Progress 4 FP Game Tim dotRAR - Hasil Akhir

Selasa, 07 Januari 2014

Selesai sudah game "Rahasia Hanacaraka versi 2" untuk FP Pembuatan Game 2013 :)

Rahasia Hanacaraka
Pada game ini, kami menggunakan game "Rahasia Hanacaraka" dengan mengganti game kedua (Tebak Kata Bahasa Jawa Ngoko) yang awalnya bergenre puzzle menjadi game "Perahu Dayung" yang bergenre racing. Mengapa demikian? Sebab, setelah mengikuti lomba Gemastik 6 dan mendapat banyak evaluasi dari para dewan juri, kami merasa bahwa game kedua ini terlalu sulit bagi anak-anak. Padahal target pengguna kami adalah anak-anak. Sehingga kami memutuskan untuk mengubah game kedua menjadi "Perahu Dayung" yang lebih mudah dan lebih seru untuk dimainkan. Game kedua ini kami beri nama "Ambil Kata Bahasa Jawa".

Bermain "Rahasia Hanacaraka versi 2"

Jika sebelumnya platform untuk game "Rahasia Hanacaraka" versi 1 adalah android, untuk versi 2 ini platformnya adalah windows dan web, karena menyesuaikan dengan syarat dari FP Game 2013 ini. Untuk game pertama dan kedua, control yang digunakan adalah keyboard. Dan untuk lainnya menggunakan mouse. Di sini kami hanya akan menjelaskan cara memainkan game kedua (Ambil Kata Bahasa Jawa) karena cara bermainnya agak berbeda dengan game "Perahu Dayung" yang sudah kami buat sebelumnya.

Pada game "Ambil Kata Bahasa Jawa", Galang harus mengambil huruf-huruf di sungai yang sesuai dengan petunjuk di sebelah kanan. Pemain bisa menggunakan panah atas untuk menggerakkan perahu ke depan, kiri dan kanan untuk menggerakkan perahu ke samping, panah bawah untuk menggerakkan perahu mundur ke belakang, dan tombol spasi untuk menambah kecepatan perahu.

Mengambil Kata Bahasa Jawa
Jika Galang mengenai batu, live Galang akan berkurang sebuah. Jika Galang mengenai bintang, poin boost Galang (gambar di kanan atas) akan bertambah. Jika poin boost Galang sudah penuh (berwarna hijau), Galang dapat mempercepat perahunya apabila pemain menekan tombol spasi pada keybord. Jika Galang mengenai huruf yang salah, poin boost Galang akan berkurang.

Yak, demikian penjelasan mengenai jenis game kedua. Untuk jenis game lainnya sama dengan "Rahasia Hanacaraka" versi 1 :)


Atas terciptanya game "Rahasia Hanacaraka" baik yang versi 1 maupun versi 2, kami dari tim dotRAR mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu proses pembuatan game. Mulai dari Pak Imam Kuswardayan sebagai dosen matakuliah Pembuatan Game 2013, dan yang bersama Pak Rizky Januar Akbar telah menjadi dosen pembimbing kami untuk lomba Gemastik; teman kami Annisa Arum Mumtazah dan Steven Fredian yang bersedia menjadi pengisi suara untuk game ini; adik-adik SD Muhammadiyah 4 Surabaya yang menjadi tester; mas Galang Amanda yang menjadi inspirasi dari karakter game kami; serta masih banyak lagi pihak lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Belajar bahasa Jawa itu membosankan? Siapa bilang~ Yuk, mainkan "Rahasia Hanacaraka" ! :)

Dot-RAR Studio
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger