingkat kesulitannya yang tinggi yang membuat
pemain game menjauhinya. Terkadang di tingkat kesulitan termudah pun pemain
masih mengalami kesulitan untuk menyelesaikan permainan. Pointdevice mode
memberikan kesempatan untuk jenis pemain tersebut (ex. Penulis) untuk
menyelesaikan permainan. Selain itu pemain juga dapat mencoba strategi baru sampai akhirnya berhasil melewati stage yang ada (atau balas dendam ke bossnya karena gagal terus)
Mash Z to retry |
=>Musik (Achiever)
Touhou dikenal akan
kualitas musik in-gamenya yang tinggi, LoLK pun demikian. Musik yang digunakan
berbeda-beda untuk setiap stage dan disesuakan dengan kondisi terjadinya event
dan lawan yang dihadapi. Berikut adalah contoh musik yang dimainkan pada boss battle stage
4
Terdapat juga Music Room untuk
memainkan musik yang telah ditemui dalam permainan
Komentar komposer (yang ngawur) merupakan hal yang wajib ada di music room |
=>Komunitas yang aktif dan kreatif (Socializer/Achiever)
Apalah indie game tanpa komunitasnya yang mendukung. Touhou memiliki komunitas yang sangat besar
(terutama di Jepang) dan terus aktif selama ZUN masih berniat melanjutkan
membuat seri kelanjutannya. Banyak artis yang setiap hari menggambar karakter
touhou dan membagikannya melalui situs twitter atau pixiv.
Saus dan Terjemahan bahasa bulan |
Selain itu banyak
juga circle doujin yang membuat aransemen dari musik in-game menjadi musik yang
baru atau lagu dengan kualitas yang setara dengan character song dalam
franchise lain. Berikut adalah contoh aransemen dari musik yang ada pada LoLK
Vocal/JRock (Get in the Ring)
Metal (Demetori)
Jazz (Tokyo Active NEETs)
????? (IOSYS)
Demikian
ulasan singkat LoLK dari pemain kasual. Sebagian besar komunitas Touhou
mengakui bahwa LoLK bukan merupakan game yang tepat untuk memulai Touhou dikarenakan
tingkat kesulitannya yang tinggi (Touhou 7-Perfect Cherry Blossom atau Touhou
8-Imperishable Night adalah 2 game yang biasanya disarankan). Tetapi hal itu
hanya berlaku jika anda ingin git gud dan
ingin melanjutkan untuk memainkan difficulty yang lebih tinggi. Pointdevice
mode memungkinkan pemain untuk bersantai dan bermain semaunya tanpa perlu
memikirkan strategi sebelum memulai permainan.
Ingin
melihat gameplay lunatic? Channel Youtube Yatsuzume merupakan salah satu channel yang aktif mengunggah perfect run Touhou (No miss/No bomb/No special gimmick). Watch at your own risk
Tidak baik untuk kesehatan
Andhika nur Aulia
06111540000076
0 komentar :
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !