Minesweeper: The Old and Antique Single-Player Puzzle Game

Minggu, 08 Maret 2015



Familiar dengan gambar diatas? Gambar tersebut merupakan gambar bom atau mines yang umumnya digunakan pada salah satu permainan berjudul Minesweeper. Permainan ini diciptakan pada tahun 1960 dan dirilis secara resmi pada tahun 1989[1]. Permainan ini telah tersedia pada berbagai macam platform mulai dari IOS[2], Android[3], Windows[4], sampai online[5] pun tersedia. 
Sayangnya, banyak yang masih belum paham aturan main dari permainan ini. Pertama-tama, pemain memilih salah satu kotak pada layar. Dari kotak yang terbuka akan terlihat berapa banyak bom yang mengelilingi kotak tersebut. Pemain diharuskan meletakkan bendera atau flag pada kotak yang merupakan bom. Permainan dapat dimenangkan apabila semua kotak selain bom telah berhasil dibuka. Apabila pemain meletakkan bendera pada kotak yang salah atau menekan salah satu kotak yang merupakan bom maka pemain dinyatakan kalah. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut ini.


Minesweeper menyediakan fitur mine counter yang akan memberitahukan pemain berapa banyak bom yang tersisa pada papan permainan dan penghitung waktu untuk mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh pemain untuk menyelesaikan permainan.


Permainan ini umumnya memiliki tiga tingkat kesulitan: beginner memiliki 10 bom dengan papan 9x9, intermediate dengan 40 bom pada papan 16x16, serta advanced dengan 99 bom pada papan 16x30.


Sejak saya memahami aturan permainan minesweeper ini, saya selalu bermain minesweeper ketika mengalami rasa bosan. Meskipun tetap perlu berpikir dalam memainkannya, namun tingkat kesulitannya tidak terlalu tinggi. Saya menyukai permainan ini karena saya selalu dapat menantang diri saya sendiri untuk membuat highscore baru dan tidak membuat stress ketika memainkannya. Keunggulan yang lain yaitu untuk memainkan permainan ini tidak membutuhkan internet. Permainan ini dapat mengasah kemampuan berhitung dan logika pemain, meskipun memang masih terdapat pula unsur “luck” ketika kemungkinan adanya bom pada suatu kotak 50-50 seperti pada kejadian di bawah ini:


Permainan ini memiliki daya tarik dan kualitas tersendiri yang membuat pemain tidak bosan saat memainkannya. Hal ini lah yang menyebabkan permainan minesweeper masih dapat bertahan sampai sekarang.

Minesweeper
Genre : Strategy
Subgenre : Puzzle
Platform : All
ESRB Rating : Everyone

Penulis,
Fiandra Fatharany – 5111100154
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger