Dumb Ways To Die: 2

Minggu, 08 Maret 2015


Dumb Ways To Die sebenarnya tidak ditujukan untuk pembuatan game. Ini berawal dari perusahaan kereta api Metro Trains Melbourne (Australia) yang mempublikasi sebuah video pesan masyarakat. Video tersebut berpesan agar masyarakat lebih berhati-hati dengan transportasi kereta, jangan bermain sembarangan di sekitar perlintasan kereta api. Video tersebut, tanpa diduga, mendapat respons yang sangat masif hingga menjadi video viral yang telah ditonton sampai sekarang (08/03/2015) sebanyak 100.000.000 YouTubers lebih!
Yang menjadi daya tarik dari Dumb Ways To Die adalah karakter yang lucu dengan tingkah laku yang konyol yang menyebabkan mereka mengalami kecelakaan brutal. Maka dari itu, video tersebut dinamai "Dumb Ways To Die" (Cara Dungu untuk Mati).

Deskripsi Game
Game Dumb Ways To Die sampai sekarang sudah mencapai dua versi, yakni Dumb Ways To Die dan Dumb Ways To Die: 2. Yang akan diulas kali adalah versi keduanya.

Dumb Ways To Die: 2 yang diunggah pada platform Android OS ini bisa diunduh di Playstore. Game ini kali ini mengusung tema olahraga. Gameplay masih satu ‘rasa’ dengan game versi pertama, dan kali ini lebih variatif dan semakin banyak fresh challenge yang lebih seru lagi.
Dumb Ways To Die: 2 memiliki pilihan beberapa tempat challenge dengan variannya masing-masing. Seperti Drown Town yang menekan pada latar pantai dan laut, Freezerville dengan salju-salju yang sangat dingin, dsb.


Aturan Main
Gameplay Dumb Ways To Die: 2 sangat sederhana. Tidak ada alur cerita yang harus diikuti. Tidak ada kustomisasi. Tidak ada goal tertentu. Tidak ada atribut macam status pemain, leveling, dsb. Yang ada hanya poin-poin ketika berhasil menuntaskan satu mode permainan dan timeout. Satu-satunya yang ditargetkan adalah meraih high score. Sedangkan untuk teknik permainan, hanya membutuhkan  'teknik-teknik' touchscreen, seperti Swipe (geser), Tilt (seimbang), Tap (pencet), Draw (gambar), Hold (tahan), dsb.
Petunjuknya adalah ikuti setiap instruksi yang diberikan di layar untuk menuntaskan satu mode permainan dan berganti ke permainan lainnya. Contohnya seperti figur-figur di bawah:

Pencet berulang-ulang dengan cepat untuk mencapai garis finish
Geser karakter, jangan sampai keluar dari zona aman
Penuhi garis putus-putus sampai semuanya tertutup
Ketika telah menyelesaikan satu mode permainan, pemain akan mendapatkan skor. Pemain diberikan 3 kesempatan; jika berhasil, akan lanjut ke permainan berikutnya, jika tidak, kesempatan yang diberikan berkurang 1.

Dalam beberapa giliran, akan muncul tulisan seperti figur di bawah.

Artinya, waktu dan kecepatan permainan akan semakin meningkat, begitu juga tingkat stres pemain. Dan, berulang-ulang terus sampai batas yang tak tertentu. Semakin bertambah, akan semakin rawan stres!!

Ketika tiga kesempatan sudah habis, permainan akan berakhir dan skor terakhir diperoleh.

Klarifikasi Game
Genre          : Arcade Game
Dumb Ways To Die: 2 masuk dalam genre Arcade karena memiliki model permainan yang terus menerus harus dituntaskan, dan jika tidak akan game over.
Theme       : Fun
Dumb Ways To Die: 2 mengusung tema fun, baik dari segi karakteristik maupun gameplay walaupun juga diimbuhi dengan kebrutalan.
ESRB        : Not Rated / Pending
Menurut saya, rating yang tepat adalah rating 13+/Teen karena isi konten yang mengandung kebrutalan, berdarah-darah walaupun dibungkus dengan karakter yang lucu.
Video Trailer / Demo : 




Mengapa Game Ini Terbaik Menurut Saya?
Game ini sangat memikat dilihat dari trailer maupun penampakan awal, yang kelihatan bahwa UI-nya simpel nan berkelas.
Ketika memulai permainan, terlihat desain animasinya tidak norak dan rapi. Dari segi user experience, terasa mudah dan tidak ribet untuk bermain. Meski sederhana, game ini didukung oleh banyak variasi permainan yang tidak kalah membosankan dari game-game lain.
Beberapa improvisasi masih dalam tahap perbaikan sehingga belum bisa menilai di bagian afterplay
OVERALL, game Dumb Ways To Die: 2 layak menjadi game pengusir kebosanan.

REVIEWER
Nama   : Ardha Putra Santika
NRP     : 5112100088
Ardha Putra S

Create Your Badge
Share this article :

6 komentar :

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger