Game Mekanik Saki

Senin, 30 Maret 2015

GAME MEKANIK SAKI



Setelah sebelumnya saya melakukan review pada game mahjong Jepang bernama Saki, di kesempatan ini saya akan mendefinisikan game mekanik dari Saki.

Sebelum saya mendefinisikan game mekanik Saki, bagi anda yang belum mengetahui tentang Saki, anda dapat melihat review saya tentang Saki disini.

Berikut beberapa point game mekanik yang saya temukan pada game Saki:


1. Karakter
Karakter yang bisa digunakan untuk bermain ada banyak (dan cewek semua) dan kita bebas memilih karakter yang ingin digunakan untuk bermain.


2. Special Power
Karakter tertentu memiliki kekuatan spesial yang bisa digunakan untuk membantu kita dalam memenangkan permainan. Kekuatan spesial karakter aktif secara random chance atau jika memenuhi syarat untuk mengaktifkan kekuatan spesial. kekuatan spesial aktif secara otomatis.

3. Turns/Movement
Dalam Saki, setiap pemain, baik player maupun AI, memiliki putaran jalan masing-masing. Permainan dimulai dari pemain yang bertindak sebagai dealer (yang juga secara default dealer adalah East). Setiap putaran pemain mengambil 1 biji mahjong dan membuang 1 biji mahjong (jika biji mahjong yang diambil tidak menghasilkan winning hands). Lalu permainan berlanjut ke pemain yang berada di South. Itu berarti giliran bermain dalam Saki searah jarum jam (jika dilihat secara arah angin. East - South - West - North). Pada saat tertentu, jika ada pemain yang mengambil biji mahjong yang dibuang pemain yang sedang mendapat giliran jalan, maka giliran jalan bermain berikutnya diberikan ke pemain yang mengambil biji mahjong tersebut. Hal ini dilakukan agar jumlah biji mahjong yang dimiliki pemain yang mengambil biji mahjong tersebut seimbang dengan biji mahjong pemain lain. Selain itu, pemain yang bertindak sebagai dealer dan arah angin yang ditempati setiap pemain juga berganti pada setiap ronde (Dealer round tidak termasuk).


4. Bonus
Di Saki terdapat nilai bonus yang disebut dengan dora. dora menambah nilai han yang didapat seorang pemain saat memenangkan sebuah ronde, yang berarti juga menambah poin yang didapat di ronde yang dimenangkan pemain tersebut. Selain itu, di Saki juga ada ronde bonus yang disebut dengan dealer round. Dealer round berlaku jika pemain yang bertindak sebagai dealer memenangkan suatu ronde atau dalam keadaan tenpai saat tidak ada pemain yang memenangkan suatu ronde. Dealer round terus berlaku hingga pemain selain pemain yang bertindak sebagai dealer


5. Cards
Mungkin lebih tepatnya biji mahjong. Mekanik juga termasuk game mekanik di Saki karena menurut saya penggunaan biji mahjong mirip dengan bermain kartu. Satu dek mahjong terdiri atas136 biji mahjong. Sebelum permainan dimulai, 136 biji mahjong tersebut diacak, lalu setelah diacak ke 136 biji mahjong tersebut disusun menjadi dinding bertingkat dua. Lalu setiap pemain mengambil 13 biji mahjong (Total 52 biji mahjong), 10 biji mahjong dijadikan sebagai indikator dora, dan 4 biji mahjong dijadikan sebagai dinding mati.Lalu setiap giliran pemain mengambil dan membuang 1 biji mahjong. Dilihat dari situ, cukup jelas cards merupakan salah satu game mekanik Saki.


6. Skor/Poin
Dalam Saki setiap pemain memiliki skor/poin dan skor/poin ini yang digunakan untuk menentukan urutan pemenang pemain (Seperti nomor 1, nomor 2 , dst). Pemain yang memiliki skor tertinggi dinyatakan sebagai pemenang dalam suatu pertandingan mahjong. Untuk setiap pertandingan, dalam Saki secara default setiap pemain memiliki skor/poin awal 25000.


7. Achievement
Saki tidak memiliki menu seperti achievement atau semacamnya, tapi dilihat dari sudut perspektif yang berbeda saya menganggap achievement merupakan salah satu game mekanik Saki. Dalam mahjong terdapat winning hands yang langka disebut dengan yakuman. Skor/poin yang didapat dari yakuman sangat tinggi (48000 untuk dealer dan 32000 untuk non-dealer), bahkan bisa untuk membuat seseorang yang berada di posisi terakhir langsung jadi berada di posisi pertama, tapi tentu saja ada alasan kuat mengapa skor/poin yang didapat dari yakuman sangat tinggi. yakuman merupakan winning hands khusus. Karena merupakan winning hands khusus, membuat winning hands yakuman sudah jelas sangat susah sekali, bahkan bisa dibilang hampir mustahil untuk membuat winning hands yakuman. Karena itu, bisa membuat winning hands yakuman merupakan suatu kebanggaan dan pencapaian bagi seseorang. ditambah lagi Saki juga mempunyai sistem menyimpan statistik dan rekor.


8. Combination Condition
Combination Condition sudah jelas sebagai game mekanik untuk game mahjong karena dalam pertandingan mahjong, ada 2 kondisi yang menyebabkan pertandingan mahjong berakhir, yaitu:
  • Ronde terakhir dari pertandingan mahjong tersebut selesai.
  • Atau salah satu pemain atau lebih memiliki poin kurang dari 0 (<0).


Demikian adalah beberapa game mekanik dari Saki yang bisa saya temukan dan jelaskan. Terima kasih.

Penulis:
Muhammad Wildianurahman
5112100165
Muhammad Wildianurahman

Buat Lencana Anda

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. Kuliah Game - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger